5 Posting Terbaru

Senin, 07 Mei 2012

Kapal Siluman Pertama Milik Militer AS Dilelang

New York: Kapal siluman pertama milik militer Amerika Serikat yang pernah dibangun telah dimasukan dalam daftar pelelangan. Kapal dibuat secara eksperimental dan sangat rahasia untuk Angkatan Laut AS pada 1980, yang pembuatannya menelan dana sebesar US$ 190 juta atau setara Rp 1,7 triliun.

Sea Shadow

Seperti dikutip
Daily Mail, Ahad (29/4), kapal bernama 'Sea Shadow' itu juga sempat menjadi inspirasi pembuatan kapal musuh James Bond dalam film "Tomorrow Never Dies (1997)". Hingga saat ini, harga lelang kapal berbobot 563 ton itu sudah mencapai US$ 100.420 (Rp 921 juta). Pelelangan ini akan ditutup 4 Mei mendatang.

Pembuatan kapal diselesaikan pada 1985 dan memakan waktu tiga tahun. Tapi publik tak mengetahui keberadaan kapal siluman itu sampai 1993. Dengan tinggi 50 meter, lebar 21 meter, dan berkecepatan hingga 14 knot, kapal dibangun untuk Angkatan Laut Negeri Adidaya oleh sebuah agensi dari Departemen Pertahanan AS dan Lockheed Martin.


Tetapi Angkatan Laut tak pernah menugaskan kapal dan kemudian hanya digunakan untuk mengevaluasi teknologi baru dalam realistis lingkungan laut sebelum mendekam di sebuah dermaga di California. Sebelumnya, pihak berwenang juga telah berusaha mencarikan museum untuk menempatkannya, namun sepertinya sia-sia.


Sea Shadow memiliki desain Swath Water Plane Area Twin Hull (SWATH), di mana sisi samping kapal diperpanjang hingga menyentuh permukaan air sebagai torpedo berbentuk lambung, yang memberinya stabilitas luar biasa dalam cuaca buruk. Kapal ini kemudian dipensiunkan pada September 2006. Bagi yang tertarik, silakan cek di cabang situs eBay, GS Auction.(AIS)



Sumber : http://berita.liputan6.com/read/394895/kapal-siluman-pertama-milik-militer-as-dilelang 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini