add

5 Posting Terbaru

Jumat, 23 Mei 2008

Kenaikan Harga BBM Diumumkan Jumat Malam?


JAKARTA, KAMIS-Belajar dari pengalaman kesuksesan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi lebih dari 100 persen pada Oktober 2005, kenaikan BBM bersubsidi yang sedang disiapkan akan diumumkan dan mulai diberlakukan pada hari libur.

Tahun 2005, pengumuman kenaikan harga BBM bersubsidi disampaikan tengah malam menjelang pergantian hari Jumat menjadi Sabtu. Dengan memilih hari libur, pemerintah berharap penolakan dalam bentuk unjuk rasa dan aksi lain menjadi minimal.Tahun 2005, pengumuman itu disampaikan pada saat awal puasa Ramadhan.

Soal pilihan hari libur dan bertepatan dengan puasa itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla pernah berujar bahwa itu merupakan bagian dari strategi. Mengenai apakah kenaikan harga BBM bersubsidi saat ini akan diumumkan dengan strategi hari libur seperti tahun 2005, Wapres hanya tersenyum. Wapres mengemukakan, kenaikan harga BBM akan diumumkan akhir Mei setelah BLT siap.

Saat ini, di Kantor Presiden sedang dibahas dalam rapat kabinet tentang persiapan pemberian BLT sebagai kompensasi bagi rakyat miskin. Finalisasi pemberian BLT akan dilakukan, Jumat (23/5). Menko Kesra Aburizal Bakrie yang menjadi "komandan" pemberian BLT mengatakan, kenaikan harga BBM akan diumumkan setelah Presiden puas dengan persiapan pemberian BLT yang akan dipresentasikan, Jumat besok

Apakah kenaikan harga BBM akan diumumkan Jumat malam besok dan berlaku mulai Sabtu lusa? Kita tunggu saja karena sejumlah pejabat terkait dengan BBM membatalkan rencana kegiatannya ke luar kota Jumat dan Sabtu besok.(Kompas.com)

Filem Baru Indiana Jones


Ada rencana nonton hari ini atau besok, tapi belum tahu film apa saja yang sedang ditayangkan di bioskop-bioskop Tanah Air? Simak aja di sini.

Film Hollywood :

Ironman: Seorang miliyuner kaya sekaligus playboy bernama Tony Stark (Robert Downey Jr), menjelma sebagai pahlawan Iron Man guna memerangi kejahatan. Film ini juga dibintangi oleh Gwyneth Paltrow, Jeff Bridges, serta Terence Howard.

The Chronicles of Narnia:Prince Caspian : Keempat Pevensie bersaudara, kembali ke tanah Narnia yang kini porak poranda.Dibantu dengan Pangeran Caspian, mereka berjuang demi kejayaan tanah Narnia.

What Happens In Vegas : Joy (Cameron Diaz) dan Jack (Ashton Kutcher)harus berpura-pura sebagai suami istri saat Jack menang judi di Las Vegas.

Indiana Jones and The Kingdom of the Crystal Skull : Indiana Jones(Harrison Ford) kembali berpetualang mencari Tengkorak Kristal yang dibantu oleh rekan-rekannya.

No Country For Old Men : Film pemenang Oscar tahun ini menampilkan adegan kejar-kejaran antara Llewelyn Moss (Josh Brolin) dengan pembunuh kejam (Javier Bardem) yang merasa uangnya telah dicuri oleh Moss. Tak lupa juga aktor Tommy Lee Jones yang berperan sebagai Sherrif Bell, harus memecahkan kasus pembunuhan berantai ini.

Juno : baru sekali berhubungan seks dengan teman dekatnya, Bleeker (Michael Cera), seorang gadis bernama Juno (Ellen Page) harus menghadapi masalah bahwa dirinya hamil di usia sangat muda. Namun ia bertekad untuk menyerahkan anaknya kepada pasangan Mark dan Vanessa (Jason Bateman dan Jennifer Garner).

Film Indonesia:

Lost In Love : Pembuktian seorang gadis bernama Tita yang ingin membuktikan bahwa dirinya bisa hidup mandiri. Meski begitu, ia nyaris harus kehilangan cinta sejatinya, Adit.

Tapi Bukan Aku : hubungan Grego dan Dea semakin dalam meski keduanya terpisah dalam dunia yang berbeda. Dea yang terbaring koma di rumah sakit, sedangkan Grego sudah bertunangan.

Nagabonar : Seorang pencopet bernama Nagabonar (Deddy Mizwar), mendapat kesempatan menjadi tentara yang sesungguhnya, dan memimpin Indonesia dalam peperangan.

Summer Breeze : mengisahkan cinta segitiga antara Reina (Chelsea Olivia) dan si kembar Ares dan Orion (Micha and Marcel Chandrawinata).

Film Asia :

The Forbidden Kingdom : Lu Yan (Jackie Chan) dan Silent Monk (Jet Li) saling bahu-membahu membantu Jason, ahli kung fu bijaksana, yang terjebak di masa lalu, untuk kembali ke masanya.

Bagaimana? Sudah menentukan film yang akan ditonton weekend ini? Jangan lupa bawa teman, keluarga, atau pasangan Anda saat menonton di bioskop. Semoga film pilihan Anda dapat menghibur akhir pekan Anda.

Selamat menonton ! :-)

Kamis, 22 Mei 2008

Juara Liga Champions, MU Diguyur Rp1,5 Trliun


MOSKWA, KAMIS - Ruaaar Biasa! Manchester United (MU) sebagai pemenang Liga Champions musim ini, bakal mendapat penghasilan total 115 juta pounds (sekitar Rp2,1 triliun). Itu penghasilan dari bayaran pertandingan, hadiah, sponsor, dan dari sektor lainnya.

Dari sponsor dan hak siar televisi saja, MU akan meraih penghasilan 85 juta pounds (sekitar Rp1,5 triliun). Demikian hasil studi yang dilakukan Coventry University, didukung MasterCard, salah satu sponsor Liga Champions.

Tak hanya itu. Kemenangan MU akan membawa kota mereka meraih keuntungan pula. Kota Manchester juga bisa meraup keuntungan 10 juta pounds (sekitar Rp184,6 miliar) karena imbas kemenangan tersebut, terutama dari sektor wisata, merchandise dan lainnya.

Selain itu, Moskwa sebagai tuan rumah final Liga Champions, akan meraup keuntungan sebesar 35 juta pounds (sekitar Rp646,3 miliar) dari berbagai sektor. Penghasilan itu jauh lebih tinggi ketika tahun lalu Kota Athena menjadi tuan rumah final Liga Champions, yakni 18 juta pounds (sekitar Rp332,3 miliar).

"Final Liga Champions 2008 tak hanya menyediakan hadiah terbesar di sepakbola antarklub, tapi juga merangsang ekonomi begitu hebat. Total keuntungan akibat adanya event ini diperkirakan bakal mencapai 210 juta pounds (sekitar Rp3,8 triliun)," jelas Simon Chadwick, profesor dari Coventry University.

Menurutnya, baik Manchester United maupun Chelsea juga mendapat penghasilan sekitar 30 juta pounds (sekitar Rp554 miliar) selama keikutsertaan di Liga Champions musim ini. Sebagai info, setiap tim yang tampil di Liga Champions akan mendapat bayaran. Jika menang bayarannya akan bertambah. Mencapai final, bayarannya makin tinggi dan sang juara akan mendapat hadiah paling tinggi.

Sebab itu, Simon Chadwick memperkirakan, secara total tim yang juara Liga Champions musim ini meraih penghasilan 115 juta pounds (sekitar Rp2,1 triliun). Sementara tim yang kalah, secara total diperkirakan meraup keuntungan lebih dari 30 juta pounds (sekitar Rp554 miliar).

Penghasilan pemenang Liga Champions musim ini juga jauh lebih besar daripada juara musim lalu, yakni AC Milan. Setelah mengalahkan Liverpool 2-1, Milan secara total diperkirakan hanya meraup penghasilan 67 juta pounds (sekitar Rp1,2 triliun).

Sedangkan Liverpool yang juara Liga Champions pada 2005, diperkirakan hanya meraup total penghasilan sebesar 46 juta pounds (sekitar Rp849,6 miliar). FC Porto yang juara pada 2004, diperkirakan hanya meraup keuntungan total 10 juta pounds (sekitar Rp184,6 miliar).

"Naiknya penghasilan itu karena final kali ini mempertemukan dua klub Inggris. Suporter Inggris dikenal sangat boros untuk ukuran sepakbola, baik dalam membeli tiket, merchandise, makanan, minuman. Belum lagi pengeluaran dari suporter non-Inggris," jelas Simon Chadwick.

Pada final Liga Champions kali ini, diperkirakan suporter setiap tim yang membeli tiket pertandingan sebanyak 21.000. Setidaknya, suporter dari Inggris sebanyak 42.000. Sementara itu di Inggris sendiri, lebih dari 20 juta orang menyaksikan pertandingan lewat televisi. Partai final ini juga disiarkan ke 100 stasiun televisi.

Itu pula yang menyebabkan final Liga Champions 2007-08 merangsang penghasilan luar biasa. "Karena itu, final Liga Champions sudah menyamai event besar seperti NFL Super Bowl di Amerika Serikat," kata studi itu.

Dikatakan pula, setiap suporter Inggris yang datang ke Moskwa diperkirakan akan membelanjakan uangnya sebanyak 624 pounds (sekitar Rp11,5 juta) dalam dua hari. Sainsbury’s Finance malah meprediksi, secara total suporter Inggris membelanjakan 40 juta pounds (sekitar RP739,1 miliar) untuk menyewa hotel, membeli makanan, minuman, transportasi, dan lainnya. (Kompas.com)

LAPAN Luncurkan Roket RX-320, Tahap Akhir Peluncur Satelit


JAKARTA, RABU - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sukses meluncurkan roket jenis RX-320. Proses peluncuran telah dilakukan Senin (19/5) pukul 06.15 WIB dari Pameungpeuk, Jawa Barat.

Siaran pers LAPAN, Rabu (21/5), menyebutkan, roket dengan stabilisasi spin 2 rps seberat 0,5 ton tersebut membawa muatan untuk uji rekayasa dalam mendiagnosa perilaku aerodinamika, olah gerak, trayektori, dan kondisi lingkungan. RX-320 memiliki daya 52 ton-detik yang merupakan tingkat akhir Roket Pengorbit Satelit (RPS) dan mulai dikerjakan LAPAN tahun ini.

"Semua data selama penerbangan dapat diterima dengan baik oleh stasiun bumi, khususnya data telemetri, tracking and command (TT&C) di Pameungpeuk," tulis laporan tersebut.

Sementara itu, uji rekayasa muatan saat uji terbang Rabu (21/5) pagi merupakan pengembangan tahap pertama untuk membangun satelit nano yang rencananya akan menjadi muatan RPS pertama Indonesia. Situasi pendanaan yang ada menyebabkan LAPAN menurunkan kelas RPS-nya, bukan lagi untuk sistem mengorbit satelit kelas mikro (50 kg) dengan roket RX-520 seperti rencana semula, tetapi menjadi kelas nano (5 kg) dengan roket RX-420.

"Yang penting sasaran penguasaan teknologi pengorbitan telah tercapai," katanya. Untuk mengantisipasi operasi pengorbitan, Lapan bekerjasama dengan instansi terkait seperti Deplu, KLH, dan Depkominfo dalam menyiapkan aspek legal terkait hukum keantariksaan nasional maupun internasional seperti space act, liability convention, dan Amdal.

Lapan juga bekerjasama dengan TUBerlin dan telah berhasil membuat satelit pengamatan bumi Lapan-TUBSat yang telah lebih dari setahun beroperasi dengan baik. Program satelit berikutnya akan difokuskan pada satelit ekuatorial yang memiliki waktu lewat di atas wilayah Indonesia lebih banyak yaitu tiga jam pada siang hari dengan tiga stasiun bumi.

"Ini lebih baik jika dibandingkan dengan Lapan-TUBSat yang berorbit polar (kutub) yang hanya memiliki waktu lewat satu jam saja," katanya.

Rabu, 21 Mei 2008

Pembangunan Stadion Baru Persib Dimulai


BANDUNG, RABU - Pembangunan stadion baru untuk Persib Bandung di kawasan Gedebage, akan dimulai pada hari ini (Rabu, 21/5). Paling tidak pembangunan stadion baru yang dirindukan bobotoh tersebut, ditandai oleh peletakan batu pertama pembangunan sarana olahraga (SOR) Gedebage yang akan dilakukan Walikota Bandung yang juga Ketua Umum Persib H Dada Rosada.

Peletakan batu pertama pembangunan SOR Gedebage ini tidak hanya akan disaksikan langsung para wakil pemerintah Kota Bandung dan juga Provinsi Jawa Barat. Pemain, pelatih, manajer, ofisial, dan bobotoh Persib juga dipastikan akan jadi saksi langsung prosesi pelatakan batu pertama pembangunan SOR Gedebage ini.

"Pembangunan SOR Gedebage diharapkan mendapat dukungan penuh dari masyarakat, termasuk pada bobotoh Persib. Karena SOR Gedebage akan menjadi sarana masyarakat," kata Dada kepada Tribun, Selasa (20/5).

Dada juga menyatakan, pembangunan SOR Gedebage termasuk di dalamnya stadion untuk tim Persib Bandung, tidak saja akan jadi landmark Kota Kembang. Tapi SOR Gedebage ini diharapkan akan bisa melahirkan atlet-atlet berprestasi dari Bandung dan Jabar. "Dengan adanya SOR Gedebage akan melahirkan atlet-atlet berprestasi. juga diharapkan akan mendorong prestasi Persib," tutur Dada.

Bobotoh Persib yang tergabung dalam organisasi Viking, mengaku sangat bangga dan menyambut gembira dengan dimulainya pembangunan SOR Gedebage. Bobotoh, seperti ditegaskan Yana Bool dan Rudi Boseng, dari dulu sangat berharap sekaligus memberikan dukungan penuh atas pembangunan SOR Gedebage.

"Jelas kami bangga. Untuk itu kami bobotoh Persib, akan hadir menyaksikan langsung acara peletakan batu pertama pembangunan SOR Gedebage dan stadion Persib. Kami akan menyaksikan langsung karena ini (peletakan batu pertama, Red) akan jadi peristiwa bersejarah terutama bagi Persib," kata Yana dan Boseng.

Untuk tidak ketinggalan moment penting tersebut, Yana dan Boseng mengimbau para bobotoh ung hadir pada acara peletakan batu pertama. Bobotoh dari Viking, Rabu pagi ini, bahkan akan melakukan konvoy mengiringi bus yang membawa tim Persib ke tempat acara peletakan batu pertama. "Kami akan berangkat bersmaa tim Persib dari Stadion Persib di Jalan Ahmad Yadi," ungkap Yana dan Boseng sambil mengimbau bobotoh untuk sama-sama berangkat dari Stadion Persib.(Tribun Jabar/DAF, TSM)

Timnas Indonesia Vs Bayern Munich


JAKARTA, RABU-Tim nasional Indonesia sore ini (Rabu, 21/5) akan menjalani duel uji coba melawan juara Bundesliga (Liga Jerman) Bayern Munich, di Gelora Bung Karno, Senayan. Ini adalah uji coba internasional ketiga tim nasional sejak dipoles pelatih Benny Dollo. Sebelumnya, Ponaryo Astaman dkk telah bertanding melawan Borrusia Dortmund (kalah 0-1) dan menang atas Yaman 1-0.

Pertandingan ini sangat penting bagi pasukan Benny Dollo, terutama untuk melihat sejauh mana organisasi permainan dan fisik para pemain. Bendol---panggilan akrab Benny Dollo---kemungkinan akan menurunkan susuanan pemain Markus Horrison, Richardo Salampessy, Mahyadi Panggabean, Nova Arianto, Charis Yulianto, Ponaryo Astaman, Syamsul Bachri, Firman Utina, Budi Sudarsono, Eli Aiboy, dan Bambang Pamungkas.

Untuk lini pertahanan, Bendol sepertinya sudah hampir menemukan duet di jantung pertahanan yaitu Nova Arianto dan Charis Yulianto. Sementara di lini tengah dan depan, Firman dan Bambang Pamungkas tak tergantikan. Sementara itu, ada beberapa pemain yang cedera yakni Usep Munandar, Ardan Aras, M Ridwan dan Arif Suyono.

Benny Dollo menyatakan timnas akan berusaha meredam kekuatan Bayern dengan menerapkan pola 4-5-1. "Kami mencoba redam kekuatan mereka (Bayern Munich). Kita sudah tahu kualitas mereka yang memang lebih unggul," kata Benny.

Sementara itu, Bayern tidak akan diperkuat sejumlah pemain bintangnya karena harus mempersiapkan diri untuk menghadapi Piala Eropa. Pemain yang absen Lukas Podolski, Miroslav Klose, Bastian Schweinsteiger, Philipp Lahm (Jerman), Luca Toni (Italia), dan Franck Libery (Prancis). Sedangkan dua bintang Amerika Latin, Lucio (Brasil) dan Martin Demichelis (Argentina), bergabung dengan timnas mereka untuk kualifikasi Piala Dunia 2010.(ROY)

MU Terinspirasi Kesuksesan, Chelsea Termotivasi Kegagalan


MOSKWA, RABU - Soal teknik dan strategi di final Liga Champions malam ini, rasanya baik Manchester United (MU) dan CHelsea sudah sama-sama tahu. Kekuatan mereka juga terbilang imbang. Tinggal faktor lain yang bakal menentukan.

Siapa yang lebih baik memanfaatkan faktor itu? Partai ini pasti bakal seru. Kompas.com akan berusaha merekam setiap kegairahan, ketegangan, dan semangat mereka dalam Laporan Langsung Final Liga Champions. Seperti biasa, laporan ini akan berbentuk Live Commentary, Rabu (21/5) atau Kamis (22/5) dinihari.

Kedua tim berusaha mengeksplorasi faktor lain tersebut demi kemenangan. MU selalu mengingatkan kesuksesan timnya merebut trofi Liga Champions di musim 1998-99. Itu diharapkan menjadi motivasi terbesar untuk membuat timnya tampil beringas dan mampu menggilas Chelsea.

Sebaliknya, Chelsea punya motivasi lain. Tiga kegagalan di empat tahun terakhir, begitu menyesakkan Chelsea dalam perjalanan menggapai trofi Liga Champions untuk pertama kalinya. Ini kesempatan emas bagi mereka dan Chelsea tak ingin terluka kembali. Sebaliknya, luka lama dijadikan inspirasi sekaligus tenaga tambahan untuk mengobarkan amukan di Moskwa.

Rekor dan tanda kebesaran amat penting buat MU. Di Inggris, mereka masih kalah dari Liverpool baik dalam perolehan trofi lokal maupun internasional. MU baru juara Liga Champions 2 kali, Liverpool sudah empat kali. Di Premier League, MU sudah juara 17 kali dan hanya kalah satu trofi dari Liverpool.

Pelatih MU, Sir Alex Ferguson mengatakan, ini momen terindah dan terbaik buat MU untuk mengejar rekor tersebut. timnya harus menjuarai Liga Champions musim ini jika makhota kebesarannya ingin semakin berkilau.

"Ada kelemahan yang kami miliki selama ini, tapi kami mencoba memperbaikinya. Kami melakukan persiapan 10 hari yang memuaskan. Sekarang kami dalam bentuk terbaik dan siap meladeni Chelsea," katanya.

"Ada tradisi besar dan sejarah hebat di Old Trafford. Setiap pemain ingin menjadi bagian dari tradisi besar itu. Maka, mereka ingin menjuarai trofi terbesar pula. Itu akan menjadi motivasi yang memberi banyak energi," tambahnya.

Selain itu, tahun ini merupakan peringatan 50 tahun tragedi Muenchen. Saat itu, tim MU di bawah latih Matt Busby yang dikenal dengan Busby Babes, mengalami kecelakaan pesawat di Muenchen. Delapan pemain meninggal. Mereka waktu itu baru saja pulang dari pertandingan Liga Champions di Yugoslavia.

"Tragedi tragis itu menjadi sejarah sangat kelam di Old Trafford. Rio Ferdinand mengatakan, para pemain generasi sekarang akan memanfaatkan tragedi itu sebagai faktor motivasi untuk memenangkan Liga Champions," terang Ferguson.

Energi tambahan itu memang amat penting. Tapi, Chelsea juga memilikinya. "Dendam" dan rasa penasaran gagal dalam beberapa kali kesempatan, akan membuat mereka semakin berkobar untuk menghindari kegagalan yang sama.

Pelatih Chelsea, Avram Grant mengatakan, para pemainnya sekarang dalam keadaan sangat lapar terhadap gelar Liga Champions. Di saat begitu, pemainnya akan sangat bernafsu untuk memenangkan partai final agar kelaparan itu terpuaskan. Secara tradisi, MU memang lebih berpengalaman main di Liga Champions. Tapi, itu tak akan banyak berarti ketika menghadapi timnya yang sedang garang karena kelaparan.

"Kadang-kadang pengalaman memang memberi manfaat, tapi juga bisa tidak berguna kalau tak bisa memanfaatkannya. Ingat final Liga Champions 2004-05 saat Milan lawan Liverpool. Milan punya banyak pemain yang berpengalaman dan sempat unggul 3-0. Tapi, Liverpool yang lapar mampu menyamakan kedudukan 3-3 dan akhirnya menang dalam adu penalti," jelas Grant.

Grant juga menegaskan, "Daripada pengalaman, akan lebih penting dan bermanfaat bagi pemain jika mereka lapar gelar. Sebab, itu akan memberi energi luar biasa dalam setiap pertandingan. Dan, semua pemain kami sekarang dalam keadaan lapar gelar."

Memang, di antara para pemain Chelsea, hanya enam orang yang pernah merasakan gelar Liga Champions. Selebihnya adalah para bintang yang sejak lama hanya memimpikan gelar itu dan pada kesempatan ini ingin mengakhiri mimpi tersebut.

Sebut saja John Terry, Frank Lampard, Didier Drogba, Joe Cole, Ashley Cole, Michael Essien, Petr Cech, dan Michael Ballack. Mereka adalah bintang-bintang kelas satu yang belum pernah juara Liga Champions. Dan, sekarang mereka ingin memuaskan rasa lapar tersebut.

"Aku pernah merasakan kegagalan di final kala membela Bayer Leverkusen. Aku tak ingin kembali merasakan rasa sakit kalah di final Liga Champions," tegas Ballack. (HPR)

DATA FINAL
Partai: Manchester United vs Chelsea
Stadion: Luzhniki (Moskwa)
Waktu: 21 Mei 2008
Siaran Langsung: RCTI, Kamis (22 Mei 2008)
Pukul: 01.45 WIB

PREDIKSI LINE-UP
MU (4-4-2):
Van der Sar; Hargreaves, Ferdinand, Vidic, Evra; Nani, Scholes/Park Ji Sung, Carrick, Giggs; Rooney, Ronaldo
Pelatih: Sir Alex Ferguson
Cadangan: Kuszczak, Brown, O'Shea, Anderson, Park Ji Sung/Scholes, Tevez

Chelsea (4-1-4-1):
Cech; Essien, Carvalho, Terry, A.Cole/Bridge; Makelele; J. Cole, Ballack, Lampard, Kalou; Drogba
Pelatih: Avram Grant
Cadangan: Cudicini, Alex, Belletti, Mikel, Malouda, Shevchenko, Anelka, Bridge/A. Cole

REKOR PERTEMUAN
Pertemuan: 127
MU menang: 53 (41%)
Chelsea menang: 37 (29%)
Seri: 37 (29%)
Gol MU: 211 (1,66 gol per partai)
Gol Chelsea: 162 (1,28 gol per partai)

REKOR 10 PERTEMUAN TERAKHIR
26-04-2008 Chelsea 2-1 MU (Premier League)
23-09-2007 MU 2-0 Chelsea ((Premier League)
05-08-2007 Chelsea 1-1 MU (FA Community Shield
19-05-2007 Chelsea 1-0 MU (Piala FA)
09-05-2007 Chelsea 0-0 MU (Premier League)
29-04-2006 Chelsea 3-0 MU (Premier League)
06-11-2005 MU 1-0 Chelsea (Premier League)
10-05-2005 MU 1-3 Chelsea (Premier League)
26-01-2005 MU 1-2 Chelsea (Piala Liga)
21-01-2005 Chelsea 0-0 MU (Piala Liga)

7 Kepandaian Janin Jelang Lahir


INGIN tahu kepintaran bayi Anda menjelang ia lahir ke dunia? Menurut para ahli yang tergabung dalam Canadian Society of Pediatrics, jabang bayi yang sebentar lagi lahir, punya kepandaian cukup mencengangkan. Nah, apa saja kepandaiannya?

1. Mengisap ibu jari. Janin sudah mulai mengisap jari-jarinya, terutama ibu jari. Ia mulai belajar gerak mulut, sebagai persiapan menyusui.

2. Menggerak-gerakkan lengan, kaki, dan telapak tangan. Kadang ia menggerakkan bagian-bagian itu sambil bermain-main dengan tali pusarnya.

3. Membuka dan menutup kelopak matanya. Ia belajar berkedip.

4. Bergerak cepat bila ada sinar lampu yang diarahkan ke perut ibu.

5. Mendengarkan musik. Jika Anda memperdengarkannya secara rutin jenis musik tertentu, diduga, jika besar nanti, ia akan memilih jenis musik yang sama.

6. Mendengar kata-kata. Seperti mendengarkan musik, bila Anda rajin membacakan dongeng tertentu sejak sebelum si kecil lahir, lalu Anda membacakannya kembali setelah lahir, si kecil akan memberikan reaksi bahwa ia pernah mendengar dongeng itu.

7. Jika benda-benda yang agak berat, seperti buku diletakkan di perut ibu, janin akan memberikan reaksi dengan cara mendorong bahu, sikut atau lututnya, merapat ke dinding rahim.

Selamat Jalan Bang Ali Sadikin


Jenazah mantan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin akan dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan dengan upacara militer. Upacara rencananya dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya Didik Heru Purnomo.

"Berdasarkan hasil rapat dengan pihak keluarga maka besok (Rabu 21/5) sore jenazah akan dikebumikan di Tanah Kusir dengan Irup Bapak Wakasal," kata Kepala Dinas Penerangan Mabes TNI AL Laksamana Pertama Iskandar Sitompol di Jakarta, Selasa (20/5) malam.

Ia mengatakan jenazah direncanakan tiba di Indonesia, Rabu sekitar pukul 07.30 WIB dengan menggunakan pesawat Garuda nomor penerbangan 823 dari Singapura. Setibanya di tanah air, jenazah akan disemayamkan terlebih dahulu di rumah duka Jalan Borobudur No 1 Jakarta Pusat.

--

Ali Sadikin yang lahir di Sumedang, Jawa Barat pada 7 Juli 1927 adalah seorang letnan jenderal KKO-AL (Korps Komando Angkatan Laut) yang ditunjuk oleh Presiden Soekarno menjadi gubernur Jakarta pada tahun 1966. Presiden Soekarno beralasan Ali Sadikin keras kepala. Sebelumnya, Ali Sadikin pernah menjabat sebagai Deputi Kepala Staf Angkatan Laut, Menteri Perhubungan Laut Kabinet Kerja, Menteri Koordinator Kompartemen Maritim/Menteri Perhubungan Laut Kabinet Dwikora dan Kabinet Dwikora yang disempurnakan di bawah pimpinan Presiden Soekarno.

Ali Sadikin berhasil sebagai pemimpin justru karena pembawaannya yang keras itu. Namun Ali Sadikin menjadi gubernur (1966-1977) yang sangat merakyat dan dicintai rakyatnya. Karena itu ia disapa akrab oleh penduduk kota Jakarta dengan panggilan Bang Ali sementara istrinya, Nani Sadikin, seorang dokter gigi, disapa Mpok Nani.

Letnan Jenderal TNI KKO AL (Purn) H Ali Sadikin (Bang Ali) menerima tanda kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana karena dinilai berjasa luar biasa terhadap negara dan bangsa, khususnya mengembangkan Kota Jakarta sebagai Kota Metropolitan. Presiden Soekarno mengangkat putera bangsa kelahiran Sumedang, 7 Juli 1927 ini sebagai Gubernur Jakarta lantaran dianggap kopig alias keras kepala. Dia berhasil sebagai pemimpin justru karena pembawaannya yang keras itu.

Dianugerahi Medali Guru Bangsa

Pada 9 Mei 2005, Ali Sadikin dianugerahi medali dan penghargaan sebagai guru bangsa oleh Yayasan Ikatan Alumni Institut Kesenian Jakarta (YIA-IKJ) dalam acara "Terima Kasih Bang Ali" di Graha Bakti Budaya (GBB) Taman Ismail Marzuki (TIM) Cikini, 9/5/2005. Dia dinilai sangat berjasa dalam memelopori pembangun Jakarta menjadi kota megapolitan serta mendirikan Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Anugerah Cipta Utama

Selain itu, Ali Sadikin menjadi orang pertama penerima "Anugerah Cipta Utama" dari Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), Sabtu (24/8/2002). Penghargaan itu diberikan karena keputusan Ali Sadikin ketika menjabat Gubernur DKI Jakarta mendirikan Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (PKJ-TIM) tahun 1968, dinilai oleh DKJ sebagai keputusan yang luar biasa, dan menjadi sebuah monumen besar.

--

Ali Sadikin adalah gubernur yang sangat berjasa dalam mengembangkan Jakarta menjadi sebuah kota metropolitan yang modern. Di bawah kepemimpinannya Jakarta mengalami banyak perubahan karena proyek-proyek pembangunan buah pikiran Bang Ali, seperti Taman Ismail Marzuki, Kebun Binatang Ragunan, Proyek Senen, Taman Impian Jaya Ancol, Taman Ria Monas, Taman Ria Remaja, kota satelit Pluit di Jakarta Utara, pelestarian budaya Betawi di kawasan Condet, dll.

Bang Ali juga mencetuskan pesta rakyat setiap tahun pada hari jadi kota Jakarta, 22 Juni. Bersamaan dengan itu berbagai aspek budaya Betawi dihidupkan kembali, seperti kerak telor, ondel-ondel, lenong dan topeng Betawi, dsb.

Ia juga sempat memberikan perhatian kepada kehidupan para artis lanjut usia di kota Jakarta yang saat itu banyak bermukim di daerah Tangki, sehingga daerah tersebut dinamai Tangkiwood.

Bang Ali juga menyelenggarakan Pekan Raya Jakarta yang saat itu lebih dikenal dengan nama Jakarta Fair, sebagai sarana hiburan dan promosi dagang industri barang dan jasa dari seluruh Tanah Air, bahkan juga dari luar negeri. Ali Sadikin berhasil memperbaiki sarana transportasi di Jakarta dengan mendatangkan banyak bus kota dan menata trayeknya, serta membangun halte (tempat menunggu) bus yang nyaman.

Di bawah pimpinan Bang Ali, Jakarta berkali-kali menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) yang mengantarkan kontingen DKI Jakarta menjadi juara umum selama berkali-kali.

Salah satu kebijakan Bang Ali yang kontroversial ialah mengembangkan hiburan malam dengan berbagai klab malam, mengizinkan diselenggarakannya perjudian di kota Jakarta dengan memungut pajaknya untuk pembangunan kota, serta membangun kompleks Kramat Tunggak sebagai lokalisasi pelacuran. Di bawah kepemimpinannya pula diselenggarakan pemilihan Abang dan None Jakarta. Masa jabatan Ali Sadikin berakhir pada tahun 1977, dan ia digantikan oleh Letjen. Tjokropranolo.

Setelah berhenti dari jabatannya sebagai gubernur, Ali Sadikin tetap aktif dalam menyumbangkan pikiran-pikirannya untuk pembangunan kota Jakarta dan negara Indonesia. Hal ini membawanya kepada posisi kritis sebagai anggota Petisi 50, sebuah kelompok yang terdiri dari tokoh-tokoh militer dan swasta yang kritis terhadap pemerintahan Presiden Soeharto.(kompas.com)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini