add

5 Posting Terbaru

Sabtu, 23 Februari 2008

Saffron Rempah Termahal di Dunia


Saffron berasal dari kata bahasa Arab zahafarn yang berarti benang kuning. Kemasyuran saffron sudah terkenal sejak Jaman Perunggu dahulu kala. Konon di jamannya Zeus, sang Raja dari dari segala dewa-dewa Yunani, disebut-sebut kalau Zeus tidur di kasur yang diisi dengan saffron. Lalu Dionysus (disembah-sembah sebagai orgiastic god of wine di jaman Yunani kuno), yang memakai jubah berwarna sekuning saffron, pernah menyelimuti Ariadne dengan kerudung yang terbuat dari saffron demi kelestarian hidupnya.

Dalam kitab Old Testament “Song of Songs” ada sajak yang sudah berusia 3000 tahun yang menyanjung keindahan dan kemasyuran saffron sebagai rempah eksotis:
“Your lips drop sweetness like the honeycomb, my bride, syrup and milk are under your tongue, and your dress has the scent of Lebanon. Your cheeks are an orchard of pomegranates, an orchard full of rare fruits, spikenard and saffron, sweet cane and cinnamon.”

How lovely!

Saffron diambil dari stigma bunga crocus sativus linneaus. Bunga mungil cantik berwarna ungu muda ini muncul di musim gugur dan memanen stigma-nya harus sebelum matahari muncul. Tidak seperti memanen kentang yang bisa memakai mesin, memanen saffron harus dengan cara stigma dipetik satu persatu dengan tangan. Memanennya harus setiap hari selama 6 minggu, karena satu rumpun crocus bisa mekar dua-tiga kali. Setelah stigma dipetik, stigma-stigma ini akan dikeringkan dalam dehydrator selama 2 jam. Untuk menghasilkan 500g saffron dibutuhkan 70.000 stigma. Bisa dibayangkan mengapa saffron sangat mahal.

Rempah ini banyak digunakan dalam masakan-masakan Timur Tengah dan Eropa bagian selatan, tidak hanya karena fungsinya yang memberi warna dan rasa/keharuman ke dalam masakan tetapi juga digunakan secara umum sebagai bahan sakramen (ingat jubahnya dewa wine Dionysus yang berwarna kuning). Seorang pengarang sajak dan puisi Homer menggunakannya sebagai perumpamaan yang serupa dengan fajar emas, dan sebagai bahan pencelup saffron digunakan sebagai alas kaki Raja Persia yang dicelup seterang warna kuning saffron.

Suplai terbesar untuk dunia masih berasal dari Iran, tetapi sekarang sudah terdapat produksi-produksi berasal dari Spanyol (disebut dengan nama zaffron), Provence dan Italia. Di Kurdistan crocus tumbuh liar di alam.

Di New Zealand, tempat-tempat yang paling bisa ditumbuhi crocus adalah daerah-daerah dengan iklim dingin, seperti di daerah Canterbury, South Island (petani pioneer NZ yang menanam crocus adalah Errol Hitt dari farm Eight Moon Saffron di Rangiora, North Canterbury, menanam sejak 1994), lalu diikuti oleh petani-petani dari farm TerrazaSaffron di Hawke's Bay, Gourmet Gold di Marlborough, dan Premium NZ Saffron di Rangiora yang menanam secara organik.

Pemakaian saffron tidak bisa terlalu banyak karena sejumput saffron saja sudah mampu memberi warna kuning terang dan keharuman yang unik sekali. Terlalu banyak bisa membuat makanan jadi pahit.

Berikut beberapa fakta, memilih dan menggunakan saffron:
  • Makin merah benang saffron makin kuning warna yang akan dihasilkan.
  • Saffron untuk suplai kebutuhan kuliner di dunia ditanam di Spanyol, Iran, Kashmir, India, Italia dan Yunani, sementara negara-negara lain yang menanam saffron hanya dalam skala kecil.
  • Saffron dikemas dalam bentuk stigma kering, ujung stigma yang dipotong, atau bentuk bubuk.
  • Kualitas saffron tertinggi adalah berwarna merah gelap, dan tidak belang-belang. Aroma flora-nya segar.
  • Saffron bubuk berwarna lebih terang dari benang. Makanya harus diwaspadai kemungkinannya dicampur dengan bubuk kunyit. Belilah produk-produk dari negara-negara di point ke 2.
  • Waspadai saffron berasal dari Meksiko dan beberapa wilayah di Timur Tengah karena yang disebut saffron ternyata adalah yang berasal dari kelopak bunga Krisan (chrysanthemum) yang tidak beraroma atau tidak berwarna terang. (Waspadai juga saffron yang berasal dari Ubud, Bali, karena yang disebut saffron adalah kelopak dari African Marigold)
  • Saffron akan pudar warna dan wanginya kalau sudah terlalu lama disimpan, jadi sebisanya digunakan dalam kurun waktu setahun setelah saat produksi.
  • Simpanlah saffron di dalam toples gelas di tempat yang sejuk dan tidak lembab.
  • Untuk mendapatkan warna yang lebih, saffron dapat ditumbuk.
  • Sejumput (12-15 benang saffron) cukup untuk masakan porsi 4-6 orang.
  • Rendam saffron dalam air panas selama mungkin sebelum digunakan. Untuk membuat cairan dari saffron, masukkan saffron ke dalam mangkuk lalu siramlah dengan 6 sendok makan air panas.
  • Makin banyak memakai saffron makin gelap warnanya, tetapi disarankan memakai saffron jangan terlalu banyak untuk menghindari hasil masakan yang pahit dan keharuman yang terlalu kuat.***


sumberfoodngarden.multiply.com

Jumat, 22 Februari 2008

Barca Paling di Jagokan di EROPA


Berlin - Klub apa yang paling populer dan dicintai di Eropa? Masing-masing mungkin punya argumen untuk memilih klub jagoannya. Sebuah survei menghasilkan Barcelona sebagai tim yang paling masyhur itu.

Hal tersebut terungkap dari sebuah jajak pendapat yang dilakukan sebuah organisasi Jerman, Sport+Markt, yang menyodorkan hasil kalau Barca memiliki pendukung terbanyak dari klub-klub raksasa Eropa lainnya.

Klub Catalan tersebut dicatat memiliki 50 juta fans di "Benua Biru", mengungguli rivalnya di Spanyol, Real Madrid, yang menduduki posisi dua dengan jumlah pendukung sebanyak 45,9 juta.

Di Inggris, Manchester United memiliki jumlah pendukung paling banyak sekaligus menduduki posisi tiga di Eropa, dengan 32,8 juta pendukung. Di bawahnya ada Arsenal yang memiliki 22,9 juta fans.

Pada posisi kelima di Eropa bercokol klub Italia AC Milan dengan 22,2 juta pendukung. Tempat keenam ditempati oleh raksasa Bundesliga Bayern Munich, yang musim ini absen dari Liga Champions kendati jadi favorit di Piala UEFA, dengan 20 juta fans.

Sementara itu tempat ketujuh diisi klub Premiership lainnya, Chelsea. The Blues disebut Sport+Markt sebagai klub yang jumlah fansnya bertambah paling banyak, yakni sekitar lima kali lipat.

Demikian dilansir oleh situs resmi Milan, Jumat (22/2/2008).

Zona Perang Paintball


Objek wisata tempur Cikole, itulah yang ada disana, berlokasi di desa Cikole, Lembang. Selain dapat berwisata ke kawah Tangkuban Perahu, sesekali anda juga perlu mencoba objek wisata tempur ini. Teriakan para wisatawan-lah yang anda dengar. Para wisatawan itu sengaja datang untuk mengikuti simulasi tempur yang disediakan di Cikole ini. Permainan yang mengasikkan ini biasa dikenal orang dengan paintball.

Pakaian loreng, penutup wajah, senapan gas dengan peluru bulat berisi cat, merupakan perlengkapan tempur untuk bermain paintball. Hutan pinus dilembah gunung Tangkuban Perahu ini disulap menjadi area simulasi tempur, dengan dukungan lingkungan alam itulah sehingga permainan ini mirip sungguhan. Para peserta seakan-akan berada dimedan pertempuran yang mengharuskan mereka untuk melawan "musuh" dan "menghabisi" musuh untuk mendapatkan kemenangan.

"Wisata Tempur" yang diberi nama "Zona Simulasi Tempur Paint Ball Zone 235" itu terdiri dari beberapa permainan, yaitu saling rebut bendera, saling menghabisi lawan, dan pembebasan sandera. Satu babak pertempuran diikuti minimal oleh enam orang alias tiga lawan tiga. Masing-masing peserta memegang sebuah senjata dilengkapi empat puluh butir peluru kapsul-cat. Lama pertempuran dua jam. Sebelum permainan dimulai, para peserta diberi dulu petunjuk dan pengarahan, serta diawasi wasit. Dengan demikian, semua peserta rata-rata mampu menempuh semua bentuk permainan dalam waktu yang ditentukan. Bahkan tak jarang, permainan belum selesai, peluru sudah habis.

Anda bisa mengajak rombongan teman kantor, teman kuliah atau siapapun untuk mencoba permainan ini. Permainan ini selain mengasyikkan, juga bisa menghilangkan sementara rasa stress dan penat yang biasa anda hadapi sehari-hari.

Wisata Bandung Timur - Tangkuban Perahu



Tangkuban Perahu, merupakan salah satu gunung berapi yang berada di Jawa Barat, tepatnya di Lembang, kurang lebih 30 km sebelah utara kota Bandung dengan ketinggian 2084 Meter dari atas permukaan laut. Untuk menuju kesana diperlukan waktu kurang lebih 30 menit menggunakan kendaraan bermotor. Nama Tangkuban Perahu sangat lekat dengan sebuah legenda tanah Sunda yang sangat terkenal, yaitu Sangkuriang. Gunung Tangkuban Perahu yang dari kejauhan tampak seperti perahu terbalik, konon diakibatkan oleh kesaktian Sangkuriang yang gagal meyelesaikan tugasnya dalam membuat perahu dalam waktu semalam untuk menikahi Dayang Sumbi yang tak lain adalah ibu kandungnya sendiri. Karena begitu kesalnya tidak dapat menyelesaikan pembuatan perahu tersebut, akhirnya Sangkuriang menendang perahu yang belum jadi tersebut. Legenda diataslah yang menjadi kaitan erat dalam penamaan gunung Tangkuban Perahu.



Gunung yang terakhir meletus pada tahun 1910, memiliki 9 kawah yang masih aktif hingga sekarang. Banyaknya letusan yang terjadi dalam 1.5 abad terakhirlah yang menyebabkan banyaknya kawah - kawah pada gunung Tangkuban Perahu. Kawah-kawah tersebut adalah Kawah Ratu, Upas, Domas, Baru, Jurig, Badak, Jurian, Siluman dan Pangguyungan Badak. Di antara kawah-kawah tersebut, Kawah Ratu merupakan kawah yang terbesar, dikuti dengan Kawah Upas yang terletak bersebelahan dengan kawah Ratu. Beberapa kawah mengeluarkan bau asap belerang, bahkan ada kawah yang dilarang untuk dituruni, karena bau asapnya mengandung racun.

Pesona gunung Tangkuban Perahu ini begitu mengagumkan, bahkan, pada saat cuaca cerah, lekukan tanah pada dinding kawah dapat terlihat dengan jelas, tidak hanya itu, dasar kawah pun dapat kita nikmati keindahannya yang sangat mengagumkan. Keindahan alam inilah yang menjadikan Tangkuban Perahu menjadi salah satu tempat wisata alam andalan Propinsi Jawa Barat, khususnya Bandung. Setiap akhir pekan, kawasan Tangkuban Perahu selalu dipadati oleh pengunjung yang ingin menyaksikan indahnya panorama gunung Tangkuban Perahu. Bahkan, pada suasana libur panjang, pangunjung yang datang ke lokasi wisata ini bisa mencapai ribuan setiap harinya.

Wisata Bandung Selatan - Kawah Putih


Gunung Patuha, berada kurang lebih 2300 Meter diatas permukaan laut, sebelah selatan kota Bandung, menyimpan suatu misteri dimasa lampau. Masyarakat menganggap Gunung Patuha merupakan kawasan yang angker, mereka menganggap puncak Gunung Patuha dahulu merupakan tempat pertemuan para leluhur Bandung Selatan. Tetapi, misteri yang sudah menjadi turun–temurun itu mulai punah setelah terungkap oleh seorang ilmuwan Belanda peranakan Jerman, Dr. Franz Wilhelm Junghun, yang juga seorang pengusaha perkebunan Belanda yang mencintai kelestarian alam pada tahun 1837. Kondisi lembah Gunung Patuha pada waktu itu masih berupa hutan lebat, dipenuhi pohon-pohon kayu jenis lokal, seperti rasamala, saninten, huru, samida, dan lain sebagainya.

Karena rasa penasaran dan ketidakpercayaannya, Junghun terus menembus lebatnya hutan Gunung Patuha. Dan akhirnya dia menemukan suatu danau kawah yang terlihat sangat eksotik, dan sangat indah. Meski sudah ditemukan pada 1837, tapi kawasan ini baru menjadi objek wisata pada 1987 setelah dikembangkan oleh PT Perhutani (Persero) Unit III Jabar dan Banten.

Setelah memasuki area kawah putih, bukan rasa takut yang akan anda alami, tetapi anda pasti akan terpaku dan terpana begitu melihat dan menyaksikan sendiri bagaimana menakjubkannya genangan air yang berwarna putih disertai asap yang mengepul diatasnya. Warna air di danau kawah putih tidak selalu berwarna putih, warna putih kawah merupakan warna yang paling ditemui saat berkunjung, terkadang air berwarna hijau apel dan kebiru-biruan, bila terik matahari dan cuaca terang, terkadang pula berwarna coklat susu.

Yang kurang menyenangkan di kawasan ini adalah bau belerang yang bagi sebagian orang bisa menyebabkan batuk–batuk karena mencium baunya, bahkan tidak jauh dari kawasan wisata kawah putih terdapat goa buatan sedalam 5 meter yang katanya dulu pernah dijadikan sebagai tambang belerang. Bila anda melewati goa tersebut anda pasti akan mencium bau belerang yang sangat menyengat. Karena kandungan belerang yang sangat tinggi itulah, pada jaman dulu sempat dibangun pabrik belerang dengan nama Zwavel Ontgining Kawah Putih.

Kawah putih terjadi akibat letusan Gunung Patuha yang terjadi sekitar abad ke 10 s/d abad ke 12. Selain kawah putih juga terdapat kawah lain yang dikenal dengan nama Kawah Saat.

Disana terdapat kios–kios yang menjual aneka cinderamata yang bisa dijadikan sebagai oleh–oleh. Selain itu, juga banyak pedagang yang menjual buah khas Ciwidey, yaitu Strawberry.

Sangat disayangkan bila anda berwisata ke Ciwidey tidak singgah ke Kawah Putih, anda akan melewatkan tempat yang memberikan nuansa alam yang sangat menakjubkan. Terutama pada hari libur, disana anda akan melihat banyaknya orang yang berkunjung ke kawasan wisata ini untuk menikmati betapa indahnya lukisan yang pencipta. Keindahan yang ditampakkan akan membuat anda terus mengingatnya hingga beberapa waktu.

Cara Mencapai Kawasan Wisata Kawah Putih

Wisata Kawah Putih yang terletak kurang lebih 46 km dari kota Bandung bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Bila anda menggunakan kendaraan umum anda tidak perlu khawatir, disana terdapat angkutan yang akan mengantar anda sampai ke area wisata Kawah Putih. Atau anda juga bisa berkonvoi dengan menggunakan sepeda motor bersama teman – teman anda.

Wisata Bandung Selatan - Situ Patengan


Situ Patengan atau yang lebih populer di dengar orang dengan nama Situ Patenggang terletak di daerah Ciwidey merupakan suatu legenda romantis di zaman dahulu kala. Setelah memasuki gerbang Situ Patengan, kita akan melewati perkebunan teh yang menghijau. Dan tidak jauh kedepan, kita akan melihat hamparan air yang sangat banyak dengan keindahan alam yang menawan. Kesegaran dan kesejukan menambah kenyamanan kita di area wisata Situ Patengan.

Rasa lelah yang dirasakan pada saat melakukan perjalanan ke lokasi wisata ini senantiasa akan hilang begitu sampai ke lokasi wisata Situ Patengan. Hamparan air yang luas, dengan sentuhan kabut tipis yang menggantung diatasnya, menambah indahnya suasana Situ (danau). Dengan melihat tenangnya air danau, segarnya udara yang kita hirup, dan sejuknya suasana danau akan membuat kita merasa damai dan bisa melupakan sejenak kepenatan dan stress yang sedang dihadapi.

Selain bisa menikmati pemandangan dari pinggir danau, kita juga bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau, terutama mengunjungi pulau yang menjadi pelengkap legenda Situ Patengan. Pulau Asmara dan Batu Cinta merupakan lokasi yang menjadi tujuan para wisatawan. Konon menurut ceritanya, siapapun yang singgah ke Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Asmara maka akan mendapatkan cinta yang abadi. Hal inilah yang mungkin menjadikan Batu Cinta dan Pulau Asmara menjadi tempat yang membuat wisatawan menjadi penasaran.

Kurang lengkap rasanya bila kita berkunjung ke lokasi wisata ini tanpa membeli cinderamata sebagai oleh–oleh atau sekedar untuk mengingatkan bahwa kita pernah mengunjungi lokasi wisata Situ Patengan. Kita tidak perlu bersusah payah untuk bisa mendapatkan cinderamata, karena didalam lokasi wisata banyak terdapat toko–toko yang menyediakan berbagai macam cinderamata. Situ Patengan menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, diantaranya adalah area parkir yang cukup luas, toilet, mushola, hingga rumah makan. Selain itu, bila kita membawa bekal sendiri, kita juga bisa menyewa tikar yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat sambil menikmati keindahan panorama Situ Patenggang dan juga bersantap siang. Sumber Bandungtotal.com

Buka E-mail Dapat Dolar...?? Ko Bisa Coy.....!!


HITS4PAY adalah Perusahaan Pengiklanan Internet yang membayar 75% dari
pendapatan iklan kepada perusahaan- perusahaan yang memasang iklan.

Dengan program ini, anda hanya perlu membaca iklan yang masuk ke Email Internal
Mailbox di account anda. Berikut adalah penawaran dari HITS4PAY :
1. Mendapatkan $10 pada saat mendaftar
2. Mendapatkan $0.02 untuk setiap email yang dibaca
3. Mendapatkan $0.01 dari setiap email yang dibaca oleh referral level 1 dan 2


Cek akan dikirim apabila anda mendapat lebih dari USD 25 setiap pertengahan
bulan. Jika tidak, akan dibayar ke bulan depan.

PENTING :
Kembangkan referral sebanyak mungkin secara online, makin banyak orang yang anda
ajak makin banyak Dollar yang akan anda dapatkan.
Langkah-langkah mendaftar :
(1) Klik alamat berikut ini :

http://hits4pay.com

(2) Klik Sign Up Free
(3) Kemudian masukkan email anda yang masih aktif pada Type In Your E-mail Here
dan klik Verify Your Email Address, selanjutnya anda akan memperoleh email
konfirmasi, ( kalau belum menerima email konfirmasi, harap di tunggu)
(4) Setelah anda mendapatkan Email dari Hits4Paid, anda mendapatkan link
confirmation sebagai member Hits4pay.
(5) Silahkan tunggu email Approval dari Hits4Paid
(6) Selanjutnya login ke account anda dan pilih Submit Tax Info "Click Here To
Submit"
(7) Apabila di inbox anda ada email dengan subject *HITS4PAY- PAID e-MAIL* itu
berarti ada iklan yang harus anda baca. Rajin-rajinlah cek email anda !!!

Nah sekarang pilihan ada ditangan anda. Silakan segera gabung dan klik di :

http://hits4pay.com

sekarang juga !!!
Jika anda hanya ingin coba-coba, silakan saja karena registrasinya 100% FREE.

SALAM SUKSES…….

Kamis, 21 Februari 2008

Buanglang Sampah Pada Tempatnya....


JAKARTA, SELASA - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2008, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam mengelola sampah di lingkungan sekitar.

Peringatan Hari Peduli Sampah tahun ini akan diisi dengan beragam kegiatan, salah satunya sosialisasi dan edukasi pengelolaan sampah. Dalam kegiatan ini, KLH dan BPLHD DKI Jakarta akan membagikan buku, pamflet, stiker dan souvenir tentang pengelolaan sampah di beberapa titik Jakarta, seperti di bunderan HI, terminal bus dan stasiun KA. Acara ini melibatkan para pelajar dan mahasiswa dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi di Jakarta, dan secara serentak akan diikuti oleh Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) Regional Jawa, Sumatera, Bali, Nusa Tenggara, Sumapapua dan Kalimantan.

Selain itu, KLH juga akan memberikan konferensi pers kepada media tentang RUU Pengelolaan Sampah di kantor KLH, Jakarta. RUU yang sedang dibahas di DPR ini diharapkan dapat menjadi landasan hukum dan ajuan baku dalam pengelolaan dan pengendalian sampah, baik di tingkat regional maupun nasional.

Rangkaian acara peringatan Hari Peduli Sampah pada hari Kamis besok dilaksanakan dengan tujuan mensosialisasikan Hari Peduli Sampah, mensosialisasikan RUU tentang Pengelolaan Sampah, mengingatkan masyarakat bahwa sampah adalah tanggungjawab kita bersama dan mengajak masyarakat untuk turut-serta mengolah sampah.

Sejarah Hari Peduli Sampah

Peringatan Hari Peduli Sampah merupakan salah satu bentuk tekad bersama masyarakat dalam melestarikan lingkungan hidup. Sampah memang selalu menjadi masalah yang tidak ada habisnya, mulai dari masalah bau sampai berbagai penyakit atau masalah terganggunya tata air yang biasanya menyebabkan banjir.

Tak ayal, sampah sering menimbulkan bencana yang menelan banyak korban. Salah satunya adalah musibah longsor yang menimpa permukiman warga di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah, Bandung. Bencana yang memakan korban hingga 143 orang ini terjadi pada 21 Februari 2005 dan menjadi bencana longsor akibat sampah terbesar di Indonesia.

Sebagai bentuk keprihatinan terhadap para korban bencana longsor di TPA Leuwigajah, maka ditetapkanlah tanggal 21 Februari sebagai Hari Peduli Sampah. Penetapan ini disampaikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup pada Hari Bumi tanggal 5 Juni 2005, yang dibarengi dengan penyusunan RUU tentang Pengelolaan Sampah.

Sehubungan dengan Hari Peduli Sampah yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2008 ini, mari kita bersama-sama peduli akan sampah yang ada di sekitar kita. Olah sampah yang tidak berguna menjadi barang yang berguna, seperti menjadikannya pupuk kompos atau produk-produk kerajinan tangan yang lucu dan unik serta mempunyai nilai ekonomis.*** Sumber : Bumi Kita

Barcelona taklukkan Celtic 3-2.


GLASGOW, RABU - Lionel Messi membuktikan dirinya sebagai striker haus gol. Si mungil yang sering disebut-sebut sebagai New Maradona tersebut mencetak dua gol untuk membawa Barcelona menang 3-2 atas Celtic pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (20/2) malam atau Kamis (21/2) dinihari WIB.

Celtic sempat membuat kubu Barca terhenyak ketika striker asal Belanda, Jan Vennegoor of Hesselink, mengoyak jala Victor Valdes pada menit ke-16. Tapi kegembiraan publik tuan rumah hanya bertahan dua meenit karena Messi bisa menyamakan skor di menit ke-18.

Sundulan Barry Robson di menit ke-38 kembali membuat Celtic unggul 2-1 yang bertahan sampai jeda. Tapi di babak kedua, Barca yang kini menempati urutan dua Primera Liga Spanyol bangkit dari keterpurukannya lewat gol penyama kedudukan yang dihasilkan Thierry Henry pada menit ke-52, sebelum Messi mencetak gol keduanya di laga itu pada menit ke-79, sekaligus memastikan kemenangan Barca dengan skor 3-2.

Kemenangan di markas Celtic ini membuat peluang Barca sangat terbuka lebar untuk maju ke babak delapan besar. Pada leg kedua yang akan berlangsung di Nou Camp nanti, The Catalans hanya perlu bermain imbang.

Bahkan, jika kalah dengan skor 0-1 atau 1-2, Barca tetap berhak melaju karena mereka punya modal tiga gol tandang. Tapi berharap imbang apalagi kalah di Nou Camp merupakan sebuah mimpi yang sulit terwujud, karena Messi dkk pasti tak ingin hal itu terjadi.

Celtic mengawali laga di markasnya ini dengan meyakinkan karena mereka hanya perlu waktu 16 menit untuk unggul lewat sundulan Jan Vennegoor saat menerima umpan silang Lee Naylor. Tapi Barca langsung meresponsnya dengan gol balasan Messi saat meneruskan umpan terobosan Deco. Bola sontekan kaki kanan striker asal Argentina itu tak bisa dihalau kiper Artur Boruc.

Tujuh menit menjelang jeda, publik tuan rumah kembali bersorak kegirangan. Bola sundulan Robson tak bisa diantisipasi Valdes yang sudah out of position karena terlalu jauh dari garis gawang. Alhasil, laju bola yang membentuk parabola tak bisa dihalau dan bergulir ke dalam gawang.

Di babak kedua, Barca yang tiga tahun lalu menjadi juara Liga Champions ini berusaha meningkatkan serangan. Kerja keras tim besutan Frank Rijkaard itu membuahkan hasil lewat gol spektakuler Henry pada menit ke-52.

Setelah menerima umpan terobosan dari Ronaldinho, Henry melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti. Dari sektor kanan pertahanan Celtic,dia melepaskan tendangan melengkung dan bola bersarang di pojok kiri atas gawang Celtic.

Skor imbang ini semakin meningkatkan semangat para pemain Barca. Di menit ke-79, Messi kembali memaksa Boruc memungut bola dari dalam gawangnya setelah dia memaksimalkan kesalahan pemain belakang Celtic yang terlalu berani memainkan bola di dalam kotak penalti*** Sumber :Kompas.com

Barcelona taklukkan Celtic 3-2.


GLASGOW, RABU - Lionel Messi membuktikan dirinya sebagai striker haus gol. Si mungil yang sering disebut-sebut sebagai New Maradona tersebut mencetak dua gol untuk membawa Barcelona menang 3-2 atas Celtic pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (20/2) malam atau Kamis (21/2) dinihari WIB.

Celtic sempat membuat kubu Barca terhenyak ketika striker asal Belanda, Jan Vennegoor of Hesselink, mengoyak jala Victor Valdes pada menit ke-16. Tapi kegembiraan publik tuan rumah hanya bertahan dua meenit karena Messi bisa menyamakan skor di menit ke-18.

Sundulan Barry Robson di menit ke-38 kembali membuat Celtic unggul 2-1 yang bertahan sampai jeda. Tapi di babak kedua, Barca yang kini menempati urutan dua Primera Liga Spanyol bangkit dari keterpurukannya lewat gol penyama kedudukan yang dihasilkan Thierry Henry pada menit ke-52, sebelum Messi mencetak gol keduanya di laga itu pada menit ke-79, sekaligus memastikan kemenangan Barca dengan skor 3-2.

Kemenangan di markas Celtic ini membuat peluang Barca sangat terbuka lebar untuk maju ke babak delapan besar. Pada leg kedua yang akan berlangsung di Nou Camp nanti, The Catalans hanya perlu bermain imbang.

Bahkan, jika kalah dengan skor 0-1 atau 1-2, Barca tetap berhak melaju karena mereka punya modal tiga gol tandang. Tapi berharap imbang apalagi kalah di Nou Camp merupakan sebuah mimpi yang sulit terwujud, karena Messi dkk pasti tak ingin hal itu terjadi.

Celtic mengawali laga di markasnya ini dengan meyakinkan karena mereka hanya perlu waktu 16 menit untuk unggul lewat sundulan Jan Vennegoor saat menerima umpan silang Lee Naylor. Tapi Barca langsung meresponsnya dengan gol balasan Messi saat meneruskan umpan terobosan Deco. Bola sontekan kaki kanan striker asal Argentina itu tak bisa dihalau kiper Artur Boruc.

Tujuh menit menjelang jeda, publik tuan rumah kembali bersorak kegirangan. Bola sundulan Robson tak bisa diantisipasi Valdes yang sudah out of position karena terlalu jauh dari garis gawang. Alhasil, laju bola yang membentuk parabola tak bisa dihalau dan bergulir ke dalam gawang.

Di babak kedua, Barca yang tiga tahun lalu menjadi juara Liga Champions ini berusaha meningkatkan serangan. Kerja keras tim besutan Frank Rijkaard itu membuahkan hasil lewat gol spektakuler Henry pada menit ke-52.

Setelah menerima umpan terobosan dari Ronaldinho, Henry melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti. Dari sektor kanan pertahanan Celtic,dia melepaskan tendangan melengkung dan bola bersarang di pojok kiri atas gawang Celtic.

Skor imbang ini semakin meningkatkan semangat para pemain Barca. Di menit ke-79, Messi kembali memaksa Boruc memungut bola dari dalam gawangnya setelah dia memaksimalkan kesalahan pemain belakang Celtic yang terlalu berani memainkan bola di dalam kotak penaltiKompas.com

Jakarta Tergenang,.. Manchester United Menang ....??? What Ups Bro....


LYON, RABU - Manchester United selamat dari kekalahan di kandang Olympique Lyonnais dalam leg pertama 16 besar Liga Champions, Kamis (21/2). Bertandang ke Stadion Gerland di Lyon, MU menahan imbang Lyon 1-1.

Pada babak pertama, kedua tim bermain cukup imbang. MU yang menurunkan pemain-pemain terbaiknya gagal memanfaatkan kesempatan saat Wayne Rooney tinggal berhadapan dengan kiper Coupet menit ke-25. Bola yang disepaknya masih mengenai badan Coupet dan hanya menghasilkan sepak pojok. Peluang bukan tak tercipta untuk Lyon, sebab Juninho dan Benzema pun sering merepotkan barisan pertahanan MU yang digalang Rio Ferdinand. Namun, hasil imbang tanpa gol berakhir hingga istirahat.

Di babak kedua, serangan Lyon bertambah. Petaka bagi MU datang di menit ke-54 saat striker yang ingin dibelinya dari Lyon, Benzema menggetarkan bagian kiri gawang Van der Sar. Mendapat umpan pendek dari Jeremy Toulalan, pemain berusia 20 tahun itu berhasil melepaskan tembakan keras meski dikepung oleh barisan pertahanan MU.

Tertinggal, pelatih Sir Alex Ferguson mencoba menambah daya gedor Setan Merah. Giggs yang bermain untuk laga ke-100 di Liga Champions akhirnya diganti dengan Nani menit ke-65. Bersamaan dengan itu, Scholes digantikan dengan Carlos Tevez.

Pergantian ini terbukti membuahkan hasil sebab kedua pemain itu berjasa menghasilkan gol di menit ke-87. Nani yang beroperasi ke sayap kanan mencoba memberikan umpan ke sisi kiri pertahanan Lyon. Namun, bola memantul dari kaki Fred yang menggantikan Benzema. Tevez yang berdiri di dekatnya tak menyia-nyiakan kesempatan dan menyarangkan bola ke sisi kiri Coupet.

Hasil seri ini menjadi modal penting bagi MU yang akan menjamu Lyon di Old Trafford dua pekan lagi. MU hanya butuh hasil imbang 0-0 untuk dapat lolos ke babak delapan besar.

Susunan pemain:
Lyon
Coupet, Clerc (Ben Arfa 78), Kallstrom, Juninho (Bodmer 74), Benzema (Fred 83), Grosso, Govou, Reveillere, Toulalan, Squillaci, Boumsong

Man. United
Van der Sar, Evra, Hargreaves (Carrick 78), Ferdinand, Brown, Cristiano Ronaldo, Anderson, Rooney, Giggs (Nani 65), Vidic, Scholes (Tevez 65)*** Sumber Kompas.com

Selasa, 19 Februari 2008

Banjir lumpur panas Sidoarjo



Sumber Wikipedia.org

Banjir Lumpur Panas Sidoarjo/Lapindo, adalah peristiwa menyemburnya lumpur panas di lokasi pengeboran PT Lapindo Brantas di Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, sejak tanggal 27 Mei 2006. Semburan lumpur panas selama beberapa bulan ini menyebabkan tergenangnya kawasan permukiman, pertanian, dan perindustrian di tiga kecamatan di sekitarnya, serta mempengaruhi aktivitas perekonomian di Jawa Timur.

LOKASI


Lokasi semburan lumpur ini berada di Porong, yakni kecamatan di bagian selatan Kabupaten Sidoarjo, sekitar 12 km sebelah selatan kota Sidoarjo. Kecamatan ini berbatasan dengan Kecamatan Gempol (Kabupaten Pasuruan) di sebelah selatan.

Lokasi semburan hanya berjarak 150-500 meter dari sumur Banjar Panji-1 (BJP-1), yang merupakan sumur eksplorasi gas milik Lapindo Brantas sebagai operator blok Brantas. Oleh karena itu, hingga saat ini, semburan lumpur panas tersebut diduga diakibatkan aktivitas pengeboran yang dilakukan Lapindo Brantas di sumur tersebut. Pihak Lapindo Brantas sendiri punya dua teori soal asal semburan. Pertama, semburan lumpur berhubungan dengan kegiatan pengeboran. Kedua, semburan lumpur "kebetulan" terjadi bersamaan dengan pengeboran akibat sesuatu yang belum diketahui.

Lokasi tersebut merupakan kawasan pemukiman dan di sekitarnya merupakan salah satu kawasan industri utama di Jawa Timur. Tak jauh dari lokasi semburan terdapat jalan tol Surabaya-Gempol, jalan raya Surabaya-Malang dan Surabaya-Pasuruan-Banyuwangi (jalur pantura timur), serta jalur kereta api lintas timur Surabaya-Malang dan Surabaya-Banyuwangi,Indonesia

Perkiraan penyebab kejadian


Lapindo Brantas melakukan pengeboran sumur Banjar Panji-1 pada awal Maret 2006 dengan menggunakan perusahaan kontraktor pengeboran PT Medici Citra Nusantara. Kontrak itu diperoleh Medici atas nama Alton International Indonesia, Januari 2006, setelah menang tender pengeboran dari Lapindo senilai US$ 24 juta.

Pada awalnya sumur tersebut direncanakan hingga kedalaman 8500 kaki (2590 meter) untuk mencapai formasi Kujung (batu gamping). Sumur tersebut akan dipasang selubung bor (casing ) yang ukurannya bervariasi sesuai dengan kedalaman untuk mengantisipasi potensi circulation loss (hilangnya lumpur dalam formasi) dan kick (masuknya fluida formasi tersebut ke dalam sumur) sebelum pengeboran menembus formasi Kujung.

Sesuai dengan desain awalnya, Lapindo “sudah” memasang casing 30 inchi pada kedalaman 150 kaki, casing 20 inchi pada 1195 kaki, casing (liner) 16 inchi pada 2385 kaki dan casing 13-3/8 inchi pada 3580 kaki (Lapindo Press Rilis ke wartawan, 15 Juni 2006). Ketika Lapindo mengebor lapisan bumi dari kedalaman 3580 kaki sampai ke 9297 kaki, mereka “belum” memasang casing 9-5/8 inchi yang rencananya akan dipasang tepat di kedalaman batas antara formasi Kalibeng Bawah dengan Formasi Kujung (8500 kaki).

Diperkirakan bahwa Lapindo, sejak awal merencanakan kegiatan pemboran ini dengan membuat prognosis pengeboran yang salah. Mereka membuat prognosis dengan mengasumsikan zona pemboran mereka di zona Rembang dengan target pemborannya adalah formasi Kujung. Padahal mereka membor di zona Kendeng yang tidak ada formasi Kujung-nya. Alhasil, mereka merencanakan memasang casing setelah menyentuh target yaitu batu gamping formasi Kujung yang sebenarnya tidak ada. Selama mengebor mereka tidak meng-casing lubang karena kegiatan pemboran masih berlangsung. Selama pemboran, lumpur overpressure (bertekanan tinggi) dari formasi Pucangan sudah berusaha menerobos (blow out) tetapi dapat diatasi dengan pompa lumpurnya Lapindo (Medici).

Underground Blowout (semburan liar bawah tanah)

Setelah kedalaman 9297 kaki, akhirnya mata bor menyentuh batu gamping. Lapindo mengira target formasi Kujung sudah tercapai, padahal mereka hanya menyentuh formasi Klitik. Batu gamping formasi Klitik sangat porous (bolong-bolong). Akibatnya lumpur yang digunakan untuk melawan lumpur formasi Pucangan hilang (masuk ke lubang di batu gamping formasi Klitik) atau circulation loss sehingga Lapindo kehilangan/kehabisan lumpur di permukaan.

Akibat dari habisnya lumpur Lapindo, maka lumpur formasi Pucangan berusaha menerobos ke luar (terjadi kick). Mata bor berusaha ditarik tetapi terjepit sehingga dipotong. Sesuai prosedur standard, operasi pemboran dihentikan, perangkap Blow Out Preventer (BOP) di rig segera ditutup & segera dipompakan lumpur pemboran berdensitas berat ke dalam sumur dengan tujuan mematikan kick. Kemungkinan yang terjadi, fluida formasi bertekanan tinggi sudah terlanjur naik ke atas sampai ke batas antara open-hole dengan selubung di permukaan (surface casing) 13 3/8 inchi. Di kedalaman tersebut, diperkirakan kondisi geologis tanah tidak stabil & kemungkinan banyak terdapat rekahan alami (natural fissures) yang bisa sampai ke permukaan. Karena tidak dapat melanjutkan perjalanannya terus ke atas melalui lubang sumur disebabkan BOP sudah ditutup, maka fluida formasi bertekanan tadi akan berusaha mencari jalan lain yang lebih mudah yaitu melewati rekahan alami tadi & berhasil. Inilah mengapa surface blowout terjadi di berbagai tempat di sekitar area sumur, bukan di sumur itu sendiri.

Volume Lumpur


Ketika semburan lumpur terjadi pertama kali di sekitar Sumur Banjar Panji 1 (BJP-1), volume lumpur yang dihasilkan masih pada tingkat 5.000 meter kubik per hari. Lubang semburan terjadi di beberapa tempat, sebelum akhirnya menjadi satu lubang yang dari waktu ke waktu menyemburkan lumpur panas dengan volume yang terus membesar hingga mencapai 50.000 m3 per hari.

Permasalahan penanganan lumpur panas ini menjadi jauh lebih berat akibat semakin membesarnya volume lumpur panas yang disemburkan, dari antara 40,000 m3 sampai 60,000 m3 (Mei-Agustus) menjadi 126,000 m3 per hari, sehingga yang akan dibuang tidak hanya air dari lumpur tersebut, akan tetapi keseluruhan lumpur panas yang menyembur di sekitar sumur Banjar Panji 1.

Hasil Uji Lumpur


Berdasarkan pengujian toksikologis di 3 laboratorium terakreditasi (Sucofindo, Corelab dan Bogorlab) diperoleh kesimpulan ternyata lumpur Sidoarjo tidak termasuk limbah B3 baik untuk bahan anorganik seperti Arsen, Barium, Boron, Timbal, Raksa, Sianida Bebas dan sebagainya, maupun untuk untuk bahan organik seperti Trichlorophenol, Chlordane, Chlorobenzene, Chloroform dan sebagainya. Hasil pengujian menunjukkan semua parameter bahan kimia itu berada di bawah baku mutu.[1]

Hasil pengujian LC50 terhadap larva udang windu (Penaeus monodon) maupun organisme akuatik lainnya (Daphnia carinata) menunjukkan bahwa lumpur tersebut tidak berbahaya dan tidak beracun bagi biota akuatik. LC50 adalah pengujian konsentrasi bahan pencemar yang dapat menyebabkan 50 persen hewan uji mati. Hasil pengujian membuktikan lumpur tersebut memiliki nilai LC50 antara 56.623,93 sampai 70.631,75 ppm Suspended Particulate Phase (SPP) terhadap larva udang windu dan di atas 1.000.000 ppm SPP terhadap Daphnia carinata. Sementara berdasarkan standar EDP-BPPKA Pertamina, lumpur dikatakan beracun bila nilai LC50-nya sama atau kurang dari 30.000 mg/L SPP.

Di beberapa negara, pengujian semacam ini memang diperlukan untuk membuang lumpur bekas pengeboran (used drilling mud) ke dalam laut. Jika nilai LC50 lebih besar dari 30.000 Mg/L SPP, lumpur dapat dibuang ke perairan.

Dampak


Semburan lumpur ini membawa dampak yang luar biasa bagi masyarakat sekitar maupun bagi aktivitas perekonomian di Jawa Timur.



  • Lumpur menggenangi duabelas desa di tiga kecamatan. Semula hanya menggenangi empat desa dengan ketinggian sekitar 6 meter, yang membuat dievakuasinya warga setempat untuk diungsikan serta rusaknya areal pertanian. Luapan lumpur ini juga menggenangi sarana pendidikan dan Markas Koramil Porong. Hingga bulan Agustus 2006, luapan lumpur ini telah menggenangi sejumlah desa/kelurahan di Kecamatan Porong, Jabon, dan Tanggulangin, dengan total warga yang dievakuasi sebanyak lebih dari 8.200 jiwa dan tak 25.000 jiwa mengungsi. Karena tak kurang 10.426 unit rumah terendam lumpur dan 77 unit rumah ibadah terendam lumpur.

  • Lahan dan ternak yang tercatat terkena dampak lumpur hingga Agustus 2006 antara lain: lahan tebu seluas 25,61 ha di Renokenongo, Jatirejo dan Kedungcangkring; lahan padi seluas 172,39 ha di Siring, Renokenongo, Jatirejo, Kedungbendo, Sentul, Besuki Jabon dan Pejarakan Jabon; serta 1.605 ekor unggas, 30 ekor kambing, 2 sapi dan 7 ekor kijang.

  • Sekitar 30 pabrik yang tergenang terpaksa menghentikan aktivitas produksi dan merumahkan ribuan tenaga kerja. Tercatat 1.873 orang tenaga kerja yang terkena dampak lumpur ini.

  • Empat kantor pemerintah juga tak berfungsi dan para pegawai juga terancam tak bekerja.

  • Tidak berfungsinya sarana pendidikan (SD, SMP), Markas Koramil Porong, serta rusaknya sarana dan prasarana infrastruktur (jaringan listrik dan telepon)

  • Rumah/tempat tinggal yang rusak akibat diterjang lumpur dan rusak sebanyak 1.683 unit. Rinciannya: Tempat tinggal 1.810 (Siring 142, Jatirejo 480, Renokenongo 428, Kedungbendo 590, Besuki 170), sekolah 18 (7 sekolah negeri), kantor 2 (Kantor Koramil dan Kelurahan Jatirejo), pabrik 15, masjid dan musala 15 unit.

  • Kerusakan lingkungan terhadap wilayah yang tergenangi, termasuk areal persawahan

  • Pihak Lapindo melalui Imam P. Agustino, Gene-ral Manager PT Lapindo Brantas, mengaku telah menyisihkan US$ 70 juta (sekitar Rp 665 miliar) untuk dana darurat penanggulangan lumpur.

  • Akibat amblesnya permukaan tanah di sekitar semburan lumpur, pipa air milik PDAM Surabaya patah [2].

  • Meledaknya pipa gas milik Pertamina akibat penurunan tanah karena tekanan lumpur dan sekitar 2,5 kilometer pipa gas terendam [3].

  • Ditutupnya ruas jalan tol Surabaya-Gempol hingga waktu yang tidak ditentukan, dan mengakibatkan kemacetan di jalur-jalur alternatif, yaitu melalui Sidoarjo-Mojosari-Porong dan jalur Waru-tol-Porong.

  • Tak kurang 600 hektar lahan terendam.

  • Sebuah SUTET milik PT PLN dan seluruh jaringan telepon dan listrik di empat desa serta satu jembatan di Jalan Raya Porong tak dapat difungsikan.


Penutupan ruas jalan tol ini juga menyebabkan terganggunya jalur transportasi Surabaya-Malang dan Surabaya-Banyuwangi serta kota-kota lain di bagian timur pulau Jawa. Ini berakibat pula terhadap aktivitas produksi di kawasan Ngoro (Mojokerto) dan Pasuruan yang selama ini merupakan salah satu kawasan industri utama di Jawa Timur.



Upaya Penanggulangan



Sejumlah upaya telah dilakukan untuk menanggulangi luapan lumpur, diantaranya dengan membuat tanggul untuk membendung area genangan lumpur. Namun demikian, lumpur terus menyembur setiap harinya, sehingga sewaktu-waktu tanggul dapat jebol, yang mengancam tergenanginya lumpur pada permukiman di dekat tanggul. Jika dalam tiga bulan bencana tidak tertangani, adalah membuat waduk dengan beton pada lahan seluas 342 hektar, dengan mengungsikan 12.000 warga. Kementerian Lingkungan Hidup mengatakan, untuk menampung lumpur sampai Desember 2006, mereka menyiapkan 150 hektare waduk baru. Juga ada cadangan 342 hektare lagi yang sanggup memenuhi kebutuhan hingga Juni 2007. Akhir Oktober, diperkirakan volume lumpur sudah mencapai 7 juta m3.

Badan Meteorologi dan Geofisika meramal musim hujan bakal datang dua bulanan lagi. Jika perkira-an itu tepat, waduk terancam kelebihan daya tampung. Lumpur pun meluap ke segala arah, mengotori sekitarnya.

Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS) memperkirakan, musim hujan bisa membuat tanggul jebol, waduk-waduk lumpur meluber, jalan tol terendam, dan lumpur diperkirakan mulai melibas rel kereta. Ini adalah bahaya yang bakal terjadi dalam hitungan jangka pendek.

Sudah ada tiga tim ahli yang dibentuk untuk memadamkan lumpur berikut menanggulangi dampaknya. Mereka bekerja secara paralel. Tiap tim terdiri dari perwakilan Lapindo, pemerintah, dan sejumlah ahli dari beberapa universitas terkemuka. Di antaranya, para pakar dari ITS, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Gadjah Mada. Tim Satu, yang menangani penanggulangan lumpur, berkutat dengan skenario pemadaman. Tujuan jangka pendeknya adalah memadamkan lumpur dan mencari penyelesaian cepat untuk jutaan kubik lumpur yang telah terhampar di atas tanah.


Skenario penghentian semburan lumpur

Skenario pertama, menghentikan luapan lumpur dengan menggunakan snubbing unit pada sumur Banjar Panji-1. Snubbing unit adalah suatu sistem peralatan bertenaga hidrolik yang umumnya digunakan untuk pekerjaan well-intervention & workover (melakukan suatu pekerjaan ke dalam sumur yang sudah ada). Snubbing unit ini digunakan untuk mencapai rangkaian mata bor seberat 25 ton dan panjang 400 meter yang tertinggal pada pemboran awal. Diharapkan bila mata bor tersebut ditemukan maka ia dapat didorong masuk ke dasar sumur (9297 kaki) dan kemudian sumur ditutup dengan menyuntikan semen dan lumpur berat. Akan tetapi skenario ini gagal total. Rangkaian mata bor tersebut berhasil ditemukan di kedalaman 2991 kaki tetapi snubbing unit gagal mendorongnya ke dalam dasar sumur.

Skenario kedua dilakukan dengan cara melakukan pengeboran miring (sidetracking) menghindari mata bor yang tertinggal tersebut. Pengeboran dilakukan dengan menggunakan rig milik PT Pertamina (persero). Skenario kedua ini juga gagal karena telah ditemukan terjadinya kerusakan selubung di beberapa kedalaman antara 1.060-1.500 kaki, serta terjadinya pergerakan lateral di lokasi pemboran BJP-1. Kondisi itu mempersulit pelaksanaan sidetracking. Selain itu muncul gelembung-gelembung gas bumi di lokasi pemboran yang dikhawatirkan membahayakan keselamatan pekerja, ketinggian tanggul di sekitar lokasi pemboran telah lebih dari 15 meter dari permukaan tanah sehingga tidak layak untuk ditinggikan lagi. Karena itu, Lapindo Brantas melaksanakan penutupan secara permanen sumur BJP-1.

Skenario ketiga, pada tahap ini, pemadaman lumpur dilakukan dengan terlebih dulu membuat tiga sumur baru (relief well). Tiga lokasi tersebut antara lain: Pertama, sekitar 500 meter barat daya Sumur Banjar Panji-1. Kedua, sekitar 500 meter barat barat laut sumur Banjar Panji 1. Ketiga, sekitar utara timur laut dari Sumur Banjar Panji-1. Sampai saat ini skenario ini masih dijalankan.

Ketiga skenario beranjak dari hipotesis bahwa lumpur berasal dari retakan di dinding sumur Banjar Panji-1. Padahal ada hipotesis lain, bahwa yang terjadi adalah fenomena gunung lumpur (mud volcano), seperti di Bledug Kuwu di Purwodadi, Jawa Tengah. Sampai sekarang, Bledug Kuwu terus memuntahkan lumpur cair hingga membentuk rawa.

Rudi Rubiandini, anggota Tim Pertama, mengatakan bahwa gunung lumpur hanya bisa dilawan dengan mengoperasikan empat atau lima relief well sekaligus. Semua sumur dipakai untuk mengepung retakan-retakan tempat keluarnya lumpur. Kendalanya pekerjaan ini mahal dan memakan waktu. Contohnya, sebuah rig (anjungan pengeboran) berikut ongkos operasionalnya membutuhkan Rp 95 miliar. Biaya bisa membengkak karena kontraktor dan rental alat pengeboran biasanya memasang tarif lebih mahal di wilayah berbahaya. Paling tidak kelima sumur akan membutuhkan Rp 475 miliar. Saat ini pun sulit mendapatkan rig yang menganggur di tengah melambungnya harga minyak.

Rovicky Dwi Putrohari, seorang geolog independen, menulis bahwa di lokasi sumur Porong-1, tujuh kilometer sebelah timur Banjar Panji-1, terlihat tanda-tanda geologi yang menunjukkan luapan lumpur pada zaman dulu, demikian analisanya. Rovicky mencatat sebuah hal yang mencemaskan: semburan lumpur di Porong baru berhenti dalam rentang waktu puluhan hingga ratusan tahun.


Antisipasi kegagalan menghentikan semburan lumpur

Jika skenario penghentian lumpur terlambat atau gagal maka tanggul yang disediakan tidak akan mampu menyimpan lumpur panas sebesar 126,000 m3 per hari. Pilihan penyaluran lumpur panas yang tersedia pada pertengahan September 2006 hanya tinggal dua.

Pilihan pertama adalah meneruskan upaya penangangan lumpur di lokasi semburan dengan membangun waduk tambahan di sebelah tanggul-tanggul yang ada sekarang. Dengan sedikit upaya untuk menggali lahan ditempat yang akan dijadikan waduk tambahan tersebut agar daya tampungnya menjadi lebih besar. Masalahnya, untuk membebaskan lahan disekitar waduk diperlukan waktu, begitu juga untuk menyiapkan tanggul yang baru, sementara semburan lumpur secara terus menerus, dari hari ke hari, volumenya terus membesar.

Pilihan kedua adalah membuang langsung lumpur panas itu ke Kali Porong. Sebagai tempat penyimpanan lumpur, Kali Porong ibarat waduk yang telah tersedia, tanpa perlu digali, memiliki potensi volume penampungan lumpur panas yang cukup besar. Dengan kedalaman 10 meter di bagian tengah kali tersebut, bila separuhnya akan diisi lumpur panas Sidoardjo, maka potensi penyimpanan lumpur di Kali Porong sekitar 300,000 m3 setiap kilometernya. Dengan kata lain, kali Porong dapat membantu menyimpan lumpur sekitar 5 juta m3, atau akan memberikan tambahan waktu sampai lima bulan bila volume lumpur yang dipompakan ke Kali Porong tidak melebihi 50,000 m3 per hari. Bila yang akan dialirkan ke Kali Porong adalah keseluruhan lumpur yang menyembur sejak awal Oktober 2006, maka volume lumpur yang akan pindah ke Kali Porong mencapai 10 juta m3 pada bulan Desember 2006. Volume lumpur yang begitu besar membutuhkan frekuensi dan volume penggelontoran air dari Sungai Brantas yang tinggi, dan kegiatan pengerukan dasar sungai yang terus menerus, agar Kali Porong tidak berubah menjadi waduk lumpur. Sedangkan untuk mencegah pengembaraan koloida lumpur Sidoardjo di perairan Selat Madura, diperlukan upaya pengendapan dan stabilisasi lumpur tersebut di kawasan pantai Sidoardjo.

Para pakar yang melakukan simposium di ITS pada minggu kedua September, menyampaikan informasi bahwa kawasan pantai di Kabupaten Sidoardjo mengalami proses reklamasi pantai secara alamiah dalam beberapa dekade terakhir disebabkan oleh proses sedimentasi dan dinamika perairan Selat Madura. Setiap tahunnya, pantai Sidoardjo bertambah 40 meter. Sehingga upaya membentuk kawasan lahan basah di pantai yang terbuat dari lumpur panas Sidoardjo, merupakan hal yang selaras dengan proses alamiah reklamasi pantai yang sudah berjalan beberapa dekade terakhir.

Dengan mengumpulkan lumpur panas Sidoardjo ke tempat yang kemudian menjadi lahan basah yang akan ditanami oleh mangrove, lumpur tersebut dapat dicegah masuk ke Selat Madura sehingga tidak mengancam kehidupan nelayan tambak di kawasan pantai Sidoardjo dan nelayan penangkap ikan di Selat Madura. Pantai rawa baru yang akan menjadi lahan reklamasi tersebut dikembangkan menjadi hutan bakau yang lebat dan subur, yang bermanfaat bagi pemijahan ikan, daerah penyangga untuk pertambakan udang. Pantai baru dengan hutan bakau diatasnya dapat ditetapkan sebagai kawasan lindung yang menjadi sumber inspirasi dan sarana pendidikan bagi masyarakat terhadap pentingnya pelestarian kawasan pantai..


Tim Nasional Penanggulangan Semburan Lumpur

Pada 9 September 2006, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menandatangani surat keputusan pembentukan Tim Nasional Penanggulangan Semburan Lumpur di Sidoarjo. Dalam surat itu disebutkan, tim dibentuk untuk menyelamatkan penduduk di sekitar lokasi bencana, menjaga infrastruktur dasar, dan menyelesaikan masalah semburan lumpur dengan risiko lingkungan paling kecil. Tim dipimpin Basuki Hadi Muljono, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pekerjaan Umum, dengan tim pengarah sejumlah menteri, diberi mandat selama enam bulan. Seluruh biaya untuk pelaksanaan tugas tim nasional ini dibebankan pada PT Lapindo Brantas.


Keputusan Pemerintah

Rapat Kabinet pada 27 September 2006 akhirnya memutuskan untuk membuang lumpur panas Sidoardjo langsung ke Kali Porong. Keputusan itu dilakukan karena terjadinya peningkatan volume semburan lumpur dari 50,000 meter kubik per hari menjadi 126,000 meter kubik per hari, untuk memberikan tambahan waktu untuk mengupayakan penghentian semburan lumpur tersebut dan sekaligus mempersiapkan alternatif penanganan yang lain, seperti pembentukan lahan basah (rawa) baru di kawasan pantai Kabupaten Sidoardjo.

Pendapat Kontra pembuangan lumpur secara langsung

Banyak pihak menolak rencana pembuangan ke laut ini, diantaranya Walhi [4] dan ITS [5]. Menteri Kelautan dan Perikanan, Freddy Numberi, dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi IV DPR RI, 5 September 2006, menyatakan luapan lumpur Lapindo mengakibatkan produksi tambak pada lahan seluas 989 hektar di dua kecamatan mengalami kegagalan panen. Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) memperkirakan kerugian akibat luapan lumpur pada budidaya tambak di kecamatan Tanggulangin dan Porong Sidoarjo, Jawa Timur, mencapai Rp10,9 miliar per tahun. Dan rencana pembuangan lumpur yang dilakukan dengan cara mengalirkannya ke laut melalui Sungai Porong, bisa mengakibatkan dampak yang semakin meluas yakni sebagian besar tambak di sepanjang pesisir Sidoarjo dan daerah kabupaten lain di sekitarnya, karena lumpur yang sampai di pantai akan terbawa aliran transpor sedimen sepanjang pantai. [6]

Dampak lumpur itu bakal memperburuk kerusakan ekosistem Sungai Porong. Ketika masuk ke laut, lumpur otomatis mencemari Selat Madura dan sekitarnya. Areal tambak seluas 1.600 hektare di pesisir Sidoarjo akan terpengaruh.

Alternatif yang sudah dikaji lembaga seperti Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya, dengan memisahkan air dari endapan lumpur lalu membuang air ke laut. Lumpur itu mengandung 70 persen air, sisanya bahan endapan. Kalau air bisa dibuang ke laut, tentu danau penampungan tak perlu diperlebar, dan tekanan pada tanggul bisa dikurangi.


Penahanan tersangka


Dalam kasus ini, Polda Jawa Timur telah menetapkan 12 tersangka, yaitu 5 orang dari PT Medici Citra Nusantara, 3 orang dari PT Lapindo Brantas, 1 orang dari PT Energi Mega Persada dan 3 orang dari PT Tiga Musim Jaya. PT Tiga Musim Jaya terkait kasus Lapindo karena ia merupakan penyedia operator rig (alat bor).

Para tersangka dijerat Pasal 187 dan Pasal 188 KUHP dan UU No 23/1997 Pasal 41 ayat 1 dan Pasal 42 tentang pencemaran lingkungan, dengan ancaman hukum 12 tahun penjara. "Otomatis UU pencemaran lingkungan hidup ini sudah termasuk kejahatan korporasi karena merusak lingkungan hidup," kata Wakil Kepala Divisi Humas Polri Brigjen Anton Bachrul Alam beberapa waktu lalu.

Jaya Hartono Arsiteki Persib


Bandung - Jaya Hartono terpilih menjadi pelatih baru Persib Bandung. Kepastian pengangkatan Jaya diperoleh setelah manajermen Persib menghadap Walikota di Pendopo Kota Bandung.

Dengan demikian, Jaya akan memimpin Persib mengarungi Liga Super musim depan. Meski keputusan resmi pengangkatan Jaya sebagai arsitek tim "Maung Bandung" belum ada, tapi pertemuan dengan Walikota adalah sebuah sinyal positif.

Hal ini ditegaskan oleh manager Persib Jaja Soetardja. "Memang kesepakatan resmi belum dibuat, namun kedatangan kami ke pendopo membuktikan sudah ada ikatan," katanya saat ditemui di pendopo Walikota, Senin (18/2/2008).

Lantas, kapan Jaya akan diresmikan sebagai arsitek Persib? "Beberapa hari lagi kontrak resmi sudah ada," ujar Jaja sembari enggan merinci kapan tepatnya.

Jaja menegaskan bahwa ia sudah memenuhi janjinya untuk mendatangkan pelatih. Tentang nanti siapa yang akan masuk dalam tim Persib, penentunya adalah pelatih.

Bila sudah resmi menjadi pelatih Persib, langkah ke depan yang akan diambil Jaya adalah melakukan rekrutmen pemain. Namun saat ditanya siapa-siapa saja pemain yang akan dipakai dan akan dilepas, mantan pelatih Deltras Sidoarjo itu enggan berkomentar. (Sumber DetikSport.com)

Senin, 18 Februari 2008

Nasib Teater Sunda Tak Berkembang Warga Jawabarat Tak Peduli


Apresiasi masyarakat Jabar terhadap teater Sunda (berbahasa Sunda), masih sangat kurang, sekalipun jumlah teater di Jabar tiap tahun bertambah. Hal itu dikatakan sesepuh dan budayawan Jabar, H. Uu Rukmana, usai pembukaan "Festival Drama Basa Sunda (FDBS) X/2008" Teater Sunda Kiwari (TSK) di Gedung Kesenian Rumentangsiang Bandung, Senin (11/2).

Kurangnya apresiasi masyarakat Jabar terhadap teater Sunda, ujar Uu, dikarenakan kehidupan teater Sunda sempat terputus selama puluhan tahun. Selain itu, belum ada gedung pertunjukan yang representatif untuk penyelenggaraan teater Sunda di Jabar, khususnya di Kota Bandung. Tidak seperti masyarakat di Bali dan Eropa, yang menjadikan teater sebagai tontonan setiap hari,papar Uu Rukmana..

Dikatakan Uu, terakhir teater Sunda masih digemari masyarakat Jabar, sekitar tahun 1955-1964. Namun pada 1965, teater Sunda tidak bisa berkembang karena banyak teater Sunda dan gedung kesenian yang diobrak-abrik PKI.

Sejak saat itu, teater Sunda tidak berkembang sehingga tidak dikenali masyarakat Jabar. Beruntung pada 1975 berdiri TSK, yang menghidupkan kembali teater Sunda di Jabar. Bahkan, sejak 1988 TSK terus menggelar festival drama basa Sunda, yang setiap tahun jumlah pesertanya terus meningkat, tegas Uu Rukmana.

Namun TSK melakukan itu tanpa bantuan dan perhatian dari pemerintah. Padahal, pemerintah telah mengeluarkan Perda No. 5 dan Perda No. 7/2003 tentang pelestarian dan pengembangan bahasa, sastra, dan aksara Sunda. Namun implementasi perda tersebut, baik dari Pemprov Jabar maupun DPRD Jabar, tidak terbukti di lapangan.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jabar, H.I. Budhyana menyebutkan, kurangnya apresiasi masyarakat terhadap teater Sunda, karena kemasan pergelarannya kurang menarik. Selain itu, tema atau judul pergelaran pun tidak mengangkat hal-hal yang aktual dan faktual, serta tidak kreatif.

"Saya melihat, judul atau tema yang diangkat masih seputar cerita yang dulu, bukan yang aktual," ujarnya.

Sementara itu, pupuhu TSK, Dadi P. Danusubrata menyebutkan, tahun ini penyelenggaraan FDBS merupakan yang ke-10 kali dan diikuti 71 grup teater se-Jabar, Yogyakarta, dan DKI Jakarta. Disebutkan, ada enam naskah yang bisa dipilih para peserta, seperti "Jeblog", "Badog", "Randu Jalaprang", "Akalna Si Apin", "Karikatur Nu Gelo", dan "Rorongo".

Dadi menambahkan dari jumlah peserta tersebut, 24 grup mengambil naskah 'Rorongo', 14 grup mengambil naskah 'Badog', 'Karikatur Nu Gelo' 11 grup, 'Jeblog' 9 grup, 'Akalna Si Apin' 4 grup, dan 'Randu Jalaprang' 3 grup. Sementara FDBS sendiri berlangsung dari 11 Februari sampai 1 Maret di GK Rumentangsiang Bandung. sumber MGT Radio

Ayat - Ayat Cinta


Ini adalah kisah cinta. Tapi bukan cuma sekedar kisah cinta yang biasa. Ini tentang bagaimana menghadapi turun-naiknya persoalan hidup dengan cara Islam. Fahri bin Abdillah (Fedi Nuril) adalah pelajar Indonesia yang berusaha menggapai gelar masternya di Al Ahzar. Berjibaku dengan panas-debu Mesir. Berkutat dengan berbagai macam target dan kesederhanaan hidup. Bertahan dengan menjadi penerjemah buku-buku agama. Semua target dijalani Fahri dengan penuh antusiasme kecuali satu: menikah.  Kenapa? Karena Fahri adalah laki-laki taat yang begitu ‘lurus’. Dia tidak mengenal pacaran sebelum menikah. Dia kurang artikulatif saat berhadapan dengan mahluk bernama perempuan. Hanya ada sedikit perempuan yang dekat dengannya selama ini. Neneknya, Ibunya dan saudara perempuannya.  Betul begitu? Sepertinya pindah ke Mesir membuat hal itu berubah



Tersebutlah Maria Girgis (Carissa Putri). Tetangga satu flat yang beragama Kristen Koptik tapi mengagumi Al Quran. Dan menganggumi Fahri. Kekaguman yang berubah menjadi cinta. Sayang cinta Maria hanya tercurah dalam diary saja.  Lalu ada Nurul (Melanie Putria). Anak seorang kyai terkenal yang juga mengeruk ilmu di Al Azhar. Sebenarnya Fahri menaruh hati pada gadis manis ini. Sayang rasa mindernya yang hanya anak keturunan petani membuatnya tidak pernah menunjukkan rasa apa pun pada Nurul. Sementara Nurul pun menjadi ragu dan selalu menebak-nebak.  Setelah itu ada Noura (Zaskia Adya Mecca). Juga tetangga yang selalu disika Ayahnya sendiri. Fahri berempati penuh dengan Noura dan ingin menolongnya. Sayang hanya empati saja. Tidak lebih. Namun Noura yang mengharap lebih. Dan nantinya ini menjadi masalah besar ketika Noura menuduh Fahri memperkosanya

Terakhir muncullah Aisha (Rianti Cartwright). Si mata indah yang menyihir Fahri. Sejak sebuah kejadian di metro, saat Fahri membela Islam dari tuduhan kolot dan kaku, Aisha jatuh cinta pada Fahri. Dan Fahri juga tidak bisa membohongi hatinya.  Lalu bagaimana bocah desa nan lurus itu menghadapi ini semua? Siapa yang dipilihnya? Bisakah dia menjalani semua dalam jalur Islam yang sangat dia yakini?


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini