add

5 Posting Terbaru

Sabtu, 02 Mei 2009

Kemudahan Mencari bagi Pengguna Gmail


Berbahagialah pengguna Gmail. Mereka kini tidak perlu lagi membuka jendela browser baru untuk melakukan pencarian di Internet. Fitur opsional Google Search ini harus diaktifkan dari Gmail Labs (pilih tab Settings, Labs).

“Orang sering menanyai saya via chat atau e-mail, dan saya harus keluar dari Gmail ketika melakukan pencarian di Google. Lalu saya harus memilih jawaban yang sesuai, menyalinnya, dan masuk lagi ke Gmail, kemudian mem-paste jawaban tersebut ke dalam jendela chat,” cerita Adam de Boor, software engineer, dalam posting blog-nya. “Adakalanya saya lupa masuk lagi ke Gmail, dan harus mengulangi semua langkah di atas ketika saya ingat harus melakukan hal tersebut.”


Kini, pengguna Gmail tidak perlu keluar masuk Gmail. Mereka bisa melakukan pencarian langsung di dalam Gmail dengan mengetikkan kata kunci. Sebuah jendela yang mirip jendela chat akan muncul di dasar layar, menampilkan hasil pencarian. Hasil pencarian itu kemudian bisa dengan mudah disisipkan dalam chat dan e-mail. Agar lebih mudah diakses, pengguna disarankan untuk juga mengaktifkan “Navbar drag and drop” di Labs guna memindahkan kotak pencarian ke bagian atas halaman.



Indonesia Luncurkan Radar Buatan dalam Negeri


BANDUNG, Radar produksi anak negeri diluncurkan di Bandung, Kamis bersamaan digelarnya sebuah seminar bertajuk Radar Nasional 2009. Peluncuran dilakukan bersama Pusat Penelitian Eletronika dan Komunikasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPET LIPI) bekerjasama dengan Sekolah Teknik Elektro dan Inforatika Institut Teknologi Bandung (STEI ITB) dan International Research Centre for Telecommunication and Radar Belanda.

Radar tersebut diberi nama INDRA (Indonesian Radar). INDRA sendiri adalah Radar pertama kali yang diproduksi oleh Indonesia. Sampai saat ini INDRA masih dalam pengembangan lebih lanjut agar bisa menyaingi radar-radar buatan luar negeri.



BANDUNG, Radar produksi anak negeri diluncurkan di Bandung, Kamis bersamaan digelarnya sebuah seminar bertajuk Radar Nasional 2009. Peluncuran dilakukan bersama Pusat Penelitian Eletronika dan Komunikasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPET LIPI) bekerjasama dengan Sekolah Teknik Elektro dan Inforatika Institut Teknologi Bandung (STEI ITB) dan International Research Centre for Telecommunication and Radar Belanda.

Radar tersebut diberi nama INDRA (Indonesian Radar). INDRA sendiri adalah Radar pertama kali yang diproduksi oleh Indonesia. Sampai saat ini INDRA masih dalam pengembangan lebih lanjut agar bisa menyaingi radar-radar buatan luar negeri.

Radar buatan Indonesia ini mempunya keunikan dari beberapa radar yang sudah ada. Dengan menggunakan teknologi Frequency Modulated Continuous Wave (FM-CW), konsumsi daya dan ukuran radar menjadi lebih kecil dari ukuran radar pada umumnya tanpa mengurangi keunggulan yang mengikuti perkembangan jaman.

Selain acara seminar yang diadakan oleh PPET LIPI ini, juga sebuah acara peluncuran produk radar buatan Indonesia. Dalam peluncuran radar buatan Indonesia terdapat dua buah produk Radar hasil litbang oleh anak bangsa yaitu Radar Pengawas Pantai dan Radar Navigasi Kapal.

Dalam seminar dan peluncuran radar buatan Indonesia yang pertama kali ini dihadiri staf ahli Menristek bidang hankam dan perwakilan TNI AU yabg diwakili oleh Marsekal Pertama TNI Wasito. Selain itu, turut hadir pula pembicara dari Belanda yaitu Prof Dr Ir Leo P Ligthart, seorang ahli Radar dari IRCTR-TU Delft.

Sumber : Kompas.com

M Jusuf Kalla Maju Jadi Capres karena Golkar Dihina


MAKASSAR, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar M Jusuf Kalla mengakui sebenarnya tidak ingin berpisah dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Namun keadaan dan harga diri partai membuatnya terpaksa harus berpisah.

"Saya sering ditanya kenapa SBY-JK berpisah. Saya sendiri sebenarnya tak punya keinginan berpisah, tetapi keadaan yang membuat terpaksa kami berpisah," kata Jusuf Kalla ketika silaturahmi dengan DPD II se-Sulsel di kediaman JL Haji Bau Makasar, Sabtu malam.


Pertemuan tersebut berlangsung di halaman belakang dan didahului dengan makan malam bersama. Menurut Kalla semua parpol punya cita-cita, begitu juga Partai Golkar. Menurut Kalla suatu saat Partai Golkar terusik harga dirinya ketika dikatakan hanya akan mampu meraih 2,5 persen, oleh karena itu semua DPD I memintanya maju sebagai capres.

"Karena Golkar merasa terhina punya harga diri, maka saya maju sebagai capres. Saya tak bisa menolak, kalau tidak saya terima Golkar pecah," kata Kalla dengan nada tinggi.

Selain itu, tambah Kalla karena ia yakin akan mampu. Kalla juga menegaskan selama Partai Golkar menjadi bumper atas apa saja. "Partai Golkar selalu jadi bumper apa saja masalah bangsa. Baik masalah APBN interpelasi atau angket. Pembela utamanya Partai Golkar," kata Kalla.

Karena itu tambahnya orang sering lupa bahwa Partai Golkar telah memberikan sumbangan yang besar bagi pembangunan bangsa ini.

Sumber : Kompas.com

Jorge Lorenzo Start Terdepan, Rossi Keempat di MotoGP Spanyol



JEREZ, Pebalap Spanyol, Jorge Lorenzo menempatkan diri di posisi start paling depan dalam MotoGP Spanyol, Minggu (3/5). Dalam babak kualifikasi di sirkuit Jerez, Sabtu (2/5) pebalap tim Fiat-Yamaha ini mencatat waktu terbaiknya dengan 1 menit 38,933 detik

Selama kualifikasi 45 menit berlangsung, pebalap tuan rumah ini tercatat beberapa kali menjadi yang tercepat. Tepatnya, ketika ia sudah menemukan pemakaian ban yang tepat langsung menembus 1 menit 39,675 detik. Tak berapa lama, catatan waktunya dipertajam lagi menjadi 1:39,266.


Tatkala kualifikasi tinggal menyisakan 5 menit, Lorenzo kembali membesut Yamaha M1 lebih cepat. Hasilnya, ia mengukir 1 menit 38,933 detik.

Pebalap tuan rumah lainnya, Dani Pedrosa mendampingi Lorenzo di start terdepan. Andalan tim Repsol-Honda itu kalah cepat 0,051 detik. Ia coba melampaui waktu Lorenzo, namun sia-sia karena sempat terlalu melebar, sehingga harus puas di urutan start kedua.

Sementara Casey Stoner menempati jajaran ketiga terdepan setelah mencatat 1 menit 39,415 detik. Pebalap Australia ini mengalami kendala dengan keliaran motornya.

Pada menit-menit awal sempat kerja keras mengatasi keliaran Ducati Desmosedici GP9. Baru pada menit terakhir ia mampu menjinakkan Ducati dengan sasis serat karbon itu.

Valentino Rossi harus puas start di barisan kedua. The Doctor sudah berusaha sebaik mungkin, namun hanya bisa mengukir 1 menit 39,642 detik. Sempat menduduki posisi ketiga, tapi satu menit terakhir Stoner menyodok ketiga.

Menarik selama babak kualifikasi, ketika sudah berjalan lebih 15 menit, para pebalap masih mencari setingan yang pas. Seperti yang didapat ketika babak akhir latihan resmi paginya.

Tak heran, catatan waktu pebalap masih di bawah ketika yang diukir paginya dengan mengukuhkan Dani Pedrosa sebagai yang tercepat dengan waktu 1 menit 39,422 detik. Pebalap Spanyol dari tim Repsol Honda ini, ketika masuk menit ke-20 masih mencatat 1 menit 40 detik lebih.

Hasil kualifikasi
1 Jorge Lorenzo Yamaha Factory 1:38.933
2 Daniel Pedrosa Honda HRC 1:38.984
3 Casey Stoner Ducati MotoGP 1:39.415
4 Valentino Rossi Yamaha Factory 1:39.642
5 Randy De Puniet Honda LCR 1:39.806
6 Loris Capirossi Suzuki MotoGP 1:39.862
7 Colin Edwards Yamaha Tech3 1:39.926
8 Andrea Dovizioso Honda HRC 1:39.966
9 Antonio Elias Honda Gresini 1:40.112
10 Chris Vermeulen Suzuki MotoGP 1:40.185
11 Marco Melandri Kawasaki Hayate 1:40.381
12 Sete Gibernau Ducati Onde 2000 1:40.440
13 Yuki Takahashi Honda Scot 1:40.599
14 James Toseland Yamaha Tech3 1:40.670
15 Alex De Angelis Honda Gresini 1:40.796
16 Nicky Hayden Ducati MotoGP 1:40.953
17 Mika Kallio Ducati Pramac 1:41.238
18 Niccolo Canepa Ducati Pramac 1:41.253

Sumber : www.Kompas.com

Persib Tidak Mau Menyerah


Meski Persipura Jayapura semakin kokoh di puncak klasemen sementara Liga Super Indonesia (LSI) 2008-2009, Persib Bandung menyatakan tidak akan menyerah dalam perebutan gelar juara tahun ini. Persib pun tetap bertekad untuk meraih kemenangan di sisa laga yang akan dihadapinya.

"Hasil kemenangan Persipura tidak berpengaruh terhadap Persib. Kita tetap berusaha untuk mengejar ketinggalan poin dari Persipura," ujar Manajer Persib Bandung, Jaja Sutardja ketika dihubungi "GM", Jumat (1/5).


Menurutnya, hasil tersebut bahkan menjadi pemicu bagi anak-anak untuk dapat tampil lebih baik lagi pada laga lainnya. Karena, Persib tidak boleh tergelincir lagi pada pertandingan berikutnya agar tetap dapat terus bersaing meraih gelar juara LSI.

"Segala kemungkinan masih bisa terjadi. Terpenting, kita harus melakukan yang terbaik agar tetap dapat terus meraih tiga poin dalam setiap pertandingan sisa," tegasnya.

Jaja pun menegaskan, Persib tidak menggantungkan nasibnya pada tim lain. "Kita harus berjuang dan tidak perlu terlalu memikirkan orang (tim) lain," lanjutnya.

Seperti diketahui, Persipura semakin kokoh di puncak klasemen sementara LSI setelah berhasil mengalahkan Persita Tangerang, 2-1 di Stadion Siliwangi, Kamis (30/4). Kini Persipura telah mengantongi nilai 61 dari 27 kali bermain. Sedangkan Persib masih berada di urutan 4 klasemen sementara dengan nilai 48 dari 24 partai yang telah dijalaninya.

Sebenarnya di atas Persib masih ada Persiwa Wamena dengan nilai 51. Namun dengan selisih empat pertandingan, bukan tidak mungkin Persib bisa menyalip posisi Persiwa.

Di tempat yang berbeda, Asisten Pelatih Persib Bandung, Robby Darwis pun menegaskan tidak akan pernah menyerah untuk merebut juara LSI tahun ini.

"Tidak akan terpengaruh dengan hasil yang diraih Persipura kemarin. Kita akan berjuang hingga akhir liga," tekad Robby usai memimpin latihan di Stadion Persib, Jln. Ahmad Yani, kemarin.

Diungkapkannya, Persib tidak boleh dan tidak akan bergantung pada tim lain. Karena tim lain seperti Persipura, Persiwa, Persija, dan Sriwijaya pun berusaha untuk menang dalam setiap laganya agar dapat menjadi juara LSI.

"Maka tidak ada kata lain selain sapu bersih dalam setiap laga yang harus dihadapi Persib," tegas Robby.

Setelah menghadapai Pelita Jaya di Stadion Si Jalak Harupat pada Selasa (5/5) mendatang, masih ada 9 laga lain yang harus dimenangi oleh Persib. Dari 9 laga tersebut, 6 laga harus dilakoni Persib di kandang lawan. Lawan yang harus dihadapinya yaitu Persijap Jepara, Persitara Jakarta Utara, Arema Malang, Persik Kediri, Persela Lamongan, dan Persija Jakarta. Sedangkan 3 laga kandang yaitu melawan PSMS Medan, Persiwa Wamena, dan Deltras Sidoarjo.

Source: http://klik-galamedia.com



Kamis, 30 April 2009

Segera Rawat Diabetes Retina Sebelum Parah


KONDISI mata seperti diabetic retinopathy (komplikasi diabetes pada retina) dapat dideteksi secara dini dan ditangani dengan tepat sehingga tidak terlanjur parah.

“Kini telah ada berbagai program aktif untuk mendeteksi dini penyakit mata. Kami rekomendasikan kepada pasien diabetes untuk melakukan pemeriksaan retina atau diabetic retinal photography, sehingga perawatan dapat segera dijalani dan penglihatan dapat diselamatkan,” kata Dr Ian Yeo Yew San, dokter mata yang menjabat sebagai konsultan di Singapore National Eye Centre yang tergabung dalam layanan wisata sehat, FlyFreeForHealth.



Jenis Diabetic Retinopathy

Background retinopathy merupakan kondisi awal dari diabetic retinopathy yang terus berkembang perlahan-lahan dalam kurun waktu tahunan. Bercak-bercak darah atau lemak dapat muncul pada retina. Bagi sebagian pasien, pembuluh darah dapat bocor ke macula (bagian dimana retina seharusnya memberikan penglihatan fokus), sehingga menyebabkan kebutaan.

Proliferative retinopathy merupakan tahap lanjut dari background retinopathy dan merupakan penyebab terjadianya kebutaan akibat diabetes. Pembuluh-pembuluh darah baru muncul di permukaan retina dan saraf optik. Pembuluh ini cenderung untuk retak hingga akhirnya bocor. Atau, jaringan sel luka dapat tumbuh akibat pembuluh darah yang rusak, yang akan mengencangkan dan menarik retina, sehingga lepas, dan berakibat kebutaan.

Perawatan Diabetic Retinopathy
Jika diabetic retinopathy terdeteksi sejak dini, perawatan dengan laser photocoagulation dapat mencegahnya menjadi lebih parah. Namun pada kasus yang sudah terlanjur parah, perawatan tersebut dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya kebutaan.

Perawatan dengan sinar laser ini bertujuan untuk menambal pembuluh darah yang bocor dan
membentuk gores luka kecil pada retina. Gores luka tersebut mengurangi pertumbuhan pembuluh darah baru, dan pembuluh darah yang sudah ada akan mengkerut dan menutup. Perawatan laser ini dapat dilakukan tanpa rawat inap.

Sedangkan untuk diabetic retinopathy tingkat lanjut, perawatan dapat dilakukan dengan cara vitrectomy, yang bertujuan untuk memindahkan darah dari pusat mata dan jaringan luka yang menghalangi retina. Seringkali, perawatan vitrectomy didampingi oleh perawatan laser. Prosedur ini dilakukan dengan bius lokal.

Sumber : Kompas.com

Waspadai Gejala Komplikasi Diabetes pada Retina


DIABETIC RETINOPATHY adalah sebuah kondisi komplikasi diabetes akibat rusaknya pembuluh darah pada jaringan sensitif mata bagian belakang (retina). Penyakit diabetes yang memengaruhi retina dapat berakibat hingga menyebabkan kebutaan.

Dr Ian Yeo Yew San, dokter mata yang menjabat sebagai konsultan di Singapore National Eye Centre yang tergabung dalam layanan wisata sehat, FlyFreeForHealth, mengatakan, "Ketika terkena diabetes, tubuh tidak memanfaatkan gula (glukosa) dengan tepat. Jika kadar gula darah terlalu tinggi, maka lensa alami mata akan membengkak—sehingga pandangan menjadi kabur. Nantinya, jumlah gula yang terlalu banyak tersebut dapat merusak pembuluh darah kecil yang memberi nutrisi pada retina (capillary). Maka muncullah diabetic retinopathy.”


Pertanda dan Gejala
Pada tahap awal, diabetic retinopathy tidak memiliki gejala atau hanya menyebabkan gangguan mata ringan. Namun lama-kelamaan, bisa berujung pada kebutaan. Diabetic retinopathy biasanya memengaruhi kedua mata.

Gejala diabetic retinopathy meliputi :
• Bintik-bintik mengambang pada penglihatan
• Penglihatan kabur atau tidak fokus
• Garis-garis gelap atau merah yang menghalangi penglihatan
• Sulit melihat pada malam hari
• Penglihatan hilang sama sekali / buta

Pemeriksaan / Screening untuk Diabetic Retinopathy
Sebagai bagian dari tes mata, dokter Anda akan melakukan foto terhadap retina yang disebut dengan fluorescein angiography. Pertama-tama, dokter akan memperbesar pupil lalu memfoto bagian dalam mata. Lalu cairan warna khusus akan disuntikkan ke dalam urat nadi di lengan. Foto-foto lain akan diambil seiring dengan cairan warna yang mengalir dan mulai bersirkulasi pada mata. Dokter akan menggunakan foto-foto tersebut untuk melihat pembuluh darah mana yang tertutup, rusak ataupun bocor.

Dokter biasanya juga akan meminta Anda menjalani tes optical coherence tomography (OCT). Tes ini menghasilkan gambar-gambar pemeriksaan silang terhadap retina yang dapat menunjukkan ketebalan retina dan untuk mengetahui apakah cairan tersebut telah bocor ke dalam jaringan retina.

Dr Yeo menyarankan kepada pasien untuk mengendalikan diabetes dengan diet dan pengobatan untuk memperlambat atau mencegah pengembangan diabetic retinopathy atau komplikasi lainnya. Ada baiknya lakukan pemeriksaan mata setahun sekali.

Sumber : Kompas.com

Dr Zavos Mulai Kloning Manusia


LONDON, Diam-diam, seorang ilmuwan asal Amerika Serikat, dr Panayiotis Zavos, mengkloning manusia. Kepada surat kabar Inggris, Independent, Zavos mengaku berhasil mengkloning 14 embrio manusia, 11 di antaranya sudah ditanam di rahim empat orang wanita.

Tidak diketahui di mana Zavos mekakukan kloning tersebut karena di Inggris, tempat ia tinggal, dan sejumlah negara, kloning manusia dilarang. Beberapa kemungkinan muncul tempat di mana Zavos melakukan kloning, antara lain di Timur Tengah atau di Amerika Serikat, tepatnya di Kentucky, lokasi kliniknya, atau Siprus tempat ia lahir.



Tapi empat pasien yang menjadi tempat penanaman sel hasil kloningnya disebutkan, tiga di antaranya wanita sudah menikah dan satu wanita lajang. Keempat wanita itu masing-masing dari Inggris, Amerika Serikat dan sebuah negara di Timur Tengah yang tidak disebutkan.

Namun, sejauh ini hasil kerja Dr Zavos belum membuahkan hasil karena keempat wanita itu belum kunjung hamil meski embrio sudah ditanam di rahim empat wanita tersebut.

“Saya memahami kenapa sejauh ini kami belum memperoleh kehamilan dari embrio yang sudah ditanam. Ini karena ada kondisi yang tidak ideal yang membuat itu tidak terjadi,” kata Dr Zavos. Ke depan, Zavos berencana berkolaborasi dengan Karl Illmensee yang sudah punya banyak pengalaman dengan proses kloning sejak 1980-an.

Untuk uji coba berikutnya, Zavos merekrut 10 pasangan muda untuk menjadi obyek uji coba berikutnya. “Banyak pasangan yang berminat untuk mencoba proses kloning ini di rahimnya,” ujarnya.

Zavos sudah menetapkan biaya untuk setiap orang yang ingin mengkloning. Biaya yang ditetapkan 45.000 dollar AS hingga 75.000 dollar AS atau sekitar Rp 492,3 juta sampai Rp 820,5 juta (kurs Rp 10.940).

Harian Independent menerbitkan berita itu setelah mendapatkan rekaman video hasil proses kloning yang dilakukan Zavos. Bayi hasil kerja Zavos diperkirakan akan lahir dalam beberapa waktu ke depan.

“Tidak ada keraguan dalam hal ini. Bayi hasil kloning akan muncul. Apabila kami meningkatkan usaha, kami akan mendapatkan bayi kloning dalam satu atau dua tahun. Tetapi kami belum tahu sampai sejauh mana peningkatan usaha yang kami dilakukan,” ujar Zavos seperti dilansir Independent.

Tindakan Dr Zavos tentu saja mendapat kecaman dari kalangan ilmuwan dan dianggap melawan etik kedokteran.

Manusia meninggal


Zavos melakukan hal yang berbeda dalam mengkloning manusia. Bila sebelumnya ilmuwan melakukannya dengan meletakkan embrio di tabung percobaan, Zavos langsung manaruhnya di rahim manusia.

Manusia yang dikloning Zavos adalah tiga orang yang sudah meninggal. Satu di antaranya adalah embrio seorang anak berusia 10 tahun bernama Cady. Anak tersebut meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil di Amerika Serikat. Sel darah Cady telah dibekukan dan dikirim ke Zavos. Orangtua Cady setuju dengan persyaratan yang ditentukan apabila kloning embrio anaknya bisa dilahirkan dengan selamat.(dri/sn/thesun/inc/tsn/nca)

Sumber : KOMPAS.com

O'Shea Antar MU Setengah Langkah ke Final


MANCHESTER, Manchester United setengah langkah menuju final Liga Champions usai menang 1-0 atas Arsenal pada leg pertama semifinal di Old Trafford, Kamis (30/4). Gol tunggal tuan rumah dicetak oleh John O'Shea di menit ke-17.

Duel kedua kubu langsung berjalan panas. Di depan pendukung sendiri, Manchester United bermain cukup dominan. Permainan sayap kanan yang dimotori Cristiano Ronaldo dan Darren Fletcher langsung mendesak Arsenal.


Gawang Arsenal langsung terancam saat pertandingan baru berjalan dua menit. Dari sisi kanan, Darren Fletcher mengirim umpan kepada Wayne Rooney di tengah kotak penalti. Rooney berhasil menanduk bola tepat ke sudut kiri atas gawang Manuel Almunia. Almunia berhasil menepis dan membuang bola keluar arena.

Menit berikutnya, MU mulai melambatkan tempo dengan penguasaan bola. Mereka mengurung daerah pertahanan Arsenal sambil mencari celah menyerang. Perlahan mereka menemukan dan memanfaatkan celah di sisi kiri pertahanan Arsenal. Pada menit ke-15, MU berhasil kembali mengancam gawang Arsenal.

Dari sisi kanan, O'Shea melepas umpan silang langsung ke tengah kotak penalti. Carlos Tevez langsung melesakkan bola ke tengah gawang, tapi tertahan oleh pergerakan Almunia. Bola muntah kembali jatuh ke kaki Tevez, yang kembali mengirim tendangan dari sudut sempit di kanan gawang. Lagi-lagi, Almunia mampu membuang bola keluar lapangan hingga berbuah tendangan penjuru bagi tuan rumah.

Di situlah petaka Arsenal muncul. Memanfaatkan sepak pojok itu, Michael Carrick mengirim bola ke tengah kotak penalti. Bola sempat mengenai Mikael Silvestre sebelum akhirnya jatuh ke kaki O'Shea persis di depan gawang. Tanpa ampun O'Shea melesakkan bola ke tengah atas gawang, 1-0 untuk "Setan Merah".

Di tengah tekanan, Arsenal berhasil menyelipkan satu serangan pada menit ke-25. Setelah mendapat bola dari Theo Walcott, Emmanuel Adebayor menyodorkan bola kepada Cesc Fabregas di luar kotak penalti. Fabregas langsung melepaskan tendangan jarak jauh ke tengah gawang Edwin van der Sar. Bola terlalu lambat dan mendatar sehingga mudah diamankan Van der Sar.

MU langsung membalasnya. Dari sisi kanan, Tevez melepas umpan silang ke tengah kotak penalti. Ronaldo memanfaatkannya dengan sundulan ke gawang lawan. Almunia lagi-lagi berhasil menepis si kulit bulat, tapi bola mengarah kembali ke kaki Ronaldo. Upaya kedua dari Ronaldo kembali terbentur pertahanan rapat Almunia.

Serangan MU terus berlanjut dengan memanfaatkan kelemahan Kieran Gibbs di sayap kiri pertahanan "The Gunners". Berkali-kali Gibbs harus bergiliran menjaga O'Shea dan Ronaldo. Mikael Silvestre dan Kolo Toure juga dibuat repot oleh kelincahan Tevez dan Rooney.

Menjelang akhir babak pertama, MU mulai menurunkan tempo permainan. Arsenal berusaha memanfaatkan keadaan ini untuk mempelajari celah permainan MU. Namun, hingga akhir turun minum, skor 1-0 tidak berubah.

Memasuki babak kedua, Arsenal tampil lebih baik. Gibbs menunjukkan kekuatannya di pertahanan. Alexandre Song Billong pun ngotot menahan lini tengah tuan rumah. Namun, MU tetap mendominasi permainan sehingga Samir Nasri dan Fabregas pun harus membantu pertahanan.

Memasuki menit ke-60, Arsenal mulai membuka ruang untuk menyerang. Pergerakan Nasri di sisi kiri mulai terlihat membahayakan. Sayang, kerja samanya dengan Abou Diaby dan Emmanuel Adebayor kurang optimal dan membuat Arsenal belum mampu menuntaskan serangan dengan eksekusi.

Mulai mendapat perlawanan alot, pelatih Alex Ferguson memasukkan Ryan Giggs dan Dimitar Berbatov untuk memperbarui alur serangan. Sekitar semenit kemudian, MU langsung memberikan ancaman ke gawang Arsenal. Dari luar kotak penalti, Ronaldo melepas tembakan jarak jauh. Almunia diam terperanjat melihat bola meluncur deras ke atasnya tapi tidak ada gol karena bola membentur mistar dan keluar.

Tusukan MU semakin tajam ketika, pada menit ke-78, Ryan Giggs mendapat umpan terukur dari tengah. Giggs bahkan berhasil melalui Almunia dan menyarangkannya ke gawang. Gol itu dianulir karena Giggs dianggap offside.

"The Gunners" tidak banyak mendapat kesempatan menyerang. Hanya tendangan Adebayor dan sundulan Nicklas Bendtner yang sempat membahayakan gawang Van der Sar.

Minimnya penetrasi Adebayor membuat pelatih Arsenal, Arsene Wenger, memutuskan menariknya dan memasukkan Eduardo da Silva. Sepuluh menit sisa pertandingan tidak cukup bagi penyerang kelahiran Brasil itu untuk menyamakan skor.

Susunan pemain:
Manchester United: Van der Sar; Vidic, Ferdinand (Evans 85'), Evra, O'Shea; Fletcher, Anderson (Giggs 67'), Carrick, Ronaldo; Rooney, Tevez (Berbatov 67')
Arsenal: Almunia; Silvestre, Toure, Gibbs, Sagna; Song, Nasri, Diaby, Walcott (Bendtner 69'); Fabregas, Adebayor (Eduardo 82')

Sumber : KOMPAS.com

Tentara Mengamuk, Senjata di Gudang Dirampas


MANOKWARI, Sekitar 1.000 tentara Batalyon 751 Sentani di Jayapura, Provinsi Papua, Rabu (29/4), mengamuk. Mereka merampas senjata di gudang-gudang persenjataan dan memburu para perwira.

Dilaporkan, seorang perwira menderita luka bocor di kepala akibat dikeroyok anak buahnya. Sejumlah wartawan pun kehilangan kamera karena direbut dan dirusak oleh para oknum tentara itu.



Seorang wartawan yang demi keamanannya disembunyikan identitasnya, ketika dihubungi, membenarkan kameranya direbut oleh para tentara. Saat itu, ia baru saja meliput kegiatan menjelang 1 Mei hari Penentuan Pendapat Rakyat Papua Barat dan mampir ke warung makan di depan markas batalyon.

Saat makan terdengar ribut-ribut demonstrasi di halaman batalyon sehingga menarik perhatian wartawan. Para jurnalis mengeluarkan perekam gambar dan mengabadikannya.

Hal ini diketahui para oknum tentara yang sedang berdemonstrasi sehingga kamera langsung direbut. Mereka merazia rumah makan dan menyita kamera wartawan yang tak ikut meliput. Seorang wartawan lain mengatakan, oknum itu kemudian membanting kamera di jalan.

Jenazah dibiarkan membusuk



Hingga saat ini belum diperoleh keterangan resmi mengenai kenapa seribuan anggota Batalyon 751 Sentani, Papua, mengamuk dan merampas senjata di gudang batalyon, Rabu (29/4). Mereka juga merampas kamera wartawan yang meliput kejadian itu.

Informasi yang didapat Kompas menyebutkan, mereka marah karena kecewa pada atasannya. Hal itu dipicu oleh kematian seorang anggota Kompi E karena sakit. Akan tetapi, jenazah rekan mereka itu dibiarkan terkatung-katung selama lima hari, sehingga membusuk tanpa dipulangkan ke kampung halaman.

”Dana jatah para prajurit juga kerap disunat komandannya. Jadi sekarang mereka mengejar para perwira. Bang ini mereka masih menembak-menembak,” ujar sumber Kompas itu ketika dihubungi dari Manokwari. Beberapa saat kemudian, terdengar suara rentetan senjata dan koneksi telepon terputus.

Para oknum tentara itu memalang jalan raya Sentani dan tidak memperbolehkan seorang pun melintas. Para petinggi militer di Jayapura hingga sore ini belum dapat dihubungi. Kondisi Sentani masih tegang. Suara tembakan dan rentetan senapan masih kerap terdengar.

Sumber : KOMPAS.com

Rabu, 29 April 2009

6 Langkah Membasmi Virus Penyerang Yahoo Messenger


Jakarta - Serangan virus Coutsonif.A yang mengancam pengguna Yahoo Messenger dan Skype patut diwaspadai. Virus ini menyebar dengan mengirimkan dirinya ke semua kontak yang ada dalam alamat aplikasi tersebut dari komputer yang terinfeksi.

Pesan tersebut sekilas seperti pesan pada umumnya. Namun jangan sampai mengklik link yang diberikan, sekalipun dikirimkan oleh teman Anda. Pasalnya, pesan tersebut sebenarnya bukan dikirimkan oleh rekan Anda, melainkan oleh virus yang telah berhasil menginfeksi komputer rekan Anda.


Nah, jika sudah terinfeksi, maka secara otomatis ia akan membuat nama file acak dengan ekstensi .tmp dan .exe yang akan disimpan di direktori [C:\Documents and Settings\%user%\Local Settings\Temp] dengan nama yang berbeda-beda.

Kalau sudah begini, user hanya bisa pasrah dan tak tenang beraktifitas di internet lagi. Bahkan, bisa-bisa nama baiknya pun rusak karena dituduh menyebarkan virus juga. Sebab, si penerima pesan menduga temannya yang sengaja mencelakakan dirinya dengan mengiriminya virus.

Makanya, sebelum kejadian itu terjadi. Ada baiknya Anda simak 6 cara jitu untuk membasmi virus perusak nama baik yang menyerang aplikasi chat ini seperti dilansir Vaksincom:

1. Disable 'System Restore' selama proses pembersihan.
2. Disable autorun Windows, agar virus tidak dapat aktif secara otomatis saat akses ke drive /flash disk.

* Klik tombol 'start'
* Klik 'run'
* Ketik 'GPEDIT.MSC', tanpa tanda kutip. Kemudian akan muncul layar 'Group Policy'
* Pada menu 'Computer Configuration dan User Configuration', klik 'Administrative templates'
* Klik 'System'
* Klik kanan pada 'Turn On Autoplay', pilih 'Properties'. Kemudian akan muncul layar 'Tun on Autoplay propeties'
* Pada tabulasi 'Setting', pilih 'Enabled'
* Pada kolom 'Tun off Autoplay on' pilih 'All drives'
* Klik 'Ok'


3. Matikan proses virus, gunakan tools 'security task manager' kemudian hapus file [sysmgr.exe, vshost.exe, winservices.exe, *.tmp]

Sekadar catatan, .tmp menunjukan file yang mempunyai ekstensi TMP [contoh: 5755.tmp]. Klik kanan pada file tersebut dan pilih 'Remove', lalu pilih opsi 'Move File to Quarantine'.

4. Repair registry yang sudah diubah oleh virus. Untuk mempercepat proses penghapusan silahkan salin script dibawah ini pada program notepad kemudian simpan dengan nama repair.inf. Jalankan file tersebut dengan cara: Klik kanan repair.inf, lalu pilih instal.

[Version]
Signature="$Chicago$"
Provider=Vaksincom Oyee


[DefaultInstall]
AddReg=UnhookRegKey
DelReg=del


[UnhookRegKey]

HKLM, Software\CLASSES\batfile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
HKLM, Software\CLASSES\comfile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
HKLM, Software\CLASSES\exefile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
HKLM, Software\CLASSES\piffile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
HKLM, Software\CLASSES\regfile\shell\open\command,,,"regedit.exe "%1""
HKLM, Software\CLASSES\scrfile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon, Shell,0, "Explorer.exe"
HKCU, SessionInformation, ProgramCount, 0x00010001,3
HKCU, AppEvents\Schemes\Apps\Explorer\BlockedPopup\.current,,,"C:\WINDOWS\media\Windows XP Pop-up Blocked.wav"
HKCU, AppEvents\Schemes\Apps\Explorer\EmptyRecycleBin\.Current,,,"C:\Windows\media\Windows XP Recycle.wav"
HKCU, AppEvents\Schemes\Apps\Explorer\Navigating\.Current,,,"C:\Windows\media\Windows XP Start.wav"
HKCU, AppEvents\Schemes\Apps\Explorer\SecurityBand\.current,,,"C:\WINDOWS\media\Windows XP Information Bar.wav"

[del]

HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, Microsoft(R) System Manager
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, bMaxUserPortWindows Service help
HKLM, SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Tcpip\Parameters, MaxUserPort

5. Hapus file virus berikut:
C:\vshost.exe [all drive]

C:\autorun.inf [all drive]

C:\RECYCLER\S-1-5-21-9949614401-9544371273-983011715-7040\winservices.exe

C:\Documents and Settings\%user%\Local Settings\Temp

A415.tmp [acak]

034.exe [acak]

Lady_Eats_Her_Shit--www.youtube.com

C:\WINDOWS\system32\sysmgr.exe

C:\WINDOWS\TEMP\5755.tmp

C:\windows\system32\crypts.dll

C:\windows\system32\msvcrt2.dll

6. Untuk pembersihan optimal dan mencegah infeksi ulang silahkan gunakan antivirus yang dapat mendeteksi dan membasmi virus ini up to date. Anda juga dapat download tools Norman Malware Cleaner di http://download.norman.no/public/Norman_Malware_Cleaner.exe

Sumber : detiknet.com

Bos Microsoft-Google Jadi Penasehat TI Obama


Washington - Presiden AS Barack Obama mengumumkan jajaran dewan penasehat teknologi informasi (TI). Para petinggi Microsoft dan Google masuk di dalam daftar penting tersebut.

CEO Google Eric Schmidt dan Chief Research and Strategy Officer dari Microsoft, Craig Mundie, akan bahu membahu menjadi dewan penasihat TI presiden terpilih AS ke-44 itu.



Keduanya diminta menduduki kursi di President Council of Advisors on Science and Technology (PCAST), berdampingan dengan sejumlah akademisi-akademisi.

Nantinya, mereka akan ditugasi untuk memberikan nasehat-nasehat jitu mereka pada Obama. Nasehat yang diberikan akan menjadi pondasi kuat pembuatan strategi nasional terhadap penyokongan inovasi-inovasi berbau ilmu pengetahuan.

Dalam PCAST, grup penasehat TI yang didirikan oleh mantan Presiden George Bush ini, memiliki total 20 orang yang akan ada di sana. Untuk Schmidt sendiri, duduknya dia di jajaran tersebut bukan lagi hal yang mengejutkan.

Sebelumnya ia memang dikenal dekat dengan Obama. Selain menjadi pendukung Obama saat ia masih mencalonkan diri jadi Presiden AS, Schmidt juga setia menjadi bagian dari tim masa transisi Obama.

Mundie dari Microsoft juga bukan orang baru bagi Gedung Putih. Ia dulunya juga malang melintang di beberapa dewan di masa pemerintahan Presiden Clinton. Dan kini ia mengaku bangga bisa dipilih sebagai penasehat Obama.

"Saya merasa terhormat diberi kesempatan untuk memberikan masukan pada Presiden Obama dan Wapres Joe Biden dalam hal kebijakan ilmu pengetahuan dan teknologi," ungkap Mundie yang detikINET kutip dari PCMag, Rabu (28/4/2009). ( sha / rou )


Chelsea Tahan Imbang Barcelona


BARCELONA, Pelatih Barcelona, Pep Guardiola tak sependapat dengan pelatih Chelsea, Guus Hiddink. Menurutnya, Lionel Messi tetap bisa tampil kreatif dan berbahaya, meski Chelsea mencoba mematikannya.

Pada pertandingan leg pertama babak semifinal Liga Champions di Stadion Camp Nou, Chelsea memang menerapkan strategi bertahan. Mereka juga memberi tugas khusus kepada Bosingwa untuk mematikan Messi.


"Messi menjadi korban pertahanan ketat. Jadi, tak mudah baginya untuk mendapatkan ruang gerak. Tapi, dia tetap saja mampu melakukan pekerjaan dengan baik," puji Guardiola.

Guardiola menilai, Chelsea terlalu bertahan. Bahkan, pada faktanya, The Blues menggunakan enam defender.

"Sangat sulit bermain bagus ketika lawan tidak memainkan sepak bola," katanya.

"Saya tetap bangga kepada para pemain saya. Kami pergi ke London (menghadapi leg kedua) dengan permainan yang sama, yakni menyerang," jamin Guardiola.

Barcelona akan kehilangan dua bek tengah yang berpengaruh, kapten Carles Puyol dan Rafael Marquez. Ini Puyol terkena akumulasi kartu, sedangkan Marquez cedera. Namun, Guardiola merasa itu bukan alasan untuk tak menyerang.

"Keduanya pemain penting. Tapi, itu tak akan mengurangi semangat kami untuk lolos ke final. Kami akan segera mencari pemecahannya. Kehilangan Marquez merupakan kerugian terbesar. Tapi, kami berharap akan tampil lebih kuat di Stamford Bridge," tekadnya.

Guardiola juga menambahkan, Messi kemungkinan akan tetap menjadi target penjagaan utama. Tapi dia yakin, penyerang asal Argentina itu tetap akan bisa berkelit dan membuat masalah buat Chelsea


Kemungkinan Koalisi Demokrat-PKS Terbuka


Partai Demokrat (PD) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan menindaklanjuti pertemuan terbatas yang dilakukan Selasa (28/4) malam ini. Sedianya, dalam jangka waktu 1-2 hari mendatang, kedua parpol ini akan mengadakan pertemuan lebih lanjut.

Hal tersebut disampaikan Presiden PKS Tifatul Sembiring, seusai pertemuan terbatas, di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Selasa (28/4). "Dalam 1-2 hari akan ada pertemuan lebih lanjut," kata Tifatul.



Dalam pertemuan malam ini, PKS menyerahkan 3 amplop yang berisi piagam kerja sama antarkedua belah pihak dalam platform kebijakan. Menurut Tifatul, pertemuan tersebut tidak membicarakan mengenai cawapres.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum.

"Hari ini PD bertemu dengan PKS dan sebelumnya dengan partai lain, untuk membicarakan platfom sebagai ruh koalisi. Tidak membicarakan cawapres atau lainnya," ujar Anas.

Ia mengakui sudah ada titik temu dengan PKS. Diharapkan, katanya, pembicaraan malam ini berlanjut pada titik kesepakatan final.

"Untuk selanjutnya secara resmi kalau disepakati kami nanti akan berkoalisi," ujarnya.

Sumber : Kompas.com

Flu Babi Berasal Dari Veracruz ke Penjuru Dunia


Semua berawal dari Negara Bagian Veracruz di Meksiko selatan. Kendati masih berupa dugaan, kasus pertama flu babi terjadi di dekat sebuah peternakan babi di wilayah negara bagian tersebut.

Kini, para pejabat terkait di Meksiko memfokuskan penyelidikan terhadap peternakan babi Granjas Carroll milik perusahaan patungan Amerika Serikat-Meksiko dan bocah laki-laki berusia empat tahun yang diduga sebagai orang pertama yang terjangkit virus flu babi.



Seperti dilaporkan Los Angeles Times, Selasa (28/4), bocah yang tak disebutkan namanya itu tinggal di dekat Granjas Carroll di kota Perote, Veracruz. Dia terjangkit ”semacam flu berat” pada 2 April. Bocah itu adalah satu dari sekelompok penduduk yang mengalami flu berat.

Menteri Kesehatan Meksiko Jose Angel Cordova mengatakan, hanya sampel dari bocah itu yang disimpan. Sampel itu kemudian diuji ulang setelah kasus lain terjadi di sejumlah tempat di seantero Meksiko.

Si bocah itu bisa bertahan dari serangan flu babi, tetapi entah berapa banyak orang yang sakit di Perote akibat terinfeksi virus flu babi. Korban tewas pertama justru seorang perempuan berusia 39 tahun yang berasal dari negara bagian tetangga Veracruz, yaitu Oaxaca.

Maria Adela Gutierrez, korban tersebut, meninggal pada 13 April. Dia adalah seorang petugas sensus keliling untuk dewan pajak. Besar kemungkinan Gutierrez berinteraksi dengan banyak orang di saat penyakit mereka mencapai tahap paling parah dan tertular.

Tercemar

Di Perote, penduduk Kampung La Gloria telah mengeluhkan kontaminasi dari peternakan babi Granjas Carroll sejak pertengahan Maret 2009. Limbah peternakan itu mencemari air mereka dan menyebabkan infeksi pernapasan.

Pada awal April, mereka berdemonstrasi sambil membawa poster bergambar babi yang diberi tanda silang disertai kata peligro, yang artinya berbahaya. Kepada wartawan, penduduk menuturkan, lebih dari setengah penduduk kota Perote yang berjumlah 3.000 orang jatuh sakit. Bahkan, tiga anak berusia di bawah dua tahun telah meninggal.

Granjas Carroll, Senin, mengeluarkan pernyataan bahwa tak ada satu pun pegawainya yang menunjukkan tanda-tanda sakit. Mereka juga menyatakan, orang-orang yang terjangkit penyakit flu babi tidak pernah bersentuhan dengan babi mereka. Granjas Carroll merupakan salah satu peternakan unggulan di Meksiko yang memelihara 1 juta babi per tahun. Di Perote terdapat banyak peternakan babi.

Saat kasus pertama flu babi dilaporkan, pejabat kesehatan setempat memberikan penjelasan berbeda. Infeksi flu babi diduga berawal dari seorang petani migran yang kembali dari bekerja di AS lalu menularkan penyakit itu kepada istrinya. Sang istri kemudian menularkan flu babi kepada perempuan lain di komunitasnya.

Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO), Senin, mengirimkan tim ahli untuk menginspeksi peternakan babi di Meksiko. Kepala Peternakan FAO Joseph Domenech mengatakan, tim itu akan berupaya mengetahui apakah jenis virus baru itu beredar di antara babi, kemudian melacak hubungannya dengan manusia.

Kini, flu babi telah menyebar ke beberapa negara di dunia dan menyebabkan kepanikan akan terjadinya pandemi.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini