add

5 Posting Terbaru

Kamis, 07 Oktober 2010

Jenis-jenis Pedang/Katana Samurai

Sebutan samurai yang dialamatkan pada pedang jepang merupakan salah kaprah. Samurai sendiri adalah sebutan untuk Japanese warrior. Sedangkan yang dimaksud pedang itu disebut dengan Ken. Untuk memudahkan para pembaca sekalian maka untuk menyebut pedang pada tulisan ini digunakan istilah pedang samurai.
Pedang samurai sendiri di jepang dibagi dalam banyak jenis. Pembagian jenis-jenis pedang berdasarkan ukurannya. Setiap pedang diukur dengan ukuran "Shaku" dimana 1 shaku berarti sekitar 30 cm. Berikut ini jenis-jenis pedang samurai yang dikelompokkan berdasar panjangnya

1. Tanto

Anda pernah melihat Film Goemon, anda pasti mengetahui pedang ini. Pedang ini dibawa oleh putri sebagai pertahanan diri. Ukuran pedang ini sekitar 25 cm, masuk kategori pisau.

Penggunaannya biasanya untuk menusuk tiba-tiba. Perempuan Jepang jaman dulu membawa tanto di balik obi (ikat pinggang kimono) untuk self defence ataupun untuk spontan attack.

2. Wakizashi

Anda penggemar Final Fantasy, pasti tidak asing dengan tokoh Yojinbo. Pendekar pedang yang mampu membelah apa saja. Salah satu serangannya ada wakizashi. Wakizashi merupakan jenis pedang samurai dengan panjang antara 30-60 cm, para samurai biasa menggunakannya sebagai secondary weapon.

3. Kodachi


Kodachi senjata kesayangan Aoshi Shinomori anggota Jupon Gatana dalam serial manga Samurai X. Kodachi lebih panjang dari wakizashi, tetapi lebih pendek dari katana. Biasa digunakan sebagai perisai dalam hand - to - hand combat.

Karena tidak sepanjang katana (kurang dari 2 shaku) maka tidak menyalahi aturan membawa pedang di zaman Edo sehingga boleh dibawa oleh orang biasa (dulu cuma samurai yang boleh bawa pedang). Pedangnya lebih melengkung dari wakizashi. Pedang ini cukup ringan sehingga memudahkan penggunanya bergerak lincah.

4. Katana


Katana merupakan pedang khas ninja. Setiap ninja mempunyai katana dipunggung mereka. Anda penggemar film Ninja Hatori, pasti tidak asing dengan Pedang ini. Pedang ini merupakan pedang umum dengan panjang antara 70-80 cm.

Tipe single-edge dan melengkung. selain dipakai ninja, pedang ini juga dibawa oleh kaum samurai untuk merepresentasikan status sosialnya. Biasanya dibawa berpasangan dengan wakizashi atau tanto yang digunakan untuk close-quarter combat dimana katana digunakan untuk open-quarter combat.

5. Tsurugi


Pedang yang tak serupa dengan jenis pedang yang lainnya. Pedang ini tidak melengkung tapi lurus seperti pedang korea. Tsurugi merupakan pedang tipe broadsword, lebih berat dibanding pedang yang lainnya. Sangat cocok digunakan untuk mengahadapi musuh bertameng maupun berarmor tebal.

6.Chokuto


Sama seperti katana, hanya saja tidak melengkung tetapi lurus. Ditemukan sebelum jaman Heian sebelum orang Jepang menemukan teknik melengkungkan pedang (yang ternyata unik caranya).

Karena pedangnya lurus sulit digunakan dan jarang dipakai dalam pertempuran. Setelah ditemukannya katana, chokuto masih tetap diproduksi tetapi kebanyakan berfungsi sebagai ceremonial sword.

7. Ninja-to


Pedang para ninja, selain katana, ninjato merupakan pilihan para ninja. Ringkas dan ringan membuat pedang ini mudah untuk dimasukkan kedalam baju. Perbedaan mendasar antara katana dan ninja-to terletak pada sesainnya. Ninjato tidak melengkung seperti katana tetapi lurus.

8. Nodachi & Odachi


Pedang yang sangat panjang. Merupakan pedang terpanjang dengan panjang hampir 80 cm. Pedang ini tidak cocok untuk close combat karena ribet dengan ukurannya.

Pedang ini digunakan untuk membelah pasukan berkuda beserta kudanya. Dalam serial manga Samurai deeper Kyo, ia menggunakan pedang tipe ini. Walaupun sebenarnya tidak cocok untuk close combat. Pembuatan pedang ini termasuk dalam kategori sulit, sehingga pedang ini merupakan pedang langka.

9. Nagamaki


Pedang dengan panjang mata pedang dan gagang yang sama. Termasuk dalam katagori belati, Digunakan untuk serangan mendadak. Penggunaan pedang ini tidak seefisien Tanto. Tapi pedang ini memilki keindahan lebih.

10. Naginata

Naginata merupakan tombak dengan mata pisau katana. Digunakan prajurit wanita pertarungan jarak menengah. Gagang dibuat dari kayu dan mata tombak katana melengkung. Sangat cocok untuk tipe pertempuran Chaos.

11. Yari

Yari merupakan tipe tombak. Berbeda dengan naginata, mata tombak dibuat lurus. Bentuk Lurus ini efektif digunakan menusuk musuh yang datang dari depan. Biasanya dipakai pria untuk mengahadang laju pasukan musuh. Senjata ini diapakai Oleh Madarame Ikaku dalam serial manga Bleach.
Nah indah bukan, pedang samurai merupakan pedang dengan keindahan yang tinggi. Dibuat dengan tidak sembarangan. Ketajaman dipadukan dengan keindahan. Sungguh pedang ini nampak elegan. Bagaimana, Anda tertarik memilikinya?

sumber: http://fenz-capri.blogspot.com/2010/10/jenis-jenis-pedang-samurai-anggun-tapi.html

Lokasi Menyelam Paling Menakjubkan di Indonesia

Lebih dari 5 juta meter persegi perairan mengelilingi negara kepulauan Indonesia. Tidak diragukan lagi, Indonesia menjadi tempat bernaung bagi ratusan bahkan ribuan spesies makhluk bawah air dan gugusan karang yang indah dan berwarna-warni. Pastinya negara ini menawarkan banyak lokasi penyelaman yang merupakan impian kebanyakan penyelam.

Akibat keadaan politik yang sering bergejolak dan peringatan untuk wisatawan yang biasanya terlalu berlebihan, Anda akan jarang menemukan negara ini dalam daftar perjalanan kebanyakan turis. Untungnya bagi wisatawan yang berani dan berjiwa petualang, ini berarti lebih sedikit turis dan lebih banyak ketenangan, sehingga Anda lebih dapat menikmati keindahan sesuka Anda. Berikut adalah daftar dari delapan tempat menyelam yang menakjubkan di Indonesia.


Pulau Bintan, Riau

Mungkin ini adalah pulau yang paling mudah dicapai dari luar Indonesia, tempat penyelaman ini hanya satu jam dari kebisingan Singapura. Pulau ini memiliki hamparan pantai berpasir putih sepanjang 18 km dengan kehidupan lautnya yang kaya, serta beragam lokasi menyelam untuk Anda nikmati.

Tidak jauh dari garis pantai sebelah utara, terdapat ngarai kecil sedalam 8 meter dengan dasar yang rata, sangat cocok untuk Anda yang baru pertama kali belajar scuba diving. Tempat unik lainnya adalah lokasi kapal karam, Anda dapat mengeksplorasi sisa-sisa kapal tanker tua yang karam bertahun-tahun lalu di kedalaman laut.

Kepulauan Seribu, Jakarta

Area unik ini terdiri dari ratusan pulau kecil (makanya dilebih-lebihkan jadi 'Kepulauan Seribu'), adalah tempat wajib bagi penyelam asal Jakarta. Dari bermacam pulau tersebut, beberapa yang terkenal yaitu Pulau Kotok Besar, Pulau Kotok Kecil, Karang
Bongkok, Pulau Sepa dan Pulau Pantara.
Pulau Seribu sangat mudah dicapai, Anda hanya perlu menyewa speedboat dari Marina atau kapal nelayan dari satu dari sekian pelabuhan. Hanya sekitar satu atau dua jam dari Jakarta, Anda akan bisa menyelam sepuasnya. Beberapa pulau yang lebih besar
menyediakan akomodasi lebih baik sekelas resort dan villa, tetapi Anda butuh menyewa kapal untuk mencapai pulau-pulau kecil – tempat karang-karang indah berada!


Karimun Jawa, Jawa Tengah

Bagian lain dari Laut Jawa yang juga merupakan surga bagi para penyelam adalah sebuah pulau di seberang laut dari Semarang, Jawa Tengah. Tempat ini, disebut Karimun Jawa, merupakan rangkaian 27 pulau kecil dikelilingi oleh laut yang kaya akan gugus karang biru Acropora. Para penyelam dapat menjelajahi sisa-sisa dari Indonour, sebuah kapal pedagang kuno yang karam pada 1955. Suguhan tambahan di sini adalah beragam penyu laut yang ditetaskan di taman perlindungan alam.

Pulau Derawan, Kalimantan Selatan

Sekitar 50 mil dari Tanjung Redeb, Ibu Kota Provinsi Berau, sebuah area yang meliputi pulau-pulau kecil. Tempat ini dipenuhi dengan gugusan koral spektakuler dan gua bawah laut untuk penjelajah berjiwa petualang. Derawan memiliki lebih dari 17 lokasi penyelaman, tiap lokasi memiliki atraksi unik tersendiri untuk Anda nikmati. Beberapa tempat yang terkenal adalah Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban dan Pulau Maratua.

Di Pulau Sangalaki Anda dapat menemukan pari elang, pari, hiu macan dan sotong. Setiap malam Anda bisa melihat penyu hijau raksasa menetaskan telur di pulau ini. Atraksi utama Pulau Kakaban adalah danau air asin yang dihuni oleh ubur-ubur yang tak menyengat dan ikan gobi. Sementara di Pulau Maratua, Anda akan menemukan banyak ikan berukuran besar seperti barakuda, tuna dan mackerel. Turis bahkan sempat melihat hiu kepala martil dan sampai delapan spesies paus di sini.

Pulau Komodo, Flores

Pulau ini biasanya dikenal karena menjadi tempat bermain bagi komodo, spesies kadal raksasa. Untuk scuba diving, Pulau Komodo juga memiliki sejumlah lokasi penyelaman terbaik di negeri ini. Dari Sebayour Kecil, Pulau Tengah Kecil dan Pantai Merah menawarkan beragam atraksi bawah laut seperti beragam mackerel, kod dan ikan kerapu.

Di Pantai Merah, tidak jauh dari pantai, Anda akan menemukan 5 meter turunan penuh ikan berwarna-warni. Terdapat lebih banyak lokasi penyelaman di pantai bagian barat dari Flores seperti, Pulau Tatawa, Pulau Tatawa Kecil, Pulau Rinca dan Pulau Nusa Node.

Nusa Penida, Bali

Pulau Nusa Penida, berlokasi di timur Bali, merupakan lokasi terkenal untuk penyelam lokal maupun internasional. Sekitar satu jam dari Bali, pulau ini memiliki beberapa gugusan karang yang sangat sehat, yang jelas terlihat pada kedalaman 15 sampai 30 meter.

Bagi pemula, trdapat bermacam lokasi penyelaman di pantai sebelah timur pulau ini yang cocok untuk dijelajahi. Pada pantai sebelah selatan terdapat Blue Corner, Nusa Lembongan dan Gamat, lebih tepat untuk penyelam berpengalaman yang mencari tantangan. Ikan matahari sering terlihat di Teluk Crystal sementara manta birostris merupakan pemandangan biasa di Manta Point.

Bunaken, Sulawesi Utara

Tempat ini merupakan lokasi penyelaman terkenal yang memiliki reputasi internasional lebih baik dari lainnya, terdiri atas pulau-pulau kecil seperti Pulau Sialdoen, Gangga, Mantehage, Nine dan sebuah gunung tua di tengah laut, Manado Tua. Snorkeling dan
menyelam sangat terkenal di sini dengan lebih dari enam belas titik penyelaman tersebar di seluruh area pulau-pulau. Bunaken memiliki lekukan sedalam 30 meter, tempat tinggal beragam spesies ikan dan kehidupan laut lainnya. Penampakan hiu adalah hal yang biasa, jadi berhati-hatilah!

Selat Lembeh, Sulawesi Utara

Masih di Sulawesi Utara ada ikon lain dunia penyelaman, Selat Lembeh. Lokasi ini terkenal secara internasional dengan keragaman biota lautnya yang hanya ada di tempat itu. Di sini anda akan dapat menemukan gurita mimic, kuda laut pygmy, sotong, dan frogfish berambut. Tempat ini merupakan surga untuk fotografi bawah laut dan sering disebut “Kiblat dari Fotografi Makro”. Bagaimanapun juga tetap waspada, keindahan Selat Lembeh diperuntukkan bagi penyelam yang berpengalaman.

sumber :http://wisbenbae.blogspot.com/2010/10/lokasi-menyelam-paling-menakjubkan-di.html

Melihat Bagian Dalam Piramid Agung Khufu

Piramida yang terbesar adalah Khufu (Cheops dalam bahasa Yunani) atau The Great Pyramid. Ukurannya 755 meter persegi pada bagian dasar dan tingginya sekarang adalah 449 kaki.

Selama bertahun-tahun piramid ini telah kehilangan 33 kaki tinggi aslinya. Volumenya sekitar 88 juta kaki kubik. Pintu masuk aslinya berada di sisi utara dan koridor initelah sejajar dengan bintang-bintang sirkumpolar untuk menjamin keabadian Firaun.

Dalam beberapa foto berikutnya, akan menunjukkan sedikit dari apa rasanya pergi dari Ruang Queens sampai Kamar Raja, dan sarkofagus Firaun.

Jika Anda ingin masuk ke dalam Piramida Besar, ada tiket ekstra yang akan dikenakan biaya 100 LE. Anda akan menemukan kantor tiket untuk masuk ke Piramida Besar di depan sisi utara-timur Piramida. Kadang-kadang cukup sulit untuk mendapatkan tiket ini, karena jumlahnya terbatas hanya 300 tiket /hari, dan mereka terbagi di antara pagi dan sore.

Mereka menjual 150 pada pukul 08:00 pagi, dan kemudian, tepat pukul 13:00, yang 150 lainnya.

Selama musim tur tinggi, berada di sana awal atau Anda tidak akan mendapatkan tiket.

Petunjuk: sekali Anda telah memiliki tiket, Anda memiliki jeda 3-4 jam untuk masuk ke dalam piramida. Jangan masuk segera, karena sebagian besar kelompok wisata akan mencoba untuk masuk di sana karena mereka memiliki jadwal yang terbatas. Jadi jauh lebih baik menunggu satu atau dua jam dan interior akan jauh lebih ramai.


Cairo International Airport (IATA: CAI, ICAO: HECA) adalah bandara tersibuk di Mesir dan terletak di utara-timur kota sekitar 15 km dari pusat bisnis kota.

Kairo Internasional adalah bandara tersibuk kedua di Afrika dengan lebih dari 65 maskapai penerbangan menggunakan bandara Kairo (termasuk maskapai penerbangan charter) dan 9 maskapai penerbangan kargo. Dengan asimilasi EgyptAir menjadi Star Alliance pada bulan Juli 2008. Bandara ini memiliki potensi untuk menjadi pusat utama dengan positioning antara Afrika, Timur Tengah dan Eropa. Pada tahun 2008, bandara melayani 14.360.175 penumpang dan merupakan salah satu dari 100 bandara terbaik di dunia.

Bandara menangani baik penerbangan domestik dan internasional, dan buka 24 jam sehari.

Kami menyarankan terbang ke Kairo dan tinggal di salah satu dari banyak hotel mereka baik ketika touring Musium Mesir di Kairo dan reruntuhan di sekitarnya.

Setelah mendapatkan penerbangan dan hotel kami sarankan minta concierge hotel untuk mengatur baik mobil atau tur Kairo atau daerah Kairo. Jika Anda menghubungi mereka Concierge Layanan menjelang kedatangan Anda, semua ini dapat menjadi pra-diatur untuk Anda.

Kami melakukan hal ini sepanjang waktu, saat bepergian di Mesir. Aman dan bekerja! Kami tidak pernah mengalami masalah, melakukannya dengan cara ini!

Oleh karena itu, kami telah menempatkan link ke Expedia.com di halaman ini sehingga Anda dapat mengatur penerbangan Anda ke dalam dan keluar dari Kairo, maupun hotel, ketika mengunjungi daerah ini.


West View At Entrance to Workers Shaft

Looking Down Into Workers Shaft
From Bottom Of Grand Gallery
Toward Subterrarean Chamber

Facing West Inside
The Subterranean Chamber

Subterranean Chamber Entrance & Exit

Facing South Looking Down
Into The Decending Passageway

Facing South Looking Up Into
The Ascending Passageway

Where Ascending Passage
And Descending Passage Meet

Facing West Inside
Subterranean Chamber

Facing South At Floor Level
Queen's Chamber Ahead

Facing North Inside
Queens Chamber

Facing South Near Top Step
Of The Grand Gallery

Facing South At Last Step
Into Grand Gallery

Facing West Inside The King's
Chamber and Sarcophagus

King's Sarcophagus

Sumber http://ingatini.blogspot.com/2010/10/melihat-isi-piramid-agung-khufu.html

Cara-cara paling gila untuk menangkap Osama bin Laden

http://219.83.122.194/web/images/stories/Osama_Bin_Laden.jpg
Osama Bin Laden menjadi buronan kakap paling dicari di dunia. Lebih dari 8 tahun, sejak peristiwa 9 September 2001, Osama belum juga diketahui rimbanya. Pemimpin Al Qaeda ini selalu gagal ditangkap oleh Militer Amerika Serikat. Berbagai cara sudah ditempuh, dengan biaya yang tidak sedikit, bahkan juga telah mengorbankan nyawa.

Pemerintah AS sendiri amat bernafsu untuk menangkap Osama Bin Laden dalam keadaan hidup. Namun rencana itu sendiri diragukan oleh Jaksa Agung AS Eric Holder yang memperkirakan Bin Laden akan tertangkap dalam keadaan tewas.

Militer AS tak pernah kehabisan akal untuk terus mencari cara menangkap pimpinan jaringan teroris internasional itu. Banyak cara gila yang diusulkan oleh beberapa orang untuk menangkap otak di belakang runtuhnya menara kembar WTC ini. The Week pada hari ini memaparkan 5 usulan tersebut.

1. Teknologi teleportasi
Pada 2005, kalangan ilmuwan di pusat penelitian pangkalan udara militer Edwards, mencoba membuat sebuah teknologi teleportasi seperti dalam film Star Trek. Teknologi ini rencananya dapat membawa prajurit AS melewati batas wilayah yang luas. Cara gila ini memungkinkan para prajurit untuk berpindah melalui teleportasi ke dalam gua persembunyian Bin Laden dan langsung menangkapnya sambil berkata, "ayo ikut!"

2. Tim terjun payung beranggotakan beruang
Seorang pria tidak dikenal mengirim surat kepada Pentagon sambil mengusulkan rencana tidak masuk akal untuk menangkap Bin Laden. Pria tersebut menulis, "Latihlah beruang yang dilengkapi sistem GPS selama berhari-hari. Sambil dilengkapi kamera, biarkan binatang buas tersebut memburu Bin Laden". Memang, indera penciuman beruang dianggap lebih kuat dibandingkan seekor anjing pelacak.

3. Robot lebah pembunuh
Pentagon dilaporkan telah melatih lebah untuk melacak bom. Namun sebuah perusahaan robot kecil dilaporkan telah menemukan cara lain yang dianggap mereka lebih efektif. Perusahaan tersebut mengaku dapat membuat sebuah pesawat pembom yang berukuran seperti lebah. Alat mini ini diklaim dapat memburu dan membunuh teroris.

4. Mata-mata paranormal
Menurut Daily Mail, Kementrian Pertahanan Inggris dilaporkan telah menghabiskan dana sebesar USD27 ribu atau sekitar Rp.245,7 juta hanya untuk merekrut paranormal untuk melacak persembunyian Osama Bin Laden pada 2002 lalu. Pihak Kementrian Pertahanan Inggris merekrut 12 paranormal untuk mencari tahu apakah indera keenam mereka dapat melacak sarang teroris. Namun sepertinya Menteri Pertahanan Inggris sadar jika rencana tersebut tidak ampuh sama sekali.

5. Teknologi distribusi alam bebas alias Bin Laden berpura-pura menjadi binatang
Kalangan peneliti geografi UCLA pada 2009 lalu mengklaim jika pihaknya berhasil menemukan persembunyian Osama Bin Laden dengan menggunakan teknologi canggih yang disebut "Teknologi distribusi alam bebas". Teknologi yang digunakan berdasarkan kehidupan alam bebas, keberadaan Osama dapat dilacak berdasarkan keberadaan dia terakhir kali. UCLA mengatakan jika Bin Laden diketahui berada terakhir kali di Desa Parachinar, Afghanistan. Tetapi belum ada yang menanggapi laporan tersebut.

sumber: http://jelajahunik.blogspot.com/2010/10/cara-cara-paling-gila-untuk-menangkap.html

Majalah HOT Khusus Pria Manula



sumber: http://feedproxy.google.com/~r/wahw33d/~3/yOtsX3ZcxFo/sisi-lain-model-model-cover-majalah.html

Umur GPRS Tinggal 4-5 Tahun Lagi

JAKARTA, KOMPAS.com — Cepat atau lambat, operator telekomunikasi di Indonesia akan meninggalkan teknologi GPRS di seluruh jaringan selulernya karena alasan biaya dan efisiensi. Jaringan broadband yang berbasis 3G akan menjadi harapan berikutnya.

"Saya kira 4-5 tahun lagi GPRS ditinggalkan," kata Sarwoto Atmostarno, Direktur Utama Telkomsel yang juga Ketua Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) dalam perbincangan dengan wartawan saat peluncuran Palangkaraya sebagai Broadband City belum lama ini. Menurutnya, ada sejumlah alasan yang membuat operator telekomunikasi seluler tak lagi menggunakan GPRS dan umumnya jaringan 2G.

Alasan pertama, layanan voice dan SMS yang merupakan killer application di jaringan 2G dinilai sudah paripurna. Jika bicara strategi, maka operator sudah tidak dapat menggenjot bisnisnya dengan mengandalkan kedua layanan tersebut. Cakupan jaringan sudah dapat diakses oleh hampir semua lapisan masyarakat dengan harga terjangkau.

Kedua, tersedianya jaringan berbasis broadband sejak hadirnya 3G membuat layanan berbasis data dan internet semakin efisien. Operator dapat melayani pelanggan lebih banyak dengan kualitas akses data yang lebih baik. Jaringan broadband juga memungkinkan digelarnya bermacam layanan dengan kualitas layanan berbeda sesuai kebutuhan masing-masing pengguna.

"Hari ini fee yang kami bayar untuk 2G juga lebih besar daripada 3G," lanjut Sarwoto. Karena itu, kata Sarwoto, operator seperti Telkomsel kini berinvestasi lebih besar untuk jaringan 3G ketimbang 2G.

Namun, keinginan operator untuk meninggalkan jaringan 2G/GPRS sepenuhnya bukan tanpa hambatan. Salah satu yang menurut Sarwoto menjadi beban operator adalah masih munculnya handset murah yang sangat digemari masyarakat dan masih mengandalkan teknologi 2G. Selain itu, yang menjadi perhatian lainnya adalah mengalirnya handset bekas berteknologi 2G dari perkotaan ke daerah. Dengan fakta tersebut, operator tentu tidak bisa serta-merta langsung mencabut jaringan 2G.

"Ibarat anak tangga, ada tiga pihak yang menentukan roadmap ke depan. Ketiganya harus sama-sama naik ke tangga berikutnya bersama, yakni operator, vendor handset, dan penyedia aplikasi," ujar Sarwoto. Ia berharap, penyedia handset dan aplikasi dapat mengikuti roadmap tersebut sehingga terjadi perkembangan yang signifikan dari perangkat konvensional berbasis 2G/GPRS ke smartphone.

Mengembangkan Kemampuan Industri Pertahanan Nasional


Ilustrasi pesawat tempur KF-X buatan KAI.

JAKARTA - Masih dalam suasana peringatan hari jadi ke-65 TNI, maka satu tema yang masih terus bergema adalah pengembangan kemampuan industri pertahanan nasional. Bukan saja sekarang sudah ada Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP), melainkan juga karena sekarang penguatan industri pertahanan dalam negeri telah diangkat sebagai wacana pendamping penguatan postur angkatan bersenjata RI.

Dua hal setidaknya bisa menjelaskan hal di atas. Pertama, ketika menjalani uji kelayakan dan kepatutan untuk menjadi Panglima TNI di DPR, Laksamana Agus Suhartono mendapat pesan bahwa terkait dengan pembangunan postur TNI, hal itu dilaksanakan dengan mempertimbangkan sungguh-sungguh pelibatan industri pertahanan dalam negeri. Berikutnya, sehari menjelang HUT ke-65 TNI, Presiden ketika memimpin sidang kabinet yang khusus membahas alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI menegaskan bahwa upaya modernisasi alutsista disertai komitmen mengutamakan produk industri strategis dalam negeri, kecuali yang belum bisa kita buat, seperti pesawat tempur, kapal perang, atau kendaraan tempur canggih (Kompas, 5/10).

Belum lama ini terbetik kabar bahwa bersama Korea Selatan, RI akan mengembangkan pesawat tempur KFX yang disebut lebih canggih dibandingkan F-16, tetapi masih di bawah kemampuan F-35 JSF Lightning II. Namun, seiring dengan itu, terbetik pula kabar bahwa Indonesia akan merancang kapal selam. Tidak kurang Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro sendiri yang mengemukakan hal ini di sela-sela seminar di LIPI yang dikutip di awal kolom ini.

Merentang rancang bangun

Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin yang mengunjungi PT DI, PT Pindad, dan PT PAL tentu diyakinkan bahwa dari segi kemampuan, tak ada yang diragukan dari putra-putra bangsa Indonesia untuk menguasai rancang bangun alutsista. Di matra udara, setelah membuktikan diri bisa membuat pesawat secanggih N-250 pada pertengahan dekade silam, masuk akal kalau program seperti KFX bisa merentang kemampuan lebih lanjut. Hal sama bisa dikatakan untuk PT Pindad, yang setelah menguasai rancang bangun kendaraan tempur dan membedah tank ringan Scorpion, lalu dalam posisi untuk merancang bangun pembuatan tank sekelas AMX.

Untuk matra laut, wacana bisa direntang lebih luas. Membaca buku Kapal Selam Indonesia (karya Indroyono Soesilo dan Budiman, 2008), pembaca tidak saja disuguhi sejarah kapal selam dan pengoperasiannya di Indonesia, lengkap dengan komandan dan awak yang pernah bertugas di kapal-kapal selam tersebut, tetapi juga segi lain yang berlingkup masa depan.

Di masa ketika isu perbatasan, khususnya perbatasan di laut, semakin sering mewarnai hubungan Indonesia dan negara tetangga, khususnya Malaysia, salah satu alutsista yang lalu sering dirasakan urgensinya adalah kapal selam. Bila kapal permukaan seperti korvet atau fregat melambangkan kehadiran, tetapi mudah disimpulkan kekuatannya, kapal selam lebih bermakna strategis karena memiliki daya penggentaran yang besar. Eksistensi yang nyata, tapi relatif sulit dilacak, membuatnya semakin dihargai oleh banyak negara. Setelah Singapura (4 Challenger dan 2 Archer yang merupakan kelas Vastergotland, Swedia), Malaysia pun kini sudah membeli dua kapal dari kelas Scorpene (buatan Perancis) (lihat The Military Balance 2010, IISS, 2010).

Kini Indonesia hanya mengoperasikan dua kapal selam–Cakra dan Nanggala–yang usianya hampir 30 tahun. Kapal selam tipe 209 buatan HDW Jerman ini sejak beberapa tahun terakhir disebut-sebut akan dicarikan penggantinya.


Kapal selam kelas 209 buatan DSME Korea, Changbogo

Ada wacana untuk melanjutkan apa yang sudah dimulai dengan kapal selam tipe 209, yang artinya tetap menggunakan buatan Jerman. Lalu yang terakhir muncul tawaran dari Pemerintah Korea, yang juga telah menguasai teknologi tipe 209 (dengan nama Changbogo).

Membuat kapal selam

Pembuatan kapal selam menjadi satu dari dua bahasan yang muncul ketika Sekretaris KKIP Sjafrie Sjamsoeddin berkunjung ke PT PAL. Selain kapal selam, topik lain adalah pembuatan kapal perusak kawal rudal.

Tentu dibutuhkan nasionalisme dan rasa percaya diri untuk bisa membuat kapal selam. Selama ini di PT PAL telah dibuat kapal berbagai jenis dan berbagai ukuran, dan membuat kapal selam dipastikan akan menuntut dimilikinya keterampilan teknis dan pemahaman akan rekayasa yang canggih.

Keinginan menguasai teknologi pembuatan kapal selam juga dibaca oleh pembuat kapal selam asing yang ingin menawarkan produknya ke Indonesia. Thyssen yang kini sudah menjadi perusahaan induk HDW pun dalam menawarkan tipe 209/1400 ini juga menawarkan alih teknologi kepada Indonesia, dalam hal ini PT PAL.

Sebagaimana juga ada di PT DI untuk pesawat terbang, di PT PAL pun kelak akan ada fasilitas pembuatan badan serta instalasi berbagai sistem yang ada pada kapal selam, seperti propulsi dan sebagainya. Keterampilan tersebut bisa diperoleh secara bertahap. Itu sebabnya, pada kapal selam pertama, sebagian besar pekerjaan (perakitan badan tekan dan instalasi outfitting tingkat tinggi) akan tetap dilakukan oleh mitra pembuat, dan PT PAL hanya akan mengerjakan integrasi dan penyelesaian keseluruhan kapal. Namun, untuk kapal kedua dan ketiga, bagian yang akan dikerjakan oleh teknisi Indonesia akan lebih banyak.

Diharapkan dengan proses alih teknologi yang konsisten, yang mengucur dari adanya program yang terjadwal rapi, pengerjaan dua kapal selam dengan alih teknologi bisa dikerjakan dalam tempo enam tahun.

Melalui program seperti itu, RI tidak saja akan menguasai pembuatan kapal selam, tetapi juga alutsista lain yang semakin kompleks.

Bila komitmen mendukung pengembangan kemampuan dalam negeri ingin diwujudkan, kapal selam jelas akan menjadi proyek lompatan kuantum yang besar artinya.

Sumber : http://alutsista.blogspot.com/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini