add

5 Posting Terbaru

Sabtu, 17 Mei 2008

Pedrosa Tercepat di Sesi Latihan


LE MANS, - Pembalap Spanyol, Dani Pedrosa mencatat waktu tercepat dalam sesi latiah bebas pertama, Jumat (16/5) jelang GP Perancis.

Pedrosa yang memacu Honda mencatat waktu tercepat 1 menit 34.277 detik. Ia diikuti juara dunia Caey Stoner dari Australia yang terpaut 0.049 detik di belakang Pedrosa.

Juara dunia lima kali asal Italia, Valentino Rossi mencatat waktu tercepat keenam dan terpaut 0.659 detik.

Hasil sesi latihan bebas pertama MotoGP, Jumat (16/5):
1. Dani Pedrosa (ESP) Honda 1:34.227,
2. Casey Stoner (AUS) Ducati terpaut 0.049,
3. Colin Edwards (USA) Yamaha 0.060,
4. Jorge Lorenzo (ESP) Yamaha 0.260,
5. Chris Vermeulen (USA) Suzuki 0.403,
6. Valentino Rossi (ITA) Yamaha 0.659,
7. Shinya Nakano (JPN) Honda 0.820,
8. Randy De Puniet (FRA) Honda 0.846,
9. John Hopkins (USA) Kawasaki 0.906,
10. Alex De Angelis (SMR) Honda 1.012

250cc:
1. Alvaro Bautista (ESP) Aprilia 1:38.479,
2. Alex Debon (ESP) Aprilia at 0.106,
3. Marco Simoncelli (ITA) Gilera 0.200,
4. Mattia Pasini (ITA) Aprilia 0.309,
5. Thomas Luthi (SUI) Aprilia 0.463

125cc:
1. Sergio Gadea (ESP) Aprilia 1:43.515,
2. Bradley Smith (GBR) Aprilia terpaut 0.099,
3. Stefan Bradl (GER) Aprilia 0.195,
4. Simone Corsi (ITA) Aprilia 0.196,
5. Mike Di Meglio (FRA) Derbi 0.441

Pertandingan Persib Ditawarkan Rp 1,5 Miliar


Persib akan berusaha menjadikan pertandingan sebagai mesin uang demi pendanaan klub. Klub kebanggaan warga Jawa Barat ini berencana menenderkan pertandingan dengan penawaran awal Rp 1,5 miliar.

Demikian dikatakan Ketua Harian Persib Edi Siwadi usai menyaksikan pertandingan uji coba Persib melawan tim internal Perkumpulan Olahraga Putra Panjalu di Stadion Siliwangi, Rabu (14/5) petang. Edi mengatakan, pengelolaan pertandingan Persib oleh tim yang profesional merupakan keniscayaan jika ingin mendapatkan profit semaksimal mungkin.

"Kami ingin pertandingan ini benar-benar dikelola untuk mendapatkan keuntungan. Dengan kemungkinan pendapatan Rp 250 juta sampai Rp 300 juta tiap pertandingan, tak berlebihan jika 17 partai kandang Persib ditawarkan dengan harga awal Rp 1,5 miliar," kata Edi.

Edi juga menegaskan, Persib tak bisa lagi dikelola menggunakan pendekatan kekeluargaan. Apalagi, bentuk badan hukum yang paling mungkin dipergunakan adalah perusahaan publik (perseroan terbatas). "Setiap posisi harus diisi orang yang profesional di bidangnya. Setiap orang yang akan menjabat di perusahaan Persib, apa pun itu namanya nanti, harus melalui fit and proper test," jelas Edi.

Ia tak mengelak, kultur kedekatan sudah sangat kental di tubuh Persib. Namun, Edi optimistis perubahan bisa dilakukan sebab itu merupakan keharusan.

Terkait dengan rencana pembentukan perusahaan publik, Edi mengatakan, ada beberapa tahap yang harus ditempuh. Ia mengaku sudah berdiskusi dengan sesama pengurus Persib. Langkah pertama adalah pelantikan Pengurus Cabang PSSI Kota Bandung lebih dulu. Dengan demikian, fokus pembinaan bisa dilaksanakan oleh PSSI. "Setelah itu, klub-klub yang dulu mendirikan Persib harus berkumpul untuk membahas langkah-langkah selanjutnya. Bagaimanapun, klub-klub itu sangat terkait dengan sejarah Persib," kata Edi.

Saat peninjauan ke Persib beberapa waktu lalu, Direktur Kompetisi Badan Liga Indonesia Joko Driyono mengatakan, batas waktu pembentukan badan hukum bagi klub-klub adalah Oktober tahun ini.

Korban Tewas Badai Nargis Capai 78.000


YANGON, SABTU - Jumlah kematian resmi akibat Topan Nargis kini mencapai 78.000, demikian dilaporkan media pemerintah Myanmar, Jumat. Jumlah korban yang tewas mencapai 78.000, sementara 56.000 orang masih dinyatakan hilang, kata BBC mengutip siaran televisi Myanmar.

Beberapa wakil dari 16 organisasi bantuan yang bekerja bersama memberikan pertolongan akobat gempa itu menyatakan, jumlah pasti korban yang tewas atau hilang masih sulit untuk diketahui, namun PBB dan Palang Merah memperkirakan bahwa jumlahnya lebih dari 100.000.

Topan Nargis yang memiliki kecepatan angin 190 kilometer per jam menyerang Myanmar pada Sabtu, 3 Mei. Wilayah paling parah antara lain kawasan delta Irrawaddy, Yangon, Bago, Karen dan Mon.

Rusia Khawatirkan Keamanan Liga Champions


LONDON, SABTU - Pemerintah Rusia mengkhawatirkan keamanan final Liga Champions antara Manchester United (MU) dan Chelsea di Stadion Luzhniki, Moskwa, 21 Mei nanti. Meski pertandingan dua klub senegara, tapi tetap dimungkinkan akan terjadi kerusuhan.

Kekwatiran itu disampaikan Duta Rusia untuk Inggris, Yuri Fedotov. Menurutnya, melihat kerusuhan final Piala UEFA antara Zenit St Petersburg lawan Glasgow Rangers, 14 Mei lalu di Manchester, bisa jadi peristiwa yang sama akan mewarnai final Liga Champions.

Tidak hanya Yuri Fedotov. Para pengamat juga mengkhawatirkan akan adanya aksi balas dendam dari suporter Rusia kepada suporter asal Inggris. Pada kerusuhan di final Piala UEFA itu, suporter Rangers menusuk suporter Zenit, klub asal Rusia. Meski Rangers asal Skotlandia, tapi bisa saja dianggap tetap Inggris. Sebab, secara administratif Skotlandia masuk Britania Raya.

Selain itu, potensi bentrok juga bisa terjadi antara pendukung MU dan Chelsea sendiri. Sejak beberapa pekan terakhir, hubungan kedua klub memang panas, karena sama-sama bersaing merebut gelar Premier League maupun Liga Champions. Bahkan, perang urat syaraf terus berlangsung.

Namun, Yuri Fedotov mengatakan, pemerintahnya akan melakukan pencegahan sebaik mungkin. Keamanan akan ditingkatkan, sehingga semua potensi kerusuhan bisa dihilangkan. Setidaknya, 6000 polisi akan dikerahkan. Sementara suporter MU dan Chelsea yang diperkirakan akan datang sebanyak 50.000 orang.

"Memang ada kekhawatiran. Tapi, dengan adanya kerja sama antara pemerintah Rusia dan Inggris, kami harap semua persoalan bisa diatasi," jelas Yuri Fedotov.

"Kami berharap segalanya berlangsung dengan baik dan tak perlu ada bentrokan seperti yang terjadi di Manhcester," tambahnya.

Fedotov mengatakan, Menteri Olahraga Rusia, Vitaly Mutko, sudah meminta pihak keamanan untuk melakukan apa saja demi mempertahankan hukum dan ketertiban selama final Liga Champions. Mutko juga mengatakan, kekhawatiran bahwa suporter Rusia akan balas dendam atas kasus penusukan suporter Zenit, tak perlu terjadi.

Pihak keamanan Rusia akan melakukan pengamanan secara ketat. Suporter juga tak akan dibolehkan minum bir di sembarang tempat, apalagi di jalan-jalan.

"Bagaimanapun, ini adalah All English Final. Yang bertanding adalah dua klub Inggris dan yang akan juara juga klub Inggris pula," jelas Fedotov.

Pihak keamanan Rusia dan Inggris sudah menjalin hubungan dan kerja sama erat sejak November 2006, setelah terjadi kasus peracunan di London yang dilakukan eks agen KGB, Alexander
Litvinenko.

Fedotov mengatakan, pemerintahannya sudah kelonggaran kepada suporter. Mereka tak usah membayar visa, sebab tiket final Liga Champions sudah dianggap visa sementara dan terbatas. Maka, dia berharap hal itu dibalas dengan sikap yang baik pula.

Hanya, Fedotov agak mencemaskan terhadap para suporter yang tidak memiliki tiket. Sejauh ini sudah ada 3000 suporter yang sudah mengurus visa ke Rusia. Mereka ingin membeli tiket di Moskwa, atau kalau tak kebagian akan menonton pertandingan di pub atau cafe. (AP/HPR)

Kamis, 15 Mei 2008

Jelang Final IBL 2008 Siap Suguhkan Aksi Terbaik


Tim Garuda Bandung dan Satria Muda (SM) Britama sama-sama bertekad mencatat sejarah baru, saat keduanya bentrok di partai pertama dan kedua final A Mild IBL 2008 di Britama Arena Sportsmall Kelapa Gading Jakarta, Sabtu (17/5) dan Minggu (18/5).

Partai final akan berlangsung secara best of five. Bagi Garuda, jika bisa memenangi pertandingan ini, ini merupakan gelar juara untuk pertama kalinya sejak bergulirnya IBL tahun 2003. Kebalikannya bagi sang juara bertahan SM, jika mampu mengalahkan Garuda, ini merupakan gelar juara tiga kali berturut-turut, atau gelar keempat secara keseluruhan.

Pelatih Garuda, Rastafari Horongbala mengatakan bahwa pihaknya tidak gentar menghadapi nama besar SM, dan bertekad akan mengalahkan juara bertahan tersebut.

"Banyak pihak yang mengunggulkan SM untuk tampil sebagai juara. Namun, kami tidak gentar. Mereka bukan tim yang tanpa kelemahan. Yang jelas kami telah menyiapkan strategi untuk menaklukkan mereka. Kita lihat saja nanti di lapangan," ujar Rastafari di Basket Hall, Senayan Trade Centre, Jakarta, Rabu (14/5).

Rastafari bertekad, pesta kemenangan bisa dilakukan di GOR C-Tra Arena Bandung saat Garuda menjamu SM di partai final ketiga dan keempat. "Kami tentunya ingin meraih sejarah dengan melakukan pesta kemenangan di Bandung. Akan tetapi, lawan yang dihadapi adalah SM yang tidak akan mudah dikalahkan. Kami bertekad dengan dukungan publik Bandung, bisa memberikan yang terbaik untuk masyarakat Bandung dan Jabar," ujar Rastafari.

Untuk mewujudkan hal itu, Garuda harus bisa mencuri kemenangan saat main dua kali di kandang SM. "Kita usahakan bisa mencuri satu kemenangan, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk mencuri dua kemenangan. Kemudian di Bandung, kita ambil lagi kemenangan," katanya.

Sementara itu, pelatih SM Fictor Roring juga bertekad timnya bisa meraih three peat, juara tiga kali berturut-turut. "Dengan kekuatan materi pemain yang kami miliki, kami optimistis bisa meraih three peat. Kami menaklukkan Garuda dua kali pada babak reguler. Itu sudah cukup menjadi bukti bahwa kami siap untuk mengulangi prestasi yang sama di final. Memang Garuda sekarang merupakan tim yang komplet," ujarnya.

Mengenai berapa skor yang akan diperoleh SM untuk mengalahkan Garuda, Fictor tidak memedulikan berapa skor akhir. "Tujuan utama saya menang dan juara, tidak masalah kami menang 3-0, 3-1 atau 3-2, yang penting kami juara. Untuk final ini, kami sudah melakukan persiapan serius," ucapnya.

Pada partai final nanti, A Mild IBL akan memberikan gelar "The Best Coach Of The Year 2008" bagi pelatih, dan "The Best Executive Of The Year 2008" bagi pihak-pihak yang selama ini berkontribusi besar pada perkembangan bola basket di tanah air. Peraih dua gelar itu akan menerima piala dan uang pembinaan sebesar Rp. 2.500.000,00.

Jelang MotoGP Prancis Lampu Hijau untuk Lorenzo


Kegigihan Jorge Lorenzo untuk tetap bisa membalap di MotoGP Prancis akhir pekan ini terbayar. Meski belum pulih benar dia dapat lampu hijau untuk turun di Le Mans.

Lorenzo yang mendapat cedera parah setelah mengalami kecelakaan pada sesi latihan MotoGP Cina dua pekan lalu. Pembalap Fiat Yamaha itu mengalami patah tulang astralagus pada engkel kanannya, sementara engkel kirinya mengalami patah ligamen.

Meski mengaku kondisinya belum pulih benar, namun Lorenzo sepertinya bisa dipastikan berada di grid sirkuit Le Mans saat MotoGP memasuki seri kelima akhir pekan ini. Izin dari dokter sudah dikantonginya setelah melakukan pemeriksaan di Barcelona bersama Dokter Xavier Mir.

"Tak banyak waktu sejak kecelakaan yang dialaminya untuk bisa pulih secara penuh, tapi penghilang rasa sakit yang dipakai Jorge akan membantunya berkompetisi tanpa harus mengambil risiko akhir pekan ini," ungkap Dokter Xavier Mir di Autosport.

Entah bagaimana nanti Lorenzo menjalani balapan lantaran sejak mengalami kecelakaan di Shanghai dia selalu menggunakan kursi roda untuk beraktifitas.

Sumber : detiksport.com

Intel Kembangkan Komputer 200 dollar AS

JAKARTA, KAMIS - Janji Bill Gates untuk menyumbang software cuma-cuma jika telah tersedia komputer seharga 200 dollar AS di Indonesia mungkin segera terwujud. Sebab, Intel Corporation berjanji segera mewujudkan komputer seperti itu dalam waktu dekat.

"Kami akan bekerja sama dengan perusahaan komputer lokal untuk menyediakan komputer seharga 200 dollar AS di Indonesia," ujar Dr Craig Barrett, Chairman Board Intel Corporation di Jakarta, Kamis (15/5). Hal tersebut merupakan salah satu investasi Intel dalam program World Ahead yang bertujuan mendukung pendidikan di Negara-negara berkembang.

Upaya Intel untuk mendukung pendidikan di Indonesia melalui program World Ahead dilakukan dalam tiga bentuk. Dalam program ini, Intel juga berkomitmen untuk melatih ribuan guru di Indonesia agar dapat memanfaatkan TIK dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Intel juga menyumbang 4000 komputer yang akan disebarkan antara 3-5 tahun ke depan. Selain itu, Intel juga berkomitmen untuk menyediakan konten pembelajaran berbasis web dengan bahasa Indonesia.

"Kita ajak perusahaan software lokal untuk menerjemahkan konten pembelajaran yang sudah dikembangkan Intel ke dalam bahasa Indonesia," ujar Budi Wahyu Jati, Country Manager Intel Indonesia. Konten yang dimaksud adalah Skool, layanan pembelajaran sains dan matematika yang sudah dikembangkan Intel ke dalam beberapa bahasa di dunia.

Nota kesepahaman mengenai program World Ahead di Indonesia ditandatangani langsung Craig Barrett dengan Menteri pendidikan Nasional Bambang Sudibyo, Kamis (15/5) disaksikan Menteri Komunikasi dan Informatika Muhammad Nuh . Acara ini juga dihadiri Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie.

Sumber : kompas.com

Tarif Angkot Bisa Naik 50 Persen


Bila harga bahan bakar minyak (BBM) naik, Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Tangerang akan menaikkan tarif angkutan umum sebesar 30 persen. Pantauan Warta Kota pada Rabu (14/5), sejumlah angkutan kota di kota Tangerang telah menaikkan ongkos Rp 500 per penumpang untuk semua jurusan.

"Kenaikan tarif angkutan umum tidak mungkin dihindari karena biaya perawatan dan onderdil juga naik," ujar Ketua Organda Kota Tangerang Syamsudin, Rabu siang. Syamsudin mengatakan, para pengusaha angkutan umum minta agar tarif angkutan umum segera dinaikkan bila harga BBM naik.

Selama tiga hari terakhir, sejumlah sopir angkutan kota di Kota Tangerang telah mendahului menaikkan tarif sebesar Rp 500. Bahkan, awak angkutan luar kota (bus) telah menaikkan tafir Rp 1.000 hingga Rp 1.500 per penumpang.

Arman, sopir angkutan trayek Cikokol-Serpong, mengatakan tarif Cikokol-Serpong yang semual Rp 3.000 dalam beberapa hari terakhir telah naik Rp 500. Arman mengaku terpaksa menaikkan tarif karena biaya perawatan kendaraan juga naik.

Isyarat menaikkan tarif angkutan umum juga disampaikan Ketua Organda Kota Bekasi, Indra Hermawan. "Jika pemerintah menaikkan harga BBM hingga 30 persen, maka kami menaikkan tarif angkutan umum antara 15 persen hingga 20 persen," ujarnya. Menurut Indra, menaikkan tarif angkutan umum dilakukan untuk menutupi biaya operasional.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, Rayendara Sukarmaji, mengatakan Pemkot Bekasi pasti akan memerhatikan keluhan pengusaha dan sopir angkutan umum. "Jika harga BBM naik, maka tarif angkutan umum pasti naik. Tapi berapa pastinya kami belum bisa memastikan," ujarnya, kemarin.

Kenaikan yang cukup besar disuarakan Organda Kota Bogor, yakini 50 persen. "Ini sebetulnya sangat dilematis bagi kami. Namun kami juga tidak dapa berbuat banyak, jika pemerintah menaikkan harga BBM sebesar 30 persen, maka kami dengan sangat terpaksa harus menaikkan tarif angkot di Kota Bogor sebesar 50 persen," kata Ketua Organda Kota Bogor, Muhammad Ischak AR.

Sementara itu, Organda Provinsi Banten masih menunggu keputusan pemerintah tentang harga BBM sebelum memutuskan besaran kenaikan tarif angkutan umum. "Kenaikan tarif itu akan diputuskan setelah ada kenaikan harga BBM. Tapi kami menentang kenaikan harga BBM. Karena, kenaikan itu berdampak langsung terhadap harga suku cadang kendaraan," ujar Sekretaris Organda Banten Yayat Hasrat Triana.
Sumber : Kompas.com

Amien Rais: Pertama SBY-JK, dan Purnomo Bertanggung jawab Atas Runtuhnya Ekonomi


JAKARTA, RABU - Mantan Ketua MPR yang sekarang menjadi Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional Amien Rais kembali mengeluarkan lontaran yang "memanaskan" telinga pemerintah.

Kali ini, guru besar Fisipol Universitas Gadjah Mada itu berkomentar tentang kondisi pertambangan dan perminyakan Indonesia. Baginya, ada tiga orang yang harus bertanggung jawab atas menurunnya produksi minyak dan merosotnya perekonomian Tanah Air.

Di urutan teratas, disebutnya nama Presiden SBY dan Wapres Jusuf Kalla. Urutan di bawahnya Menteri ESDM Poernomo Yusgiantoro. "Menteri yang paling bertanggung jawab atas runtuhnya ekonomi kita adalah Poernomo Yusgiantoro. Dialah yang bertanggung jawab memerosotkan produksi minyak kita, dari tahun ke tahun makin habis makin tergantung pada luar negeri. Dia nomor dua yang harus bertanggung jawab," kata Amien saat peluncuran buku Haryanto Taslam di Jakarta, Rabu (14/5).

Nomor satu siapa, Pak? "Nomor satu SBY. Eh, satu paket SBY-JK," katanya.Oleh karena itu, lanjut Amien, jika ada reshuffle kabinet dan tidak menggeser posisi Purnomo, menurutnya, itu merupakan political joke (dagelan politik). "Sebelum telat, pecat saja. Ganti dengan yang baru, yang punya rasa cinta Tanah Air," ujarnya.

Sumber : Kompas.com

Selasa, 13 Mei 2008

Giggs, Penakluk Rekor yang Dipuja Legenda


DULU, menyamai rekor Bobby Charlton seolah tak mungkin bagi para pemain Manchester United. Dia telah bermain 758 buat MU. Sebuah rekor yang terlalu banyak untuk dikejar. Tapi, Minggu (11/5) saat MU melawan Wigan Athletic, Ryan Giggs melakukannya. Dia menyamai rekor legenda MU tersebut, bahkan segera mengalahkannya.

Pertandingan penting bagi Giggs itu sekaliigus juga partai menentukan buat MU untuk menjuarai Premier League musim ini. Mau akhirnya menang 2-0 dan juara. Dan, gol kedua itu dicetak Giggs pula. Sehingga, partai yang membuatnya menyamai rekor Bobby Charlton tersebut begitu terkesan. Apalagi, Charlton ikut menonton langsung pertandingan itu.

Namun, Bobby Charlton tak kecewa rekornya yang nyaris sakral itu disamai Giggs dan segera dilewati. Sebab, 21 Mei nanti, Giggs kemungkinan kembali dimainkan pada final Liga Champions lawan Chelsea. Selain itu, pemain asal Wales berumur 34 tahun itu masih mungkin membela MU di banyak pertandingan lagi.

Bedanya, Bobby Charlton membuat rekor itu dalam kurun waktu 19 tahun. Dia membela MU sejak 1954 sampai 1973. Sedangkan Giggs hanya butuh waktu 18 tahun untuk membuat rekor itu. Dia membela MU di kompetisi profesional sejak 1990.

Charlton justru bangga akhirnya rekornya ada yang menyamai, bahkan bisa mengalahkannya. "Saya tak merasa kecewa atau terpukul karena rekor saya ada yang menyamai. Saya malah bangga karenanya. Sejak dulu saya sudah berpikir, jika ada yang menyamai rekor, saya akan suka jika yang melakukannya adalah Ryan Giggs," kata Bobby Charlton.

"Sejak dia datang di Manchester United, saya sudah tau Giggs adalah pemain spesial. Dia atlet yang hebat, pribadi yang menawan dan pemain bola yang lihai. Tak ada yang lebih pantas memecahkan rekor saya selain Ryan Giggs," puji Charlton.

"Anda harus berada di MU dalam waktu yang lama untuk memahami klub ini, juga merasakan kehangatannya. Saya benar-benar bangga kepada Giggs. Saya sendiri malah sudah lupa tentang rekor saya," kata Charlton yang kini berumur 70 tahun.

Charlton termasuk salah satu bintang MU yang ikut membawa klub tersebut merebut gelar Liga Champions (dulu Piala Champions) pada musim 1968-69. Setelah sukses membara MU juara Liga Champions 1998-99, Charlton yakin Ferguson bisa mengulangnya lagi di musim ini. (AP/HPR)

Indonesia "Kendalikan" Siklon Tropis Durga


JAKARTA, KAMIS - Untuk pertama kalinya, Indonesia memberi nama badai atau sikon tropis yang terbentuk dekat garis khatulistiwa (ekuator). Siklon tropis Durga adalah nama yang dipilih untuk siklon yang terbentuk di perairan barat daya Bengkulu pada Rabu (23/4) pukul 07.00 WIB.

Siklon Tropis Durga terbentuk di Samudera Hindia sekitar 1.000 kilometer dari Kota Bengkulu tepatnya pada 9,2 derajat Lintang Selatan (LS) dan 95,1 Bujur Timur (BT). Saat ini, siklon beregrak ke arah timur-tenggara menjauhi wilayah Indonesia dengan kecepatan 11 kilometer perjam.

Munculnya Siklon Tropis Durga hanya berselang kurang dari sebulan sejak Pusat Peringatan Dini Siklon Tropis Jakarta atau Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) Jakarta resmi beroperasi pada 24 Maret 2008 bersamaan dengan Hari Meteorologi Dunia. Lembaga tersebut dibentuk Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) setelah Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) menunjuk Indonesia untuk memantau dan memberikan peringatan dini terhadap badai yang terbentuk pada daerah antara 90-125 derajat Bujur Timur (BT) dan 0-10 derajat Lintang Selatan (LS).

Penamaan siklon tropis dengan nama tokoh pewayangan yang khas Indonesia merupakan kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia dan tercatat dalam sejarah komunitas meteorologi dunia. Dengan sistem komunikasi yang telah terintegrasi secara global, informasi siklon tropis dari Indonesia secara cepat tersebar ke seluruh dunia. TCWC melaporkan hasil analisis secara berkala terhadap siklon tropis di sekitar Indonesia dalam situsnya.

Apalagi, siklon tropis lebih banyak terbentuk di luar wilayah tanggung jawab Indonesia meskipun dampaknya dapat mempengaruhi cuaca dan gelombang di Indonesia. Siklon tropis yang terbentuk di wilayah tanggung jawab Indonesia relatif kecil, hanya 1-2 buah per tahun. Dari catatan selama 21 tahun (1964-2005) siklon tropis di wilayah ini lebih banyak terjadi pada bulan Desember. Kejadian pada bulan April pernah terjadi 14 kali.

Siklon tropis atau juga dikenal dengan angin topan merupakan pusaran angin yang sangat kuat yang kecepatannya dapat mencapai 120 kilometer per jam atau lebih. Seperti namanya, siklon tropis terbentuk di daerah tropis dan terjadi di lautan yang hangat. Adanya siklon tropis dapat menyebabkan terjadinya hujan deras dan gelombang laut yang tinggi, pada daerah yang dilalui dan daerah di sekitarnya.
Sumber : kompas.com

Gempa di China Sudah Tewaskan 9000 Orang


CHONGQING, SELASA-Gempa terparah dalam tiga dasawarsa terakhir di China, Senin (12/5), telah menewaskan hampir 9.000 orang. Kemungkinan jumlah korban masih terus bertambah. Kantor Berita Xinhua mengutip keterangan dari pemerintah setempat yang menyebutkan 8.533 orang tewas di provinsi Sichuan.

Pusat gempa berkekuatan 7,8 skala Richter itu berada di kawasan pegunungan yang jaraknya sekitar 100 km dari kota berpenduduk 10 juta jiwa yaitu Cengdu, ibukota Sichuan. "Jalan mulai bergoyang ketika saya menyetir. Batu berjatuhan dari gunung dan debu menggelapkan langit di sekitar lembah," kata seorang supir biro seismologi Sichuan, yang berkendaraan di dekat titik pusat ledakan, sebagaimana dikutip Xinhua.

Bencana itu terjadi saat jam belajar dan delapan sekolah runtuh di wilayah itu. Sekitar 900 remaja terkubur di reruntuhan bangunan bertingkat tiga di kota Dujiangyan, Sichuan. Antara 3.000 dan 5.000 orang diperkirakan tewas di Wilayah Otonomi Beichuan Qiang, tulis media pemerintah tersebut.

Sebanyak 10 ribu jiwa di Beichuan dikhawatirkan cedera dan 80 persen bangunan di wilayah itu hancur, tulis Xinhua. Televisi pemerintah menyebutkan terjadi lebih dari 300 kali gempa susulan. Jumlah penduduk Beichuan adalah 161.000 orang, artinya sepersepuluh warganya tewas atau cedera. Wilayah itu adalah bagian dari Kota Mianyang dan terletak 160 km dari Cengdu.

Ratusan orang terkubur di dua pabrik kimia yang runtuh di Shifang, Sichuan, tulis edisi "online" Xinhua, lalu menyebutkan lebih dari 80 ton amoniak cair yang sangat korosif tumpah. Ratusan orang lainnya terkubur di reruntuhan sekolah, pabrik, dan asrama di wilayah tersebut.

Korban yang tidak kalah banyak juga terkubur di rumah sakit yang rubuh di kota Dujiangyan, Sichuan. Pusat gempat berada tidak jauh dari Wenchuan, wilayah pegunungan yang dihuni sekitar 100 ribu jiwa, dan getarannya terasa hingga ke seluruh China dan Bangkok, ibukota Thailand.(ANT/RTR)

Pegawai Bank Jadi Korban SMS Santet


WARTA KOTA, SELASA-Seorang pegawai Bank Amro, M Fani (25), warga Jalan Petamburan V, RT 1/8, Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanahabang, Jakarta Pusat, yang mengaku menjadi korban short message service (SMS) santet kondisinya sudah membaik meski masih trauma.

Kepada Warta Kota, Senin (12/5) malam, Fani menyatakan, semula dirinya tidak percaya ada SMS santet. "Tapi, saya sudah mengalami sendiri," katanya.

Karyawan bank yang juga berjualan voucher isi ulang (pulsa) di rumahnya ini menyatakan, awalnya nada dering SMS itu berbunyi biasa saja dan tidak mencurigakan. "Tetapi, setelahmenerima SMS itu, badan saya masih pegal seperti habis manggul beras sekarung. Hari ini (Senin) saya nggak masuk kerja Mas," kata Fani.

Lelaki yang bekerja sebagai teller di Bank Amro, Jalan Sudirman, itu menyatakan SMS itu diterimanya saat dia menukar kartu ponsel miliknya, Motorola seri C-156, dari nomor Pro XL ke IM3. Pasalnya, Fani sedang menunggu SMS dari pacarnya yang biasanya mengirimkan SMS ke nomor IM3-nya. Namun, saat ponselnya sudah diganti kartu IM3, masuk sebuah SMS dari nomor ponsel 0866. SMS itu berbunyi: "Anda telah dihubungi infra red tegangan tinggi 0866".

Awalnya, lelaki bertubuh kurus itu tak terlalu menggubris. Fani menganggap, SMS itu dikirim orang iseng. Namun, tiga menit kemudian, pesan itu hilang dan layar ponselnya berubah warna menjadi merah menyala. Nah, saat itulah seluruh badannya terasa lemas dan keluar keringat dingin. Selain itu, mata Fani menjadi memerah dan wajahnya menjadi pucat.

Peristiwa itu berlangsung tidak lama, karena kakak Fani, Dewi Melanisari (28), pulang dari pasar. Melihat kondisi Fani, Dewi berusaha merebut ponsel yang digenggam Fani. Namun, entah kenapa Fani tidak bersedia memberikannya. Sehingga Fani dan Dewi saling rebut ponsel.

Setelah berhasil merebut ponsel, Dewi langsung mengeluarkan kartu IM3 dari ponsel. Lalu kartu itu dipatahkan dengan maksud agar pengaruh hipnotis dari ponsel terhadap Fani hilang. Setelah itu, tubuh Fani lunglai dan hanya terduduk di bangku ruang tamu rumahnya. "Setelah ponsel direbut kakak, saya lemas dan terasa kaki seperti lumpuh. Sampai sekarang rasa pegalnya masih terasa," katanya.

Fani mengatakan tidak percaya hal-hal yang berbau mistik. Makanya saat menerima SMS dia tidak menganggap bahwa itu santet. Bahkan beberapa hari sebelumnya, Fani diperingatkan salah seorang temannya tentang adanya SMS santet yang dikirim oleh nomor 0866.

Namun, nyatanya Fani menjadi salah satu korban SMS. Anak bungsu pasangan Harliana (50) dan Ade Sujana (51) itu mengaku beruntung karena efek buruk dari SMS tidak sampai mencabut nyawanya. "Saya masih bersyukur karena saya nggak apa-apa, tapi jangan sampai terima SMS seperti itu lagi," katanya.

Saat Fani terduduk lemas, ayahnya, Ade Sujana, menenangkannya. "Saya tenangkan Fani, tapi susah sekali. Saya tunggu dia sampai capek dan tertidur," kata Ade.

Diakui Ade, kondisi Fani saat menerima SMS sedang labil. Dalam seminggu terakhir, kata Ade, anaknya tengah menghadapi banyak masalah. "Seminggu terakhir kalau Fani pulang kantor sering mengeluh sakit dan capek. Bukan karena pekerjaan, tapi katanya ada masalah dengan temannya, tapi dia nggak mau cerita," katanya.

Abaikan saja

Sementara itu, operator seluler PT Indosat Tbk mengimbau para pelanggan agar mengabaikan teror santet lewat short message dervice (SMS). Jika menerima SMS yang isinya meresahkan, sebaiknya segera dihapus, termasuk yang isinya pemberitahuan mendapat sebuah hadiah.

Division Head Public Relation PT Indosat Tbk, Adita Irawati, kepada Warta Kota kemarin mengatakan, beredarnya teror SMS santet bukan merupakan ulah dari operator untuk mengeruk keuntungan. Pasalnya, operator mempunyai tanggung jawab secara hukum jika membuat program yang bisa menimbulkan keresahan.

Hal senada kemarin dikatakan Laksmi Nurwandini, Corporate Comunications PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL). "Sangat tidak mungkin operator membuat program yang meresahkan pelanggan. Masih banyak program yang bisa membuat konsumen senang," katanya kepada Warta Kota.

Agar konsumen tidak resah dengan teror SMS berantai, sebaiknya pelanggan langsung menghapus saja. "Tidak ada manfaatnya isi SMS yang meresahkan masyarakat ditunjukkan, apalagi dikirim ke pelanggan lain. Hanya buang-buang pulsa saja," kata Dini—panggilan akrab Laksmi Nurwandini.

Apakah nomor pengirim teror SMS santet bisa diblokir? Baik Dini maupun Adita menyatakan, nomor pengirim teror SMS bisa diblokir. Dengan catatan, yang mengajukan pemblokiran nomor adalah instansi keamanan dengan dasar hukum dan bukti kuat.

Sementara Andreas Limawan, Presiden Direktur PT Tirta Citra Nusantara, produsen telepon seluler merek HiTech Mobile, terkejut dengan beredarnya SMS santet. "Dari sisi teknologi sangat tidak masuk akal. Masak hanya menerima SMS bisa mati," katanya sambil tertawa. (Warta Kota/Get/Yok)

Trailer Bocor, Film ML Tunda Dirilis


JAKARTA, SENIN - Belum sempat dirilis ke publik, film ML (Mau Lagi) mendapat protes kencang. Film yang sedianya mulai diputar di jaringan bioskop, 15 Mei mendatang akhirnya ditunda pemutarannya. Produser Indika Entertainment, Shanker, mengatakan penundaan tersebut disebabkan terbentuknya opini negatif di masyarakat terkait bocornya cuplikan film (trailer) tersebut di jaringan internet.

"Kami terpaksa menunda film ini karena sudah terbentuk opini negatif mengenai film ini. Kami tangguhkan sekitar satu bulan ke depan," kata Shanker saat memberi keterangan didampingi Ketua LSF Titie Said, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Jhonny Safrudin dan Ketua Gerakan Umat Islam Indonesia Habib Abdurahman Asegaf di Gedung Film, MT Haryono, Jakarta, Senin (12/5).

Dikatakan Shanker, sampai saat ini pihaknya masih mencari tahu siap pihak yang membocorkan cuplikan promo film tersebut di jaringan internet. "Dari tiga menitan trailer tersebut, yang digunakan sebenarnya hanya dua menit saja. Padahal film ini punya misi cukup jelas. Ini kampanye tentang bahaya free sex," katanya.

Diakui Titie Said, pihaknya memang menerima sejumlah tuntutan dari kalangan masyarakat yang keberatan dengan hadirnya film yang dibintangi Ferry Irawan dan Ratu Felisha itu. Keberatan tersebut lebih karena judul ML, yang memiliki kesan negatif. "Sejauh ini LSF sudah beberapa kali melakukan peninjauan. Peninjauan ulang, merupakan hal yang biasa. Jadi belum sampai memberikan surat lulus sensor," katanya.

Lebih jauh Titie mengatakan, terkait tuntutan tersebut, pihak LSF telah meminta produser untuk merevisi judul dengan tidak menyebut singkatan. "Tapi dengan judul yang panjang Mau Lagi, bukan ML, yang justru dapat menimbulkan persepsi negatif," kata Titie.

Dikatakannya, pihak LSF sendiri telah melakukan penyensoran terhadap film tersebut hingga 15 meter. Sementara Habib Abdurahman Asegaf, dari Gerakan Umat Islam Indonesia, mendukung langkah LSF untuk meninjau ulang film tersebut. "Sehingga hal-hal yang membuat kontroversi di masyarakat dapat diminimalisir," katanya. Ia juga meminta agar penggunaan judul di film tersebut, tidak memancing reaksi negatif di masyarakat dan memunculkan keresahan baru. "ML agar diganti atau disebut secara panjang dengan judul Mau Lagi," pintanya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini