add

5 Posting Terbaru

Sabtu, 22 Maret 2008

Ubi Kuliner - Republik Mimpi...??


Ketika rakyat di satu negara Afrika menderita kekurangan parah akan Vitamin A dalam gizi mereka, Badan Pangan Sedunia bukannya mengirim wortel, melainkan ubi jalar (Ipomoea batatas), alias telo atau telo rambat dalam bahasa Jawa. Bukankah wortel selama ini dikenal luas sebagai sayuran yang paling banyak mengandung Vitamin A? Ternyata, kandungan Vitamin A dalam ubi jalar jumlahnya empat kali lipat daripada yang dikandung wortel. Di samping itu, ubi jalar juga sekaligus memberikan kecukupan karbohidrat bagi rakyat Afrika yang kesrakat itu.


Di seluruh dunia, ubi jalar memang “menderita” pelecehan karena selalu dianggap sebagai bahan pangan murahan. Republik Rakyat Cina sebagai negara penghasil ubi jalar terbesar di dunia – Indonesia menduduki posisi nomor dua, lho – menggunakan separuh produksinya untuk makanan ternak babi mereka. Padahal, di Amerika Serikat, ubi jalar merupakan salah satu sajian penting dalam sejarah kuliner mereka. Di semua pasar swalayan di Amerika Serikat, selalu kita dapat menemukan ubi jalar karena masih banyak dipakai dalam masakan mereka. Oprah Winfrey bahkan sempat memopulerkan ubi jalar demi alasan kesehatan dan tradisi.

Di Amerika Serikat, orang masih sering rancu menyebut bahan pangan yang satu ini. Secara umum ubi jalar disebut sebagai sweet potato. Tetapi, sebagian orang juga menyebutnya sebagai yam. Ada pula yang semakin salah menyebut keladi atau talas sebagai yam. Keladi adalah taro root dalam bahasa Inggris.

Yam memang mirip ubi jalar, tetapi warnanya lebih putih, dan mengandung lebih banyak pati. Yam diambil dari kata nyami – nama umbi ini dalam bahasa Afrika, untuk menyebut umbi yang sebetulnya tergolong dalam Dioscorea species. Sekalipun kedua nama ini dapat dipertukarkan, Departemen Pertanian Amerika Serikat mengharuskan penyebutan yam sebagai sweet potato.

Dalam tradisi kuliner Amerika – khususnya di bagian Selatan yang secara sejarah banyak dipengaruhi oleh tradisi kuliner Prancis – banyak dijumpai baked sweet potato sebagai sumber karbohidrat, khususnya untuk mendampingi masakan jenis stew yang berkuah kental. Baked sweet potato ini mirip ubi Cilembu yang dimasak dalam oven. Tetapi, berbeda dengan baked potato yang biasanya diisi dengan sour cream, mentega, rajangan daun bawang, dan bacon bits, baked sweet potato tidak di-dress sedemikian rupa. Ubi juga umum dipakai dalam masakan casseroles dan main courses. Banyak juga desserts yang dibuat dari ubi jalar, antara lain: sweet potato pie. Di Hawaii – dan juga di negara-negara Polinesia lainnya – ubi jalar sangat banyak dipakai dalam diet mereka.

Satu ubi jalar utuh mengandung lebih dari 8800 IU Vitamin A – artinya dua kali lipat dari kebutuhan harian minimum manusia terhadap vitamin ini. Jumlah kalorinya pun hanya 141, sehingga cocok untuk mereka yang harus menjaga berat badan. Selain itu, ubi jalar juga memberi kecukupan Vitamin C, zat besi, dan vitamin maupun mineral lainnya. Kalau Anda bicara dengan ahli gizi, mereka rata-rata menempatkan ubi jalar lebih tinggi daripada kentang. Sekalipun namanya sweet potato, tetapi ubi jalar justru lebih cocok bagi penderita diabetes karena dia men-stabil-kan gula darah.

Sebagai elemen kuliner, ubi jalar dapat kita jumpai di seluruh dunia. Di pinggir-pinggir jalan di Jepang, kita akan sering mendapati penjual yaki imo – ubi panggang – menjajakannya dari gerobag dorong. Dalam tempura moriawase kita selalu menemukan beberapa iris ubi jalar oranye yang digoreng dengan tepung. Di Thailand dan Vietnam – seperti juga di Indonesia – pun sering terlihat orang menjajakan ubi jalar rebus sebagai ganjal perut murah-meriah.

Belum lama ini saya sempat berkunjung kembali ke sebuah restoran yang khusus menjual berbagai makanan dari ubi jalar di Lawang, dekat Malang, Jawa Timur. Sekarang, di samping tempat asalnya di tepi jalan raya, perusahaan ini juga telah mengembangkan sebuah restoran baru yang diberi nama “Warung Daun”. Di salah satu dindingnya tertulis “Republik Telo”. Lucu juga!

Semula, rumah makan ini mengawali usahanya dengan memasarkan bakpao yang dibuat dari ubi jalar. Untuk bagian luarnya, tepung ubi jalar dicampur dengan terigu. Sedangkan untuk isinya, dipakai campuran ubi jalar dengan keju, kacang hijau, coklat, dan lain-lain.

Sukses mereka memasarkan bakpao telo kemudian dilanjutkan dengan mengembangkan berbagai produk lainnya dari bahan baku yang sama. Hampir semuanya berwarna ungu karena bahan bakunya dari ubi jalar yang berwarna ungu. Mereka sangat kreatif menciptakan berbagai kue basah seperti: corobikang, brownies, dan banyak lagi macamnya. Dalam bentuk kering hadir pula kripik ubi jalar. Juga ada es krim dan jus dari ubi jalar.

Pada tahap berikutnya mereka mengembangkan mi yang dibuat dari ubi jalar. Warna mi-nya juga ungu. Sajian mi goreng telo dari rumah makan ini cukup mak nyuss! Tidak ada bedanya dengan mi goreng enak lainnya.

Belakangan ini mereka juga membuat bakpia telo yang malah langsung mendapat penghargaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai jajanan tradisional terbaik. Harus saya akui, bakpia yang sangat renyah bagian luarnya ini malah lebih bagus daripada bakpia terkenal dari satu kota di Jawa.

Ubi jalar yang dibudidayakan dalam skala industri oleh perusahaan ini semuanya berwarna ungu. Karena itu, semua produk derivatifnya pun berwarna ungu. Bukan saja ungu merupakan warna yang lebih cantik, tetapi ubi jalar ungu juga mengandung Vitamin A lebih banyak, sehingga bermanfaat bagi kesehatan mata kita. Sama dengan bayam merah yang lebih bagus dibanding bayam hijau.

Di Filipina juga populer sekali es krim yang dibuat dari ubi jalar ungu. Orang Filipina menyebut ubi jalar dengan nama ube, sangat mirip dengan bahasa kita. Di sana, es krim ube adalah yang nomor dua favorit setelah es krim mangga. Agaknya kita pun perlu mencontoh keberhasilan Filipina memasyarakatkan es krim ube yang bahkan disukai oleh para wisatawan. Di bandara internasional Manila, ada gerai yang hanya menyediakan es krim mangga dan ube khusus untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Dikemas rapi dengan dry ice, agar dapat “selamat” sampai di tujuan.

Daun ubi jalar juga merupakan sayuran murah yang sering dimakan orang. Di Solo ada sebuah sajian – hampir punah karena sudah semakin langka – yang disebut brambang asem. Sajian ini bahan utamanya adalah daun ubi jalar yang disebut jlegor dalam bahasa setempat. Jlegor direbus, lalu disiram dengan saus yang terbuat dari gula merah, asam jawa, cabe merah, bawang merah, terasi. Disantap dengan baceman tempe gembus yang terbuat dari ampas tahu. Sajian rakyat jelata yang memang sangat murah harganya. Ternyata, ketika saya berkunjung ke Taiwan, pun di sana ada masakan yang dibuat dari daun ubi jalar ini. Di Taiwan, ubi jalar juga diproses menjadi bahan bakar nabati (biofuel).

Ah, kenapa pula sebagian rakyat kita harus menderita kelaparan bila sebenarnya kita dapat menyediakan ubi rebus dan brambang asem sebagai salah satu alternatif pengayaan gizi? Sayangnya, paradigma kita sekarang selalu mengacu pada beras manakala kita menyoal pangan.

Mari kita masyarakatkan telo, dan me-nelo-kan masyarakat!

Penulis : Bondan Winarno
Sumber : Kompas.com

Bookmark and Share

Cabanas Tetap Membela Persib


Agen Lorenzo Cabanas, Nelson Sanchez memastikan Cabanas tetap akan membela Persib untuk Liga Super Indonesia 2008 mendatang. Kepastian itu didapat setelah manajemen Persib melakukan komunikasi dengan Nelson beberapa hari yang lalu.

Saat dihubungi "PR", Jumat (21/3), Nelson mengatakan, sudah tidak ada masalah mengenai Cabanas. Menurut dia, beberapa hari yang lalu, sudah ada kesepakatan dengan manajemen Persib. "Jadi tidak benar kalau masalahnya ada di saya selaku agen," tuturnya.

Dia mengutarakan, memang sempat ada penawaran dari Persik Kediri, akan tetapi masih sebatas penawaran saja, belum ada pembicaraan serius. Terlebih lagi, ujar dia, Cabanas lebih sreg bermain di Persib. "Pokoknya, saya sudah ada kesepakatan secara lisan dengan Persib. Jadi sudah tidak ada kendala, termasuk masalah nilai kontrak," ungkapnya tanpa mau mengungkapkan berapa nilai yang disepakati.

Menurut dia, Senin (24/3) lusa, manajemen Persib akan memanggil Cabanas untuk melakukan penandatanganan kontrak. Jika sesuai jadwal, kemungkinan besar, Rabu (26/3) sudah diputuskan kapan Cabanas harus kembali ke Bandung. "Yang jelas, Rabu nanti dia belum akan datang ke Bandung. Cabanas tidak akan ikut Piala Kang Dada," ujarnya menambahkan.

Bukan hanya Cabanas yang nantinya akan diusahakan ke Persib, menurut Nelson, dia sudah ada niat untuk mendatangkan pemain asing lain untuk ditawarkan ke Persib. Pemain asing tersebut berasal dari Ghana, Nigeria, Chile, Argentina, dan Paraguay.

"Pasti saya tawarkan. Semuanya adalah pemain divisi utama dan satu di negaranya masing-masing. Khusus untuk wilayah Afrika (Ghana & Nigeria -Red.), saya akan datangkan wajah-wajah baru. Sedangkan untuk para pemain Amerika Latin, ada beberapa muka lama, namun juga ada pemain baru," tuturnya.

Rencananya, mereka akan datang ke Bandung pada penutupan Piala Kang Dada, ikut serta pada pertandingan ekshibisi antara legiun asing asal Afrika melawan Amerika Latin. "Pada pertandingan itu nanti manajemen dipersilakan menyaksikan langsung kemampuan pemain-pemain asing tersebut. Jika ada yang berminat silakan diambil," katanya.

Siswanto

Teka-teki untuk mengisi satu sisa jatah striker lokal, akhirnya terjawab. Adalah Siswanto, striker Persmin Minahasa yang resmi mengikat kontrak. Siswanto melakukan penandatanganan kontrak Kamis (20/3) malam di Hotel Royal Palace, Jln. Lembong, Bandung.

Pemain kelahiran Pasuruan, 9 Oktober 1984 itu mengakui, ikatan kontrak dengan Persib sungguh di luar dugaan. Pasalnya, satu minggu sebelum menandatangani kontrak dengan Persib, dirinya telah menjalin kesepakatan dengan Arema. Namun, karena ingin mencicipi fanatisme besar bobotoh, ia pun memutuskan untuk berlabuh ke Persib.

"Saya memang ingin bergabung dengan tim besar, seperti Persib, Persija, dan klub-klub lainnya. Dilihat dari materi pemain, pelatih, manajemen, semua menjanjikan. Apalagi, teman-teman di timnas pun banyak yang bergabung di sini," kata pemain yang sempat membela Persekabpas, Jumat (21/3).

Harapannya tahun ini adalah membawa Persib ke tangga juara. Pemain yang namanya mencuat saat berduet dengan Zah Rahan itu mengaku siap diturunkan kapan saja, termasuk jika memang dipercaya untuk membela Bandung Selection pada turnamen Piala Kang Dada, yang mulai bergulir Sabtu (22/3) di Stadion Siliwangi, Bandung.

Sementara itu, mengenai pemain asing baru asal Burkina Faso Mamadou Zongo, Asisten Pelatih Persib Yusuf Bachtiar mengaku telah mempelajari video rekaman permainan Mamadou. Secara kualitas permainan, Yusuf mengaku, untuk bermain di Liga Indonesia skill Mamadou telah memadai.

Dilihat track record yang diberikan agennya, Mamadou telah malang melintang di klub Eropa dan bermain di Liga Belanda hingga lebih dari 10 musim. Meskipun catatan kariernya memukau, Yusuf tidak mau gegabah merekomendasikan Mamadou kepada pelatih kepala.

Sumber : PikiranRakyat.com

Rabu, 19 Maret 2008

From Bandung With Love


'From Bandung With Love' (FBWL) adalah nama program acara radio yang dibawakan oleh Vega (Marsha Timothy). Isinya mengulas segala hal yang berbau cinta, sehingga acara ini menjadi andalan radio tersebut.

Setiap minggu Vega membahas tema yang berbeda soal cinta. Mulai dari jatuh cinta sampai patah hati. Sampai pada suatu saat timbul ide dalam benak Vega untuk membahas soal perselingkuhan dan kesetiaan dalam siarannya.

Melakukan survey lapangan adalah salah satu kebiasaan Vega dalam mengangkat tema siaran. Vega pun meminta izin Dion (Richard Kevin), kekasihnya untuk melakukan riset. Karena sifatnya yang selalu nrimo, Dion pasrah mengizinkan Vega.

Waktu deadline riset Vega terus berjalan. Sampai pada akhirnya waktu itu membawa Vega bertemu dengan Ryan (Kieran Sidhu), creative director yang terkenal play boy. Vega yang juga biasa menjadi copy writer lepas bekerja sama dengan Ryan dalam project iklan di sebuah perusahaan advertising.

Vega pun tidak melewatkan kesempatan ini. Ryan dijadikan obyek riset sebagai cowok yang tidak setia. Vega mendekati Ryan dan mencari tahu sisi lelaki tidak setia dengan sedalam-dalamnya, termasuk melibatkan perasaannya.

Malapetaka terjadi, Vega terlarut dalam perasaan. Vega jatuh cinta pada Ryan dan ini pun tentunya dirahasiakan dari Dion. Menuju deadline, Vega semakin terlarut dalam suasana. Ryan yang mengerti keinginan wanita dan aktif dibandingkan Dion yang datar dan pasif, cukup membuat Vega jatuh cinta dalam kurun waktu kurang dari 1 minggu.

Apakah Vega menyadari kalau dirinyalah yang tidak setia? Bagaimana nasib hubungan Vega dan Dion pasca ketidaksetiaan Vega?.

Film garapan Henry Adianto ini mengangkat tema cinta yang sederhana dan terjadi pada hubungan cinta umumnya. Karena tema sehari-hari itu, emosi tokoh bisa sampai pada penonton. Rasa sedih, gembira, ataupun sakit hati yang dirasakan tokoh dapat dirasakan.

Penempatan pemain pun rasanya cukup tepat. Kieran Sidhu yang memerankan cowok play boy bisa membuat penonton ikut geram saat ia merayu Marsha Timothy.

Sayangnya kelebihan tersebut tidak dibarengi dengan teknis pengambilan gambar yg baik. Gambar yg disajikan mebuat penonton pusing karena ada beberapa yang buram.

Meski sudah banyak tema cinta yang beredar di jagad perfilaman Indonesia, 'From Bandung With Love' bisa jadi peringatan untuk mereka yang suka menyepelekan cinta. Cinta dapat berubah dalam sekejap.

Pensiun Dini Sebabkan Kematian


Jadwal padat serta tekanan kerja yang berat membuat seseorang berniat untuk pensiun dini. Beristirahat dari rutinitas yang menyiksa diharapkan akan membuat hidup lebih menyenangkan. Ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pensiun dini dapat menimbulkan kematian.

Penelitian tersebut dilakukan pada sekitar 17.000 warga Yunani yang berusia 20-80 tahun. Penelitian itu dilakukan selalam kurang lebih 7,7 tahun. Selama masa itu 619 objek penelitian tersebut meninggal. dari angka tersebut, 404 orang yang telah pensiun dini dan 215 yang lain masih aktif bekerja.

Orang-orang yang meninggal rata-rata berumur 55 tahun. Jika dibuat perbandingan, 9 dari 10 orang yang melakukan pensiun dini meninggal lebih cepat. Lebih lanjut, penelitian itu menemukan bahwa perubahan hidup yang drastis yang merupakan penyebabnya.

Rata-rata pekerja pensiun dini yang meninggal bekerja keras sejak usia yang masih sangat muda. Perubahan pola hidup yang tiba-tiba itu menyebabkan perubahan sirkulasi dalam tubuh sehingga kesehatan terganggu. Perubahan peran sosial yang tiba-tiba juga menjadi salah satu penyebab kematian dini, perubahan-perubahan tersebut dapat mempengaruhi seseorang secara mental maupun fisik, yang akhirnya berpengaruh besar pada kesehatannya.

Indonesia Akan Produksi Sendiri Vaksin Avian influenza


Setelah virus flu burung (Avian influenza/AI) yang sempat dikirimkan ke World Health Organization (WHO) kembali ke tangan RI, pemerintah berniat memproduksi vaksin flu burung untuk manusia. Dengan demikian, RI akan terbebas dari belenggu monopoli vaksin yang gencar dilakukan WHO.

Menteri Kesehatan RI Siti Fadilah Supari mengungkapkan hal itu, ketika ditemui seusai kuliah umum dan bedah buku "Saatnya Dunia Berubah - In the Spirit of Dignity, Transparency, and Equity", di aula barat kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Jln. Ganeca Bandung, Selasa (18/3). "Sampel virus yang dikembalikan sekarang disimpan di Lembaga Eyckman. Kita fokus pada pengembangan virus sampai bisa produksi vaksin sendiri," katanya.

Namun, dari 58 virus yang dikirim, hanya 42 strain virus yang dikembalikan. Itu pun dengan kondisi telah berubah bentuk. "Kondisinya ada yang masih seperti dulu, ada yang ‘diubah’, tetapi bukan mutasi. Soal kenapa jadi ’diubah’, enggak boleh diomongin," ucapnya.

Dikembalikannya virus flu burung dilakukan melalui mekanisme transfer virus atau material transfer agreement (MTA). Dengan dikembalikannya strain virus flu burung, pemerintah berniat melakukan pengembangan sendiri.

Ketika ditanya cara pengembangan vaksin flu burung, Siti menjawab, "Soal bagaimana pengembangannya, itu rahasia dong."

Kecewa

Dalam paparannya di hadapan mahasiswa, Siti mengungkapkan, dirinya kecewa atas sikap WHO yang tidak memedulikan negara terjangkit flu burung (affected country). "Obat tamiflu penyediaannya ditentukan WHO sehingga saat Indonesia membutuhkannya, tidak kebagian. Karena stoknya sudah diborong negara-negara kaya, padahal negara kaya tidak punya kasus flu burung," tuturnya.

Menurut dia, aturan pembuatan vaksin dari virus liar yang berasal dari negara penderita yang mengirim virus oleh WHO ternyata sudah berjalan sejak 50 tahun lalu. Konspirasi tersebut dinamakan Global Influenza Surveillance Network (GISN). Dengan mekanisme itu, negara pengirim seakan tidak memiliki hak atas virus tersebut.

"Karena didorong reformasi, Inter Governmental Meeting (IGM) di Jenewa 20 November 2007 menetapkan, GISN adalah mekanisme yang tidak adil, transparan, dan setara. Dengan cara itu, harus dibuat mekanisme baru yang lebih transparan dan tidak merugikan negara penderita," ujarnya.

Belum siap

Ditemui di tempat yang sama, Direktur Utama PT Bio Farma Isa Mansyur mengatakan, tahap hilir untuk pengembangan vaksin flu burung sudah hampir rampung dengan menelan dana Rp 100 miliar. "Namun, pengembangan produksi pada tahap hulu belum siap karena masih terkendala dana karena membutuhkan sedikitnya Rp 300 miliar. Kalau mengajukan pinjaman ke perbankan pun diragukan karena termasuk kategori usaha yang tidak visible," katanya.

Jika tidak ada suntikan dana dari luar, Bio Farma akan menunggu pembayaran public service obligation (PSO) yang harus dibayar pemerintah senilai Rp 300 miliar. "Kalau tidak ada yang beri pinjam dana, kami tunggu pemerintah membayar PSO agar tahap hulu bisa segera dikembangkan dan vaksin flu burung dapat segera terwujud," ujarnya.

Namun, sampai saat ini pengajuan PSO belum direspons pemerintah. Padahal, jika PSO untuk investasi diterima tahun ini, Bio Farma sudah dapat melakukan produksi vaksin flu burung untuk manusia pada tahun 2011.

Selain masalah investasi, kendala yang masih dihadapi Bio Farma terkait alih teknologi. Isa mengatakan, produksi vaksin flu burung dilakukan dengan bahan baku dari telur ayam. "Mencari bahan baku telur di Indonesia sekarang susah karena ayamnya sudah terpolusi virus flu burung," tutur Isa.

Menurut dia, untuk keperluan alih teknologi, Bio Farma tengah menjajaki kemungkinan kerja sama dengan industri farmasi dari Eropa.

Senin, 17 Maret 2008

Harga Emas Hampir Mencapai 300 Ribu /gram

JAKARTA,SENIN - Dalam sepekan terakhir, harga emas dalam negeri terus beranjak naik. Hal itu disebabkan harga emas di pasar dunia meroket tanpa kendali. Demikian pantauan Warta Kota di pusat perdagangan emas di Pasar Cikini, Jakarta Pusat, akhir pekan lalu.

Jika awal pekan lalu harga emas di pasar internasional mencapai 975 dollar AS/troy ounce (31,1 gr), maka pada akhir pekan kemarin telah mencapai 992 dollar AS/troy ounce untuk pasar di Asia. Sedangkan pasar di AS mencapai 1.002 dollar AS/troy ounce. Akibatnya harga (lihat tabel) perhiasan emas di pasar dalam negeri kembali melejit.

Menurut Yuli, pedagang emas di Pasar Cikini, kini harga emas di pasar Asia dan AS berbeda jauh. Padahal, tadinya perbedaan harga relatif tipis yakni sekitar 1 dollar AS hingga 2 dollar AS. "Tampaknya ada pemain internasional yang ingin mengacaukan harga emas. Pedagang sendiri jadi bingung, acuan harga jual pakai harga Asia atau AS. Tapi, karena kondisi perdagangan di dalam negeri lesu, maka pedagang mengacu pada harga di Asia yang lebih murah," ujar Yuli.

Namun, menurut Yuli, tidak lama lagi harga emas di pasar Asia akan tembus 1.000 dolar AS/troy ounce. Jika demikian, maka harga LM di dalam negeri akan tembus batas psikologis Rp 300.000/gram. "Kenaikan harga sudah di luar kendali. Bayangkan, dalam satu minggu bisa naik segitu besar. Ini sudah tak normal," tandas Yuli.

Melonjaknya harga emas yang sudah di luar batas normal ini mengakibatkan kondisi pasar kian tak menentu. Pantauan Warta Kota di Pasar Cikini pada akhir pekan, yang biasanya ramai dikunjungi calon pembeli kini menjadi sepi. Transaksi perdaganganpun merosot tajam. "Harganya sudah semakin gila. Konsumen yang tanya harga pada kaget karena harga naik terus," ujar Agung, pedagang emas lainnya.

Menurut Agung, dalam sepekan terakhir lebih banyak orang yang menjual perhiasannya ketimbang yang membeli. "Dalam seminggu ini ada sekitar 10 orang yang membeli pada saya. Tapi yang menjual lebih dari itu. Karena mereka yang menjual mengaku sedang butuh uang," ujar Agung.

Dengan kecenderungan harga emas yang naik, kata Agung, saat ini pedagang cukup senang membeli perhiasan milik masyarakat. Karena dengan membeli perhiasan milik masyarakat, pedagang bisa menjual lagi di bawah harga pasar.

Ny Yunti yang ditemui Warta Kota ketika sedang melihat-lihat perhiasan, mengaku ingin membeli sebuah kalung seberat lima gram untuk kado pernikahan kerabatnya. "Saya mau beli karena ada saudara yang mau menikah. Makanya, meski harganya mahal, saya tetap beli," ujarnya. (VER)

Harga Emas di Pasar Cikini
Jenis Harga Lama Harga Baru
Logam mulia Rp 288.000/gram Rp 297.000/gram
Emas 24 karat Rp 280.000/gram Rp 289.000/gram
Emas 23 karat Rp 255.000/gram Rp 260.000/gram
Emas 22 karat Rp 210.000/gram Rp 215.000/gram


Sumber : Kompas.com

Harga Emas Hampir Mencapai 300 Ribu /am

Antusias Warga Bandung Menyambut MTQ Ke-30 Jawa Barat

Pembukaan dan Pawai Ta’aruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-30 Jawa Barat disambut antusiasme warga, Minggu (16/3).

Warga tumpah ruah pada saat pawai berlangsung pukul 13.00 hingga pukul 15.30 WIB. Antusiasme terlihat pula saat pembukaan MTQ di Lapangan Tegallega, Bandung, Minggu malam.

MTQ bukan sekadar hajatan formalitas atau mengejar prestasi dan prestise, tetapi yang lebih penting adalah menjadi ajang untuk mensyiarkan Alquran.

MTQ juga ajang memperkenalkan keindahan Alquran kepada masyarakat, khususnya generasi muda serta meningkatkan persaudaraan atau sauyunan (ukhuwah) sebagai energi kolektif guna pembangunan di wilayah Jawa Barat.

Hal itu ditegaskan Gubernur Jabar H. Danny Setiawan, saat membuka MTQ ke-30 tingkat Jabar di Lapangan Tegallega Bandung, Minggu (16/3) malam. Pembukaan MTQ dihadiri bupati dan wali kota se-Jawa Barat, Kakanwil Depag Jabar H. Muhaimin Luthfie, dan para pejabat lainnya serta ribuan masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya.

Pembukaan ditandai penyalaan sirene oleh Gubernur didampingi Wali Kota Bandung H. Dada Rosada. Pembukaan MTQ diawali dengan defile peserta dari 26 kab./kota melewati panggung utama sambil melambaikan tangan kepada para pejabat yang hadir. Piala bergilir MTQ Jabar juga diserahkan dari Pemkot Bandung kepada Gubernur dan panitia MTQ untuk diperebutkan pada 16-22 Maret ini.

Gubernur mengingatkan adanya lima kewajiban Muslim terhadap Alquran yaitu mengimani kebenaran dan keasliannya, serta membaca dan mendengarkannya dengan baik dan rutin.

H. Muhaimin Luthfie mengatakan, MTQ diharapkan dapat memacu dan memicu terwujudnya visi dan misi Provinsi Jabar yang ingin menjadi provinsi termaju berlandaskan iman dan takwa. "Ketekunan membaca Alquran dapat mendatangkan pahala berlimpah, apalagi MTQ untuk memasyarakatkan Alquran agar isinya dipahami dan dilaksanakan dalam kehidupan," ucapnya.

Wali Kota Bandung H. Dada Rosada mengatakan, selama MTQ berlangsung, seluruh tempat hiburan malam ditutup untuk memberikan suasana kondusif. "Pesta kembang api pada pembukaan dan penutupan MTQ juga ditiadakan sehingga anggarannya dialihkan untuk menyantuni 2.000 kaum duafa. Diharapkan, MTQ bisa ikut mendorong terwujudnya Bandung Kota Agamis 2008," katanya.

Pawai ta’aruf

Rangkaian MTQ Jabar sudah dimulai Minggu (16/3) dengan pelantikan dewan hakim MTQ di Hotel Horison Bandung oleh Wagub Jabar H. Nu’man Abdul Hakim. Sementara Wali Kota H. Dada Rosada membuka pameran MTQ yang diikuti 47 stan dari 26 kab./kota dan usaha kecil menengah bertempat di Lapangan Parkir Barat Tegallega.

Pawai ta’aruf dimulai dari depan Pendopo Kota Bandung Jln. Dalem Kaum menyusuri Jln. Alun-alun Timur, Jln. Asia Afrika, Jln. Braga, menuju Balai Kota Bandung Jln. Wastukancana. Pawai ta’aruf yang dibuka H. Danny Setiawan diikuti lebih dari 3.000 peserta MTQ.

Kemacetan lalu lintas tak terhindarkan di ruas-ruas jalan yang dilewati peserta pawai, apalagi pihak berwajib mengalihkan arus lalu lintas.

Sambutan meriah terdengar saat rombongan dari Kab. Purwakarta menampilkan puluhan manusia yang dilumuri tanah liat di sekujur tubuhnya yang mengidentikkan dengan industri keramik di Plered. Sedangkan peserta Kab./Kota Tasikmalaya melemparkan topi anyam khas Tasik yang langsung disambut masyarakat.

Sumber : Pikiran Rakyat

Daftar Pemain LIga Indonesia Yang Bermasalah

Seperti telah disebutkan, PSSI merilis daftar pemain asing yang tak direkomendasikan untuk direkrut klub-klub Liga Super dan Divisi Utama Liga Indonesia. Ada 70 nama pemain yang terbagi dalam tiga kategori.

Dari hasil verifikasi terhadap sekitar 300 pemain yang berlaga dalam kompetisi Liga Indonesia 2007, kecuali yang berlaga di Divisi Satu, PSSI mengeluarkan nama-nama pemain bermasalah.

Kelompok pertama dalam daftar itu diisi oleh 20 pemain asing yang tak boleh bermain lagi dalam Liga Super dan Divisi Utama Ligina, sampai musim 2008 berakhir.

Untuk kriteria kedua, di mana pemain yang masuk ke dalamnya tidak direkomendasikan untuk direkrut pada musim 2008 nanti, ada 46 pemain. Sementara pada kriteria ketiga, yaitu suspended, terdapat empat orang pemain.

Inilah nama-nama pemain tersebut.

Pemain Bermasalah Kategori 1
1. Claudionor Evaristo De Souza (Brasil/Persiraja)
2. Diego Antonio Mendieta Romero (Paraguay/PSSB)
3. James Koko Lomell (Liberia/PSMS)
4. Gustavo Roberto Chena (Argentina/PSMS)
5. Cristiano Miranda Barbosa (Brasil/Persikabo)
6. Vagner Luis Olivera Marins (Brasil/Pelita Jaya)
7. Carlos Pablo De Aguiar (Brasil/PSIM)
8. Jose Belo De Souza (Brasil/PSIM)
9. Jack Jone Machado Bretas (Brasil/PSIM)
10. Jaldecir Jesus Dos Santos (Brasil/Persik)
11. Caue Castro Menezes Benicio (Brasil/Persema)
12. Rodrigo Moreira Aldana (Paraguay/Persekabpas)
13. Adinaldo Teixeira De Oliveira (Brasil/Persebaya)
14. Sergio Diego Neves De Sousa (Brasil/Persma)
15. Leonardo Antonio Gutierrez (Chile/Persma)
16. Wilson Ferreira Carvalho (Brasil/Persiter)
17. Emerson Jose Reis Boccardo (Brasil/Persiter)
18. Vitor Anderson Ricardi (Brasil/Persiter)
19. Christopher Wreh (Liberia/Perseman)
20. Reginaldo Aparecido Estevao (Brasil/Perseman)

Pemain Bermasalah Kategori 2
1. Robson Cangirana Da Silva (Brasil/Persiraja)
2. Charles Francois Xavier Mani (Kamerun/PSSB)
3. Edgar Anazco Riquelme (Paraguay/PSDS)
4. Murphy Komunple Nagbe (Liberia/PSMS)
5. Abdoulaya Djibril Diallo (Guinean/Semen Padang)
6. Friday Gbeneme (Nigeria/Semen Padang)
7. Carlos Renato Elias (Brasil/Sriwijaya FC)
8. Hugues Napomick Nanmi (Kamerun/Persikota)
9. Gabriel Romain Ngako (Kamerun/Persitara)
10. Rodolphe Ebendje (Kamerun/Persitara)
11. Evgeny Khmaruk (Moldova/Persija)
12. Ruben Oscar Cecco (Argentina/Persija)
13. Pasafa Mustapha Sama (Sierra Leone/Persija)
14. Luis Eduardo Hicks Castillo (Chile/Persikabo)
15. Pierre Pattrick Seme (Kamerun/Persikabo)
16. Baoubacar Keita (Guyana/Pelita Jaya)
17. Patricio Antonio Jimenez Diaz (Chile/Persib)
18. Redouane Barkaoui (Maroko/Persib)
19. Christian Bekamenga (Kamerun/Persib)
20. Greg Nwokolo (Nigeria/Persis)
21. Aabin Alvin Kieh (Liberia/Persis)
22. Frank Jean Seator (Liberia/Persis)
23. Marcio Souza Da Silva (Brasil/Persela)
24. Gustavo Fabian Lopez (Argentina/Persela)
25. Georges Clement Nyeck Nyobe (Kamerun/Persela)
26. Cristian Alfaro Gonzales (Uruguay/Persik)
27. Cristian Andres Olivares Lopez (Chile/Persema)
28. Franco Martin Hita Gonzales (Chile/Persema)
29. Alseny Diawara (Guiena/Persema)
30. Patricio Eliseo Morales Gaete (Chile/Arema)
31. Casimir Bruno Kounjouenko (Kamerun/Arema)
32. Tarik El Janaby (Maroko/Arema)
33. Emile Bertrand Mbamba (Kamerun/Arema)
34. Francisco Javier Rotunno (Chile/Persekabpas)
35. Sasa Branezac (Kroasia/Deltras)
36. Hilton Mauro Moreira (Brasil/Deltras)
37. Jean Calvain Batang Ba Isson (Kamerun/Persebaya)
38. Raymond Nsangue (Kamerun/Persebaya)
39. Anthony Jomah Ballah (Liberia/Persebaya)
40. Juan Roberto Vallejos Perez (Argentina/Persebaya)
41. Teh Marco Nomo (Togo/PSM)
42. Carlos Alberto Gomez (Argentina/Perseman)
43. Paulin Pierre Bhio (Kamerun/Persipura)
44. Onoriode Kughegbe (Nigeria/Persiwa)
45. Fernando Gabriel Pages (Argentina/Persiraja)
46. Marcel Mahouve (Kamerun/Persita)

Pemain Bermasalah Suspended
1. Cristian Eduardo Carasco (Chile/Persma)
2. Luiz Fabiano Coelho De Azevedo (Brasil/Persela)
3. Jose Sebastian Vasquez (Argentina/Deltras)
4. Alberto Goncalves Da Costa (Brasil/Persipura)


Sumber : DetikSport.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini