add

5 Posting Terbaru

Kamis, 14 Agustus 2008

Pengelana Asal Bandung Tiba di Italia


LONDON, KAMIS — Pengelana dunia dengan sepeda motor asal Bandung, Jeffrey Polnaja, tiba di daratan Italia dari Yunani. Italia merupakan negara ke-61 yang dikunjungi dalam perjalanan seorang diri yang dinamai "Ride for Peace" itu.

Jeffry Polnaja, yang tiba di Italia setelah berkeliling Asia, Afrika Utara, dan sebagian Eropa itu, disambut Wakil Kepala Perwakilan RI untuk Italia Yuwono A Putranto di Roma, Kamis (14/8).

Pejabat Penerangan Sosial Budaya KBRI Roma June Kuncoro Hadiningrat, Kamis, mengatakan, kota Roma kini sepi karena bertepatan dengan puncak liburan musim panas, Jeffrey diterima pejabat Balaikota Roma yang menangani bidang Hubungan Internasional, Serena Taje Forni.

Dalam sambutannya mewakili Wali Kota Roma Gianni Allemanno, Serena menyatakan bahwa dia merasa bangga atas kunjungan pengeliling dunia dari Indonesia. Dalam konferensi pers di Balaikota Roma dan KBRI Roma, Jeffrey menceritakan pengalamannya diterjang badai, udara dingin, dirampok, dan ditabrak orang dalam perjalanan sebelumnya.

Dengan mengendarai motor BMW R1150GSS edisi terbatas, pengelana itu tiba di Pelabuhan Laut Bari, Italia Selatan, setelah menumpang feri Blue Horizon dari Yunani.

Dalam lawatannya hingga 15 Agustus, Jeffrey melakukan perjalanan dari Italia Selatan, di Regione Puglia, melewati Napoli menuju Italia Tengah dan selanjutnya mengunjungi pusat kebudayaan dunia, Roma, dan berjumpa dengan wisatawan dan masyarakat sambil menyuarakan misinya menjadikan dunia damai tanpa perang.

"Setiap orang yang saya jumpai, walaupun tidak saling memahami bahasa, selalu tertarik dengan perjalanan misi damai yang saya lakukan, setiap orang pada dasarnya menyukai perdamaian," kata Jeffrey tentang misinya.

Jeffry menyatakan kebanggaannya karena akhirnya ia sampai di Roma dan menyampaikan misi damai kepada penduduk Italia yang dinilainya sangat ramah seperti orang Indonesia.

Perjalanan Jeffrey dimulai 23 April 2006 dari Jakarta menuju Singapura dan melanjutkan perjalananya ke sejumlah negara Asia seperti Malaysia, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, China, Nepal, Butan, Banglades, India, Pakistan, dan Afganistan,

Selanjutnya, dia menyeberang ke negara Timur Tengah, yakni Iran, Uni Emirat Arab, Qatar, Oman, Arab Saudi, Jordania, Lebanon, Mesir, Libya, Tunisia, Algeria, Maroko, dan daratan Eropa seperti Spanyol, Portugal, Perancis, Monako, Swiss, Hongaria, Yugoslavia, dan Yunani.

Jeffrey akan melanjutkan perjalanan ke Vatikan, San Marino, Slovenia, Austria, Jerman, negara-negara di Amerika, serta Australia, dan kembali ke Indonesia tahun 2011.

Kapal Yunani Kuno Diangkat dari Laut Sicilia

JAKARTA, RABU - Sebuah kapal dari masa Yunani Kuno yang berusia 2500 tahun berhasil diangkat dari dasar perairan Sicilia selatan, Italia dekat Kota Gela. Carlo Bemtrame, profesor arkeolgi kelautan Universitas Ca'Foscari menyebut temuan ini sangat penting karena merupakan kapal kuno terbesar dan paling utuh yang pernah ditemukan.

"Kapal-kapal Yunani banyak ditemukan di Italia, Perancis, Spanyol, dan Turki. Yang di Gela ini paling terbaru dan paling utuh," ujarnya. Par arkeolog berhasil mengengkat kapal tersebut bulan lalu dengan bantuan para penjaga pantai setempat.

Bahkan, kapal tersebut mungkin bentuk kapal yang unik dalam peralihan teknologi pembuatan kapal. Sebab, di kapal tersebut telah dipakai teknik ikatan pada engsel yang dipakai orang-orang Mesir.

Panjangnya mencapai 21 meter dan lebar 6,5 meter. Kapal tersebut memiliki ciri yang mirip dalam cerita Iliad karangan Homer meskipun terpaut beberapa abad.

Struktur luar kapal seperti dibangun terlebih dahulu baru kemudian interiornya. Kerangka-kerangka kayunya disatukan dengan tambang. Di celah-celahnya dilpisi resin untuk mencegah masuknya air.

"Kapal tersebut mungkin digunakan untuk berlayar dekat pantai, dimuati berkali-kali antara ditambah dan diturunkan," ujar Rosalba Panvini, kepala Departemen Wrisan Budaya Sicilia. Hal tersebut terlhat dari bukti-bukti temuan gerabah yang bermacam-macam artifak yang ditemukan seperti cangkir dan guci dua pegangan yang biasa disebut amphora, lampu minyak, dan pecahan keranjang.

Barang-barang tersebut juga menunjukkan daerah yang dilalui jalur pelayarannya. Panvini memperkirakan kapal pernah berhenti di Athena kemudian ke Semenanjung Peloponnnese dan melalui pantai barat Yunani dan Kanal Otranto sebelum sampai ke Sicilia.

Kapal tersebut mungkin karam pada jarak 800 meter dari pantai karena tersapu badai dan terkubur dalam lumpur selama 25 abad. Bangkainya pertam kali ditemukan tahun 1988 oleh para penyelam bawah laut Sicilia. Saat ini kapal dikrim ke Portsmouth untuk disusun sebelum dikirim kembali ke Gela untuk dipamerkan dalam ruang pamer museum kelautan yang akan dibangun di sana.

Brasil Ditantang Kamerun di Perempat Final


BEIJING, RABU - Brasil akhirnya lolos ke perempat final sepakbola Olimpiade, setelah pada pertandingan Grup C, Rabu (13/8), mengalahkan tuan rumah China 3-0. Di babak perempat final, Brasil akan ditantang oleh Kamerun yang sebelumnya menahan Italia 0-0 di Grup D.

Italia sendiri juga lolos ke perempat final dan akan ditantang Belgia. Sebelumnya, belgia mengalahkan Selandia Baru 1-0 di Grup C.

Partai lain di perempat final akan mempertemukan Pantai Gading lawan Nigeria dan Argentina lawan Belanda. Pertandingan perempat final akan dilaksanakan pada Sabtu (16/8).

Pertemuan Brasil lawan China mengulang pertemuan mereka di Piala Dunia 2002. Seperti dulu, Brasil masih terlalu tangguh buat Negeri Tirai Bambu itu.

Brasil membuka kemenangan lewat Diego yang dengan baik memanfaatkan umpan manis Ronaldinho. Pemain AC Milan itu menunjukkan kelasnya. Dia bahkan nyaris mencetak gol di menit ke-17. Namun, tendangannya masih bisa membentur pemain China dan akhirnya disapu Liu Zhen.

China hanya membuat satu peluang emas pada menit ke-37, ketika serangan mereka merepotkan Brasil. Bahkan, upaya Thiago Silva membuang bola nyaris membuat gol bunuh diri.

Selebihnya, Brasil terus mendominasi permainan. Sampai akhirnya Thiago Neves mencetak dua gol pada menit ke-69 dan 73, memastikan kemenangan Brasil 3-0. (AP)

Hasil Pertandingan Terakhir penyisihan Grup

Grup A
Argentina 2-0 Serbia
Pantai Gading 1-0 Australia

Grup B
Belanda 1-0 Jepang
Nigeria 2-1 Amerika Serikat

Grup C
China 0-3 Brazil
Selandia Baru 0-1 Belgia

Grup D
Kamerun 0-0 Italia
Korea Selatan 1-0 Honduras

Perempat final
(Sabtu, 16 Agustus 2008)

Braszil vs Kamerun
Pantai Gading v Nigeria
Argentina vs NBelanda
Italia vs Belgia

Olimpiade Beijing 2008 Kesempatan Maria


BEIJING, RABU - Penampilan luar biasa diperlihatkan Maria Kristin Yulianti di perempat final tunggal putri Olimpiade Beijing 2008, saat mengalahkan pemain muda India, Saina Nehwal, 26-28, 21-14, 21-15, Rabu (13/8). Menyelamatkan sembilan kali game point lawan meski akhirnya kalah di game pertama, memaksa Saina berlari keliling lapangan untuk merebut game kedua , dan membalikkan keadaan dari keadaan tertinggal 3-11 menjadi 21-15!

Apa yang dirasakan Maria saat tertinggal 3-11 di game terakhir? "Ini Olimpiade. Bisa masuk ke delapan besar dan menghadapi lawan dari India tak akan datang dua kali, ini kesempatan satu kali seumur hidup," ujarnya usai pertandingan.

Maria tidak kehilangan kepercayaan diri meski tertinggal begitu jauh, dan merebut enam angka untuk menipskan ketinggalan, 9-11. Saina sempat merebut satu angka, namun Maria kembali melaju dengan 10 angka berturut-turut dan memimpin 19-12, dan menutupnya dengan 21-15. Maria pun menjadi putri ketiga Indonesia setelah Susi Susanti dan Mia Audina yang masuk empat besar Olimpiade.

Di semifinal, Maria akan menghadapi unggulan kedua Zhang Ning. Sang juara bertahan yang meraih emas Olimpiade Athena 2004 ini menang tiga set atas pemain Perancis kelahiran China, Pi Hongyan, 21-8 , 19-21 , 21-19 . Pemain senior ini tak kuasa menahan haru saat memastikan angka terakhir dan lolos ke semifinal.

Mengenai peluangnya di semifinal, Maria mengatakan, "Di semifinal pasti lebih berat. Melawan siapa pun pemain China itu lebih ke mental, kalau teknik sih jelas kalah."

Nasib Siaran Liga Inggris Makin Tak Jelas


JAKARTA, KAMIS - Dua hari lagi, Sabtu (16/8), kompetisi sepakbola Liga Inggris akan bergulir. Ironisnya, penggemar fanatiknya di Indonesia masih harus bingung di televisi mana bakal bisa menikmati tayangan pertandingan perdana antara Manchester United vs Newcastle, Sabtu (16/8) ini.

Pada musim kompetisi lalu, PT Direct Vision, operator Astro Indonesia, menayangkan seluruh pertandingan Liga Inggris. Nyatanya sampai kemarin, Direct Vision belum bisa memastikan soal bisa tidaknya menayangkan Liga Inggris di kompetisi musim 2008-2009. "Kami belum mendapat konfirmasi dari Astro Malaysia, Liga Inggris tetap tayang di sini atau tidak," ungkap Halim Mahfudz, Wakil Presiden Urusan Korporat Direct Vision, Rabu (13/8) kemarin.

TV One, yang awal tahun ini ikut menyiarkan beberapa partai pertandingan Liga Inggris setelah mendapat hak siar dari ESPN, juga belum bisa menjanjikan hal sama. "Hingga saat ini, kami belum bisa memastikan bakal menayangkan Liga Inggris," ujar Sofyan Osing, Manager Departemen Sport TV One.

Ada kabar, setelah 25 Agustus 2008, Liga Inggris bakal tayang di Aora TV, saluran tevelisi berlangganan milik keluarga Rini Soemarno. Benarkah? "Kita lihat nanti perkembangannya seperti apa," ungkap Ongki P. Soemarno, Direktur Utama PT Karya Megah Adijaya.

Yang jelas, akhir pekan lalu, ESPN Star Sport (ESS) menawarkan hak siar eksklusif pada beberapa operator televisi berbayar di Indonesia senilai US$ 25 juta (Rp231 miliar) semusim. Batas waktu penawaran berakhir Selasa (12/8).

Hingga batas waktu berakhir, tak ada operator yang memasukkan penawaran. Operator menilai tawaran ESS terlalu mahal, tenggat waktunya pun terlalu mepet. "Kami juga tidak tertarik mengambil secara eksklusif," kata Rahardi Arsyad, Direktur Utama PT Indonusa Telemedia (Telkomvision). (Bagus Marsudi, Purwadi)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini