add

5 Posting Terbaru

Jumat, 12 Juli 2013

Sonar Kapal Militer Ubah Prilaku Paus Biru

Frekuensi sonar yang digunakan militer ditengarai mengganggu kehidupan mamalia laut terbesar, paus biru.

Seperti diketahui, paus menggunakan suara yang dipantulkan untuk berkomunikasi dengan sesamanya. Sistem serupa, berupa sonar, digunakan armada militer untuk navigasi bawah air, mendeteksi obyek, dan berkomunikasi.


Sonar Kapal Militer Ganggu Paus Biru

Ternyata, frekuensi sonar ini menghalangi panggilan paus sehingga memisahkan paus dari kawanannya. Frekuensi itu juga merusak pendengaran paus.

Sinyal sonar frekuensi menengah (1-10 kilohertz) selama ini dituding sebagai penyebab terdamparnya paus berparuh yang biasa menyelam sangat dalam.

9 Muslim yang Pernah ke Antariksa

Puluhan astronot dan turis antariksa telah mengangkasa. Adakah di antara mereka yang Muslim? Jawabannya, ada. Hingga saat ini, sudah 9 Muslim yang pergi ke antariksa, baik bersama misi Rusia maupun Amerika Serikat. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

9 Muslim yang Pernah ke Antariksa

1. Sultan Salman Al Saud


Sultan Salman Al Saud adalah mantan pilot Royal Saudi Air Force. Ia terbang ke antariksa dalam misi STS-51-G dengan pesawat antariksa Discovery. Ia menjalankan misi pada 17-24 Juni 1985.

Sultan Salman Al Saud menjadi Muslim pertama yang pergi ke antariksa. Ia pun memecahkan rekor sebagai orang termuda yang pernah ke antariksa, yakni pada usia 28 tahun.

4 Alasan Mengapa Berlari Bikin Langsing

Setiap olahraga memang baik, tetapi jika tujuannya untuk menurunkan berat badan, tak ada yang bisa mengalahkan olahraga lari. Bahkan, berlari adalah cara paling efisien untuk membakar kalori tanpa harus diet ketat.

4 Alasan Mengapa Berlari Bikin Langsing

Jika Anda sudah hobi berlari, silakan lanjutkan. Tetapi jika Anda belum menyukai lari namun menurunkan berat badan adalah target tahun ini, simak empat alasan mengapa berlari adalah olahraga terbaik untuk langsing.

1. Efek jangka panjang
Olahraga dengan intensitas tinggi seperti berlari akan memicu pembakaran kalori setelah olahraga dibandingkan dengan olahraga intensitas rendah. Efek pembakaran kalori ini bahkan bertahan cukup lama meski kita sedang beristirahat.

Kamis, 11 Juli 2013

Ilmuwan Berhasil Temukan Cairan Metal Seperti Robot Terminator

Sebuah terobosan terbaru dalam dunia teknologi dengan berhasil menciptakan berbagai struktur 3 dimensi dengan menggunakan cairan metal.

Dilansir VR-Zone (10/7), sekelompok tim ilmuwan dari North Carolina State University yang dipimpin oleh Dr Michael Dickey berhasil menemukan kombinasi dari zat gallium dan indium yang menghasilkan cairan yang bisa mempertahankan bentuknya.




"Sulit untuk membuat struktur dari cairan, karena cairan selalu ingin mengalir. Tapi kami telah menemukan bahwa paduan logam cair gallium dan indium bereaksi terhadap oksigen di udara pada suhu kamar untuk membentuk 'kulit' yang memungkinkan struktur logam cair untuk mempertahankan bentuk mereka." ujar Michael Dickey.

Yakuza Terbitkan Majalah Yamaguchi-gumi Shinpo Untuk Gangster

Kelompok kriminal atau yakuza terbesar di Jepang menerbitkan majalah bagi para anggotanya. Yang menarik, majalah ini juga berisi puisi serta cerita hobi memancing para gangster senior di Jepang tersebut.

Yakuza Terbitkan Majalah Yamaguchi-gumi Shinpo Untuk Gangster

Yamaguchi-gumi yang merupakan kelompok yakuza terbesar di Negeri Sakura menerbitkan dan mendistribusikan majalah dengan 8 halaman ini, hanya bagi anggotanya yang tercatat mencapai 27.700 orang. Menurut media setempat, Sankei Shimbun, penerbitan majalah ini dimaksudkan untuk memperkuat kesolidan antar anggota Yamaguchi-gumi.

Pemain Baru Manchester United Salah Kostum Jelang Keberangkatan Tur Pra Musim

Wilfred Zaha yang baru bergabung dengan Manchester United musim ini dari Crystal Palace mengalami hal memalukan jelang keberangkatan tur pra musim. Dia salah kostum.

Wilfred Zaha - Manchaster United
Wilfred Zaha
 Sedianya para pemain MU diminta mengenakan pakaian formal ketika hendak take-off dari bandara Manchester. Tapi Zaha secara mengejutkan malah muncul dengan pakaian santai.

Dia turun dari mobil hanya dengan memakai setelan kaos dan celana jeans lengkap dengan sepatu kets. Beberapa saat kemudian, Zaha pun sadar kalau dirinya sudah salah kostum.

Miris, Ada Lagi Cerita Mesum di Buku Pelajaran SD

Orang tua siswa SD di Bogor, Jawa Barat, resah dengan beredarnya buku pelajaran anak mereka yang berisi kalimat berbau mesum. Buku berjudul 'Aku Senang Belajar Bahasa Indonesia' untuk siswa kelas enam SD itu beredar di SDN Polisi 4 Kota Bogor. 


Informasi soal buku itu dimuat dalam blog Komite SDN Polisi 4 Bogor. Seperti dikutip dari komitesdnpolisi4.blogspot.com, kejanggalan terungkap setelah salah satu orang tua membagi cerita.

Seorang ibu menuturkan bahwa pada Senin malam, 8 Juli 2013 kemarin, putrinya mempertanyakan maksud yang terkandung dalam wacana buku paket pelajaran Bahasa Indonesia terbitan CV Graphia Buana halaman 55-60 itu.

Waspada Penyebaran Toksoplasma Lewat Tinja Kucing

Berhati-hatilah saat membersihkan tinja kucing kesayangan Anda karena bisa mengandung parasit toksoplasma.

Penyebaran Toksoplasma Lewat Tinja Kucing
 
Toksoplasma  gondii adalah parasit yang menumpang hidup pada hewan seperti kucing, anjing, kelinci, kambing, atau babi. Toksoplasma bisa ditemukan pada feses hewan-hewan tersebut.

Infeksi parasit ini berdampak fatal pada ibu hamil karena bisa menyebabkan cacat lahir pada janin seperti tuli, gangguan penglihatan, serta keterbelakangan mental.  Parasit toksoplasma juga bisa menginfeksi orang dengan gangguan sistem imun seperti HIV/AIDS.

Rabu, 10 Juli 2013

Ilmuwan Butuh Satu Juta Poundsterling untuk Cari Alien

Sekelompok ilmuwan Inggris memiliki misi baru untuk menemukan tanda-tanda kehidupan di luar bumi. Penyelidik dari 11 universitas dan badan ilmiah yang berbeda mulai mengatur misi pencarian sosok yang dalam film fiksi ilmiah digambarkan sebagai makhluk kecil berwarna hijau.

Ilmuwan Butuh Satu Juta Poundsterling untuk Cari Alien

Kelompok yang menamai diri mereka UK Search for Extraterrestrial Intelligence (Seti) Research Network mengadakan pertemuan formal pertamanya pada Jumat (5/7/2013) di University of St Andrews. Diskusi ini adalah yang pertama kali digelar oleh sekelompok ilmuwan Inggris untuk membahas pencarian alien sejak tahun 2010. Saat ini, mereka perlu menyusun bagaimana cara mereka untuk mendanai misi ini.

Terpisah 41 Tahun, Saudara Kembar Bertemu Kembali

Kisah saudara yang terpisah lama lalu bertemu kembali seakan tak ada habisnya. Kali ini dua orang pria kembar yang terpisah selama 40 tahun akhirnya bersatu kembali.

Kisah ini terjadi di China, tepatnya di Provinsi Sichuan, di mana sepasang saudara kembar terpisah sejak bayi bisa kembali bertemu akibat sebuah kebetulan.


 Zeng Yong dan Liu Yonggang
Dua pria ini, Zeng Yong dan Liu Yonggang, terpisah sejak masih bayi karena diadopsi dua keluarga yang berbeda. Setelah 41 tahun terpisah, keduanya bisa berkumpul bersama lagi. | Kompas

Akhir Juni lalu, Zeng Yong (41), warga kota Chengdu, bertemu dengan seorang kawannya yang baru kembali dari kota Neijiang, 200 km dari Chengdu.

Saat saling bertukar cerita, sang kawan ini bercerita dia bertemu orang yang sangat mirip dengan Zeng di Neijiang.

Penasaran dengan cerita kawanya, Zeng, yang adalah seorang pemilik hotel, berangkat ke Neijiang, kota berpenduduk empat juta jiwa untuk bertemu orang yang sangat mirip dengannya itu.

Unik Ada Katak "Berkumis", Kesatria dari Dunia Katak

Sebuah kumis pada manusia tidak dapat menjadi tolok ukur mengenai kualitas hidup seorang pria. Namun, bagi katak emei, kumis yang berkualitas merupakan suatu bagian tubuh yang sangat penting.

Katak emei berkumis (Leptobrachium boringii) banyak ditemukan di Williamburg, New York; Hackney, London; Mission district, San Fransisco; dan pada sungai berarus tenang di daerah pegunungan terpencil di barat daya China.


Unik Ada Katak "Berkumis", Kesatria dari Dunia Katak

Kumis pada katak emei jantan tumbuh pada awal musim kawin. Kumis inilah yang menjadi senjata bagi katak emei jantan untuk mempertahankan sarang yang nantinya akan ia gunakan untuk menarik katak betina.

Sebagian besar amfibi bersifat lembut. "Dalam sebuah perkelahian, biasanya amfibi hanya bergulat," ujar Cameron Hudson dari University of Guelph di Ontario, Kanada. Namun, sifat ini tidak terlihat pada katak emei berkumis jantan. Katak emei berkumis jantan memiliki tubuh yang lebih besar daripada betina. Hal ini seakan menjadi tanda mengenai sifat keras mereka.

Selasa, 09 Juli 2013

Frekuensi Ideal Olahraga dalam Seminggu

Memang betul olahraga harus dilakukan rutin minimal 30 menit setiap hari untuk menjaga tubuh tetap sehat. Tetapi olahraga setiap hari bukan patokan baku karena sah-sah saja berolahraga dua atau tiga kali dalam seminggu.

Frekuensi Ideal Olahraga dalam Seminggu
 
Studi teranyar menyebutkan, frekuensi olahraga bersifat fleksibel tergantung pada tujuan yang ingin dicapai. Dalam studi yang dimuat dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism, disebutkan, tidak penting seberapa sering Anda berolahraga asalkan dalam seminggu tercapai total waktu 150 menit.

Para peneliti menganalisa sampel dari 2.324 orang dewasa Kanada yang aktif berolahraga. Para responden ini berpartisipasi dalam Canadian Health Measures Survey. Mereka rata-rata berolahraga minimal 150 menit perminggu, baik olahraga intensitas sedang sampai berat.

Sebagian orang membagi total waktu itu dalam lima sampai tujuh kali sesi olahraga, sementara ada juga yang melakukan olahraga satu kali sampai empat kali dalam seminggu.

Perdebatan Makna Sumpah Palapa Gajah Mada

"Lamun huwus kalah Nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tanjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa." (Gajah Mada, Padmapuspita, 1966:38).

Perdebatan Makna Sumpah Palapa Gajah Mada
 Demikian sumpah lantang sang patih Kerajaan Majapahit, Gajah Mada, menurut kitab Pararaton. Ikrar terucap karena kuatnya keinginan Gajah Mada untuk membendung pengaruh kerajaan-kerajaan Asia Tenggara di Kepulauan Nusantara.

Nusantara harusnya berada di bawah kuasa kerajaan yang ada di dalamnya, bukan dikuasai kerajaan lain yang ada di daratan Asia Tenggara. Kukuhnya ucapan ini dalam sejarah Nusantara membuat kata "palapa" diabadikan menjadi nama satelit komunikasi milik Indonesia.

Bayi Pangeran William diyakini keturunan Nabi ...?!

Sebuah berita cukup mengejutkan dari ahli keluarga asal Prancis Jean Louis Beaucarnot mengatakan bayi dikandung istri Pangeran William, Kate Middleton ternyata punya garis keturunan Nabi Muhammad.

Bayi Pangeran William diyakini keturunan Nabi ...?!

 Situs thelocal.fr melaporkan, Ahad (7/7), banyak orang mengira bakal seperti apa wajah bayi belum lahir itu. Bahkan beberapa situs media gaya hidup melibatkan pembacanya menebak nama jabang bayi itu, termasuk merunut garis keturunannya.

Perkawinan keduanya mengingatkan pada pernikahan mendiang Diana dan Pangeran Charles. Diana orang biasa, begitu pula Middleton. Ini menggelitik orang bakal mendapat takhta apa sang bayi.

Minggu, 07 Juli 2013

Garuda Indonesia Sukses Uji Coba WiFi di Boeing 777-300ER

Garuda Indonesia Airlines bersama Tim Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan uji coba penggunaan WiFi di pesawat teranyarnya Boeing 777-300ER.

Tim Kemenkominfo dipimpin oleh Gunarto selaku Kepala Sub Direktorat Penerapan Postel Direktorat Standarisasi dan Perangkat Ditjen SDPPI (Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika).


Boeing 777-300ER Garuda Indonesia
Boeing 777-300ER Garuda Indonesia
 
Uji coba tersebut dilakukan bersamaan dengan demo terbang atau joy flight pesawat tersebut dari Jakarta (yang take off pada sekitar jam 19:00 WIB tanggal 6 Juli 2013) menuju Denpasar. Turut bersama juga dalam pengujian tersebut selain tim dari manajemen Garuda Indonesia, juga dari Kementerian Perhubungan dan dari PT Telkom.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini