add

5 Posting Terbaru

Kamis, 11 Juli 2013

Ilmuwan Berhasil Temukan Cairan Metal Seperti Robot Terminator

Sebuah terobosan terbaru dalam dunia teknologi dengan berhasil menciptakan berbagai struktur 3 dimensi dengan menggunakan cairan metal.

Dilansir VR-Zone (10/7), sekelompok tim ilmuwan dari North Carolina State University yang dipimpin oleh Dr Michael Dickey berhasil menemukan kombinasi dari zat gallium dan indium yang menghasilkan cairan yang bisa mempertahankan bentuknya.




"Sulit untuk membuat struktur dari cairan, karena cairan selalu ingin mengalir. Tapi kami telah menemukan bahwa paduan logam cair gallium dan indium bereaksi terhadap oksigen di udara pada suhu kamar untuk membentuk 'kulit' yang memungkinkan struktur logam cair untuk mempertahankan bentuk mereka." ujar Michael Dickey.


Tim ilmuwan tersebut juga menyatakan jika cairan ini dapat disusun ke atas dengan bentuk 3 dimensi tertentu tanpa menggabung menjadi satu gumpalan besar seperti sifat cairan seperti umumnya.



Namun para ilmuwan ini menyebutkan jika cairan temuan mereka ini dapat digunakan sebagai kabel cair ataupun alat penghubung elektronik di pesawat.

Akan tetapi jika melihat struktur cairan gabungan dari gallium dan indium, nampaknya para ilmuwan tersebut juga bisa membuat robot serupa terminator di kemudian hari dari cairan tersebut.  (Merdeka)

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini