add

5 Posting Terbaru

Rabu, 25 Juni 2008

Membuat Dokumen PDF Cara Instan


Fleksibilitas file PDF (Portable Document Format) makin dikenal. Di sini, Anda bisa mempertukarkan dan membuka aneka jenis dokumen — mulai dari dokumen tulisan, spreadsheet, sampai halaman Web — tanpa harus meng-install banyak program yang terkait.

Jadi asalkan dokumen-dokumen tersebut sudah dibuat dalam format PDF, maka file-nya bisa dibaca memakai satu aplikasi saja, yakni Adobe Reader (bisa di-download secara gratis di www.adobe.com dengan versi terakhir 8.0). Tidak hanya itu, file jenis ini juga dapat diakses via browser.

Anda bisa membuat dokumen PDF dari mana saja. Tak perlu bantuan program pembuat khusus seperti Adobe Acrobat. Cukup install saja software PDF printer. Bagi yang belum tahu, perangkat lunak ini berfungsi sebagai printer virtual dengan output bukan dalam bentuk cetakan, melainkan dokumen PDF. Jika menggunakannya, Anda bisa membuat dokumen PDF dari aplikasi dan format file apa saja selama masih berada dalam sistem operasi Windows.

Tertarik membuat dokumen PDF sendiri? Pilihannya sangat banyak, termasuk yang gratisan. Salah satunya adalah PDF Printer buatan Bullzip.com berikut ini (bisa di-download secara cuma-cuma di www.bullzip.com). Tapi sebelum di-install, file berbentuk ZIP dengan ukuran 3,9MB tersebut harus Anda ekstraksi dulu. Lalu bagaimana menggunakannya?

Begini panduan pakainya.
1. Klik-dobel file hasil ekstrak dari file yang telah Anda download tadi. Saat muncul boks wizard instalasi, klik tombol [Install] dan ikuti proses pengisntalan. Pada sesi terakhir instalasi, program akan meminta Anda untuk men-download GhostScript dari situs resminya. Klik [OK] dan pastikan koneksi Internet telah terpasang. Ikuti instalasi sampai selesai.

2. Setelah Anda mengklik [Finish], akan muncul jendela Printer and Faxes. Pastikan BullZip PDF Printer tertera di situ.

3. Buka program dari tombol [Start] > [Programs] > [BullZip] > [PDF Printer] > [Options].Setelah boksprogram muncul—dengan tab [General] terpilih—klik tombol di sebelah kanan kotak PDF File Name. Tentukan lokasi penyimpanan file PDF. Kemudian klik tab [Document], isikan nama pembuat dokumen, dan tentukan kualitas dokumen PDF di menu “PDF Quality”.

4. Beralih ke tab [Watermark], isikan teks yang akan Anda tampilkan di dokumen PDF di kotak Text. Atur posisi, ukuran, dan transparansi teks di kotak Rotation, Size, dan Transparancy.

5. Klik tab [Security], lalu isikan password di kotak “Owner password” dan di kotak “User password”. Anda juga bisa mengeset proteksi agar dokumen tidak bisa dicetak secara sembarangan dengan membubuhi tanda centang di kotak [Set Permissions]. Setelah beres, klik [OK].

6. Buka dokumen yang akan Anda jadikan file PDF. Di sini, kami mencoba dari halaman website. Klik menu [File] > [Print]. Setelah muncul boks dialog Print, pilih BullZip PDF Printer, lalu klik [Print]. Selanjutnya akan muncul boks dialog BullZip PDF Printer – Create PDF. Di sini, Anda bisa mengatur ulang folder simpan dokumen. Selanjutnya, klik [Save].

7. Jika PC telah terinstal Adobe Reader, program ini secara otomatis akan tampil di layar membuka hasil konversi. Sebuah boks dialog Password akan tampil karena sebelumnya Anda telah mengeset proteksi. Ketikkan password yang telah dibuat tadi, lalu klik [OK]. Dokumen HTML tersebut kini telah berubah menjadi file PDF. Dengan aplikasi ini, Anda bisa lebih mudah berkirim dokumen, karena hampir semua PC telah ter-install aplikasi pembaca PDF.

sumber: PCplus

TIP: Aneka Pilihan PDF Printer

Banyak aplikasi PDF printer yang bisa Anda gunakan. Umumnya tersedia secara gratis dan siap di-download kapan saja dari Internet. Jika tertarik menggunakannya, inilah beberapa pilihan freeware menarik.
CutePDF Writer 2.7 - www.acrosoftware.com

doPDF - www.dopdf.com

Doro PDF Printer 1.35 - http://run.to/sz

PDF Printer 2.1 - www38.websamba.com/falchionli/

PDF4Free - www.pdfpdf.com

PDF995 Printer Driver 8.3 - www.software995.com

PDFCreator - www.pdfforge.org

PrimopDF - www.primopdf.com

Reputasinya Google Kalahkan Microsoft


Perusahaan Internet Google baru saja dianugerahi gelar sebagai perusahaan dengan reputasi paling bagus di Amerika. Begitu diumumkan oleh Harris Poll.

Para karyawan Google diperbolehkan menghabiskan 20% waktunya untuk proyek-proyek yang menumbuhkan ide. Selain bergaji tinggi, mereka juga diberi ‘insentif-insentif’ seperti “pod tidur siang“di mana mereka bisa meletakkan kepalanya yang penat sejenak. Berkat strategi tersebut, Google berhasil menumbangkan Microsoft dari peringkat pertama perusahaan bereputasi terbaik.

Dalam polling tahunan Harris Interactive Reputation Quotient tersebut, Google, Intel, dan Microsoft masuk dalam peringkat 10 Besar. Sementara itu HP (Hewlett-Packard)/Compaq tercatat melakukan lompatan terbesar dibandingkan tahun lalu. Begitu juga Apple.

Polling ini meranking 60 Perusahaan Besar AS dan juga Korporat Amerika. Polling ini dilakukan dalam dua gelombang. Pada gelombang pertama, Harris menciutkan daftar menjadi 60 perusahaan dengan meminta 7105 orang Amerika menyebutkan dua perusahaan yang menurut mereka punya reputasi paling bagus atau paling buruk.

Enam bulan berikutnya, para pengumpul suara Harris itu menanyai 20.477 orang untuk memeringkat 60 perusahaan yang terpilih terhadap 20 atribut. Di antara atribut itu adalah daya tarik emosional, kualitas produk dan tanggung jawab sosialnya.

Menurut Harris, perusahaan yang paling sering tercantum dalam daftar adalah produsen produk consumer (seperti Coca Cola dan Kraft), atau perusahaan teknologi. Wanita cenderung memilih perusahaan produk consumer, sedangkan mayoritas pria memilih perusahaan teknologi.

Sementara itu perusahaan yang dianggap masyarakat Amerika sebagai jahat dan tidak beritikad baik antara lain industri penerbangan AS, yang senantiasa mengumumkan pemangkasan gaji karyawan sambil mempromokan tarif penerbangan yang kian mahal dan menagihkan berbagai biaya tambah, mulai dari bagasi sampai makanan di pesawat.(Kompas.com)

Selasa, 24 Juni 2008

Sejarah Mencatat Prestasi Obama


BARACK Obama (46) telah mencatat sejarah, menjadi calon presiden AS kulit hitam pertama dari Partai Demokrat. Ini terjadi di negara yang selama ratusan tahun telah menjadikan kulit hitam sebagai budak dan sempat melahirkan perlawanan.

Namun, ia tidak hanya mencatat sejarah. Ia menapaki kehidupan pahit, ditinggal ayah (Barack Hussein Obama asal Kenya), yang punya tiga istri lain, selain ibu kandung Obama, Stanley Ann Dunham. Ibu kandungnya pun kemudian menikah dengan Lolo Soetoro.

Ia menjadi sebatang kara setelah ibunya memilih pergi ke Indonesia, mengikuti suami keduanya itu. Setelah sempat tinggal di Indonesia, Obama memilih kembali ke Hawaii, tinggal bersama kakek dan nenek kulit putih. Pergulatan hidup dimulai karena hidup tanpa orangtua kandung, diiringi segregasi ras lingkungan di Punahou, Hawaii. Ibunya, Ann, pernah mendapatkan buku harian Obama yang mengisahkan, ”Siapakah diri saya ini?”

Di tengah gejolak batin itu, Obama berprestasi di sekolah, mungkin turun dari ibu yang cerdas dan pendobrak kebuntuan politik AS. Ayahnya juga pintar, mendapatkan beasiswa pada era Presiden John F Kennedy.

Para wanita AS, yang menjadi ibu tunggal, menjadikan Obama sebagai pemberi semangat. Tanpa orangtua lengkap, Obama bangkit dan kini jadi capres.

Obama tak mengenal ayahnya secara dekat, tetapi mengingat petuahnya, ”Jangan menangis dan tatap masa depan.” Air matanya mengalir ketika pesawat ayahnya lenyap di Samudra Pasifik saat terakhir kali menemui Obama di Hawaii tahun 1971.

Dengan latar belakang kehidupan yang rasanya ada yang hilang, Obama yang suka bergaul melanjutkan sekolah ke California, kemudian ke Columbia University (New York, lulus 1983) dan Harvard University (Cambridge, lulus 1991).

Pada 1992, ia menikahi Michelle Robinson, lulusan Princeton dan Harvard, dengan latar belakang keluarga harmonis. Mereka dikaruniai dua putri, Malia Ann (lahir 1999) dan Natasha (lahir 2001).

Kehidupannya dengan Michelle, putri seorang pegawai pengairan di Chicago, menutupi babak kegelisahan hidup Obama yang sempat terjerumus narkoba. Adalah pencarian identitas yang membuat Obama memilih tinggal di South Side Chicago.

Merangkul

Ia bukan menemukan jati diri sebagai kulit hitam, tetapi mencoba membuat kehidupan Amerika Serikat tidak dipecah oleh ras. Awalnya, ia tak terpikir menjadi presiden walau ketika sekolah di SD Asisi Jakarta dalam pelajaran mengarang ia menuliskan ingin menjadi presiden.

Sebagai aktivis sosial di Chicago, ia melihat kemiskinan dan ketertinggalan warga kulit hitam. Sistem adalah penyebab semua itu. Untuk mengubahnya, Obama sadar hal itu harus dilakukan melalui gerakan politik.

Pada 2004, ia bertarung menjadi Senat AS dan menang. Hal ini tak lepas dari ketenaran yang diraihnya ketika menyampaikan pidato pada konvensi Partai Demokrat tahun 2004, mengantar John F Kerry sebagai nomine presiden Demokrat.

Dengan pidato yang memuja kebesaran AS, tetapi mengingatkan negara yang kehilangan reputasi global, kekacauan di dalam negeri karena banyak kelompok terpinggirkan, Obama mendadak menjadi selebriti. Banyak yang mengundangnya sebagai pembicara. Dari seorang calon kulit hitam yang tidak dikenal, Obama menjadi Senator AS dengan kesediaan bekerja sama dengan siapa pun, termasuk Senator Republik.

Dari sinilah ia memutuskan diri menjadi capres. Toni Morrison, sastrawan AS peraih Nobel Sastra 1993, menulis, ”Saya mendukung Anda bukan karena kulit Anda.” Morrison, kulit hitam, melihat Obama sebagai figur yang merangkul, jujur, pintar, dan ingin mengubah peta politik AS. Itulah inti kemenangan Obama, ditambah tenaga lapangan yang ditebar membujuk warga AS.(kompas.com)

Janjian yang Aneh?! Janjian Hamil Bareng


Sekelompok remaja putri dari sebuah sekolah menengah atas membuat kesepakatan untuk hamil dan membesarkan bayi mereka secara bersama. Kesepakatan inilah yang mengakibatkan tiba-tiba kasus kehamilan siswi di Gloucester High School, Massachussets, AS meningkat secara drastis.

Menurut kepala sekolah Gloucester High School, Joseph Sullivan, beberapa siswi mengaku membuat kesepakatan untuk hamil secara bersama. Pengakuan tersebut terungkap setelah Gloucester High School mulai menginvestigasi kehamilan 17 siswi. Biasanya, kehamilan di antara siswi Gloucester High School hanya mencapai sekitar 4 kasus setahunnya.

Kepada majalah Time, Sullivan menerangkan bahwa hampir separuh siswi yang hamil itu belum berusia di atas 16 tahun. Sullivan melihat kejanggalan pada sejumlah siswi yang berulang kali mengikuti tes kehamilan di klinik Gloucester High School. Uniknya, mereka yang terbukti tidak positif hamil nampak kesal ketimbang mereka yang hamil.

Beberapa siswi yang hamil itu bahkan meluapkan kegembiraan dengan menyusun pesta perayaan bersama bagi bayi yang mereka kandung. "Salah satu ayah dari janin yang dikandung salah satu siswi adalah pria tunawisma berusia 24 tahun," jelas Sullivan pada Time.

Sullivan menerangkan sejumlah siswi yang hamil itu umumnya adalah mereka yang kurang mempunyai kepercayaan diri dan kurang mendapatkan perhatian keluarga. Christen Callahan, mantan siswi Gloucester High School yang pernah hamil saat berusia 15 tahun, mengaku telah ditanyai oleh beberapa siswi yang hamil tersebut.

Dalam wawancaranya dalam program "Today" dari televisi NBC, Callahan mengaku beberapa siswi tersebut menanyai pengalamannya saat merawat kehamilannya di usia dini. "Mereka mengatakan bahwa orang tua mereka tidak akan marah dengan kehamilan itu dan sebaliknya para orang tua itu bersedia memberikan dukungan," kata Callahan yang mengaku sebelumnya tidak mengetahui apabila para remaja itu membuat kesepakatan untuk hamil secara bersamaan.

Bocah Dipaksa Ngeseks, Ditonton 100 Orang


MINEOLA, Di sebuah ruang tamu tanpa jendela bekas pusat pelayanan masyarakat Texas, sekelompok orang dewasa menonton hubungan seks sekitar 3 tahun lalu. Yang membuat miris adalah yang ditonton adalah anak-anak dengan usia rata-rata 5 tahun, dan sebelum beraksi mereka dipaksa menelan pil penghilang rasa sakit.

Dua orang telah divonis dalam kasus ini. Sementara, seorang lagi yang terkait dalam kelompok itu, sebelumnya hanya dikenal sebagai kelompok perselingkuhan, dijadwalkan diseret ke pengadilan, Senin (23/6) atau Selasa waktu Indonesia. "Kasus ini benar-benar mengguncang kota ini, sungguh mengerikan," kata Shirley Chadwick, warga Mineola, kota kecil berpenduduk 5.100 jiwa, Minggu.

Patrick Kelly (41) didakwa melancarkan serangan seksual terhadap anak-anak, merusak barang bukti, dan terlibat dalam aktivitas kriminal terorganisasi. Atas kejahatannya itu, Kelly terancam hukuman seumur hidup. Jamie Pittman dan Shauntel Mayo telah divonis penjara seumur hidup.

Namun, secara keseluruhan, enam orang dewasa dijadikan tersangka dalam kasus ini, termasuk orangtua ketiga bocah ingusan yang menjadi korban. Karena sangat bengisnya kelakuan para orang dewasa itu, para juri hanya membutuhkan waktu lima menit untuk menyatakan mereka bersalah atas tuduhan memelihara anak-anak untuk dijadikan tontonan di kelas 'taman kanak-kanak' dan memberi mereka Vicodin, pil penghilang rasa sakit untuk memperlancar pertunjukan itu.

Thad Davidson, pengacara Kelly, mengatakan, kliennya lolos dari pemeriksaan kebohongan untuk membuktikan dia tidak bersalah. Davidson khawatir kliennya tidak akan mendapatkan pengadilan yang adil. "Tidak mungkin mendapatkan pengadilan yang fair di pengadilan yang jauhnya 80 mil dari Smith County," kata Davidson.

Meneola, sekitar 80 mil timur Dallas, dikenal sebagai kota pusat pengolah kacang yang konservatif yang juga punya 30 gereja. Warga setempat ingin segera menyelesaikan kasus itu lalu melupakannya secepat mungkin.

Bangunan satu lantai yang dijadikan tempat pertunjukan mesum itu telah dikosongkan sejak pemiliknya mengusir pengelolanya tahun 2004. Di tempat itulah tiga bocah bersaudara yang sekarang berusia 12, 10, dan 7 tahun serta seorang bibi mereka yang baru berusia 10 tahun dijadikan tontonan oleh 50 hingga 100 orang dewasa sekali seminggu.

Doris Newman, editor koran The Mineola Monitor, yang berkantor tak jauh dari rumah itu mengungkapkan, selama ini beredar rumor tentang pesta para peselingkuh. Namun, tak satu pun yang menyebut keterlibatan anak-anak. Newman yang bisa melihat bangunan itu dari jendela kantornya mengaku ingat tempat parkir bangunan itu dipenuhi belasan mobil pada malam hari. Pada Agustus 2004, sebuah editorial dengan judul Sex In the City mengatakan, jika para swinger itu meninggalkan kota dengan diam-diam, warga akan mencoba melupakan bahwa mereka telah menyusup ke kota itu dengan membawa serta standar moral yang demikian.

"Bukan kami mencoba melihat dengan cara lain. Tetapi ada lebih banyak hal untuk Mineola dibanding soal itu," kata Newman.

Menurut sebuah laporan polisi Mineola, mereka telah menyelidiki sebuah pengaduan pada Juni 2005 bahwa ibu angkat ketiga bersaudara itu mengatakan, salah satu dari anak itu telah menari di hadapan para lelaki. Seorang bocah juga mengatakan bahwa semua orang berbuat mesum di rumah itu.

Pada persidangan kedua, pekerja Badan Perlindungan Anak, Kristi Hachtel, bersaksi bahwa ia telah melihat banyak hal. "Bahkan dalam mimpi terliar pun saya tidak pernah membayangkan itu. Mereka dimangsa, barangkali dengan cara paling biadab," katanya.

Menurut badan itu, anak-anak itu sekarang dalam kondisi lebih baik. "Melalui konseling dan terapi sekarang anak-anak itu merasa aman," kata Shari Pulliam, juru bicara badan itu, melalui e-mail.

Rumah bercat kuning itu sekarang dijadikan gereja yang dipimpin Pendeta Tim Letsch. Namun ia mengakui yang bakal dihadapi jemaat gereja akan sulit karena stigma warga atas tempat tidak gampang dihapus. "Anda harus memutuskan apakah Anda bersedia mengampuni hal-hal seperti itu. Ini soal sulit, khususnya untuk pemimpin agama yang mempersilakan jemaatnya masuk dan mengatan, 'semuanya terjadi di sini,'" kata Letsch.(kompas.com)

Kutub Utara Tanpa Es Mulai Tahun Ini...??


Kenaikan suhu di kawasan Arktik, kutub utara, menyebabkan pencairan es yang semakin cepat dan meluas. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, wilayah kutub utara mungkin tanpa es pada musim panas tahun ini.

"Kami memprediksi tahun ini kawasan kutub utara mungkin bebas dari es untuk pertama kalinya," ujar David Barber, peneliti dari Universitas Manitoba, yang tengah melakukan ekspedisi dengan kapal pemecah es Kanada, CCGS Amundsen.

Pendapat Barber didukung pengamatan langsung dan citra satelit. Data menunjukkan, sebagian besar es di sana merupakan lapisan muda yang berusia kurang dari setahun. Lapisan tersebut terbentuk sepanjang musim dingin.

Es muda sangat rapuh dan berisiko mencair pada musim panas lebih tinggi dari es abadi yang terbentuk sejak bertahun-tahun. Kenaikan suhu juga berisiko mencairkan lapisan es yang lebih tebal meskipun ada peluang bertahan pada musim panas tahun ini.

Perkiraan ini lebih cepat daripada prediksi selama ini. Pada model iklim sebelumnya, kawasan es Arktik diprediksi baru bebas es untuk pertama kalinya pada tahun 2013-2030. Hal tersebut menunjukkan ancaman pemanasan global datang lebih cepat. "Kita kehilangan 65 persen lapisan es di belahan utara dalam setahun," ujar Barber. Rekor pencairan yang dirasakan tahun lalu, menurut para ilmuwan, disebabkan kombinasi arus hangat, angin kering, dan sinar matahari yang terik. Kombinasi yang merusak itu belum tentu terjadi tahun ini, namun dampaknya sudah mulai terlihat.

Kawasan yang mencair sebenarnya segera tertutup kembali lapisan es karena musim dingin yang juga ekstrem. Namun, lapisan es yang terbentuk terlalu tipis sehingga rentan pecah dan mencair.(Kompas.com)

Senin, 23 Juni 2008

Assikalaibineng, Kitab Hubungan Seks Bugis

JAKARTA, Jika dalam masyarakat Jawa ada kitab seks Serat Centini dan Serat Nitimani, Kama Sutra pada masyarakat India, dan Ars Amatoria (The Art of Love) pada bangsa Romawi, maka di masyarakat Bugis ada manuskrip atau lontara Assikalaibineng.

Assikalaibineng mencatat pengetahuan yang paling rahasia dan paling erotis dalam hubungan sesksual (suami-istri). Kedudukan naskah Assikalaibineng ini menjadi referensi bagi masyarakat luas dalam rangka pembelajaran hal ikhwal hubungan seks dengan segala aspeknya.

Hal ini diungkapkan Muklis Hadrawi, dari Universitas Hasanuddin, pada Seminar Internasional Peranan Bugis dalam Pengembangan Alam Melayu Raya, Selasa (10/6) di Jakarta. "Substansi manuskrib Assikalaibineng menyajikan pengetahuan tentang hubungan seks mulai konsep filosofi seks, pengetahuan alat reproduksi, tahapan atau prosedur hubungan, doa-doa, mantra-mantra, teknik perangsangan, posisi dan gaya persetubuhan, teknik sentuhan, penentuan jenis kelamin anak, pengendalian kehamilan, waktu baik dan buruk dalam pesetubuhan, tata cara pembersihan tubuh, pengobatan kelamin, serta perlakuan-perlakuan seksual lainnya," ungkapnya.

Assikalaibineng yang diperkirakan manuskrip abad XVII, ketika tasawuf Islam telah berkembang di tengah-tengah masyarakat Bugis-Makassar, secara khusus juga mengajarkan aspek-aspek seksualitas sampai pada hakikat atau derajad pemahaman seksual yang paling tinggi, yakni spiritual seks.

Menurut Hadrawi, seks dalam konteks Assikalaibineng tidak sekadar peristiwa biologis belaka, tetapi telah menjadi bagian dari sistem sosial Bugis yang didasari oleh seperangkat nilai agama Islam. Seluruh rangkaian aktivitas seksual dalam teks Assikalaibineng mulai pada tahap cumbu rayu, tahap inti atau senggama, hingga tahap akhir hubungan seks (pembersihan dan perawatan tubuh), memberikan kedudukan laki-laki sebagai pihak yang mendominasi lakuan seks, sedangkan istri sebagai pihak penerima.

Hadrawi menjelaskan, dengan status seksual laki-laki yang aktif itu, Assikalaibineng mensyaratkan pihak laki-laki harus memiliki pengetahuan yang cukup agar dapat melakukan hubungan seks dengan istrinya secara berkualitas. Di sisi lain, suami disyaratkan untuk bijaksana dalam menjalankan peran seksualitasnya.

Menurut dia, teks Assikalaibineng memaparkan perlakuan fase inti hubungan seks ini misalnya cara menyentuh titik pekan paga vagina empat sisi yaitu kiri, kanan, atas, dan bawah. "Sentuhan terhadap empat dinding tersebut menunjukkan cara dan gaya persetubuhan yang variatif dan seluruh gaya itu dikendalikan oleh pihak laki-laki. Menyentuh empat pintu vagina istri itu menjadi tahap awal sebelum menyentuh daerah terdalam (pintu surga) vagina, yang disebutkan akan memberi puncak kenikmatan seksual terhadap istri," Hadrawi menjelaskan.

Spanyol Singkirkan Italia


VIENNA, SENIN-Spanyol maju ke semifinal Piala Eropa 2008 setelah mengalahkan Italia 0-0 (adu penalti 4-2) di Stadion Ernst Happel, Vienna, Minggu waktu setempat atau Senin WIB. Spanyol akan bertemu Rusia di partai semifinal

Gelandang Spanyol Cesc Fabregas menentukan kemengan tim Matador setelah tendangan penaltinya mengecoh Gianluigi Buffon. Tiga penendang Spanyol lainnya, David Villa, Santi Cazorla, dan Marcos Senna juga berhasil, hanya tendangan Guiza yang berhasil diblok Buffon.

Sementara penendang Italia hanya Fabio Grosso dan Mauro Camoranesi yang berhasil, sedangkan tendangan Daniele De Rossi dan Antonio Di Natale digagalkan Iker Casillas.

ITALIA:

Gianluigi Buffon, Gianluca Zambrotta, Christian Panucci, Fabio Grosso, Giorgio Chiellini, Simone Perrotta (Camoranesi), Daniele De Rossi, Alberto Aquilani (Del Piero), Massimo Ambrosini, Luca Toni, Antonio Cassano (Di Natale)

SPANYOL:

Casillas, Sergio Ramos, Puyol, Carlos Marchena, Joan Capdevila, Xavi (Fabregas), Silva, Marcos Senna, Iniesta (Cazorla), Villa, Fernando Torres (Guiza).

Wapres: Pertumbuhan Ekonomi Akan Mencapai 10,3 Persen


JAKARTA - Wakil Presiden HM Jusuf Kalla mengungkapkan, Indonesia diperkirakan akan meraih prestasi besar di bidang ekonomi, terhitung sejak tahun 2011. Perkiraan ini didasarkan pada selesainya beberapa masalah pelik, naiknya produksi pangan dan minyak bumi, serta mulai tampaknya hasil penghematan energi.

Hal ini diutarakan Wapres Jusuf Kalla tatkala menerima Pemimpin Redaksi Warta Kota H Dedy Pristiwanto, Pemimpin Redaksi Kontan Yopie Hidayat dan editor The Jakarta Post Imanuddin Razak, Senin (23/6), di ruang kerja Wapres.

Menjelaskan pandangannya secara rinci di white board, Jusuf Kalla menyebutkan bahwa dengan banyak masalah Indonesia masih mampu meraih prestasi ekonomi lumayan, yakni pertumbuhan sebesar 6,3 persen. Apabila masalah-masalah tersebut sudah selesai, di antaranya persoalan birokrasi, infrastruktur, KKN, dan hukum, maka prestasi ekonomi Indonesia akan lebih berkilau.

Jusuf Kalla menyatakan, kini pemerintah masih mengeluarkan subsidi besar, yang mengambil porsi 30 persen APBN. Subsidi itu untuk bahan bakar minyak sebesar Rp 180 triliun, listrik Rp 70 triliun, dan pangan Rp 50 triliun. Seluruhnya sebesar Rp 300 triliun. Sedangkan beban bunga/utang masih besar, yakni lebih kurang 15 persen dari APBN.

Adapun posisi BBM tahun 2008 ialah produksi mencapai 950.000 barrel, sementara konsumsi mencapai 1.250.000 barrel. Pada tahun 2011, produksi diperkirakan akan naik sejalan dengan berproduksinya sejumlah sumur minyak baru. Produksi akan mencapai 1.250.000 barrel dengan konsumsi justru turun menjadi 1.000.000 barrel. Turunnya konsumsi di antaranya oleh asumsi berhasilnya penghematan penggunaan bahan bakar dan naiknya kesadaran masyarakat akan makna energi.

Pada tahun 2011 tersebut, kat Jusuf Kalla, keadaan akan menjadi lebih baik. Beban subsidi menurun dan produksi pangan, BBM, industri dan jasa menanjak tinggi, sehingga menyumbang pertumbuhan sebesar empat persen. Kalau pertumbuhan 6,3 persen ditambah asumsi tambahan empat persen, maka pertumbuhan diperkirakan akan mencapai 10,3 persen.

"Pemerintah pun akan memacu peningkatan produksi pangan, di antaranya beras dan jenis biji-bijian lainnya. Peningkatan produksi beras di antaranya dilakukan dengan memerbaiki infrastruktur, memberi benih unggul dan pemupukan yang tepat.

Wakil Presiden optimis perkiraan ini akan terwujud. Pemerintah akan bekerja keras merealisasikannya dan dengan "terus mengawal" rencana masa depan ini. Pemerintah pun sangat serius dalam penegakan hukum, memerbaiki kinerja birokrasi, memotong rantai KKN dan memerbaiki infrastruktur.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini