add

5 Posting Terbaru

Jumat, 09 Mei 2008

Jangan Resah SMS Santet


JAKARTA, KAMIS - Masyarakat dihimbau tidak perlu resah dengan SMS santet yang mengabarkan bahwa panggilan dari nomor 0866 dan 0666 bisa menyebabkan penerimanya mati. SMS santet bisa dianggap teror. Panggilan dari nomor telepon yang tak lazim seperti itu juga bisa dipilih melalui layanan Internet.

"Yang jelas teknologi seluler adalah teknologi logika. Jadi, siapa yang menelepon atau mengirim SMS pasti dapat dilacak darimana asalnya," ujar Heru Sutadi, salah satu anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) saat dihubungi, Kamis (8/6). Ia menjelaskan setidaknya dapat diketahui dari operator seluler apa SMS dikirim atau panggilan tersebut dilakukan. Apakah itu dari dalam negeri atau luar negeri.

Nomor empat angka yang tidak lazim seperti nomor telepon umumnya, menurut Heru, dapat dilakukan melalui layanan Internet. Ia yakin trik seperti ini bukan hal baru dan sudah lama dipakai untuk pengiriman SMS. Misalnya untuk memilih nama pengirim, nomor pengirim, atau menebalkan huruf. Memilih warna sampai menambahkan suara bahkan saat ini sudah ada operator yang menyediakan layanan.

"Dulu waktu saya di Jerman kirim sms pakai 'sms.de' bahkan huruf di layar bisa jalan," ujar Heru. Layanan semacam ini sempat marak di Internet saat SMS mulai diperkenalkan di jaringan seluler. beberapa perusahaan juga memanfaatkannya untuk SMS broadcast hingga untuk mengirim spam.

Menurutnya, penyebaran telepon dan SMS yang meresahkan itu hanya tindakan iseng. Pihaknya akan memantau perkembangan tersebut dan akan mengambil tindakan jika sampai merugikan masyarakat dengan menutup akses dari nomor tersebut.

OpenSolaris Sudah Bisa Di-download


JAKARTA, JUMAT - Sun dan OpenSolaris.org akhirnya merilis versi publik pertama dari sistem operasi the OpenSolaris-nya. Rilis yang mengemaskan desktop dan aplikasi GNOME dari Mozilla dan Free Software Foundation tersebut sudah bisa di-download di http://www.opensolaris.com.

OpenSolaris dikembangkan sejak tahun 2005 dan didasarkan pada kernel Solaris. Sebagai sistem file default digunakanlah ZFS milik Sun. ZFS file system ini mendukung storage berkapasitas tinggi, instant rollback dan continual check-summing. Sementara fitur rollback memungkinkan penggunanya untuk kembali ke file system sebelumnya untuk mengambil lagi file-file yang sudah dihapus.

Distro tunggal OpenSolaris ini bisa digunakan untuk desktop, server, dan HPC deployment, dan ditargetkan pada para pengembang dan mereka yang mencari sistem operasi canggih yang gratis dan ingin belajar lebih banyak tentang ZFS, Dtrace, dan teknologi lain.

Sun juga dikabarkan akan merilis versi yang mendukung OpenSolaris. Seperti halnya RedHat dan Novell yang juga mengembangkan sistem operasi open source Linux sendiri, Sun berharap versi gratis dari software OpenSolaris ini akan memicu inovasi dalam platform OpenSolaris yang didukungnya.

Wawancara Bill Gates, Teknologi Informasi Hadapi Persoalan Dunia


JAKARTA, JUMAT - William (Bill) H Gates, pendiri Microsoft Corporation dan orang terkaya di dunia karena penemuannya mengembangkan sistem operasi komputer yang digunakan ratusan juta orang diseluruh dunia, merasa yakin perangkat lunak dan teknologi digital adalah perangkat yang sangat bertenaga untuk menghadapi dan menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi berbagai orang dan masyarakat.

Dalam wawancara lewat e-mail, Kompas menanyakan tentang dampak kenaikan harga minyak bumi terhadap kelangsungan industri teknologi komunikasi informasi yang menggunakan banyak sekali tenaga listrik? Walaupun Bill Gates tidak melihat adanya keterkaitan dengan solusi-solusi berbasis perangkat lunak, ia mengatakan, banyak hal yang bisa ditawarkan teknologi informasi untuk menghadapi persoalan dunia sekarang ini.

”Sekarang, industri perangkat lunak menawarkan teknologi yang bisa membantu bisnis dan individu untuk mengurangi konsumsi tenaga listrik ketika mereka menggunakan komputer. Kita juga banyak melakukan kemajuan menuju terciptanya sebuah generasi baru datacenter yang memberikan efisiensi sumber energi dibanding yang ada sekarang,” kata Gates.

Ditambahkan, persoalan ini menjadi penting karena jasa internet dan penggunaan komputer menjadi lebih menyebar, serta jumlah datacenter akan terus meningkat. ”Bersamaan dengan jalannya waktu, kita akan melihat solusi perangkat lunak yang akan memainkan peranan besar dalam membantu individu dan perusahaan-perusahaan untuk menggunakan energi lebih efisien,” ujar Bill Gates.

Disebutkan, perangkat lunak akan menjadikan rumah dan bangunan menjadi lebih cerdas, sehingga orang-orang akan menggunakan energi seperlunya untuk penerangan, mendinginkan atau memanaskan ruangan. ”Kemajuan perangkat lunak memungkinkan bisnis untuk merancang ulang berbagai produk, sehingga keseluruhan proses penggunaan energi dan sumber daya alam menjadi lebih efisien. Dengan harga yang terjangkau, komputasi kinerja tinggi akan memainkan peranan yang pentin dalam penelitian ilmiah untuk membantu memahami dampak perubahan iklim dan berbagai dampaknya,” papar Gates.

Mekanisme revolusioner

Pada bagian lain, Bill Gates menyebutkan, sekarang ini kita memasuki sebuah periode kemajuan pesat dalam perangkat lunak dan keras, serta sistem jejaring yang akan menjadi katalisator kemajuan dalam kurun waktu 10 tahun yang akan datang yang akan melebihi perubahan-perubahan yang terjadi selama 30 tahun ini.

”Kita sudah melihat bagaimana teknologi bisa mentransformasikan cara kita berbagi pengalaman dan berkomunikasi, bersamaan semakin banyak orang menggunakan komunitas sosial online sebagai landasan untuk berinteraksi secara menyeluruh dengan orang-orang yang mereka peduli,” kata Bill Gates.

Dikatakan, teknologi telah mentrasnformasikan cara kita memelihara kenangan masa lalu, cara kita mengakses hiburan, cara kita belajar, serta cara kita memanfaatkan jasa-jasa kesehatan. ”Transformasi ini akan mencapai tingkat kecepatannya sendiri, karena metoda yang digunakan berinteraksi dengan teknologi berkembang menjadi lebih dekat mengikuti cara orang-orang saling berinteraksi,” jelasnya.

Ditambahkan, komputasi yang lebih bertenaga dan murah memungkinkan para peneliti untuk menyelesaikan berbagai persoalan sulit seperti pengenal suara dan tulisan tangan. ”Kita sekarang memiliki aplikasi pengenalan bahasa lisan dan tulisan dengan ketepatan yang tinggi, dan kita mulai melihat kehadiran berbagai antarmuka yang memasukkan suara, visi tulisan tangan, sentuhan, dan rabaan,” kata Gates.

Bill Gates juga mengingatkan tentang kemajuan teknologi tampilan yang akan memainkan peranan penting dalam kehidupan digital.

”Beberapa dekade ke depan, layar monitor akan menjadi lebih murah, ringan, memiliki portabilitas, dan berkembang terus menerus. Di masa depan, kita akan menghubungkan perangkat portabilitas kita dengan layar tampilan apa saja yang terdekat, atau memproyeksikan informasi ke permukaan apa saja yang tersedia,” jelasnya.

Dijelaskan kalau mekanisme masukan dan keluaran seperti ini memiliki dampak revolusioner, tidak hanya bagaimana kita berinteraksi dengan teknologi tetapi juga bagaimana kita berinteraksi satu dengan lainnya.

Perangkat lunak gratis

Ketika bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis, Gates menawarkan perangkat lunak gratis kepada lembaga pendidikan di Indonesia pada tahun 2009. Pemberian perangkat lunak gratis itu akan direalisasikan jika dunia pendidikan Indonesia mampu secara besar-besaran menyediakan komputer di lembaga pendidikan dengan harga murah.

”Kalau kita bisa mendapatkan satu komputer dengan harga murah bagi sekolah-sekolah di Indonesia, Bill Gates mengatakan, '200 dollar AS', maka Microsoft menawarkan satu perangkat lunak gratis,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie dalam jumpa pers usai pertemuan.

Selasa, 06 Mei 2008

Berburu Hantu di Parijs van Java...


BANDUNG kota yang kaya legenda dan cerita hantu. Desas-desus yang terpelihara dari satu generasi ke generasi lainnya, puluhan hingga ratusan tahun. Mendengarnya saja dibuat penasaran hingga bulu kuduk merinding. Bagaimana jika mengunjunginya?...

Sabtu (12/4) lalu, Bandung Trails, lembaga nirlaba yang kerap menyelenggarakan wisata pusaka di Bandung menyelenggarakan acara unik bertajuk URBAN-dung Legend Walking Tour. Sesuai namanya, ini merupakan tur malam hari ke tempat-tempat misteri, legenda, dan cerita berhantu di Bandung. Rute sejauh 2,3 kilometer. Tur kedua akan dilakukan pada Sabtu (19/4) ini.

Kegiatan ini diklaim pertama kalinya dilakukan di Bandung, bahkan Indonesia. Pesertanya pun membludak. Mencapai 135 orang. Padahal, awalnya dibatasi 100 orang. Dinginnya udara Bandung malam hari tidaklah menyurutkan muda-mudi Bandung untuk ikut kegiatan ini. "Mudah-mudahan spooky (menyeramkan)," tutur Inda Sari (27), salah seorang peserta antusias di sela-sela briefing di Taman Belitung.

Ke-130 perserta dibagi ke dalam 5 lima grup. Tiap-tiap grup jumlahnya 28 orang plus satu pemandu. Jumlahnya itu harus genap. Rian (28), tour guide Tim I berkali-kali mengingatkan, selama tur, peserta tidak boleh berkata kotor atau mengumpat di titik-titik yang dikunjungi. Pakem yang biasa disampaikan turun-temurun ketika kita mengunjungi tempat-tempat angker .

Tepat pukul 19.15 WIB, Tim I berangkat dari Taman Belitung. Tidak perlu lama berjalan, hanya 10 meter dari tempat pemberangkatan, rombongan mengunjungi hot spot (titik angker) pertama, yaitu SMAN 3 dan SMAN 5 Bandung di Jalan Belitung. Menurut cerita, sekolah favorit yang dulunya bernama Hooge Burgere School (HBS) ini ditunggui mahklus halus bernama Nancy.

Wanita Belanda ini dipercaya bunuh diri di sekolah itu dan kerap menampakkan diri. Orang yang berjalan di depan sekolah ini, jika beruntung bisa melihat penampakan Nancy di jendela bagian atas. Kadang terdengar suara orang bermain piano musik klasik di ruangan (musik). "Tetapi, tidak ada orangnya," tutur Dian (23), salah seorang peserta yang juga alumnus SMAN 5 Kota Bandung.

Memandangi dari luar jendela-jendela kayu dengan temaram lampu yang kurang terang di tengah kegelapan malam hari itu sungguh memacu adrenalin kita, apalagi jika menyimak baik cerita sang pemandu. Takut-takut, sungguh melihatnya! Sebelum peserta berimajinasi berlebihan, rombongan bergerak dengan berjalan kaki ke Taman Maluku.

Di taman kota ini tersimpan Patung H.C. Verbraak, pastor Belanda yang bertugas di Aceh pada 1870 dan beberapa daerah l ain. Konon, tepat di bawah monumen itu dibuat merupakan pusara dirinya. Ia tewas di tempat menyusul kecelakaan pesawat. Berdasarkan cerita setempat, patung berwarna hitam legam setinggi 4 meter ini bisa bergerak sendiri!

Kemudian, usai menyeberangi pusat keramaian di Jalan R.E Martadinata, peserta mampir ke titik misteri lainnya, yaitu di belakang ( backyards ) kompleks SMA Aloysius. Rian menceritakan, di suatu tempat, yaitu ruangan bawah tanah di sekolah ini merupakan bekas semacam kamp konsentrasi tentara Belanda. Digunakan tentara PETA (Perjuangan Tanah Air) untuk menyiksa tentara Belanda. Konon, ruangan ini memiliki akses tembus hingga ke Jalan Tamansari (2 kilometer dari sana).

Hantu ambulance

Yang ditunggu-tunggu, rombongan kemudian singgah ke Jalan Bahureksa No. 15. Di rumah inilah terparkir ambulance tua berbalut terpal coklat yang kini terkenal seantero Indonesia dan dijadikan ide film Hantu Ambulance . Sempat muncul kejadian aneh saat shooting film ini. Ketika terpal ambulance tua itu dibuka oleh paranormal Ki Kusumo, seorang kru trance (kerasukan) dan bohlam lampu kamera pecah. Desas-desus lain yang muncul, bekas rumah kos ini merupakan tempat prostitusi. Hantu ambulance adalah alibi untuk mengelabui warga.

Di Bandung sendiri sebetulnya masih banyak terdapat titik-titik misteri lain yang menjadi urban legend. Diantaranya, rumah angker di Rancabentang, Bumi Sangkuriang, sumur keramat Sumur Bandung dan Palaguna, hingga ruang bawah tanah Museum Asia Afrika. Kebanyakan tempat ini merupakan heritage (cagar budaya) yang dilindungi.

Menurut Koordinator Bandung Trails Teguh Amor Patria, legenda dan cerita hantu itu merupakan aset kekayaan budaya intengible (tidak terlihat) kota. Di banyak negara, aset-aset ini menjadi daya tarik lain wisata. Percaya atau tidak, semua berpulang kepada rasionalitas warga. Yang pasti, cerita itu akan terus bertahan, meski dengan warna -nya sendiri.(kompas.com/YH)

Pin Visit Indonesia Year 2008 untuk Bill Gates


JAKARTA, SELASA - Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar), Jero Wacik, berencana akan menyematkan pin Visit Indonesia Year 2008 kepada pendiri dan CEO Microsoft Bill Gates yang akan datang ke Jakarta dalam acara Government Leader Forum (GLF) Asia-Pasifik 2008 pad 7 - 9 Mei 2008.

"Kita akan membuat acara makan malam untuk Bill Gates. Dan di acara itu kita akan memberikan pin VIY 2008, yang akan disematkan oleh Pak Menteri (Menbudpar)," kata Dirjen Pemasaran Depbudpar Sapta Nirwandar, seperti dikutip Kantor Berita Antara, Selasa (6/5).

Sapta mengatakan penyematan pin VIY 2008 sebagai simbol bahwa seorang yang penting seperti Bill Gates mau dan tidak takut untuk datang ke Indonesia. "Penyematan pin ini untuk memperkenalkan dan mempromosikan VIY 2008. Kita mempromosikan bahwa Bill Gates tidak takut datang ke Indonesia. Ini secara tidak langsung akan mendukung VIY 2008," kata Sapta. Selain itu foto Bill Gates yang disematkan pin VIY oleh Menbudpar juga bisa dipakai untuk promosi pariwisata Indonesia.

Sedangkan Direktur MICE Depbudpar Nia Niscaya mengatakan Gala Dinner dan Cultural Performance akan menampilkan pertunjukan musik angklung (Jawa Barat) yang dimainkan oleh anak-anak, Sasando (NTT), dan musik Rindik (Bali). Selain itu ditampilkan seni tari Jaipongan, Saman, Sekar Jagat, dan Lenggang Nyai.

Sayang sekali Gala Dinner yang akan dihadiri oleh Wapres Jusuf Kalla tersebut, kata Nia, tertutup untuk kalangan pers karena Bill Gates ingin santai menikmati acara tersebut.

Sebelumnya Presiden Direktur Microsoft Indonesia Tony Chen mengatakan pihaknya segera mengumumkan kepastian pendiri perusahaan Microsoft Bill Gates ke Indonesia dalam rangka menghadiri Government Leaders Forum.

Government Leaders Forum merupakan pertemuan rutin tahunan dari pimpinan negara se Asia Pasifik yang membahas mengenai teknologi informasi dan penerapannya bagi kemaslahatan manusia di berbagai bidang, dan 300 pejabat dari Asia Pasifik direncanakan akan hadir dalam acara tersebut.

Kontraktor Indonesia Ditawari Proyek Rp276 Triliun

JAKARTA, SELASA -- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Irman Gusman mengatakan, konsorsium kontraktor Indonesia, PT Adhi Karya Tbk dan PT Wijaya Karya Tbk ditawari proyek senilai 100 miliar Real atau sekitar Rp276 triliun untuk membangun kota baru di Saudi Arabia.

"Ini salah satu hasil pertemuan World Islamic Economic Forum (WIEF) ke-4, yang berlangsung di Kuwait, 28 April hingga 1 Mei 2008," kata Irman Gusman, Selasa (6/5) di Jakarta.

Pada forum ekonomi Islam dunia itu Irman Gusman bertindak sebagai Ketua Delegasi Indonesia, sekaligus mewakili Presiden RI. Anggota delegasi Indonesia antara lain Menteri BUMN Sofyan Jalil, Dewan Penasihat WIEF Tanri Abeng, Duta Khusus RI utuk Kawsan Timur Tengah dan AS Alwi Shihab, dan Sekretaris Jenderal DPD RI Siti Nurbaya.

Irman menjelaskan, konsorsium kontraktor Indonesia telah mendengar rinci proyek yang bernama Oriental Magic City, yang berlokasi 70 km dari Kota Mekah. Proyek itu antara lain membangun fasilitas kereta api bawah tanah menuju Mekah dan prasarana lengkap lainnya sebagai kota modern untuk menunjang pelaksanaan ibadah umrah dan haji. "Tarwan proyek ini akan ditindaklanjuti dengan tahapan studi lanjutan dan perundingan," tandas Irman Gusman.

Senin, 05 Mei 2008

Istri Pejabat Sewa Gigolo

SURABAYA, SENIN - Kota Surabaya bukan hanya 'surga' bagi pria hidung belang. Perempuan bergaya hidup bebas juga mencari laki-laki macho. Perempuan-perempuan haus sentuhan pria perkasa ini adalah para pengusaha muda, istri muda atau istri simpanan para pejabat Jakarta yang rela merogoh koceknya Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta sekali kencan.

Maka tak mengherankan jika komunitas pria pemuas nafsu seks yang biasa disebut Gigolo makin menjamur. Selain Surabaya, perselingkuhan dengan wanita-wanita papan atas bermotifkan uang ini juga sudah menjamur di sejumlah kota besar seperti Jakarta, Medan, Semarang, dan Makassar. Bahkan di Jawa Timur, sudah menjalar ke Malang, Kediri, dan Madiun.

Menurut penelusuran Warta Kota pekan lalu, gigolo yang berusaha menarik perhatian usianya berkisar 20-25 tahun terbagi dalam dua kelompok. Pertama yang terorganisir, dan gerakannya diatur germo atau biasa disebut GM, serta yang kedua bergerak mencari targetnya.

Gigolo yang terorganisir lebih rapi dan tertutup, lantaran kliennya adalah pengusaha wanita terkemuka dan dikenal masyarakat. Atau istri-istri muda dan istri simpanan pejabat yang sehari-hari diawasi bodyguard atau pengawal pribadi.

Kelompok gigolo yang bergerak sendiri, biasanya menawarkan diri secara terbuka lewat iklan-iklan di surat kabar. Mereka berusaha menarik perhatian konsumen dengan kalimat vulgar, misalnya: "Wahyu Massa, refleksi cakep dewasa panggilan hubungi 0813320xxxx, atau Jaka Massage, tampan BB face, ramah, macho, big & long servis all in khss panggilan hub 081654xxxxx".

"Pelaku (gigolo) yang menawarkan diri lewat iklan, bisa ditebak konsumennya adalah wanita-wanita kelas ekonomi menengah atas. Dan usianya pasti diatas 50 tahun, ya istilah untuk mereka yang terlambat menopause," cetus Indra, mantan gigolo yang kini menggeluti dunia entertainment di Surabaya.

Meski jaringan gigolo sangat tertutup, tidak jarang mereka nongkrong di satu tempat untuk 'tebar pesona'. Para gigolo biasanya memanfaatkan pusat-pusat keramaian, seperti resto cepat saji di plasa-plasa di pusat kota.

"Tak jarang dari sekadar makan sambil ngobrol berjam-jam di tempat itu, kami dapat target, lalu berlanjut ke hotel," ungkap Deddi, gigolo yang sehari-hari bekerja di sebuah restoran makanan china (chinese food), sambil menyebut dua resto cepat saji di kawasan Jalan Basuki Rahmat dan Jalan Pemuda yang sering dipakai mangkal para gigolo.

Pejabat Jakarta

Meski kebanyakan konsumen gigolo adalah wanita dari luar kota, Deddy mengaku pernah melayani perempuan pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim. Pertemuan dengan wanita tengah baya itu terjadi di sebuah resto cepat saji di sebuah mal.

"Dia habis membeli baju di sebuah gerai di mal tersebut, lalu mampir makan sebelum pulang. saat itulah kami bertatap mata dan saling berkenalan. Usianya sih hampir sama dengan ibu saya, tapi penampilannya sangat menarik dan tubuhnya masih terawat," ungkap lelaki 23 tahun yang masih tercatat sebagai mahasiswa jurusan ekonomi di perguruan tinggi negeri (PTN) di Surabaya itu.

Pertemuan sekilas itu berlanjut. Setelah bertukar nomor ponsel, mereka sering telepon-teleponan layaknya dua insan yang tengah memadu kasih. "Menghadapi wanita seperti ini, memang tak seperti cewek seusia saya, begitu suka langsung berlanjut. Mereka sangat hati-hati sebelum memutuskan mengajak kita ke hubungan yang lebih intim," katanya.

Entah karena kurang puas atas layanan Deddi atau memang ingin menjaga privacy (kerahasiaan), Deddy kini tak pernah lagi ditelepon dan bertemu dengan perempuan pejabat Pemprov tersebut. "Setelah sekali mengajak kencan di hotel mewah, saya masih sempat ketemu dan diajak jalan-jalan selang dua bulan kemudian. Tapi, itu sudah setahun lalu. Mungkin sekarang dia sudah mutasi atau malah pensiun saya nggak tahu," kata Deddy.

Sedangkan pelanggan dari kalangan istri para pejabat, katanya, umumnya mereka adalah istri muda atau istri simpanan. "Kejadian yang terbanyak, pejabat Jakarta menyimpan istri muda mereka di Surabaya atau kota-kota besar lain di Jawa Timur. Tentu istri-istri itu sering kesepian," tambahnya.

Uang lelah yang diberikan para tante atau mbak-mbak genit ini bervariasi. Sebab, tidak setiap pertemuan di kamar hotel berakhir dengan hubungan intim. Jika hanya menemani ngobol, uang taksi (istilah untuk uang jasa bagi gigolo) yang mereka terima biasanya Rp 400.000 sampai Rp 600.000 sekali pertemuan.

Tapi, jika romantisme di kamar mewah, uang taksi meningkat menjadi Rp 1.500.000 hingga Rp 2.000.000. "Sebagai lelaki normal, melihat wajah cantik dan tubuh yang pasti terawat, sering terbersit, nggak dibayar pun saya mau," kata Deddy sambil tertawa.

Tapi, kepuasan memang tak bisa diukur dengan uang. Maka wajar jika wanita-wanita kesepian tak mempersoalkan kalau hanya mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk melepas dahaga mereka.

"Kalau mereka sudah cocok, bahkan tidak segan memenuhi semua keperluan sang lelaki idamannya," kata Deddy.

Tidak Obralan

Prostitusi yang melibatkan laki-laki pekerja seks komersian (PSK) laki-laki atau yang biasa disebut gigolo di sejumlah kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, diakui Bagong Suyanto makin terbuka. Maraknya aktivitas gigolo, menurut Bagong, tidak lepas dari mulai jungkirbaliknya (anomali) nilai-nilai di masyaraat. Apa yang dulu dinilai tabu, kini sudah dianggap biasa.

"Masyarakat di kota besar, kini cenderung tidak lagi peduli ketika tahu pria dan wanita bukan suami istri masuk hotel. Sejauh mereka tidak kenal, dianggap bukan urusan mereka. Dan ini jadi wilayah aman bagi orang-orang yang mau selingkuh," tegas pengamat sosial Universitas Airlangga (Unair).

Hanya saja, perempuan yang main lelaki, masih dipandang biasa di masyarakat. Mereka umumnya cenderung lebih persimif dan menilai biasa kaum pria 'jajan'. Tapi, penilaian serupa tidak berlaku untuk perempuan yang mengencani gigolo. Karena itu, kata Bagong, cara kerja gigolo terancang lebih rapi dan tertutup, tidak obralan.

"Tante-tante atau mbak-mbak pencari kepuasan dari gigolo cenderung lebih hati-hati dalam menyampaikan keinginannya. Sebab, penyelewengan oleh perempuan mudah jadi sorotan masyarakat ketimbang pria," kata Bagong yang banyak melakukan penelitian tentang masalah-masalah sosial-kemasyarakatan. (tat/sry)

Kronologi Microsoft vs Yahoo


Setelah tiga bulan tak ada titik temu, akhirnya raksasa software Microsoft tidak melanjutkan penawarannya untuk mengakusisi Yahoo. CEO Microsoft Steve Ballmer secara resmi menarik penawaran tersebut melalui suratnya kepada CEO Yahoo Jerry Yang, Sabtu (3/5) waktu setempat.

Berikut kronologi rencana akuisisi salah satu pioner perusahaan internet tersebut.

1 Feb 2008: Setelah dua tahun terdapat pembicaraan-pembicaraan dan spekulasi-spekulasi, Microsoft melakukan penawaran untuk mengakuisisi Yahoo sekitar 44,6 miliar dollar AS atau 31 dollar AS per saham.

3 Feb : Pengacara Google Inc. mengatakan pemeblian itu akan melukai inovasi dunia internet.

4 Feb :
CEO Yahoo Jerry Yang mengatakan pada karyawan Yahoo, bahawa penjualam kepada Microsoft merupakan sebuah opsi.

11 Feb :
Yahoo menolak tawaran Microsoft, dengan mengatakan nilai tawaran itu dibawah nilai dasar merek dan aset perusahaan.

19 Feb :
Chairman Microsoft Bill Gates mengatakan kepada Associated Press, perusahaannya tidak sedang berbicara Yahoo soal kenaikan penawaran. Sementara Yahoo mengeluarkan beberapa rancangan pemisahan bila terjadi akuisisi, sehingga bisa membuat membuat harga Yahoo lebih mahal bagi Microsoft.

5 Maret : Yahoo memperpanjang deadline, mencari waktu untuk menyerang balik dengan sebuah kesepakatan alternatif. Yahoo mengatakan sedang berbicara dengan Google Inc., News Corp.’s MySpace.com dan Time Warner Inc.’s AOL.

10 Maret : Para executive senior bertemu di dekat markas Yahoo di Sunnyvale, California.

18 Maret : Yahoo mengeluarkan perkiraan pendapatan untuk dua tahu kedepan yang optismistic, sebagai langkah menjustify penolakan tawaran.

5 April : CEO Microsoft Steve Ballmer memberikan waktu tiga minggu kepada Yahoo untuk menerima tawaran atau pihaknya kan melakukan pengambilalihan "paksa" yang bisa menyebabkan turunnya harga penawaran.

9 April : Yahoo mengatakan akan mencoba menggunakan mesin pencari iklan Google daripada melakukan tes terbatas sendiri. Dewan Penasihat Microsoft Brad Smith, menyuarakan kekhwatiran akan antitrust.

26 April : Deadline Microsoft sudah habis, namun kedua perusahaan tidak ada komentar

1 Mei
: Ballmer menyatakan kepada karyawan Microsoft bahwa dia tidak akan menaikkan tawaran sedikitpun dari apa yang dia pikir setimpal untuk harga Yahoo dan dia bersedia untuk tidak meneruskan penawaran.

May 3: Microsoft menaikkan tawaran menjadi 33 dollar AS per saham atau menjadi 47,5 miliiar dollar AS, namun Yang mengatakan, direksi tidak akan menerima kurang dari 37 dollar AS per saham. Dan akhirnya Microsoft pun menyerah, dengan tidak meneruskan penawarannya.

Pelabuhan Gempar, Julia Perez Diusir


SURABAYA - Entah mimpi apa sebelumnya. Artis sinetron dan juga penyanyi bertubuh seksi, Julia Perez atau biasa dipanggil Jupe, dua kali diusir petugas keamanan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Minggu (4/5) sore.

Gara-garanya, Jupe sengaja menghadang laju truk atau mobil pribadi, hanya sekadar memberikan kondom gratis. Karuan aksi ini sempat membuat massa berebutan, entah ingin melihat dari dekat tubuh Jupe atau memang butuh kondom gratisan.

Sebelumnya, kedatangan Jupe bersama manajernya, beberapa orang dari perusahaan kondom sponsor albumnya, dan LSM Media, di jalan masuk Dermaga Jamrud Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tidak menarik perhatian warga.

Warga baru “ngeh”, setelah ada dua kamerawan yang sibuk mengambil gambar Jupe. Sekitar lima menit, saat Jupe dan tim menyiapkan diri, beberapa petugas dari Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Tanjung Perak menghampirinya.

Mereka berbicara serius dengan Ian Sujianto, dari LSM Media, soal izin keramaian. Ketika petugas dengan berdebat dengan Ian, Jupe yang lolos dari pengawasan petugas langsung berjalan ke pintu keluar Dermaga Jamrud.


Dengan gaya yang seksi, Jupe sengaja menghentikan sebuah truk. Begitu mendekat, Jupe menyapa sopir truk sambil menyerahkan kondom dan pamflet. “Halo Pak, ada berapa orang di dalam? Ini dipakai ya, jangan sampai lupa,” sapa Jupe dengan senyum khasnya.

Akibatnya, langsung terjadi antrean truk. Namun begitu tahu yang menghentikan adalah artis seksi, para sopir justru sengaja memperlambat laju truknya agar mendapat salam dan kondom dari Jupe.

Setelah dari situ, Jupe bersama rombongan menuju halaman pol truk di depan gudang Dermaga Jamrud. Melihat ada orang cantik lewat, puluhan orang pelabuhan langsung memburu Jupe. Mereka dengan berlari-lari, berusaha mendekat bahkan mulai merengsek mendekat Jupe. Beberapa di antaranya, yang memegang ponsel berkamera, segera mendekat agar bisa mengambil gambar Jupe.

Melihat antusias warga, Jupe masih dengan senyum yang menantang, justru melayani warga pelabuhan itu.
Melihatnya kerumunan yang bisa menimbulkan kerawanan, petugas KPLP akhirnya meminta Jupe dan rombongannya keluar dari lokasi Pelabuhan Tanjung Perak. Alasannya, aksi Jupe tidak ada izin pemberitahuan lebih dulu.

“Mohon maaf, kami tidak bisa mengizinkan kalian menggelar acara di sini tanpa pemberitahuan dan izin. Kami tidak mau ada kekacauan, yang nantinya bisa membuat artis maupun penyelenggara menjadi tidak aman,” ujar petugas tersebut.

Akhirnya, setelah lima menit di situ, Jupe dan rombongan meninggalkan Dermaga Jamrud. Saat di dalam mobil, salah seorang panitia dari LSM Media, memberitahukan bila Jupe bisa membagi-bagikan kondom di depan Terminal Gapura Surya. Alasannya, tempat tersebut yang jaga adalah Polresta Tanjung Perak (KP3). “Kami sudah izin ke KP3 kemarin, jadi kami bisa kesana,” ujar Ian.

Sebelum sampai di Terminal Gapura Surya, warga yang semula di dermaga Jamrud langsung bergerak ke Gapura Surya. Demikian juga, masyarakat di Gapura Surya juga siap menunggu kedatangan Jupe.

Sesampai di depan pos polisi sebelum masuk Terminal Gapura Surya, dua petugas KP3 menghentikan rombongan. Semula, petugas tersebut dikira akan mengawal mobil Jupe.
Ternyata, ke dua petugas justru mempertanyakan izin kegiatan Jupe dan rombongannya. Karena panitia tidak bisa menunjukkan izin, polisi menyilakan rombongan untuk keluar dari arena tersebut.

“Mohon maaf, kegiatan seperti ini harus izin KP3, Pelindo dan KPLP. Apalagi ada artisnya, kalau tanpa izin lengkap, kami tidak mau bertanggung jawab kalau ada apa-apa,” ujar Aiptu Chundhori, anggota Samapta Polresta Tanjung Perak, yang mencegat Jupe.

Aiptu Chundhori juga menambahkan, tidak bisa melakukan pengawalan pada Jupe, karena tidak mendapatkan surat tugas dari kantornya. “Sekali lagi, silakan keluar dari sini, daripada nanti malah bikin kacau. Lihat, massa sudah banyak dan kami tidak mau, ada masalah di sini,” lanjutnya.

Akhirnya rombongan meninggalkan Pelabuhan Tanjung Perak. Apalagi disela kerumunan massa, sempat ada orang yang mulai mendekat dan menarik tangan Jupe.

Selanjutnya rombongan berhenti di gerbang masuk pelabuhan, tepatnya di perempatan Jl Jakarta-Jl Perak-Jl Prapat Kurung. Di dekat patung kapal laut, Jupe kembali melakukan aksinya memberikan bantuan sejumlah uang kepada LSM Media, untuk mendukung program sosial yang diselenggaranan LSM itu di daerah Pelabuhan.

“Ini merupakan sebagian kecil dari hasil penjualan album Jupe, “Kamasutra”. Walau kecil, semoga bermanfaat,” ungkapnya.

Kepada Surya, Jupe mengaku pembagian kondom di daerah Pelabuhan Tanjung Perak, merupakan aksinya ikut mendukung pencegahan HIV/AIDS. “Jadi saya bagi kondom bukan untuk ngajak lakukan seks bebas, tapi ngajak ngesek dengan cara yang aman. Agar terhindar dari penyakit HIV/AIDS, khususnya bagi mereka yang bekerja dan hidup di lingkungan pelabuhan seperti Tanjung Perak ini,” ungkapnya.

Jupe mengaku tidak kecewa, meski diusir dua petugas keamanan sekaligus. Meski sempat membagi kondom secara singkat, namun Jupe tetap mengaku puas bisa menyapa masyarakat pelabuhan dan kehadirannya bisa memberi hiburan yang tersendiri. “Meski singkat, saya tetap terima kasih,” ujarnya. (Kompas.com/SURYA)

Doni Akhirnya Rebut Satu Poin


Shanghai - Seri keempat GP 250cc musim 2008 memunculkan Mika Kallio sebagai juara. Sementara Doni Tata berhasil mendapat poin pertamanya musim ini meski harus puas berada di urutan 15.

Di Sirkuit Shanghai, Minggu (4/5/2008) siang WIB, Kallio harus menunggu hingga pertengahan balapan untuk bisa memimpin lomba dan akhirnya keluar sebagai juara. Pembalap KTM itu mencatat waktu 48 menit 12,217 detik.

Memulai balapan dari urutan tiga, Kallio bertarung ketat dengan Alvaro Bautista dan Hector Barbera sejak awal balapan. Tetapi baru di lap 11 ia bisa mengambil alih posisi pimpinan race.

Kejutan terjadi di lap delapan ketika Bautista yang ketika itu tengah memimpin cukup jauh di urutan terdepan tiba-tiba tergelincir ketika memasuki tikungan pertama. Pembalap Aprilia itu memang masih bisa melanjutkan balapan, namun posisinya merosot jauh ke peringkat 13.

Posisinya itu pun diambil alih oleh Hector Barbera yang sejak awal balapan sudah setia menguntitnya dari posisi dua. Namun, hal tersebut tak berlangsung lama karena pada lap 11 posisinya tersebut berhasil diambil alih oleh Kallio.

Pada tujuh lap terakhir pesaing Kallio berubah dari Barbera menjadi pembalap asal Jepang, Hiroshi Aoyama. Namun, Hingga akhir balapan posisi pertama milik Kallio tetap tak dapat disalip oleh Aoyama.

Sementara itu Doni Tata berhasil menyelesaikan seri keempat ini dengan cukup baik. Memulai balapan dari posisi ke-21, Doni berhasil mendongkrak posisinya ke posisi 15. Di akhir balapan ia pun tak lagi finis di posisi buncit lagi dan berhak untuk mendapat satu poin.

Catatan waktu Doni di seri keempat ini adalah 49 menit 49,297 detik.

Hasil GP 250cc

1. Mika Kallio (KTM 250) 48:12.217
2. Hiroshi Aoyama (KTM 250) 48:15.455
3. Mattia Pasini (Aprilia Polaris 250) 48:26.028
4. Marco Simoncelli (Gilera Metis) 48:30.691
5. Alex Debon (Aprilia Lotus) 48:33.283
6. Hector Barbera (Aprilia Toth) 48:37.375
7. Yuki Takahashi (Honda Scot 250) 48:42.207
8. Ratthapark Wilairot (Honda Thai) 48:52.088
9. Aleix Espargaro (Aprilia Lotus) 49:00.561
10. Hector Faubel (Aprilia Aspar 250) 49:07.687
11. Roberto Locatelli (Gilera Metis) 49:08.049
12. Alvaro Bautista (Aprilia Aspar 250) 49:12.659
13. Eugene Laverty (Aprilia Blusens 250) 49:12.949
14. Fabrizio Lai (Aprilia Campetella) 49:49.192

15. Doni Tata Pradita (Yamaha Indonesia) 49:49.297

16. Imre Toth (Aprilia Toth) 49:57.235
17. Russel Gomez (Aprilia Blusens 250) 50:25.935
(detiksport.com)

MotoGP : Rossi Taklukan Shanghai


Shanghai - Valentino Rossi akhirnya berhasil menjuarai GP Cina usai bertarung ketat dengan Dani Pedrosa sejak awal race. Pedrosa sendiri akhirnya harus puas finis di posisi dua.

Di Sirkuit Shanghai, Minggu (4/5/2008) siang WIB, race berlangsung seru sejak start dengan Colin Edwards, Casey Stoner, Valentino Rossi, dan Dani Pedrosa bertarung ketat sejak tikungan pertama. Namun pada pertengahan lomba, peta balapan berubah menjadi duel one on one antara Rossi dan Pedrosa.

The Doctor yang memimpin lomba sejak lap keenam akhirnya mampu mempertahankan keunggulannya itu hingga garis finis. Sementara Pedrosa dan Stoner akhirnya harus puas finis di urutan dua dan tiga. Sementara itu rekan setim Rossi, Jorge Lorenzo, finis di posisi empat.

Bagi Rossi ini merupakan kemenangan perdananya musim ini setelah di tiga seri sebelumnya hanya berhasil finis di peringkat lima, dua, dan tiga. Adapun bagi Pedrosa, meski tak berhasil menjurai seri ini, posisinya naik ke peringkat pertama di klasemen pembalap sementara.

Jalannya Balapan

Selepas start Casey Stoner yang berada di posisi tiga langsung melesat ke posisi terdepan. Namun, keunggulannya itu tak berlangsung lama karena Colin Edwards kembali mengambil alih posisinya setelah tikungan pertama.

Di belakang Edwards dan Stoner berturut-turut adalah Valentino Rossi dan Dani Pedrosa. Pertarungan keempat rider tersebut--yang jaraknya saling berdekatan--berlangsung ketat hingga lap kedua. Aksi salip-menyalip pun kemudian berlangsung di antara keempatnya.

Di akhir lap kedua Pedrosa melakukan sebuah manuver untuk menyalip Edwards dan langsung mengambil alih pimpinan lomba. Sementara itu Rossi mengambil alih posisi kedua dengan Edwards dan Stoner berada di belakangnya.

Pada lap keenam pertarungan sengit berlangsung antara Pedrosa dan Rossi. Pada sebuah trek lurus, Rossi akhirnya berhasil menyalip Pedrosa dan mengambil alih pimipinan lomba. namun, perbedaan jarak keduanya tidaklah terlalu jauh, hanya terpaut 0,076 detik.

Sementara itu satu lap kemudian Edwards sempat menyasar sedikit ke luar trek, menyebabkan dirinya disalip beberapa pembalap. Sekembalinya ke lintasan ia berada di posisi tujuh dibelakang Rossi, Pedrosa, Stoner, Nicky Hayden, Andrea Dovizioso, dan Marco Melandri.

Sedangkan Jorge Lorenzo posisinya belum beranjak dari barisan tengah. Pembalap tim Yamaha itu masih berkutat di posisi delapan atau satu peringkat di belakang Edwards. Berada di belakang Lorenzo adalah pembalap milik tim Suzuki, Loris Capirossi.

Lap kesepuluh Pedrosa mencetak fastest lap pertama pada race kali ini sekaligus mengancam posisi Rossi yang masih memimpin lomba dengan perbedaan waktu 0,241 detik.

Pada lap 11 posisi Edwards yang berada di peringkat tujuh naik satu strip ke peringkat enam usai menyalip Hayden. Tepat berada di depannya adalah Dovizioso. Sementara itu Stoner yang masih berada di posisi tiga kini tertinggal delapan detik dari Rossi sang pemimpin lomba.

Lap ke-13 Rossi menorehkan fastest lap atas namanya sendiri. Pembalap asal Italia itu mencetak catatan waktu 1 menit dan 59,6 detik. Sedangkan Pedrosa masih setia membuntutinya dari urutan kedua.

Tiga lap berselang, Lorenzo akhirnya berhasil menyodok naik ke urutan empat dengan melampaui Edwards, Dovizioso, dan Melandri. Sementara itu Stoner yang berada di posisi tiga tertinggal cukup jauh dari dua pembalap terdepan.

Rossi kembali mencetak catatan waktu tercepat di lap 18 dengan torehan lap time 1 menit dan 59,3 detik. Tetapi posisinya tetaplah belum aman karena Pedrosa terus mengancamnya dari urutan kedua kendati gap waktu di antara keduanya melebar menjadi satu detik.

Pada akhirnya Rossi jualah yang memenangi balapan kali ini meninggalkan Pedrosa di posisi dua. Sementara itu finis di posisi tiga adalah Stoner yang diikuti oleh Lorenzo di peringkat empat dan Marco Melandri di peringkat lima.

Hasil Balapan GP Cina

1. Valentino Rossi Yamaha Factory 44:08.061
2. Daniel Pedrosa Honda HRC 44:11.951
3. Casey Stoner Ducati MotoGP 44:23.989
4. Jorge Lorenzo Yamaha Factory 44:30.555
5. Marco Melandri Ducati MotoGP 44:35.018
6. Nicky Hayden Honda HRC 44:36.430
7. Colin Edwards Yamaha Tech3 44:37.841
8. Antonio Elias Ducati d Antin 44:38.286
9. Loris Capirossi Suzuki MotoGP 44:39.501
10. Shinya Nakano Honda Gresini 44:44.030
11. Andrea Dovizioso Honda Scot 44:44.307
12. James Toseland Yamaha Tech3 44:51.252
13. Randy De Puniet Honda LCR 44:51.503
14. John Hopkins Kawasaki Racing 44:53.916
15. Sylvain Guintoli Ducati d Antin 44:54.391
16. Alex De Angelis Honda Gresini 44:58.654
17. Anthony West Kawasaki Racing 45:13.654

(detiksport.com)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini