5 Posting Terbaru

Senin, 05 Mei 2008

MotoGP : Rossi Taklukan Shanghai


Shanghai - Valentino Rossi akhirnya berhasil menjuarai GP Cina usai bertarung ketat dengan Dani Pedrosa sejak awal race. Pedrosa sendiri akhirnya harus puas finis di posisi dua.

Di Sirkuit Shanghai, Minggu (4/5/2008) siang WIB, race berlangsung seru sejak start dengan Colin Edwards, Casey Stoner, Valentino Rossi, dan Dani Pedrosa bertarung ketat sejak tikungan pertama. Namun pada pertengahan lomba, peta balapan berubah menjadi duel one on one antara Rossi dan Pedrosa.

The Doctor yang memimpin lomba sejak lap keenam akhirnya mampu mempertahankan keunggulannya itu hingga garis finis. Sementara Pedrosa dan Stoner akhirnya harus puas finis di urutan dua dan tiga. Sementara itu rekan setim Rossi, Jorge Lorenzo, finis di posisi empat.

Bagi Rossi ini merupakan kemenangan perdananya musim ini setelah di tiga seri sebelumnya hanya berhasil finis di peringkat lima, dua, dan tiga. Adapun bagi Pedrosa, meski tak berhasil menjurai seri ini, posisinya naik ke peringkat pertama di klasemen pembalap sementara.

Jalannya Balapan

Selepas start Casey Stoner yang berada di posisi tiga langsung melesat ke posisi terdepan. Namun, keunggulannya itu tak berlangsung lama karena Colin Edwards kembali mengambil alih posisinya setelah tikungan pertama.

Di belakang Edwards dan Stoner berturut-turut adalah Valentino Rossi dan Dani Pedrosa. Pertarungan keempat rider tersebut--yang jaraknya saling berdekatan--berlangsung ketat hingga lap kedua. Aksi salip-menyalip pun kemudian berlangsung di antara keempatnya.

Di akhir lap kedua Pedrosa melakukan sebuah manuver untuk menyalip Edwards dan langsung mengambil alih pimpinan lomba. Sementara itu Rossi mengambil alih posisi kedua dengan Edwards dan Stoner berada di belakangnya.

Pada lap keenam pertarungan sengit berlangsung antara Pedrosa dan Rossi. Pada sebuah trek lurus, Rossi akhirnya berhasil menyalip Pedrosa dan mengambil alih pimipinan lomba. namun, perbedaan jarak keduanya tidaklah terlalu jauh, hanya terpaut 0,076 detik.

Sementara itu satu lap kemudian Edwards sempat menyasar sedikit ke luar trek, menyebabkan dirinya disalip beberapa pembalap. Sekembalinya ke lintasan ia berada di posisi tujuh dibelakang Rossi, Pedrosa, Stoner, Nicky Hayden, Andrea Dovizioso, dan Marco Melandri.

Sedangkan Jorge Lorenzo posisinya belum beranjak dari barisan tengah. Pembalap tim Yamaha itu masih berkutat di posisi delapan atau satu peringkat di belakang Edwards. Berada di belakang Lorenzo adalah pembalap milik tim Suzuki, Loris Capirossi.

Lap kesepuluh Pedrosa mencetak fastest lap pertama pada race kali ini sekaligus mengancam posisi Rossi yang masih memimpin lomba dengan perbedaan waktu 0,241 detik.

Pada lap 11 posisi Edwards yang berada di peringkat tujuh naik satu strip ke peringkat enam usai menyalip Hayden. Tepat berada di depannya adalah Dovizioso. Sementara itu Stoner yang masih berada di posisi tiga kini tertinggal delapan detik dari Rossi sang pemimpin lomba.

Lap ke-13 Rossi menorehkan fastest lap atas namanya sendiri. Pembalap asal Italia itu mencetak catatan waktu 1 menit dan 59,6 detik. Sedangkan Pedrosa masih setia membuntutinya dari urutan kedua.

Tiga lap berselang, Lorenzo akhirnya berhasil menyodok naik ke urutan empat dengan melampaui Edwards, Dovizioso, dan Melandri. Sementara itu Stoner yang berada di posisi tiga tertinggal cukup jauh dari dua pembalap terdepan.

Rossi kembali mencetak catatan waktu tercepat di lap 18 dengan torehan lap time 1 menit dan 59,3 detik. Tetapi posisinya tetaplah belum aman karena Pedrosa terus mengancamnya dari urutan kedua kendati gap waktu di antara keduanya melebar menjadi satu detik.

Pada akhirnya Rossi jualah yang memenangi balapan kali ini meninggalkan Pedrosa di posisi dua. Sementara itu finis di posisi tiga adalah Stoner yang diikuti oleh Lorenzo di peringkat empat dan Marco Melandri di peringkat lima.

Hasil Balapan GP Cina

1. Valentino Rossi Yamaha Factory 44:08.061
2. Daniel Pedrosa Honda HRC 44:11.951
3. Casey Stoner Ducati MotoGP 44:23.989
4. Jorge Lorenzo Yamaha Factory 44:30.555
5. Marco Melandri Ducati MotoGP 44:35.018
6. Nicky Hayden Honda HRC 44:36.430
7. Colin Edwards Yamaha Tech3 44:37.841
8. Antonio Elias Ducati d Antin 44:38.286
9. Loris Capirossi Suzuki MotoGP 44:39.501
10. Shinya Nakano Honda Gresini 44:44.030
11. Andrea Dovizioso Honda Scot 44:44.307
12. James Toseland Yamaha Tech3 44:51.252
13. Randy De Puniet Honda LCR 44:51.503
14. John Hopkins Kawasaki Racing 44:53.916
15. Sylvain Guintoli Ducati d Antin 44:54.391
16. Alex De Angelis Honda Gresini 44:58.654
17. Anthony West Kawasaki Racing 45:13.654

(detiksport.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini