5 Posting Terbaru

Jumat, 09 Mei 2008

OpenSolaris Sudah Bisa Di-download


JAKARTA, JUMAT - Sun dan OpenSolaris.org akhirnya merilis versi publik pertama dari sistem operasi the OpenSolaris-nya. Rilis yang mengemaskan desktop dan aplikasi GNOME dari Mozilla dan Free Software Foundation tersebut sudah bisa di-download di http://www.opensolaris.com.

OpenSolaris dikembangkan sejak tahun 2005 dan didasarkan pada kernel Solaris. Sebagai sistem file default digunakanlah ZFS milik Sun. ZFS file system ini mendukung storage berkapasitas tinggi, instant rollback dan continual check-summing. Sementara fitur rollback memungkinkan penggunanya untuk kembali ke file system sebelumnya untuk mengambil lagi file-file yang sudah dihapus.

Distro tunggal OpenSolaris ini bisa digunakan untuk desktop, server, dan HPC deployment, dan ditargetkan pada para pengembang dan mereka yang mencari sistem operasi canggih yang gratis dan ingin belajar lebih banyak tentang ZFS, Dtrace, dan teknologi lain.

Sun juga dikabarkan akan merilis versi yang mendukung OpenSolaris. Seperti halnya RedHat dan Novell yang juga mengembangkan sistem operasi open source Linux sendiri, Sun berharap versi gratis dari software OpenSolaris ini akan memicu inovasi dalam platform OpenSolaris yang didukungnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini