5 Posting Terbaru

Senin, 05 Mei 2008

Kronologi Microsoft vs Yahoo


Setelah tiga bulan tak ada titik temu, akhirnya raksasa software Microsoft tidak melanjutkan penawarannya untuk mengakusisi Yahoo. CEO Microsoft Steve Ballmer secara resmi menarik penawaran tersebut melalui suratnya kepada CEO Yahoo Jerry Yang, Sabtu (3/5) waktu setempat.

Berikut kronologi rencana akuisisi salah satu pioner perusahaan internet tersebut.

1 Feb 2008: Setelah dua tahun terdapat pembicaraan-pembicaraan dan spekulasi-spekulasi, Microsoft melakukan penawaran untuk mengakuisisi Yahoo sekitar 44,6 miliar dollar AS atau 31 dollar AS per saham.

3 Feb : Pengacara Google Inc. mengatakan pemeblian itu akan melukai inovasi dunia internet.

4 Feb :
CEO Yahoo Jerry Yang mengatakan pada karyawan Yahoo, bahawa penjualam kepada Microsoft merupakan sebuah opsi.

11 Feb :
Yahoo menolak tawaran Microsoft, dengan mengatakan nilai tawaran itu dibawah nilai dasar merek dan aset perusahaan.

19 Feb :
Chairman Microsoft Bill Gates mengatakan kepada Associated Press, perusahaannya tidak sedang berbicara Yahoo soal kenaikan penawaran. Sementara Yahoo mengeluarkan beberapa rancangan pemisahan bila terjadi akuisisi, sehingga bisa membuat membuat harga Yahoo lebih mahal bagi Microsoft.

5 Maret : Yahoo memperpanjang deadline, mencari waktu untuk menyerang balik dengan sebuah kesepakatan alternatif. Yahoo mengatakan sedang berbicara dengan Google Inc., News Corp.’s MySpace.com dan Time Warner Inc.’s AOL.

10 Maret : Para executive senior bertemu di dekat markas Yahoo di Sunnyvale, California.

18 Maret : Yahoo mengeluarkan perkiraan pendapatan untuk dua tahu kedepan yang optismistic, sebagai langkah menjustify penolakan tawaran.

5 April : CEO Microsoft Steve Ballmer memberikan waktu tiga minggu kepada Yahoo untuk menerima tawaran atau pihaknya kan melakukan pengambilalihan "paksa" yang bisa menyebabkan turunnya harga penawaran.

9 April : Yahoo mengatakan akan mencoba menggunakan mesin pencari iklan Google daripada melakukan tes terbatas sendiri. Dewan Penasihat Microsoft Brad Smith, menyuarakan kekhwatiran akan antitrust.

26 April : Deadline Microsoft sudah habis, namun kedua perusahaan tidak ada komentar

1 Mei
: Ballmer menyatakan kepada karyawan Microsoft bahwa dia tidak akan menaikkan tawaran sedikitpun dari apa yang dia pikir setimpal untuk harga Yahoo dan dia bersedia untuk tidak meneruskan penawaran.

May 3: Microsoft menaikkan tawaran menjadi 33 dollar AS per saham atau menjadi 47,5 miliiar dollar AS, namun Yang mengatakan, direksi tidak akan menerima kurang dari 37 dollar AS per saham. Dan akhirnya Microsoft pun menyerah, dengan tidak meneruskan penawarannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini