5 Posting Terbaru

Kamis, 21 Februari 2008

Barcelona taklukkan Celtic 3-2.


GLASGOW, RABU - Lionel Messi membuktikan dirinya sebagai striker haus gol. Si mungil yang sering disebut-sebut sebagai New Maradona tersebut mencetak dua gol untuk membawa Barcelona menang 3-2 atas Celtic pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (20/2) malam atau Kamis (21/2) dinihari WIB.

Celtic sempat membuat kubu Barca terhenyak ketika striker asal Belanda, Jan Vennegoor of Hesselink, mengoyak jala Victor Valdes pada menit ke-16. Tapi kegembiraan publik tuan rumah hanya bertahan dua meenit karena Messi bisa menyamakan skor di menit ke-18.

Sundulan Barry Robson di menit ke-38 kembali membuat Celtic unggul 2-1 yang bertahan sampai jeda. Tapi di babak kedua, Barca yang kini menempati urutan dua Primera Liga Spanyol bangkit dari keterpurukannya lewat gol penyama kedudukan yang dihasilkan Thierry Henry pada menit ke-52, sebelum Messi mencetak gol keduanya di laga itu pada menit ke-79, sekaligus memastikan kemenangan Barca dengan skor 3-2.

Kemenangan di markas Celtic ini membuat peluang Barca sangat terbuka lebar untuk maju ke babak delapan besar. Pada leg kedua yang akan berlangsung di Nou Camp nanti, The Catalans hanya perlu bermain imbang.

Bahkan, jika kalah dengan skor 0-1 atau 1-2, Barca tetap berhak melaju karena mereka punya modal tiga gol tandang. Tapi berharap imbang apalagi kalah di Nou Camp merupakan sebuah mimpi yang sulit terwujud, karena Messi dkk pasti tak ingin hal itu terjadi.

Celtic mengawali laga di markasnya ini dengan meyakinkan karena mereka hanya perlu waktu 16 menit untuk unggul lewat sundulan Jan Vennegoor saat menerima umpan silang Lee Naylor. Tapi Barca langsung meresponsnya dengan gol balasan Messi saat meneruskan umpan terobosan Deco. Bola sontekan kaki kanan striker asal Argentina itu tak bisa dihalau kiper Artur Boruc.

Tujuh menit menjelang jeda, publik tuan rumah kembali bersorak kegirangan. Bola sundulan Robson tak bisa diantisipasi Valdes yang sudah out of position karena terlalu jauh dari garis gawang. Alhasil, laju bola yang membentuk parabola tak bisa dihalau dan bergulir ke dalam gawang.

Di babak kedua, Barca yang tiga tahun lalu menjadi juara Liga Champions ini berusaha meningkatkan serangan. Kerja keras tim besutan Frank Rijkaard itu membuahkan hasil lewat gol spektakuler Henry pada menit ke-52.

Setelah menerima umpan terobosan dari Ronaldinho, Henry melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti. Dari sektor kanan pertahanan Celtic,dia melepaskan tendangan melengkung dan bola bersarang di pojok kiri atas gawang Celtic.

Skor imbang ini semakin meningkatkan semangat para pemain Barca. Di menit ke-79, Messi kembali memaksa Boruc memungut bola dari dalam gawangnya setelah dia memaksimalkan kesalahan pemain belakang Celtic yang terlalu berani memainkan bola di dalam kotak penaltiKompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini