5 Posting Terbaru

Kamis, 10 Mei 2012

Foto Puing-Puing Sukhoi Super Jet 100 yang Jatuh di Gunung Salak

Tim SAR sudah sampai ke lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 di tebing puncak Gunung Salak, Bogor. Badan pesawat hancur berkeping-keping menjadi banyak bagian. Salah satu puing pesawat yang berukuran besar adalah bagian sayap. 


Lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Super Jet 100 di Gunung Salak, Bogor (gbr : seruu.com)


Foto sayap Sukhoi Superjet 100

Foto sayap Sukhoi Superjet 100 ini sudah beredar melalui berbagai saluran digital. Dalam foto itu, terlihat sayap pesawat berwarna putih itu tampak porak-poranda dan terjatuh di lahan yang dipenuhi pepohonan. Di beberapa bagian tampak gosong.

Sejumlah anggota Tim SAR tampak berada di dekat sayap pesawat yang luluh lantak tersebut. Tampak juga seorang warga Rusia yang ikut bersam Tim SAR dan melihat-lihat sayap pesawat itu.

Belum diketahui siapa pihak yang memotret foto tersebut. Yang jelas, perwakilan PT Trimarga Rekatama, Marsekal Muda (Purn) Sunaryo membenarkan bahwa foto tersebut merupakan foto sayap pesawat Sukhoi yang jatuh di tebing gunung Salak. "Ya benar, foto itu memang serpihan sayap pesawat Sukhoi," kata Sunaryo saat dihubungi detikcom pukul 13.30 WIB, Kamis (10/5/2012).

Menurut Sunaryo, sebagian tim SAR memang sudah berada di lokasi jatuhnya pesawat. Di lokasi itu, serpihan-serpihan pesawat memang banyak tersebar di banyak tempat.

Pesawat Sukhoi naas ini take off dari bandara Halim Perdanakusuma pukul 14.12 WIB, Rabu (10/5/2012). Pesawat itu terbang dalam rangka joy flight ke Pelabuhan Ratu melalui Gunung Salak. Ada 45 kru dan penumpang pesawat tersebut.


Sumber : http://news.detik.com/




Timsar Gabungan Tiba Dilokasi Jatuhnya Pesawat 

Tim SAR gabungan akhirnya mencapai lokasi puing pesawat Sukhoi Superjet 100 pada Kamis (10/5/2012) siang sekitar pukul 13.15 WIB. Di lokasi temuan puing itu, tim menemukan korban tewas yang diduga merupakan penumpang pesawat nahas itu. Hal ini diungkapkan Humas Basarnas, Gagah Prakoso, Kamis (10/5/2012), di Bandar Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.
"Tim sudah sampai ke sana, dan sudah masuk. Jenazah korban ada di situ," ucap Gagah.
Namun, Gagah masih belum bisa memastikan jumlah korban yang ditemukan tim dari jalur darat. "Kalau soal jumlah kami harus hati-hati, karena manifesto saja berubah-ubah. Apalagi ini, kami harus hitung dan kemudian cocokan dulu dengan tim DVI dan pihak keluarga," ujarnya.

Gagah menjelaskan bahwa posisi ditemukannya jenazah korban tak jauh dari lokasi awal ditemukannya puing pesawat, yakni di kawasan Cidahu, Kebupaten Bogor, Jawa Barat. "Kondisinya saya tidak bisa bilang. Tapi pesawat jet dengan kecepatan tinggi menghantam tebing, meledak, dan hancur," kata Gagah.

Di lokasi itu, Gagah mengakui timnya juga masih belum menemukan korban yang selamat. "Belum ditemukan, tapi kami masih terus cari," katanya.
Saat ini, tim masih menunggu kesiapan helipad untuk melakukan proses evakuasi. Sebelumnya, pesawat Sukhoi Superjet 100 dengan nomor penerbangan RA36801 hilang kontak pada koordinat 06° 43' 08" Lintang Selatan dan 106° 43' 15" Bujur Timur. Koordinat itu diperkirakan dekat Cidahu, Gunung Salak.

Penerbangan yang dilakukan pesawat milik Rusia tersebut merupakan bagian dari demonstrasi penerbangan yang diselenggarakan oleh PT Trimarga Rekatama. Perusahaan tersebut merupakan agen yang memperkenalkan pesawat Sukhoi kepada perusahaan penerbangan di Indonesia.

Pesawat tersebut melakukan penerbangan sebanyak dua kali. Penerbangan pertama dari Halim Perdanakusuma menuju Pelabuhan Ratu pukul 12.00 WIB dengan penumpang pebisnis di bidang penerbangan. Setelah terbang sekitar 35 hingga 45 menit, pesawat pun kembali ke Halim Perdana Kusuma dalam kondisi selamat.
Penerbangan kedua dilakukan pukul 14.12 WIB dengan mengangkut hampir 45 orang. Delapan orang di antaranya merupakan awak pesawat warga Rusia. Penumpang lainnya dari media massa dan utusan perusahaan di bidang penerbangan. 

Sumber : http://megapolitan.kompas.com/




Foto Upaya Pencarian Pesawat Sukhoi Super Jet 100 Oleh Tim Gaungan







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini