5 Posting Terbaru

Selasa, 29 Mei 2012

Jengkis : Kue Unik Berbahan Jengkol..!!

Makanan dari jengkol....?? bau... ya itu sepintas ingatan yang terbersit dikepala kita, tapi tunggu dulu sekarang ternyata ada kue yang terbuat dari jengkol. Adalah Jengkies singkatan dari Jengkol Cookies. Kue kering berbahan utama jengkol ini merupakan inovasi yang dilakukan J & C Cookies. “Awalnya dari Pak Dedi yang suka jengkol tapi malu untuk makan,” terang Corporate Secretary J & C Lucky D. Aria saat  ditemui di kantornya.

Kengkis Kemasan Mini


Membuat Jengkis banyak tantangannya karena harus berulang kali melakukan percobaan untuk menentukan campuran bahan dan bentuk yang pas. Lucky menyebutkan tim produksi telah melakukan sepuluh kali percobaan hingga menemukan rasa dan bentuk pas seperti sekarang. “Ternyata rasa pedas lebih pas untuk campuran kue jengkol ini,” ujar Lucky. Dalam pembuatannya, jengkol direbus terlebih dahulu kemudian diparut. Setelah diparut, jengkol disangrai hingga kering. Kemudian dicampurkan dengan bahan-bahan kue kering lainnya.

Toko J&C di Bojongkoneng, Bandung
Jengkis pertama kali dipasarkan bulan Juni lalu. Respon masyarakat terhadap Jengkis sangat baik. Ini terlihat dari larisnya Jengkis sejak pertama kali dipasarkan. “Paling banyak peminatnya di pulau Sumatera dan Malaysia,” jelas Lucky. Namun, di daerah Jawa Jengkis menjadi kue kering yang minoritas karena tidak semua menyukai jengkol.


Tempat Produksi/Dapur J&C  Tepat di seberang tokonya
Jengkis dibanderol dengan harga Rp12.500,- per pack berisi 12. Selain menjadi cemilan, Jengkis juga bisa menjadi lauk untuk dimakan bersama nasi. “Uniknya, ada pelanggan yang rutin membeli Jengkis untuk dimakan bersama nasi,” ucap Lucky. (Cecep/Citra/Rio)




Sumber :  Amazing Bandung
Gambar : kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini