5 Posting Terbaru

Jumat, 01 Juni 2012

Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

       
Sadar kalau kerja didepan komputer memang kurang sehat. akan tetapi hal tersebut bisa diperparah jika kita tidak olahraga. profesi terkadang memang menuntut kita untuk terus didepan komputer :(. Aku sendiri jujur jarang olahraga, sebulan paling cuma 3kali kalau lagi malas2’a.huhu. berikut sedikit info tentang manfaat olahraga. semoga bisa termotivasi. 
 
      Rajin olahraga tentunya bisa membantu turunkan berat badan, mendapatkan tubuh yang indah serta menjaga kebugaran. Tapi tak hanya sampai di situ, banyak keuntungan lain yang bisa kita dapat dengan berolahraga. berikut 12 manfaat yang saya kutip dari beberapa sumber: 

1. Jantung Lebih Sehat
Olahraga memacu jantung untuk memompa, sehingga membuatnya lebih kuat dan sehat. Latihan secara rutin bisa menghindarkan Anda dari penyakit jantung dan serangan jantung mendadak. 


2. Meningkatkan Performa Kerja Otak
Kegiatan olahraga mampu meningkatkan pasokan oksigen dalam tubuh, memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh terutama aliran darah ke otak. Hal ini dipercaya bisa meningkatkan kinerja otak lebih baik. Manfaat olahraga yang satu ini tentu sangat membantu kita dalam belajar ataupun bekerja. Tidak hanya itu, kita akan menjadi lebih kreatif dan mampu meningkatkan konsentrasi otak. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan kaitan antara olahraga rutin dan peningkatan produktivitas kerja. Menurut para ilmuwan, olahraga membuat pikiran lebih jernih serta menambah produksi hormon endorphin yang membantu Anda bersemangat untuk mengerjakan tugas kantor tambahan. 

3. Tulang Lebih Kuat
Latihan angkat beban wajib dilakukan jika Anda ingin memiliki tulang yang sehat dan kuat. Angkat bisa membantu melawan osteoporosis dan menambah massa otot. diimbangi sama sumber vitamin dan kalsium juga yya. 


4. Wajah Lebih Bening
Olahraga meningkatkan peredaran darah ke wajah dan menyingkirkan kotoran melalui keringat, sehingga membantu mengurangi jerawat serta membuat kulit lebih jernih. Tapi jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah dengan cleansing foam setiap selesai olahraga agar keringat dan kotoran tak mengendap terlalu lama di kulit. 

5. Lebih Berenergi
Orang yang rutin berolahraga lebih jarang mengalami kelelahan dalam aktivitas hariannya, karena olahraga merupakan pembangkit energi yang alami. 

6. Tidur Berkualitas
Olahraga minimal tiga hingga lima kali seminggu telah terbukti membantu seseorang tidur lebih nyenyak. Alasan pertama, olahraga membuat napas teratur. Kedua, tubuh akan menjadi lelah setelah olahraga sehingga tubuh akan tidur lebih nyenyak untuk memulihkan tenaga. 

7.  Meningkatkan daya tahan tubuhMelakukan olahraga secara teratur bisa mempengaruhi beberapa hormon yang ada di dalam tubuh. Misalnya adrenalin atau serotonin, dimana kedua hormon ini termasuk hormon yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita. Jadi bisa kita bayangkan, bila daya tahan tubuh kita meningkat, tentu tubuh pun akan terhindar dari berbagai penyakit ringan seperti flu atau batuk. Tapi jangan olahraga secara berlebihan karena justru bisa membuat sakit. 

8. Mengurangi Gejala PMS
Olahraga bisa membantu mengurangi gejala PMS seperti kram perut, nyeri dan mood yang tidak stabil. 

9. Mood yang Lebih Baik
Meskipun melelahkan, Anda akan merasa lebih cantik dan bahagia setelah berpeluh keringat karena olahraga. Itu karena otak melepaskan endorphin saat latihan yang bisa meningkatkan mood selama beberapa jam bahkan berhari-hari setelah olahraga. Saat tubuh lebih kuat dan sehat, Anda pun jadi lebih percaya diri dan positif. 

10. Mengurangi Stress
Olahraga terbukti cukup mampu mengurangi stres yang bisa kita alami kapan saja. Olahraga bisa meregangkan otot-otot, membuat tubuh dan otak kita akan terasa segar. Hal ini tentu dapat mengurangi stres yang kita alami.
11. Membakar lemak

Bagi Anda yang sedang ingin melakukan diet, manfaat olahraga yang satu ini bisa Anda buktikan sendiri. Olahraga adalah aktivitas yang sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin bagi Anda yang ingin melangsingkan tubuh. Gerakan-gerakan tubuh saat berolahraga akan mampu membakar lemak dalam tubuh.

12. Metabolisme tubuh meningkat dan menurunkan resiko penyakit


Selain meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi resiko terkena penyakit yang bisa disebabkan oleh virus atau bakteri, rutin berolahraga juga mampu meningkatkan kinerja metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Manfaat olahraga yang satu ini tentu sangat menguntungkan, kita akan terhindar dari resiko terkena penyakit seperti kanker usus, mampu menurunkan kolesterol yang bisa menyebabkan penyakit jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi resiko penyakit hati, ginjal ataupun sembelit.13. Menunda proses penuaan

Ketika usia bertambah tua, akan nampak perubahan pada tubuh seperti kerutan kulit misalnya. Kulit keriput disebabkan sel-sel kulit telah tua dan tidak memperbaharui diri. Melakukan kegiatan olahraga akan merangsang produktivitas sel-sel baru pada kulit sehingga kulit akan tampak kencang dan cerah tanpa kerutan.

        Itu adalah beberapa manfaat olahraga bagi kita yang bisa meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh. Anda sangat dianjurkan melakukan olahraga selama 30 menit sehari secara rutin. Tak perlu membeli alat bantu olahraga yang mahal, Anda cukup lari pagi, melakukan gerakan senam ringan atau bahkan melakukan pekerjaan rumah yang cukup menguras tenaga, itu sudah akan membantu otot-otot Anda agar tidak kaku. 

sumber: http://ihsansaidi.blogspot.com/2012/04/13-manfaat-olahraga-bagi-tubuh.html

3 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini