add

5 Posting Terbaru

Selasa, 18 Desember 2012

Hari Ini, KNKT Umumkan Penyebab Jatuhnya Sukhoi

Hari ini Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan melaporkan hasil investigasi penyebab jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet (SSJ) 100, pada pukul 11.00 WIB, Selasa (18/12/2012), di kantor KNKT, Jakarta Pusat. Pesawat jet berpenumpang ini jatuh di sekitar pegunungan Salak, Bogor, Jawa Barat.

Sukhoi Superjet 100
Sukhoi Superjet 100 yang digunakan Aeroflot.
foto : kompas.com

Seperti diketahui, pesawat SSJ 100 tersebut hilang saat melakukan demo terbang dari Bandar Udara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Rabu (9/5/2012) siang. Demo terbang tersebut menjadi bagian dari tur promosi pesawat penumpang terbaru buatan pabrikan pesawat Sukhoi dari Rusia ke beberapa negara Asia.

Pesawat berbadan besar itu dijadwalkan melakukan dua kali penerbangan. Setelah selamat pada penerbangan pertama, pesawat kemudian tinggal landas untuk penerbangan kedua sekitar pukul 14.12. Pesawat dijadwalkan terbang ke arah kawasan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, kemudian memutar kembali ke Bandara Halim Perdanakusumah.


Setelah 21 menit tinggal landas, pesawat itu tiba-tiba hilang dari radar. Kontak terakhir terjadi saat pilot meminta izin ke menara pengendali lalu lintas udara untuk menurunkan ketinggian pesawat dari 10.000 kaki (3.048 meter) ke 6.000 kaki (1.829 meter). Belum jelas apa yang menyebabkan pilot meminta perubahan ketinggian saat pesawat sedang berada di kawasan pegunungan. Sebab, terbang dengan ketinggian 1.829 meter di dekat Gunung Salak yang berketinggian 2.211 meter masuk dalam kategori terbang rendah.

Dalam penerbangan kedua ini, data penumpang dalam pesawat masih belum pasti. Ada yang mengatakan pesawat membawa 50 orang, yang terdiri dari 8 awak pesawat asal Rusia dan 42 penumpang undangan. Ada juga yang menyebut 48 orang. Para penumpang terdiri dari pejabat maskapai penerbangan Indonesia, perwakilan industri dirgantara, dan empat wartawan. Pesawat SSJ 100 ini berada di Indonesia untuk melakukan tes terbang. Pesawat berpenumpang ini sedang ditawarkan ke maskapai penerbangan di Indonesia. 



SUmber : Kompas

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini