5 Posting Terbaru

Selasa, 04 Maret 2008

India Luncurkan Mobil Termurah Dunia


PERUSAHAAN otomotif India Tata Motors meluncurkan mobil termurah di dunia yang dinama Tata Nano, belum lama ini. Kendaraan bermotor itu juga dijuluki Mobil Rakyat. Harganya hanya seratus ribu rupee, atau sekitar 2.500 dolar (sekitar Rp 23 juta).

Mobil empat pintu untuk lima orang ini dilengkapi dengan mesin 624cc di belakang. Mobil buatan Tata ini tidak memiliki AC atau jendela bertenaga listrik dan tanpa power. Namun, mobil ini juga akan diproduksi dalam model mewah.

Peluncuran mobil ini berlangsung sementara pasar mobil domestik India diperkirakan akan berkembang pesat dalam tahuntahun ke depan menyusul pertumbuhan ekonomi India yang pesat diiringi kemakmuran konsumen yang meningkat.

Nilai penjualan mobil di India diperkirakan meningkat empat kali lupat menjadi $145 miliar menjelang tahun 2016. Dilaporkan, mobil ini berpotensi menjadi bibit revolusi di bidang otomotif. Namun perkembangan ini membuat kalangan pembela lingkungan akan berekasi keras karena akan bertambah kepadatan lalulintas dan juga polusi.

Orang di belakangn proyek ini, Ratan Tata, mengatakan ia berharap mobil termurah di dunia itu akan membuat kehidupan lebih aman bagi keluarga-keluarga India yang saat ini masih banyak menggunakan sepeda motor, yang membuat kaki para penumpangnya berayun ke mana-mana.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini