5 Posting Terbaru

Kamis, 01 November 2012

Tips Agar Tidur Berkualitas

Buat orang-orang yang super sibuk, tidur bisa dibilang sebagai kemewahan saking sulitnya mengalokasikan waktu untuk berisitirahat. Masalah yang sama juga dialami penderita insomnia karena tidurnya kurang lama atau kurang berkualitas. Jika dibiarkan, gangguan yang awalnya sepele ini bisa berakibat serius.

Tips Agar Tidur Berkualitas
Ilustrasi (dok: Thinkstock)

Menurut
dr Rimawati Tedjasukmana, SpS, RPSGT pakar kesehatan tidur RS Medistra Jakarta "Orang yang mengalami insomnia akan kurang tidur dan mengalami proses inflamasi atau peradangan yang bisa menyebabkan gangguan di pembuluh darah, sehingga jantung jadi bisa terganggu atau menimbulkan penyakit. Pada insomnia penderita, angka kesakitannya lebih tinggi seperti mengalami jantung atau demensia,".

Dengan mengenali penyebabnya, insomnia akan lebih mudah diatasi. Gangguan tidur ini umumnya disebabkan karena kecemasan atau beban pikiran, bekerja sampai larut malam, kondisi tempat tidur yang kurang nyaman, hingga kebiasaan memakai peralatan elektronik atau gadget sebelum tidur.


Selain itu, hal-hal yang seringkali sepele namun banyak dilakukan juga dapat memicu insomnia. Misalnya kebiasaan berolahraga di malam hari beberapa saat sebelum tidur. Dengan alasan kesibukan, banyak orang di perkotaan yang baru sempat berolah raga di malam hari.

"Padahal jarak waktu selesai berolah raga dan tidur yang ideal adalah 3 jam. Dengan berolah raga memang tubuh akan terasa capek, tetapi adrenalin akan meningkat. Adrenalin akan membuat kita lebih terjaga. Akibatnya walaupun badan terasa lelah, otak seolah tak mau berhenti beristirahat," kata kata dr. Andreas Prasadja, RPSGT, pakar kesehatan tidur serta konsultan Sleep Disorder Clinic RS Mitra Kemayoran

Agar dapat tidur nyenyak, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yaitu:

  • Lakukan relaksasi sebelum tidur. Jangan sibuk memikirkan pekerjaan atau mengomel dengan pasangan. Tubuh perlu waktu untuk relaksasi dan ketenangan sebelum tidur. 
  • Jangan olahraga malam hari. Jarak antara tidur dan olahraga setidaknya harus 3 jam.
  • Jangan minum kafein sore hari karena efek kafein bisa bertahan hingga 9-12 jam.
  • Jangan tidur dalam keadaan kekenyangan atau kelaparan. Jarak antara makan besar dan tidur adalah 2 jam. Tapi kalau ngemil boleh-boleh saja.
  • Matikan gadget sebelum ke tempat tidur. Jangan menggunakan gadget di tempat tidur.
  • Lakukan aktivitas yang merangsang tidur seperti mendengarkan musik atau membaca buku.
  • Jangan sembarangan mengonsumsi obat tidur. Sebaiknya cari penyebabnya mengapa bisa mengalami insomnia berkepanjangan.
  • Jika sudah insomnia dan sudah minum obat, sebaiknya berusaha untuk mengurangi dosis obat dengan menggunakan bantuan dokter. 
  • Jika gangguan sulit tidur ini sudah mengganggu dan berlangsung lebih dari 2 minggu, konsultasikan dengan dokter.


Sumber : Detik Health

1 komentar:

  1. terimakasi unutk tipsnyaa gan.. :)
    untungnya saya tidak menderita insomnia malahan saya paling cepat tidur.. hehe

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini