5 Posting Terbaru

Senin, 09 Juni 2008

Alat Penghemat Listrik (KIEE)


Harga : Rp. 180.000

KIEE merupakan alat elektronika yang memiliki kemampuan untuk menstabilkan dan menghemat pemakaian listrik. Desain dan spesifikasi KIEE telah dirancang sedemikian rupa supaya bisa dipakai dan digunakan oleh masyarakat umum. kehadiran KIEE memberikan nilai positif bagi program pemerintah dalam penghematan energi.

Pembuatan KIEE menggunakan teknologi Jerman dengan kualitas yang terbaik. Melalui penelitian yang cukup lama, yang disertai experimen – eksperimen secara konsisten untuk mencapai nilai penghematan yang maksimal, KIEE hadir sebagai alat penghemat listrik yang relatif lebih berkualitas dari alat - alat penghemat listrik lainnya.
KIEE adalah alat sejenis Kapasitor ( sudah digunakan dilingkungan industri yaitu Kapasitor Bank ) yang jika dihubungkan pada jaringan listrik pelanggan PLN dapat menghemat biaya pembayaran tagihan listrik kepada pihak PLN.

Daya pada listrik bolak-balik (AC) memiliki dua buah komponen yaitu daya aktif (P) dan daya reaktif (Q). Resultan antara keduanya disebut sebagai daya nyata (S) yang merupakan daya yang dirasakan oleh PLN sebagai pemasok daya.
Daya reaktif (Q) dapat terjadi karena induktansi atau kapasitansi. Induktansi diakibatkan oleh komponen induktor. Sedangkan kapasitansi diakibatkan oleh komponen kapasitor. Sifat induktansi dan kapasitansi ini saling berlawanan.
Daya aktif (P) adalah daya sebenarnya yang dibutuhkan oleh beban. tetapi daya yang perlu dipasok oleh PLN adalah daya nyata (S). Untuk meminimalkan daya yang perlu dipasok PLN, maka sebisa mungkin daya reaktif (Q) harus dieliminasi. Jika beban bersifat induktif, maka perlu ditambahkan kapasitor, dan jika beban bersifat kapasitif, maka perlu ditambahkan induktor sedemikian sehingga daya reaktif (Q) mendekati nol. Karena beban pada lingkungan perumahan sebagian besar bersifat induktif, maka penambahan kapasitor adalah cara yang tepat untuk menghemat energi. Dengan demikian pihak PLN akan sangat terbantu dengan penghematan tersebut.

Selain dapat menurunkan daya nyata ( S ) dari faktor penurunan daya reaktif ( Q ), KIEE mampu mendeteksi keberadaan arus loss ( arus listrik terbuang ) yang dapat menimbulkan daya semu. Lampu neon dan Peralatan elektronik rumah tangga yang bersifat induktif cenderung menghasilkan arus loss yang terbaca oleh meteran listrik sebagai arus terpakai. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa meteran menghitung jumlah Daya terpakai dengan rumus berikut :


Daya ( P ) = Tegangan ( E ) x Arus ( I )
Satuan :
* Daya = Watt ( W ); * Tegangan = Volt ( V ); * Arus = Ampere ( A )


Dengan demikian pelanggan akan dirugikan dengan kondisi tersebut, karena semakin besar arus listrik loss yang terbaca maka akan semakin besar pula jumlah daya terpakai. Setelah menggunakan KIEE, arus loss tersebut akan dieleminasi dan tidak akan dianggap arus nyata oleh meteran. Sehingga KIEE mampu mereduksi daya semu karena arus yang terbaca adalah arus yang sebenarnya terpakai.
Dengan direduksinya daya semu, tentunya biaya tagihan listrik yang muncul akan lebih kecil daripada sebelum daya semu tersebut direduksi. Ketika daya semu berhasil direduksi maka kapasitas daya pada jaringan listrik akan maksimal. Selain itu arus yang dialirkan pada peralatan elektronik akan disesuaikan dengan kebutuhan sehingga mencegah arus listrik berlebihan. Dengan adanya kesesuaian arus listrik yang dialirkan, maka peralatan elektronik akan lebih awet.

KIEE juga telah dilengkapi fasilitas untuk menampung arus secara proporsional yang dapat digunakan untuk catu daya tarikan awal ketika ada peralatan elektronik diaktifkan. Dengan demikian secara otomatis tarikan arus yang besar bisa di-recovery oleh KIEE, terutama ketika tarikan awal melebihi daya yang tersedia di MCB. Fasilitas tersebut dapat mencegah anjloknya MCB.

Dari beberapa cara kerja yang telah dideskripsikan sebelumnya, maka dapat didefinisikan manfaat – manfaat KIEE sebagai berikut :
Menghemat listrik dari arus loss ( Induksi ) pemakaian listrik pada peralatan yang menggunakan induktor sampai dengan 35 %
Membantu kestabilan arus listrik pada installasi rumah
Masa pakai peralatan elektronika lebih awet
Mengurangi seringnya anjlok ( turun / off ) MCB
Menahan hentakan awal pada pengaktifan peralatan listrik

Anda Berminat Silahkan hubungi : 085220197001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini