5 Posting Terbaru

Kamis, 10 April 2008

Barca ke Semifinal

Barcelona - Sempat dibuat kesulitan di awal laga, Barcelona akhirnya memastikan satu tempat di babak semifinal Liga Champions. Gol Yaya Toure mengantar Tim Catalan menundukkan Schalke 04 dengan skor 1-0.

Kemenangan ini membuat Barca secara agregat unggul 2-0 setelah pada leg pertama lalu juga menang dengan skor 1-0. Di semifinal, pasukan Frank Rijkaard menghadapi kandidat kuat juara, Manchester United yang pada laga lain menundukkan AS Roma 1-0 (agregat 3-0).

Meski gagak ke semifinal, Schalke 04 mungkin tak layak kecewa. Berstatus tak diunggulkan The Royal Blues mampu berada di kelompok delapan klub terbaik Benua Biru.

Jalannya Pertandingan

Memainkan laga di kandangnya sendiri, Estadio Nou Camp, Kamis (10/4/2008), Barcelona justru memulai pertandingan dengan kurang meyakinkan. Dalam tempo tujuh menit dan dua kali Halil Altintop memaksa pendukung tuan rumah menahan napasnya. .

Setelah tandukannya masih menyamping dari sasaran, peluang kedua striker Turki itu membuat Victor Valdes kalang kabut. Arah bola yang disepak Altintop dari luar kotak penalti memang mampu dibaca Valdes, namun si kulit bundar tetap mengarah ke dalam gawang meski sudah sempat diblok, yang membuat kiper Spanyol itu kalang kabut mengamankan gawangnya.

Di menit 11 gantian Barca menebar ancaman. Lewat kerjasama khasnya, Xavi Hernandes terlepas dari kawalan untuk berhadapan satu laan satu dengan Manuel Neuer. Tapi insiden ini tak mengubah skor karena sepakan Xavi diantisipasi dengan sangat baik oleh kiper 22 tahun itu.

Adalah Schalke yang kembali mendominasi pertandingan di menit-menit selanjutnya. Setelah tendangan Jermaine Jones cuma menyamping dari sasaran, Altintop lagi-lagi membuang kesempatan saat dia gagal memotong bola yang melintas di muka gawang.

Meski belum mampu menguasai permainan, Barca sempat memiliki dua peluang melalui eksekusi tendangan bebas. Setelah sepakan Bojan Krkic mengarah tepat ke Neuer, free kick Xavi dari pinggir kotak penalti melayang jauh dari sasaran.

Dari sedikit peluang yang dimiliki itu Barca kemudian malah mampu menciptakan gol. Di awali kemelut di muka gawang Schalke, sontekan Yaya Toure menyerobot bola liar di kotak penalti mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Paruh kedua pertandingan baru berjalan empat menit saat Barca berpeluang memperbesar keunggulan. Namun bola yang dibelokkan Henry setelah menerima umpan dari Abidal masih melayang jauh di atas mistar gawang.

Selanjutnya tensi pertandingan berangsung meningkat dengan banyak tekel keras dilancarkan kedua kubu. Meski peluangnya terhitung sangat kecil, Schalke jelas terlihat tak mau menerima begitu saja kembali dikalahkan Barca.

Tapi tak seperti babak pertama, peluang yang dimiliki skuad besutan Mirko Slomka justru menurun. Sementara Barca mesti tak juga menunjukkan penampilan terbaiknya perlahan mampu mengendalikan permainan.

Sepuluh menit sebelum bubaran Henry memiliki peluang menambah jumlah golnya di Liga Champions yang saat ini sudah berjumlah tiga. Tapi untuk kali kesekian "King Henry" gagal memaksimalkan kesempatan yang dimilikinya.


Susunan Pemain
Barcelona: 1-Victor Valdes; 11-Gianluca Zambrotta, 5-Carles Puyol, 21-Lilian Thuram, 22-Eric Abidal; 6-Xavi, 24-Yaya Toure (Marquez '81), 8-Andres Iniesta; 9-Samuel Eto’o, 27-Bojan Krkic (Giovanni '73), 14-Thierry Henry (Gudjhonsen '90).

Schalke 04: 1-Manuel Neuer; 18-Rafinha (Larsen '77), 5-Marcelo Bordon, 20-Mladen Krstajic, 2-Heiko Westermann; 13-Jermaine Jones, 8-Fabian Ernst, 3-Levan Kobiashvili (Grossmuller '32) 22-Kevin Kuranyi, 19-Halil Altintop, 14-Gerald Asamoah (Sanchez '69)
(din/arp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini