add

5 Posting Terbaru

Kamis, 27 Desember 2012

Makanan yang terbukti ampuh melawan flu

Sup ayam hangat paling nikmat dimakan saat kepala pusing, hidung tersumbat, dan tenggorokan sakit. Namun ternyata berbagai penelitian membuktikan kalau sup ayam bukan cuma makanan pembuat nyaman, melainkan ampuh melawan flu yang diderita seseorang.



Seperti yang dilansir dari Daily Mail, peneliti dari American Journal of Therapeutics tepatnya menyebutkan kalau senyawa dalam sup ayam bernama carnosine mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk memerangi gejala flu.

Namun peneliti menegaskan kalau khasiat tersebut berakhir ketika sup dikeluarkan dari tubuh. Maka dari itu penderita flu harus mengonsumsi sup ayam secara rutin.

Sekitar sepuluh tahun yang lalu, Dr Stephen Rennard dari University of Nebraska Medical Center, Omaha, juga penasaran kenapa sup ayam buatan istrinya bisa membuat flu yang dideritanya cepat reda.


Dr Rennard pun mengambil darah responden dan membuktikan kalau sup menghambat pergerakan sel darah putih bernama neutrophils yang mendukung infeksi saat sakit flu. Namun sayangnya ia tidak mampu menemukan komposisi sup yang benar-benar efektif melawan flu.

Penelitian lain dari Miami pun mendukung penemuan itu dan menganggap sup ayam bukan cuma memberi efek plasebo pada penderita flu. Sebab melalui penelitian yang melibatkan 15 responden, mereka yang menikmati sup ayam memang lebih cepat mengalami penyembuhan dari sakit flu.

Sup ayam tentunya bekerja lebih baik daripada penderita flu yang cuma mengonsumsi air dingin maupun air panas. Sebab efeknya mampu meningkatkan pergerakan lendir dalam hidung.

Belum cukup sampai di situ, peneliti dari University of Nebraska menemukan kalau kombinasi sayur dan ayam pada sup mampu mengurangi peradangan saluran pernapasan yang membuat tubuh terasa lebih nyaman. Dengan kata lain, seluruh nutrisi dalam sup ayam bekerja secara kompleks untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Namun sebenarnya bahan-bahan sup ayam itu sendiri memang penuh nutrisi. Sebut saja ayam, bawang, kentang, wortel, seledri, peterseli, garam, dan merica bubuk.

Selain sup ayam, gejala flu juga bisa diredakan dengan mengonsumsi teh herbal, minuman dan makanan hangat lain yang bergizi. Kunci utamanya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan flu yang dialami.



Sumber : Merdeka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini