add

5 Posting Terbaru

Minggu, 09 September 2012

7 Makanan yang Memiliki Manfaat Penyembuhan

Seseorang yang sering jatuh sakit, mungkin perlu memperhatikan apa saja makanan yang disantapnya setiap hari. Beberapa macam makanan diketahui dapat membantu tubuh dalam melawan masalah kesehatan, sehingga Anda perlu mencobanya agar tidak mudah sakit.

Makanan yang Memiliki Manfaat Penyembuhan
Makanan yang Memiliki Manfaat Penyembuhan


Berikut 7 macam makanan yang dapat memberi efek penyembuhan terhadap berbagai masalah kesehatan, seperti dilansir healthline, Minggu (9/9/12) antara lain:


1. Bayam: Menyembuhkan kelesuan

Bayam serta sayuran hijau lain seperti kubis, daun peterseli, dan kacang hijau memiliki efek penyembuhan karena mengandung yodium yang penting untuk kelenjar tiroid. Kadar tiroid yang rendah dapat menyebabkan kelesuan, kenaikan berat badan, dan gangguan suasana hati.

Selain itu, bayam juga kaya akan kalsium, magnesium, dan potasium yang diperlukan tubuh untuk menjaga kelenjar tiroid tetap sehat. Tetapi konsumsi yodium yang berlebihan juga bisa menimbulkan masalah sehingga konsumsilah dalam jumlah sedang untuk meningkatkan fungsi otak dan tingkat energi.


2. Jahe: Meredakan sensasi mual

Jahe memiliki banyak manfaat bagi tubuh, diantaranya untuk membantu pencernaan, menenangkan perut dan mengobati arthritis. Bahkan sekarang ini, jahe telah diakui oleh para ahli kesehatan untuk meredakan mual dan mencegah muntah.

Jahe dapat dinikmati sebagai minuman atau tambahan dalam makanan dan juga dapat dikonsumsi dalam bentuk kapsul herbal.

3. Jamur shiitake: Menghambat pertumbuhan tumor penyebab kanker

Jenis jamur shiitake telah diketahui dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengelola kolesterol baik dalam tubuh. Saat ini juga masih terus dilakukan studi tentang khasiat jamur shiitake dapat melawan kanker dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut American Cancer Society, konsumsi jamur shiitake dapat memperlambat pertumbuhan tumor.

4. Alpukat: Meningkatkan kesehatan jantung

Tidak semua makanan yang mengandung lemak berbahaya bagi tubuh. Lemak sehat yang terdapat pada alpukat, minyak zaitun, kenari, almond, serta minyak ikan justru baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, lemak sehat juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak.

5. Buah bit: Mendongkrak energi

Yang diperlukan seseorang agar dapat beraktivitas dengan penuh energi sepanjang hari adalah dengan memenuhi kebutuhan karbohidrat. Tetapi karbohidrat yang diperoleh dari makanan olahan cenderung tidak sehat dan cenderung menimbulkan efek sebaliknya.

Buah bit dapat memberikan pasokan energi alami karena dikemas dengan karbohidrat, kalsium, zat besi, gula alami serta vitamin A dan C. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa buah bit dapat membantu melawan kanker dan melindungi dari penyakit jantung.

6. Yoghurt: Melawan penyakit

Yoghurt mengandung probiotik yang merupakan mikroorganisme hidup yang diperlukan tubuh untuk melindungi diri dari penyakit. Probiotik juga dapat ditemukan dalam suplemen, kefir dan minuman kedelai.

Manfaat baik probiotik terus diteliti untuk mengobati penyakit termasuk sindrom iritasi usus, infeksi kulit, diare, infeksi saluran kemih dan jenis kanker tertentu.

7. Susu: Menyembuhkan patah tulang

Makanan yang kaya kalsium seperti susu merupakan pilihan yang direkomendasikan untuk penyembuhan patah tulang daripada konsumsi pil kalsium. Kalsium juga dapat diperoleh dari produk susu seperti yoghurt, sayuran hijau seperti kangkung, dan kacang-kacangan.



Sumber : Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini