5 Posting Terbaru

Selasa, 02 Februari 2010

Bulan Depan, Obama Kunjungi Indonesia

WASHINGTON — Presiden AS Barack Obama akan melakukan apa yang akan menjadi perjalanan emosional dengan keluarganya ke negara masa kanak-kanaknya, Indonesia, pada Maret mendatang. Selain Indonesia, ia juga dijadwalkan mengunjungi Australia. Demikian informasi terbaru dari Gedung Putih.



Obama, yang dikenal sebagai "Barry Kecil" ketika tinggal di Jakarta dengan ibunya pada 1960-an, mengatakan tahun lalu bahwa ia telah menanti-nanti untuk mengunjungi tempat-tempat tua yang sering dikunjunginya di Indonesia.

Ia telah diundang untuk melakukan lawatan itu oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan kedua belah pihak menyatakan, mereka merencanakan untuk menggunakan hubungan masa kanak-kanak Obama dengan negara itu untuk mempererat lagi hubungan penting Pasifik Raya.

"Lawatan ini merupakan bagian penting dari upaya terus-menerus Presiden untuk memperluas dan memperkokoh persekutuan yang penting untuk memajukan keamanan dan kemakmuran kita," kata juru bicara Gedung Putih, Robert Gibbs.

Gibbs menjelaskan bahwa Obama akan meresmikan kemitraan komprehensif AS-Indonesia dalam kunjungan itu, yang dimaksudkan untuk memperdalam lagi hubungan antarkedua negara.

Mungkin ia akan memperkenalkan istrinya, Michelle, serta putri mereka, Malia dan Sasha, pada lingkungan tempat di mana ia dikenal sebagai seorang anak laki-laki dan juga kepada beberapa teman lama sekolahnya.

Kunjungan Obama akan disambut dengan harapan sangat besar di Indonesia dan operasi keamanan komprehensif di negara berpenduduk Muslim paling banyak di dunia itu.

Washington telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi spekulasi dan laporan di Indonesia, bahwa Obama akan mengunjungi negara itu pada tahun pertamanya memagang tampuk kekuasaan, tetapi membuat janji ia akan melakukan perjalanan itu tahun ini.

Obama menghabiskan sebagian dari masa kanak-kanaknya di Indonesia setelah ibunya yang telah bercerai menikahi seorang pria Indonesia dan mengenyam pendidikan sekolah dasar di Jakarta antara 1967 dan 1971.

Hubungan masa kanak-kanak itu dan pengetahuannya mengenai beberapa kata bahasa Indonesia telah membuatnya sangat terkenal di negara berpenduduk 234 juta orang, 90 persen dari mereka Muslim, itu.

Gibas menyatakan, Obama telah menanti-nanti untuk membicarakan sejumlah masalah, termasuk energi hijau, perubahan iklim, pemulihan ekonomi, dan nonproliferasi dengan PM Australia Kevin Rudd.

Dalam lawatan ke Asia itu, Obama akan menemui tentara AS yang ditempatkan di Guam. Rudd dan Obama telah bertemu beberapa kali sejak Obama menjadi presiden tahun lalu, termasuk di AS, dan telah menempa hubungan diplomatik yang dekat dan saling memuji, khususnya dalam perubahan iklim.

Sumber : kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini