5 Posting Terbaru

Selasa, 26 Januari 2010

Bendungan Bawah tanah pertama di dunia ada di Indonesia

Bendungan & PLTA Bribin II

Mendengar kata "Gunungkidul" maka yang terlintas di benak adalah kawasan pegunungan yang kering kerontang. Tiap musim kemarau, kawasan ini bakal diserang kekeringan panjang. Warga terpaksa berjalan beberapa kilometer untuk mendapatkan air bersih. Namun tak lama lagi gambaran dan kondisi itu perlahan-lahan pupus.tanah.

Awal mula di Bangunnya Bribin II :

Gagasan untuk membangun PLTA Bribin II berawal dalam suatu seminar yang dihadiri para alumni Jerman di Yogyakarta, Februari 2000.

"Ketika itu, saya (pk. As Natio) , sebagai Kepala Pusat Pengembangan Sistem Reaktor Maju di Badan Tenaga Atom Nasional (Batan), bertemu dengan Prof. Franz Nestmann dari Universitas Karlsruhe-Jerman. Ia adalah ahli di bidang hidrologi dan teknik sipil.

Ketika itu, saya menantang, apakah Universitas Karlsruhe dapat memenuhi kebutuhan air minum juga kebutuhan air untuk pertanian di daerah Gunungkidul. Kawasan itu memang sulit air, tapi di dalam perutnya terdapat banyak potensi air sungai bawah tanah. Potensi ini diketahui dengan adanya beberapa aliran dari pegunungan kapur selatan tersebut ke arah pantai selatan,sampai utara "

Pembangunan proyek diawali dengan pencarian lokasi ”bendungan” yang tepat di bawah tanah.




Peta yang pertama diperoleh ASC dari Pihak Jerman berupa file dalam format .DWG yang disurvai menggunakan peralatan TOTAL STATION dan dibuat menggunakan AutoCAD. Dua gambar berikut ini adalah peta tersebut :



Model yang sudah digambari air, dinding, batuan, dan kelengkapan ornamen



Penggambaran Detail Pada Model





Detail Model Di Pertigaan Sekitar Bendungan Lama



Gambar Model Lorong Lengkap Dengan Situasi, Boulder, dan Air



Model yang dilengkapi topografi permukaan



Model Gua Yang Dilengkapi Block Potongan



Model lengkap dengan keterangan gambar


























Sumber : kaskus.us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini