5 Posting Terbaru

Senin, 02 Juni 2008

Suara dari Mars Terekam Wahana Eropa


JAKARTA, Untuk pertama kalinya suara dari Mars berhasil ditangkap wahana milik Eropa, Mars Express dan dikirimkan ke Bumi. Suara tersebut direkam selama wahana Phoenix Mars Lander (PML) menembus atmosfer sebelum mendarat di permukaan Mars.

Sinyal suara terdengar keras dan jelas setelah diproses ulang oleh tim pengendali peluncuran Mars Express. Tapi, bukan sinyal makhluk alien Planet Mars lho. Suara tersebut adalah hasil Efek Doppler saat wahana menembus lapisan atmosfer dengan cepat.

Maras Express menerima rekaman suara tersebut menggunakan instrumen Mars Express Lander Communication System (MELACOM). Bhakan suara tetap terekam saat lapisan plasma yangsangat panas menyelimuti Phoenix.

Phoenix memang dilengkapi mikrofon yang fungsi utamanya merekam suara jika sewaktu-waktu proses pendaratan bermasalah. Mikrofon bekerja seiring dengan kamera yang segera mengambil panorama seitar begitu Phoenix berhasil mendarat. karena proses pendaratan mulus, mikrofon mungkin masih berfungsi baik.

"Kami ingin sekali mendengar suara dari permukaan Mars, itu akan menjadi yang pertama kali," ujar peneliti utama program peluncuran Phoenix, Peter Smith dari Universitas Arizona, AS. Mars Express akan terus memantau sinyal yang dikirimkan Phoenix dengan MELACOM.

Sumber : kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini