add

5 Posting Terbaru

Rabu, 21 Agustus 2013

Pertarungan Maskapai Penerbangan di Lapangan ijau

Sepak bola saat ini sudah menjadi komoditas ekonomi yang menggiurkan. Besarnya jumlah pecinta olahraga ini menjadi pangsa pasar nan seksi bagi tiap pengusaha.

Pertarungan Maskapai Penerbangan di Lapangan Hijau
 
Apapun bisa dijual dari sepak bola. Mulai dari atribut hingga citra dari klub atau pemain. Maka tak ayal menjadi sponsor bagi klub sepak bola diyakini sebagai salah satu promosi yang tepat dan efektif.

Perusahaan maskapai penerbangan salah satunya. Semakin dikenalnya satu maskapai membuat perusahaan tersebut meraup untung besar dari para konsumen burung besi ini.

Sponsorship Today, sebuah konsultan pemasaran dari Inggris, merilis laporan yang mana besaran belanja sponsorship dari industri penerbangan mencapai sekitar USD 515 juta per tahun secara rerata. Angka ini setara dengan Rp 5,4 triliun jika menggunakan kurs saat ini yakni Rp 10.489 per USD.


Garuda Indonesia menjadi salah satu maskapai yang ikut berkecimpung dalam sponsorship klub sepak bola. Pengamat marketing Rhenald Kasali mengaku tidak heran banyak perusahaan nasional yang menjadi sponsor klub sepak bola Eropa.

"Sekarang saatnya masuk (ekspansi) ke Eropa karena mereka sedang krisis. Mereka kesulitan dana karena budget untuk sponsor dan promosi ditekan, dan ini peluang bagi kita untuk masuk," ungkap Rhenald kepada merdeka.com.

Apa keuntungan yang diperoleh perusahaan dengan menjadi sponsor klub-klub tersebut? Salah satunya adalah positioning perusahaan dan produknya di pasar dunia.

Lalu apa saja maskapai yang menjadi sponsor klub sepak bola? Berikut merdeka.com mencoba merangkum beberapa perusahaan tersebut.


1. Garuda Indonesia

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia secara resmi telah menjadi bagian dari sponsor klub sepak bola Liga Inggris Liverpool.

Direktur Pemasaran Garuda Indonesia Elisa Lumbantoruan menjelaskan kerjasama ini dilakukan untuk mencapai tujuan Garuda menjadi maskapai penerbangan global dalam waktu dekat. Promosi besar-besaran diakui sebagai salah satu cara mengangkat brand maskapai penerbangan pelat merah tersebut.

Menjadi sponsor bagi klub besar di Liga utama Inggris diyakini sebagai salah satu cara promosi yang tepat bagi Garuda agar dikenal secara Internasional. Liverpool memiliki nama besar di Liga Inggris. Sedangkan Liga Inggris adalah kompetisi sepak bola yang memiliki jumlah penonton terbanyak di dunia.

Kerjasama ini menempatkan Garuda Indonesia sebagai Global Official Airline bagi Liverpool. Maskapai pelat merah ini akan digunakan oleh Liverpool setiap tur yang dilaksanakan ke berbagai negara di wilayah Asia dan Australia.

Manajemen Liverpool juga memberikan kesempatan bagi Garuda Indonesia untuk melaksanakan program campaign marketing komunikasi melalui berbagai fasilitas yang dimiliki Liverpool.

Fasilitas tersebut semisal memasang logo Garuda Indonesia pada Light Emitting Diode (LED) di sisi lapangan stadion Anfield pada setiap pertandingan yang dilakoni Liverpool dan disiarkan oleh jaringan televisi utama berbagai negara di belahan dunia.


2. Emirates

Maskapai asal Dubai, Uni Emirat Arab ini pertama kali muncul sebagai pemberi sponsor klub sepak bola pada 2004. Pada tahun tersebut Emirates menjalin kerjasama sponsorship dengan klub sepak bola Liga Inggris, Arsenal.

Kerjasama ini memungkinkan Emirates untuk memasang nama perusahaan pada kostum depan Arsenal dan menjadikan stadion kandang klub berjuluk meriam London ini menggunakan namanya.

Melalui kerjasama ini, Arsenal mendapat dana sebesar Rp 766 miliar melalui pemasangan nama di kostum dan Rp 670 miliar dari nama stadion masing-masing per tahun.

Selain Arsenal, Emirates juga bekerjasama dengan beberapa klub sepak bola dunia lainnya seperti AC Milan asal Italia dengan nilai Rp 398 miliar, Hamburg SV asal Jerman bernilai Rp 135 miliar dan Paris Saint Germain asal Perancis senilai Rp 325 miliar.


3. Etihad

Maskapai yang juga berasal dari Dubai, Uni Emirat Arab ini menjadi sponsor klub sepak bola Liga Inggris Manchester City. Jalinan kerjasama ini sudah terajut sejak 2009 dengan durasi 10 tahun.

Sama dengan Arsenal dengan Emiratesnya, kerjasama Manchester City dan Etihad memungkinkan nama maskapai ini terpampang di kostum depan dan nama stadion.

Melalui kerjasama ini maka Manchester City akan mendapat dana segar sekitar 20 juta Euro.

4. Qatar Airways

Pada 2012, Barcelona dan Qatar Sports Investment (QSI) bersepakat untuk mencantumkan logo Qatar Airways di jersey klub asal Catalan, Spanyol ini pada musim 2013/2014 sebagai sponsor utama.

QSI adalah sebuah divisi khusus dari Qatar Foundation yang menangani bidang keolahragaan. Qatar Airways menjadi maskapai penerbangan pertama yang mampu menjadi sponsor utama Barca.

Kerjasama antara Qatar Airways dan Barcelona ini akan berlangsung selama tiga tahun hingga 2016. Menurut berita yang dilansir Marca, dari kerja sama dengan QSI ini Barcelona telah meraup keuntungan sebesar 170 juta euro atau sebesar Rp 2,1 triliun.


5. AirAsia

Pada 2010, maskapai asal Malaysia AirAsia menjadi mitra resmi klub sepak bola liga Inggris yaitu Queens Park Rangers (QPR). Melalui kemitraan ini maka nama AirAsia akan terpasang pada kostum depan QPR pada musim 2011/2012 dan 2012/2013.

Di samping sponsorship pada kostum, AirAsia juga mendesain pesawat dengan livery QPR dan menyediakan penerbangan bagi pemain-pemain serta ofisial klub dalam rangka tur pra-musim 2012/2013 ke beberapa negara di kawasan Asia.

Selain QPR, rencananya AirAsia juga akan menjadi sponsor klub sepak bola nasional yakni Persebaya asal Surabaya, Jawa Timur. (Merdeka)

2 komentar:

  1. Hebta juga nih, maskapai penerbangan berlomba menjadi sponsor klub-klub besar sepakbola dunia

    BalasHapus
  2. baru tau kalo Garuda jadi sponsor Liverpool, apakah sampe skrng msh?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini