5 Posting Terbaru

Rabu, 10 November 2010

Kalkulator Online Hitung Daya Hantam Asteroid

www.aeronoticias.com.pe

Jakarta - Berapa besarnya daya hantam asteroid ketika menubruk bumi? Tak perlu keluarkan pulpen, kertas dan kalkulator untuk menghitungnya. Cukup akses alamat web http://www.purdue.edu/impactearth/ untuk mengetahuinya.

Kalkulator online yang dibuat ilmuwan dari Purdue University, Amerika Serikat dan Imperial College London, Inggris ini mampu menghitung besarnya efek tabrakan asteroid ke bumi. Kalkulator online bernama ‘impact effects calculator’ memiliki warna background hitam lengkap dengan gambar seperti berada di luar angkasa.

Untuk menggunakannya, pengguna tinggal mengetik ukuran asteroid, kecepatan dan sudut benda asing itu ketika masuk ke atmosfer bumi. Apabila pengguna belum dapat membayangkan sebesar apa asteroid yang diperkirakan bakal menghantam bumi, kalkulator online ini menyajikan berbagai bentuk asteroid, mulai ukuran sebesar bus, ikan paus sampai seukuran planet terkecil.

Ketika semua perkiraan telah dimasukkan, fungsi algoritma dalam kalkulator online itu akan mulai menghitung di titik mana asteroid jatuh, sebesar apa dampaknya sampai apakah masih ada peluang kehidupan di bumi.

"Salah satu tambahan data yang kami masukkan adalah besarnya gelombang laut atau tsunami yang disebabkan tabrakan asteroid tadi," kata seorang ilmuwan dari Imperial College London, Dr Gareth Collins. Menurut dia, kalkulator yang telah disajikan melalui website itu sebenarnya telah dirancang sejak 2004.

Collins menambahkan, rata-rata asteroid akan masuk ke atmosfer bumi satu tahun sekali. Untuk asteroid yang memiliki tubuh sebesar mobil saja, kata dia, akan menghasilkan bola api di langit karena bergesekan dengan atmosfer.

Apalagi, kata dia, sebagian besar ahli meyakini punahnya dinosaurus disebabkan jatuhnya asteroid di bumi 65 juta tahun lalu. Benturan asteroid dengan permukaan bumi itu memicu kemudian memicu kebakaran, menghalangi sinar matahari dan memusnahkan setengah dari semua spesies.

Sumber : http://www.tempointeraktif.com/hg/iptek/2010/11/08/brk,20101108-290291,id.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini