5 Posting Terbaru

Senin, 05 Juli 2010

Minuman Energi Bukan Pengganti Ion

JAKARTA, KOMPAS.com - Di televisi bersliweran iklan minuman dengan beragam manfaat yang ada. Ada yang mengaku itu minuman pendongkrak energi, ada yang mengaku pengganti ion, ada juga yang mengaku minuman peningkat konsentrasi.

Sayang, kita kerap keliru dan mencampuradukkan satu sama lain. Kadang disamakan antara minuman pengganti ion dengan minuman berenergi atau pendongkrak stamina.

“Minuman pengganti ion sangat berbeda dengan minuman energi. Dari kadar kandungannya saja sudah berbeda” terang ahli nutrisi dari Sehati Emmilia E. Achmadi Msc yang ditemui Sehatnews dalam sebuah talkshow bertajuk Berbagi Pengalaman Meraih Prestasi di Kidzania Jakarta, Jumat (2/7/2010) lalu.

Minuman energi menurut Emmilia adalah minuman yang telah diracik sedemikian rupa dan mengandung gula, serta zat kimia lain. Sebab itu sangat berbeda dengan minuman pengganti ion yang mengandung segala zat yang mirip cairan tubuh seperti natrium, kalsium dan lainnya.

Pengguna kedua jenis minuman ini, kata Emmilia haruslah berhati-hati. “Dengan iming-iming tubuh kembali segar bukan berarti minuman itu dapat menggantikan cairan tubuh” tambahnya.

Sebaiknya sebagai konsumen kita mesti pandai memilah produk yang sesuai dengan kebutuhan. Bila habis berolahraga berkeringat dan butuh pengganti cairan tubuh asuplah minuman pengganti ion.

Sedangkan bila ingin melakukan kegiatan yang membutuhkan energi lebih besar dan memakai tenaga fisik besar asuplah minuman energi. “Jangan salah pilih, sebab fungsinya juga akan berbeda” terang Emil. (fen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini