5 Posting Terbaru

Rabu, 09 April 2008

UEFA Champions 2008 : Ballack dan Lampard Bawa Chelsea ke Semifinal


LONDON, RABU - Chelsea mengulang langkah di tahun 2005 dengan lolos ke babak semifinal Liga Champions. Gol Michael Ballack di babak pertama dan Frank Lampard di babak berikutnya membuat The Blues unggul atas wakil Turki, Fenerbahce, dengan skor 2-0 (agregat 3-2).

Apa yang terjadi di Stamford Bridge, Rabu (9/4) WIB, bertolak belakang dengan pertemuan pertama di Kota Istanbul, pekan lalu. Fenerbahce seperti tidak berkutik melawan wakil Inggris tersebut. Tak ada lagi aroma Samba dari tiga pemain Brasil mereka: Alex, Deivid, dan Edu Dracena. Mereka juga kehilangan Roberto Carlos di barisan pertahanan.

Keunggulan 1-0 di babak pertama membuat pelatih Chelsea Avram Grant mengubah strategi dengan menempatkan defender Juliano Belleti menggantikan striker Salomon Kalou. Di kubu lawan, pelatih Zico memasukkan striker Mateja Kezman dan mengeluarkan gelandang Maldonado.

Masuknya Mateja memang sempat memberikan harapan bagi Sari Kanaryalar, julukan Fenerbahce. Namun, kokohnya pertahanan dan lapis tengah The Blues tak banyak memberikan kesempatan bagi lawan untuk menciptakan peluang.

Chelsea justru mendapat kesempatan menyerang balik di menit ke-76. Joe Cole berlari bersama Didier Drogba. dan kerja sama antarkedua pemain itu diakhiri dengan umpan terobosan Drogba kepada Joe Cole di kotak penalti. Namun, umpan itu terlalu jauh bagi Cole dan kiper Volkan Demirel lebih dulu menyapu bola jauh ke tengah lapangan.

Satu menit kemudian, Drogba memperoleh kesempatan mencetak gol melalui tendangan bebas dari jarak sekitar 25 meter. Apa mau dikata, tendangan kerasnya masih dapat dibuang oleh Demirel.

Di menit ke-80, kiper pengganti Henrique Hilario bermain apik dengan menggagalkan dua kesempatan emas Fenerbahce. Kesempatan pertama datang ketika bola bergulir pelan ke pojok gawang. Hilario masih dapat mengejarnya dan menguasai bola. Semenit berikutnya, tendangan keras Kazim Richard masih dapat ditolak Hilario ke atas mistar. Selamatlah gawang Chelsea.

Tuan rumah justru menambah keunggulan pada menit ke-87 setelah tendangan jarak dekat Frank Lampard menggetarkan jala tamunya. Gol itu diawali oleh aksi individu Michael Essien yang menusuk hingga garis belakang lapangan Fenerbahce. Sebelum bola menyentuh garis, Essien masih sempat mengirim umpan pendek kepada Lampard yang berjaga di depan gawang. Dengan mudah Lampard meneruskan bola ke sasaran.

Hingga peluit akhir berbunyi, tak ada kesempatan sedikit pun bagi Fenerbahce untuk mengejar ketertinggalan. Mereka pun gagal memenuhi ambisi meraih gelar pertama di Liga Champions. Namun, inilah untuk pertama kalinya mereka berhasil mencapai perempat final.

Susunan pemain:
Chelsea: 23-Carlo Cudicini (40-Hilario 26'); 5-Michael Essien, 6-Ricardo Carvalho, 26-John Terry, 3-Ashley Cole; 13-Michael Ballack, 4-Claude Makelele, 8-Frank Lampard; 10-Joe Cole, 11-Didier Drogba, 21-Salomon Kalou (35-Juliano Belleti 57')
Fenerbahce: 1-Volkan Demirel; 6 Gokcek Vederson, 36-Edu, 2-Lugano, 77-Gokhan Gonul, 8-Kazim Kazim, 15-Aurelio, 33-Maldonado (9-Mateja Kezman 60'); 99-Deivid, 23-Semih Senturk, 20-Alex.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Topik Populer Bulan ini